silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamualaikum
    Nama : Tanjung Kencana Wungu
    NIM : 857339211
    Tayangan video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” memberikan gambaran permasalahan sehari-hari yang dihadapi pendidik PAUD. Beberapa anak di lembaga PAUD tempat saya mengajar pun sering mengalami hal yang sama disebabkan oleh perselisihan dengan teman, bosan belajar di kelas, atau terlambat datang ke sekolah. Berdasarkan pengalaman saya, anak yang terlambat datang ke sekolah seringkali moodnya menjadi kurang baik, rewel, mudah marah,dll., hal ini disebabkan karena dia merasa tertinggal dari teman-temannya dalam mengikuti kegiatan di sekolah.

    Penanganan yang dilakukan Ibu Guru dalam video menjadi masukan dan contoh bagi kami selaku pendidik PAUD untuk senantiasa sabar, bersikap lemah lembut kepada anak-anak apapun permasalahan mereka. Di samping itu apabila terjadi konflik di antara anak-anak guru harus menjadi penengah dan membiasakan anak untuk menyelesaikan masalah dengan cara berbicara melalui negosiasi bukan malah menggunakan tangisan atau kekerasan fisik.

    Lebih lanjut apabila anak-anak mogok tidak mau belajar secara berulang atau dalam jangka waktu lama sudah seharusnya kita menggali informasi lebih jauh dari orang tua dengan melakukan home visit, mengajukan pertanyaan mengapa anak mogok sekolah. Saya juga sering menanyakan anak-anak apabila ada ucapan atau perilaku saya yang membuat mereka sedih, marah, atau kecewa, maka saya akan meminta maaf.

    Untuk anak-anak yang mogok sekolah karena bosan, biasanya saya sesekali mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas, seperti di taman misalnya, di halaman sekolah, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar sekolah, namun tetap pembelajaran harus sesuai tema dan memperhatikan keselamatan dan kennyamanan anak-anak.

  2. Nama : RahmadelaAdelia
    NIM : 857526209
    Dalam video ini kita diajarkan untuk membentuk motivasi dalam diri anak dan membangun rasa ingin tahu anak, ketika ada anak yg menolak saat diajak bermainn dan bergabung dengan teman, Mungkin hal yang membuat anak merasa mogok tidak mau belajar disebabkan oleh beberapa hal salahsatunya anak merasa takut danbelum bisa mencapai hal itu sementara teman temannya sudah bisa jadi hal yang bisa kita lakukan adalah menjadi contoh dan memberi arahan kepada anak tersebut.

  3. Nama : Siti Maryam
    NIM : 859173921

    Assalamualaikum wr wb
    Menurut pendapat saya video ” Anak mogok tidak mau belajar” diatas sangat bermanfaat, sebagai guru kita perlu bersikap profesional sekaligus menciptakan suasana yang menyenangkan di depan murid agar kondisi belajar dikelas bisa optimal, jika ada satu siswa yang enggan bergabung dengan teman-temanya. guru bisa mengajak siswa lain untuk untuk merangkulnya dan menunjukkan bahwa kebersamaan justru lebih menyenangkan. selain itu, berikanlah nasihat singkat kepada semua anak didik kita untuk tidak perlu cemas, atau takut ketika mengalami kesulitan belajar di dalam kelas, guru dan orangtua akan selalu bekerjasama untuk selalu mendampingi, memotivasi sampai anak-anak bisa dan tidak takut lagi ketika mengalami kesulitan.

  4. Nama : Esra Nova Renti Siahaan
    Nim : 859811898
    Judul Vidio : Anak mogok tidak mau belajar

    Pendapat saya terkait vidio di atas yaitu tentang anak mogok tidak mau belajar bisa kita lihat dari perilaku anak tersebut. Dimana anak tesebut asik dengan dirinya sendiri seperti memainkan dasinya dan bisa kita lihat juga anak merasa bosan dengan lingkungan belajarnya. dan dari kejadian tersebut hal yang dilakukan guru sudah benar yaitu dengan mendekatkan diri pada anak, bertanya kepada anak apa yang menjadi permasalahannya dan menayakan kepada orang tua mengapa anak tersebut tidak mau bersekolah. Dari kejadian seperti ini guru dituntut untuk menjadi profesional dalam hal mengenali emosi anak dengan tenang, serta memberikan ruang bagi anak dalam memilih kegiatan apa yang disukai oleh anak.

  5. Izin saya menanggapi dalam video ini yaitu permasalahan anak mogok tidak mau belajar, yaitu bisa disebabkan adanya berbagai faktor ya,baik dalam diri anak maupun lingkungan sekitarnya, solusi yang bisa saya berikan dalam video ini yaitu, komunikasi dengan anak,ajak anak berbicara secara pribadi,dengarkan keluh kesahnya,lalu tanyakan,apa yang membuat nya kesulitan,dan berikan anak tersebut sebuah reward misalnya seperti: pujian, hadiah,dan waktu bermain tambahan,serta buat suasana kelas menjadi menyenangkan bagi anak-anak.

  6. Nama : Rofiut Dharojah
    NIM : 858571769

    Dari video yg saya amati yang berjudul “Anak mogok tidak mau belajar” ini. Saya melihat guru sudah mencoba melakukan berbagai cara agar anak bersedia mengikuti kegiatan belajar, dari mulai membujuk anak, mendatangi orang tua, dan memberi pengajaran secara private. Memang setiap karakter anak berbeda, sehingga sebagai guru harus mampu mengetahui karakter masing2 siswa nya agar tujuan pembelajaran kepada anak dapat tercapai sesuai harapan. Dan di harapkan sebagai guru PAUD tentunya di tekankan untuk lebih kreatif dalam menyajikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga anak akan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran tanpa paksaan dan tekanan.

  7. Bismillaah..
    Nama : Rina Nopiana
    NIM : 857534585
    UPBJJ : Kota Bandung

    Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Menurut pendapat saya, video pembelajaran yang ibu sampaikan pada video ini sudah sangat benar dari tahapan tahapan sumber dan penyebab masalahnya sampai ke cara penyelesaian masalhanya.

    Karena sejatinya prinsip pembelajaran pada paud harus aman dan menyenangkan bagi anak. Jika anak mengalami mogok dalam belajar, guru yang bersangkutanlah yang harus refleksi atau evaluasi dalam proses mengajar nya dan penyediaan alat bermain dan alat belajar nya serta lingkungan disekitar nya, seperti melihat kondisi dan karakteristik siswa nya.

    Jika guru dirasa sudah memenuhi prinsip tersebut, namun anak tersebut masih mogok dalam belajar, maka betul memang harus di cari sumber masalahnya, khawatirnya sumber penyebabnya bukan dari lingkungan sekolah, melainkan ada di lingkungan rumahnya. Jadi alangkah baiknya jika guru mencari informasi lebih lengkap kepada orang tua siswa yang bersangkutan tersebut.

    Terimakasih

  8. Nama : Dwi Kartika Sari
    NIM : 859947912

    Tanggapan saya terhadap video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” bahwa tampak anak yang tidak mau mengikuti kegiatan pembelajaran. Ia memisahkan diri dari teman-temannya dan asyik memainkan pakaiannya. Guru menyadari bahwa anak tersebut tidak mau belajar. Guru berusaha membujuk, namun anak tersebut tetap tidak mau mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari kejadian tersebut, guru sudah melakukan tahapan pemecahan masalah yang sesuai. Dari mencari kemungkinan penyebab anak tidak mau belajar, melakukan home visit untuk mencari informasi dari orang tua, memberikan pilihan kepada anak untuk belajar di ruang perpustakaan, dan memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain di luar kelas dalam waktu yang telah ditentukan. Upaya-upaya tersebut tampaknya membuahkan hasil. Anak tampak lebih antusias dalam belajar.

    Guru harus selalu ingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain. Dengan demikian, guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

    Guru

  9. Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Penyebabnya:
    1. Karena takut mencoba/ takut salah
    2. Dipaksa mengerjakan tugas semntara anak lain sudah selesai
    3. Si Anak bertengkar dengan temannya
    4. Anak sakit hati dengan ucapan temannya
    Dunia anak adalah dunia permainan, kalau permainan yang dia terima tidak menarik anak cenderung tidak mau belajar (sambil bermain). Inilah yang menjadi salah satu menjadi tugas guru untuk menciptakan situasi/kondisi atau mencari/menciptakan APE yang mendukung dan menarik bagi anak-anak untuk beraktivitas. Membuat APE dan kondisi yang menyenangkan sehingga anak-anak tidak sadar bahwa dia sedang belajar menjadi keharusan seorang Guru PAUD. Kemampuan berkomunikasi untuk menggali informasi dengan bahasa anak yang sederhana juga pendukung lain dari seorang Guru PAUD.

  10. vidio sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru paud, dapat menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara menangani anak yang mogok belajar. memang sangat perlu sekali guru dekat dengan anak, supaya anak lebih mudah terbuka kepada gurunya, sehingga guru lebih mudah lagi untuk menangani anak dan guru juga harus bersikap lembut terhadap muridnya.

Leave a Reply