silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama: Tri wantini
    Nim:877623679
    Upbjj: Bandar Lampung

    Tanggapan untuk video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”:

    Saya sangat mengapresiasi pendekatan yang ditunjukkan dalam video ini mengenai cara guru menangani situasi ketika anak memukul atau menangis. Tindakan guru yang segera menghampiri dan meminta anak untuk tenang merupakan langkah yang sangat penting dalam mengatasi emosi yang kuat.

    Dengan memeluk anak dan menanyakan penyebab kemarahannya, guru menunjukkan empati dan menciptakan ruang aman bagi anak untuk mengekspresikan perasaannya. Mendorong anak untuk menyatakan perasaannya dengan kata-kata, bukan tindakan agresif, adalah cara yang efektif untuk mengajarkan keterampilan komunikasi yang penting.

    Upaya guru untuk mendamaikan anak dengan temannya juga sangat baik, karena hal ini mengajarkan nilai-nilai sosial dan pentingnya menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat. Video ini memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana mendukung perkembangan emosional dan sosial anak.

    Saya berharap lebih banyak pendidik yang menerapkan pendekatan ini dalam situasi serupa. Terima kasih atas video yang informatif ini.

  2. Nama : Melani Rosita Rasid
    NIM : 857985694
    UPBJJ : YOGYAKARTA
    Setelah saya melihat video Anak Mogok Tidak Mau Belajar menunjukkan peran guru dalam memberikan motivasi belajar dan membangkitkan rasa ingin tahu anak dalam belajar. Dengan penuh kesabaran guru memberikan motivasi pada anak yang mogok sekolah. Pendampingan guru pada anak yaitu dengan bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain karena dunia anak adalah bermain. Adapun Kesepakatan antara guru dan anak sangat penting karena merupakan proses belajar. Video ini sangat baik dan membantu saya sebagai pendidik.

  3. Nama : Robiah Yuliana
    NIM : 858465928
    Menurut saya video ini baik dan menginspirasi bagi guru paud, menjadi guru tentu akan terus memberikan motivasi yang membangun tanpa judge anak didiknya. Dengan kesabaran dan melakukan pendampingan ataupun pendekatan terhadap anak dengan bermain sambil belajar seru dan menarik. Menyadari dan memvalidasi perasaan anak ketika anak merasa tidak aman dan nyaman pada dirinya terhadap lingkungan..

  4. Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru paud karena didalam video tersebut memberikan pemahaman kepada guru untuk mengatasi anak yang mogok belajar dan memberikan solusi agak anak tidak mogok belajar serta memberikan motivasi kepada guru agar lebih baik lagi dalam menghadapi anak yang mengalami permasalahan tersebut.

  5. Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru paud karena didalam video tersebut memberikan pemahaman untuk mengatasi anak yang mogok belajar dan memberikan solusi agar anak tidak mogok belajar serta memberikan motivasi kepada guru dalam menghadapi anak yang mengalami permasalahan tersebut.

  6. Nama : Nuri Dali Sopia
    Nim : 859674139

    tanggapan video anak mogok belajar
    sebagai guru harus tetap selalu belajar dalam cara mendampingi anak supaya anak lebih tambah semangat lagi dalam belajarnya,dengan cara Buat Suasana Membaca yang Menyenangkan. Banyak orang yang berpendapat jika membaca adalah kunci sukses kehidupan ,Fokus pada Minat Anak, Tularkan Semangat Belajar yang Baik. ,Belajar Menyenangkan dengan Basis Permainan.

  7. MasyaAllah video diatas sangat membantu saya dalam menghadapi anak yang tiba-tiba tidak mau belajar, berkelahi dan tidak mau ikut serta dalam bermain dan beraktivitas lainnya, video ini juga bisa membantu saya untuk menjadi pendidik yang lebih mengerti dan mencari solusi yang baik ketika menemui anak seperti di atas.
    Dan emang sebagai seorang pendidik kita harus lebih memahami apa yang dibutuhkan dan apa kekurangan dari masing-masing anak agar hal demikian mudah untuk diatasi.

  8. Menurut saya pada video berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, video ini sudah oke untuk memberi gambaran nyata bagaimana cara guru menangani anak yang lagi mogok belajar atau emosinya lagi nggak stabil. Cara guru nyamperin anak, mengajak bicara pelan-pelan, bahkan sampai memeluk anak untuk menenangkannya dan itu berpengaruh sekali pada anak yang butuh perhatian banyak. Meskipun memang percakapannya kurang detail, tapi intinya guru berusaha mencoba cari tahu masalahnya dahulu, bukan langsung menyuruh anak ikut kegiatan. Ini penting sekali, supaya anak merasa didengarkan dan aman di sekolah. Jadi mereka bisa pelan pelan muncul semangat belajarnya kembali

  9. Assalamu’alaikum wr.wb
    NAMA : LILIS KARLINA
    NIM : 856657808
    JURUSAN : PAUD

    Tanggapan untuk “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
    Saya sangat setuju dengan video di atas mengenai situasi ketika anak mogok belajar dan tidak mau ikut kegiatan. Tindakan guru adalah dengan melakukan pendekatan terhadap anak tersebut dan bertanya apa penyebab anak tidak mau belajar, jikalau anak juga tidak ada perubahan sebaiknya lakukan pembelajaran yang menarik dan bervariasi atau dengan cara belajar sambil bermain agar anak mau mengikuti kegiatan belajar.
    Saya juga sangat mengapresiasi pendekatan yang di tunjukkan dalam video ini mengenai cara guru menangani situasi ketika anak menangis. Tindakan guru adalah mendekati anak tersebut dan meminta anak untuk tenang merupakan langkah yang sangat baik untuk mengatasi emosi yang kuat. Lalu dengan memeluk anak dan menanyakan penyebab menangisnya, hendaknya guru menunjukkan rasa empati dan menciptakan ruang bagi anak untuk mengekspresikan perasaannya.
    Wassalamu’alaikum wr wb

  10. Nama : Rita Wulan
    NIM : 857534808
    Dari video yang saya tonton mengenai “Anak tidak mau belajar ” menambah wawasan dan pengetahuan ssaya dalam menghadapi anak yang mogo tidak mau belajar, yang sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena anak takut, anak yang di paksa mengerjakan tugas yang anak tersebut belum bisa mengerjakannya, yang ketiga kemungkinan anak bertengkar dan yang terakhir mungkin anak sakit hati dengan ucapan guru ketika mengajar, solusi yang bisa di lakukan oleh guru yaitu mencari tau alasan mengapa anak tidak mau belajar. Dengan cara melakukan home visit ke rumah menanyakan alasan anak kenapa mogok tidak mau belajar, memberikan pilihan kepada ank jika nak bosan di kelas bisa belajar di luar kelas, dengan memberikannya waktu untuk di sepakati. Dalam video tersebut sangat membatu mencarikan soslusi dalam kasus-kasus yang sering terjadi di kelas.

Leave a Reply