silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Bismillahirrahmanirrahim,
Nama Yayah Sunaryah
NIM 857294996
Setelah saya menyimak video pengembangan sosial emosional yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Dalam video tadi seorang anak tidak mau mengikuti kegiatan bersama teman teman nya, sehingga anak tersebut menyendiri.
Penyebabnya
1. Pembelajaran membosan kan
2. Berselisih dengan teman
3. Ada yang di rasa ( misal kurang enak badan/ sakit)
Cara mengatasi
1. Pendidik harus pandai membuat kegiatan yang menarik buat anak
2. Selalu menngingatkan bahwa kita semua harus saling menyayangi dan menghormati
3. Mengecek keadaan kesehatan anak
Tidak lupa setiap bulan guru mengadakan konseling dengan orang tua untuk menerangkan perkembangan anaknya
Nama : Narti
Nim : 857610528
Terimakasih seteleah menonton vidio ini,kami selaku pendidik bisa mengatahui beberapa penyebab anak mogok sekolah atau belajar dikelas. Kami menadapt solusi nya,sehingga kami bisa menganilis dan menindak lanjuti jika anak didik disekolah kami mengalami hal yang sama. Terimakasih
nama : siti saroh
nim : 857507065
Dari cuplikan video tersebut terdapat anak yang mogok karena tidak mau belajar dengan temannya.pembelajaran pada level anak haruslah menyenangkan.sebagai guru juga harus membantu memotivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu karena dunia pada anak itu adalah bermain.namun terdapat anak juga yang tidak mau ikut bermain saat diajak oleh temannya untuk bermain.
Kemungkinan alas an anak mogok dalam belajar diantaranya :
1. Anak takut
2. Anak dipaksa mengerjakan tugas
3. Anak bertengkar dengan sekelasnya
4. Anak merasa sakit hati terhadap ucapan guru pada dirinya
Diantara yang harus dilakukan oleh guru saat anak tidak mau belajar adalah :
1. Mengajukan beberapa pertanyaan pada anak
2. Memberi pilihan untuk tempat belajar
3. Kalo anak bosan,guru dapat memberikan Batasan waktu bermain sesuai dengan kesepakatan bersama
NAMA: MAULIDAH
NIM: 858305482
PRODI: PGPAUD S1(AKPMM)
POKJAR: MARABAHAN
Sangat bermanfaat sekali bagi kami guru Paud atau TK. Kita bisa memahami dan mengerti Bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar. Besar kemungkinan anak itu merasa bosan dengan tema yang monoton atau tema yang diajarkan sehingga anak memilih untuk main di luar dan tidak mendengarkan penjelasan gurunya yang di kelas.
Kita sebagai guru mesti harus menjadi seorang yang kreatif dan selalu inovatif dalam sistem pembelajaran, agar menciptakan suasana lingkungan kelas yang menyenangkan.
Nama : Nofena Ekabela
Nim : 858848511
Tanggapan saya mengenai ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar” yang telah disampaikan oleh narasumber bermanfaat sekali bagi kami para pendidik, Di tempat lembaga saya mendidik juga pernah mengalami kasus serupa. Anak Mogok Tidak Mau Belajar juga pernah terjadi pada salah satu anak didik saya, Setelah guru menelusuri penyebabnya ternyata anak tersebut bosan ketika harus belajar dikarenakan di rumah sudah di ajari calistung ataupun materi lain yang bukan sesuai usia anak tersebut.
Maka selain cara yang telah disampaikan narasumber pada vidio diatas, cara saya sebagai pendidik yaitu dengan melakukan pendekatan, memberikan rasa nyaman terhadap anak dengan menjadi teman cerita dan memberikan beberapa kegiatan lainnya yang menarik sehingga dapat menumbuhkan minat belajar anak dan anak rajin ke sekolah.
Sebelum guru berkegiatan ke materi Tema, anak di ajak melakukan morning activity untuk stimulasi rasa bahagia pada anak, permaianan yang inovatif, sounding guru dan pastikan anak-anak selama berkegiatan nyamandan ceria sehingga setelah berkegiatan anak akan merasa senang dan besok akan lebih bersemangat lagi untuk datang ke sekolah dan belajar bersama guru beserta teman-temannya.
Nama : Fitria Ulfah
NIM : 857510056
Studi : S1 PGPAUD Masukan Sarjana
POKJAR: GARUT
Assamaulaikum.. izin menanggapi video di atas ” Anak mogok tidak mau belajar”. Seperti yang dijelaskan dalam video Guru mencari tahu penyebab anak mogok tidak mau belajar, tidak memaksa anak ketika anak sedang mogok belajar sudah di jelaskan beberapa kendala anak mogok belajar diantaranya :
1. Karena Malu – anak tersebut malu karena tidak dapat mengungkapkan keinginannya, atau bisa jadi karena tidak ada teman yang dekat dengannya.
2. bosan – anak yang bosan dengan suasana kegiatan belajar yang terulang-ulang sama dan kurangnya menarik kegiatan belajar.
3. belum puas bermain – mungkin saja anak tersebut belum puas bermain di playground atau bisa jadi anak tersebut jarang main di lingkungan rumahnya sehingga ia melampiaskan kepuasan bermainnya di sekolah.
4. Sakit hati karena bu guru – bisa jadi ada ucapan atau perilaku yang membuat anak mogok tidak mau belajar seperti sering melarang ketika di kelas dengan menggunakan kata jangan atau ancaman. sebaiknya sebagai guru ketika anak aktif di kelas mengarahkan dengan baik dan lemah lembut supaya anak paham mana yang boelh dan tidak boleh.
5. tidak ada teman/berantem dengan teman – bisa jadi anak itu mengalami kesepian akibat di musuhi teman atau tidak diajak main teman dekatnya atau bisa jadi anak tersebut tidak sukai keramaian.
dari beberapa permasalahan di atas guru harus menindak lanjuti anak mogok belajar dengan mengajak anak bermain berdua, atau belajar di tempat terbuka serta mengajak anak berbicara kenapa anak tersebut tidak mau belajar, serta tanyakan pada anak apakah anak mempunyai keinginan yang tidak terpenuhi di sekolah atau di rumahnya. dan ketika di luar sekolah bu guru menghubungi orang tuanya secara langsung atau lewat message alasan anak mogok belajar di sekolah. Dengan demikian permasalahan tersebut bisa teratasi secepatnya.
NAMA : PIPIT NURVINDA
NIM : 857167811
PRODI : PGPAUD
Tanggapan saya mengenai video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” yaitu terkadang memang benar bahwa anak sering kali mogok dalam belajar ataupun untuk kesekolah tetapi disini sudah cukup jelas bahwa anak terkadang merasa bosan, tidak dapat mengerjakan pembelajaran yang belum dia kuasai ataupun merasa sakit hati karna perkataan guru. Selama saya mengajar pun terkadang ada beberapa anak yang mempunyai kasus seperti itu, setelah itu sangat diharuskan menanyakan kepada anak mengapa dia tidak mau bersekolah atau belajar lalu guru memberikan beberapa pertanyaan kemudian diberi nasihat atau diberi reward untuk membuat anak semangat dalam sekolah dan belajar
NAMA : DWI RUBARINI MARDIATI
NIM : 858749951
PRODI : PGPAUD
Tanggapan saya mengenai video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
memang terkadang anak sering kali mogok dalam belajar ataupun untuk kesekolah, mungkin ada beberapa faktor penyebab sehingga membuat prilaku anak menjadi mogok atau tidak mau belajar ke sekolah, paparan dalam video tersebut seakan membuka mata kita untuk tidak seakan akan memaksa anak untuk menuruti apa yang oang tua mau, sebagai guru harus dapat mencari apa penyebab dan memberi motivasi agar anak mau kembali belajar ke sekolah, memberikan dan memberi kesempatan kepada anak untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan, dengan begitu guru dan orang tua mengetahui apa yang anak inginkan dan dapat kembali belajar kesekolah.
Nama : Misnaul Muktafikah
Nim: 858162736
Prodi PG PAUD BI
” Mengatasi anak yang mogok belajar”.
Menurut pendapat saya Dalam video tersebut sudah baik yang dilakukan oleh guru.. memang di TK ada beberapa anak yang masih belum mau mengikuti pelajaran dikarenakan belum mau beradaptasi dengan baik entah dengan lingkungan sekolah, guru dan teman baru.. memang hal yang wajar masih proses awal masuk.namun dengan berjalannya waktu 1-2 bulan memamg harus mengikuti aturan yang ada disekolah seperti mengikuti pelajaran dan mau dmbersikap mandiri tidak ditunggu oleh ibunya .didalam kelas tersebut guru sudah mencoba untuk mendekati anak didik yang sedang mogok dengan menaruh perhatian lebih seperti mau memangku nya walaupun anaknya menolak namun guru tersebut selalu berusaha untuk terus mendekati agar anak tersebut mau .lalu anak tersebut sedikit demi sedikit mulai mau mengikuti kegiatan dengan cara mau menggambar apa yang dia sukai, mengajaknya bermain bersama dengan teman . Dengan begitu dia mulai percaya diri dan mau menerima lingkungan dan teman yang ada disekolah.
Sebagai guru harus bisa melihat situasi dan kondisi yang ada didalam dan diluar kelas . Kondisi muridnya keadaan yang di alami perasaannya memang guru harus tau. Oleh sebab itu, setiap hari guru harus bisa menyikapi semua keadaan yang ada dilingkungan sekolah dan saat ada anak didiknya masih belum bisa dikondisikan didalam sekolah mungkin bisa mendiskusikan dengan orang tua wali murid untuk melihat perkembangan anak di rumah dan disekolah
Nama : Risa Firatami
Nim. : 857845309
Prodi. : PGPAUD
setelah saya menonton video d atas, menurut saya apa yang disampaikan narasumber sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali bagi saya untuk saya sebagi Guru anak usia dini untuk mengatasi Anak yg mogok belajar. Selain itu juga tambahan dari saya untuk mengatasi anak yg mogok belajar yaitu anak2 d ajak bermain ice breaking yg menarik dan asyik sehingga membuat mood pada anak kembali selain itu guru jg hrs melakukan pendekatan pada aanak yg mogok belajar mencari tau kenpaa ank tersebut tdk mau beljaar agar tau tindakan selanjutnya untuk memulihkan mood belajar anak tersebut.a