silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,487 Comments

  1. Nama : Siti Herniawati
    NIM : 857323836

    Mohon izin menanggapi dari sebuah vidio tersebut, karena sebagai seorang pendidik pentingnya peran guru menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan bahasa-sosial emosional anak dalam mogok belajar atau tidak mau belajar bersama dengan temannya.

    Analisis: terdapat salah seorang anak yang tidak mau ikut bermain bersama teman-temannya bahkan menolak saat diajak oleh gurunya, terlihat murung dan kondisi sosial emosinya belum stabil yang dapat menyebabkan anak terkadang tidak ingin bermain, marah, dan menangis tanpa sebab. Hal ini sering kali terjadi di lembaga PAUD, khususnya di lembaga saya. Sebagai seorang pendidik tentu akan menjadi sebuah tantangan dalam mengatasi anak yang mogok belajar atau tidak mau bermain bersama teman-temannya. Maka ada beberapa strategi yang dapat saya lakukan sebagai seorang guru yaitu:
    1) Melakukan bimbingan konseling
    2) Menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak
    3) Membuat media pembelajaran yang menarik perhatian minat anak
    4) Bangun Hubungan Sosial. Dorong anak untuk berinteraksi dengan temannya melalui kegiatan kelompok yang menyenangkan. Seperti, aktivitas bermain atau permainan edukatif yang memfokuskan pada kerja sama.

  2. Nama : Siti Nishfatul Laili Azkiya
    Nim : 857755644
    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon maaf izin berdiskusi ,,
    Jika di lihat dari video tersebut , sikap anak mogok belajar atau bahkan enggan untuk melakukan kegiatan sudah sering kali terjadi pada anak-anak seusianya.. yang dimana mood anak akan berubah-ubah, jika anak sedang mengalami mood yang tidak baik yang menyebabkan anak menjadi mogok belajar atau berkegiatan ,kita sebagai pendidik langkah awal yang harus kita lakukan yaitu mendekati anak tersebut coba kita ajak bicara dari hati kehati , kita tanya hal apa yang menjadikan anak tersebut menjadi mogok untuk belajar atau berkegiatan . Setelah itu coba kita ajak dia bermain tentunya dengan permainan yang dia inginkan sebelum mengajaknya masuk pada kegiatan di sekolah .. menyepakati waktu untuk bermain ,seberapa lama ia boleh bermain dan setelahnya kembali mengikuti kegiatan bersama teman-temannya..dan kita juga bisa menggali informasi dari orang tua tentang apa yang telah terjadi sebelum anak berangkat ke sekolah ,jadi pada intinya kita harus tau terlebih dahulu penyebab anak mogok tidak mau belajar baru kita akan tahu langkah apa yang harus kita buat.
    Sekian, Terimakasih 🙏
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  3. NAMA : ALIF DEWI RATNASARI
    NIM : 858955046
    JURUSAN : S1 PGPAUD

    Refleksi dari video pembelajaran “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” yaitu video tersebut menunjukkan pentingnya pendekatan emosional dan komunikasi efektif dalam menangani konflik di lingkungan pendidikan anak usia dini. Guru berperan sebagai pendamping yang bukan hanya menenangkan emosi anak tetapi juga mengajarkan keterampilan sosial dan komunikasi yang positif. Metode ini membantu anak-anak untuk mengelola emosi dan berinteraksi secara lebih baik dengan teman sebayanya, yang merupakan fondasi penting dalam pengembangan sosial mereka.

  4. Nama : Alfia Indarwati
    Nim : 857599977

    Sesi Pengembangan Bahasa PAUD
    – Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Vidio ini sangat bermanfaat untuk guru PAUD dalam mengatasi anak mogok tidak mau belajar. Anak perlu dibimbing Ketika tidak mau belajar, guru harus menyiapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, guru harus bisa mengajak anak untuk saling bersosialisasi dengan teman-teman, untuk mengembangkan perkembangan sosial emosional anak, sebagai guru harus mempersiapkan tempat yang nyaman dan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Guru juga bisa mencari solusinya seperti memberi waktu bermain pada anak, memberikan pilihan( belajar dimana ). Jadi sebagai guru bukan hanya mengajar kemampuan akademis anak saja, melainkan mendidik anak sesuai perkembangan anak yaitu melalui belajar sambal bermain

  5. Nama : Ize Trisnawati Aprilia
    NIM : 857603783
    Izin menanggapi video “Anak mogok tidak mau belajar dengan teman”
    Dalam video telah dijelaskan banyak tugas guru dalam mengembangkan potensi anak seperti:
    1. Mengembangkan rasa ingin tahu anak
    2. Mengembangkan kecerdasan intelektual
    3. Mengembangkan kemampuan mengelola emosi serta kemampuan hubungan sosial dan beretika
    4. Memberikan motivasi agar anak semangat belajar

    Ketika anak bermain anak sedang memuaskan rasa ingin tahunya pada suatu hal. pentingnya guru memberikan media pembelajaran yang menyenangkan dan beragam agar anak tidak mudah merasa bosan dan menganggap kegiatan belajar yang sedang anak lakukan adalah bermain. Cara-cara yang telah dipaparkan pada video tersebut sudah sangat membantu untuk membuat anak semangat kembali untuk belajar bersama teman. Kegiatan yang dapat dilakukan seperti:
    – Menggali keterangan pada anak/orang ta, jika perlu melakukan home visit untuk mengetahui kenapa anak mogok belajar
    – Anak diberi pilihan mau belajar sendiri/bersama teman
    – Guru memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dengan waktu yang telah disepakati bersama. Kesepakatan yang dibuat dengan guru merupakan proses belajar anak
    – Jika anak merasa bosan beri kegiatan pengaman
    Guru tidak hanya sebagai fasilitator, tetapi juga mengembangkan aspek bahasa, sosial emosional anak dan daya berfikir anak melalui kegiatan bermain yang beragam. selain itu berikan kegiatan yang menumbuhkan minat anak dalam belajar, guru dituntut untuk kreatif dalam menyediakan kegiatan belajar anak yang menyenangkan.

  6. NAMA : TIYA ALVINADIA
    NIM : 857600534
    VIDEO : ‘’ SERI PENGEMBANGAN BAHASA PAUD ‘’
    JUDUL : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
    Dari menyimak video mengenai “anak mogok tidak mau belajar dengan temannya” tersebut. Kita tahu bahwa, sebagai pendidik mengemban tugas untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak, mengembangkan kecerdasan intelektual, meningkatkan kemampuan dalam mengelola emosi, dan membentuk keterampilan berhubungan sosial dan etika. Namun, pendidik perlu memahami tugas utama yaitu menghidupkan obor belajar pada anak dimana pembelajaran hendaknya dilakukan secara menyenangkan. Dengan pembelajaran yang nyaman, serta menyenangkan bagi anak usia dini akan membangkitkan rasa ingin tahu yang lebih besar . Anak pun mampu menyerap motivasi lebih cepat karna dirinya merasa senang ketika berkegiatan bermain yang sesuai dengan kemampuannya. Pada hakikatnya ketika anak ingin bermain maka, anak tersebut sedang menggali potensi dalam dirinya seperti belajar mengenal suatu objek,lingkungan, dan terpenuhinya rasa ingin tahunya akan suatu hal.
    Dalam kasus video tersebut, anak tidak mau bermain yang dikarenakan beberapa hal antara lain: Takut, dipaksa mengerjakan tugas yang dianggapnya belum mampu, bertengkar dengan temannya, merasa tersinggung atas ucapan guru. Bahkan terkadang ada anak yang mogok masuk sekolah. Startegi yang dilakukan dalam video tersebut sudah cukup baik, dimana :
    – Guru mengali informasi dari kedua pihak antara anak dan orang tua yang dilakukan secara kunjungan kerumah
    – Anak diberikan motivasi untuk kembali semangat sekolah
    – Membuat kesepakatan bersama anak untuk belajar bersama atau sendiri di sekolah
    – Jika merasa bosan di kelas, ajak anak untuk bermain dengan waktu yang sudah di tentukan atau menyediakan kegiatan pengayaan.
    Kesepakatan yang terjadi antara anak dan pendidik merupakan suatu proses belajar anak. Sehingga yang perlu kita lakukan adalah sebagai pendidik memastikan lingkungan dan kegiatan bermain yang aman dan menyenangkan, sesuaikan pendekatan dengan kepribadiaan anak, membangun hubungan yang baik sehingga anak merasa pendidik sebagai teman, memberikan contoh yang baik, melatih anak bersosialisasi mulai dari kelompok kecil namun dengan kegiatan yang disukai, meciptakan kegiatan main yang inovatif, kreatif, sehingga mampu menumbuhkan minat belajar anak, serta berikan pujian atau motivasi kepada anak yang mencoba berinteraksi. Karna pada dasarnya dunia anak adalah bermain, melalui bermain semua aspek perkembangan anak dapat tercapai.

  7. Nama : Lia nurpaida
    NIM: 857510443
    Matkul: metode pengembangan bahasa
    Pokjar: bale endah
    Dosen : Nur Dini Fauziah S.Pd.,M.Pd
    Vidio : anak mogok tidak mau belajar
    Menurut pendapat saya yang nama nya anak pasti berbeda beda ada yang semangat belajar ada juga yang biasa aja ada juga yang tidak mau belajar,semuanya tergantung mood anak itu sendiri tetapi kita sebagai guru harus bisa membujuk anak supaya mau belajar bersama dengan teman yang lainnya
    Mengatasi anak yang tidak mau belajar memerlukan pendekatan yang sabar dan kreatif. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu:
    1. Pahami Penyebab Anak Tidak Mau Belajar
    Tanya Anak: Ajak bicara secara santai untuk mengetahui alasannya, apakah karena bosan, merasa kesulitan, atau kurang motivasi.
    Amati Lingkungan: Perhatikan apakah ada faktor luar seperti suasana belajar yang kurang kondusif atau rasa lelah.
    2. Ciptakan Suasana Belajar yang Menarik
    Gunakan alat bantu belajar seperti gambar, video, atau permainan interaktif.
    Variasikan metode belajar dengan aktivitas fisik, seni, atau eksperimen kecil untuk membuat anak antusias.
    3. Tetapkan Tujuan Kecil dan Realistis
    Pecah tugas menjadi langkah kecil agar lebih mudah dicapai.
    Berikan penghargaan setiap kali anak menyelesaikan tugasnya, misalnya pujian atau hadiah kecil.
    4. Gunakan Pendekatan Belajar Berbasis Minat
    Kaitkan pembelajaran dengan hal yang disukai anak. Misalnya, jika anak suka dinosaurus, gunakan tema itu untuk belajar membaca atau berhitung.
    5. Libatkan Anak dalam Proses
    Beri anak pilihan dalam belajar, seperti memilih buku, aktivitas, atau urutan tugas. Ini membuat anak merasa lebih terlibat.
    6. Jadwalkan Waktu Belajar Secara Konsisten
    Tentukan waktu belajar yang tetap setiap hari, tetapi pastikan durasinya sesuai dengan usia dan kemampuan anak.
    7. Berikan Contoh yang Baik
    Tunjukkan minat Anda pada pembelajaran. Misalnya, membaca buku atau melakukan aktivitas belajar bersama anak.
    8. Pastikan Anak Tidak Lelah atau Lapar
    Anak sulit fokus jika sedang lelah, lapar, atau kurang istirahat. Pastikan kebutuhan fisiknya terpenuhi sebelum belajar.
    9. Hindari Paksaan
    Jangan memaksa anak untuk belajar. Sebaliknya, dorong dengan cara yang menyenangkan agar mereka merasa belajar adalah pengalaman positif.
    10. Konsultasikan dengan Guru atau Ahli
    Jika masalah berlanjut, diskusikan dengan guru atau psikolog anak untuk mencari solusi yang sesuai.
    Pendekatan yang lembut, sabar, dan konsisten adalah kunci utama. Anak akan lebih termotivasi jika proses belajar terasa menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

  8. Dina Sulastri
    857509678
    Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Ada kalanya seorang anak mogok tidak mau belajar, itu adalah hal biasa yg terdapat pada seorang anak. Dalam video tersebut terlihat anak menolak belajar dengan cara memukul/menangis. Selanjutnya sikap guru dalam menangani si anak tersebut sudah cukup benar dengan tidak memaksa si anak untuk belajar dan merasa tertekan. Mencari tahu alasannya dengan bertanya langsung kepada anak maupun orangtuanya adalah hal yg benar sehingga guru tahu penanganan atau keamanan selanjutnya untuk anak mau belajar itu seperti apa.
    Menurut saya ada Beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan/mogok belajar, di antaranya:
    1. Keharmonisan hubungan anak dengan orang tua
    2. Anak kurang diperhatikan atau terlalu dimanja
    3. Cara orang tua mendidik
    4. Gangguan perpisahan masa kanak (separation anxiety)
    5. Fobia sosial
    6. Trauma di sekolah
    Jika anak mogok tidak mau belajar, kita bisa mencoba beberapa cara berikut:
    1. Mendengarkan dengan empati: Cobalah memahami alasan anak mogok belajar dengan mendengarkannya dengan penuh empati.
    2. Mencari tahu alasannya: Cari tahu alasan anak tidak mau sekolah dan bicarakan dari hati ke hati.
    3. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan: Buatlah suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman.
    4. Libatkan pihak sekolah: Libatkan pihak sekolah untuk menyemangati anak agar mau kembali ke sekolah.
    5. Jangan panik: Tetap tenang dan fokus pada perasaan anak.
    6. Berkonsultasi dengan psikolog: Jika kondisi anak terus berlangsung, kita bisa berkonsultasi dengan psikolog anak.

  9. Nama : Tresna Edyati Suncoko
    NIM: 857501136
    Matkul: Metode Pengembangan Bahasa
    Pokjar: Indramayu
    Dosen : Nur Dini Fauziah S.Pd.,M.Pd
    Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Menanggapi video tersebut saya setuju tentang kegiatan pengaman atau pengayaan yang diberikan guru apabila anak merasa bosan didalam kelas. karena selain anak tersebut mempunyai pengalaman baru tentang belajar mandiri atau dipisahkan dengan temannya tersebut maka dalam diri anak pun akan tumbuh rasa rindu akan belajar dengan teman-temannya. saat anak belajar mandiri kita sebagai guru menggali informasi apasih yang menyebabkan anak tersebut tidak mau masuk kelas, kalau inti permasalahan sudah ditemukan maka kita sebagai guru wajib menanyakan dan menyinggung perasaan mereka dengan pertanyaan “adek kangen ngga belajar sama teman-teman dikelas, dikelas kan enak rame-rame, seru” pertanyaan pertanyaan terbuka dan positif tersebut menurut saya akan mampu mengatasi perasaan anak didik itu dalam memahami perasaan mereka.

Leave a Reply