silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. menurut saya dalam video yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar”, sering terjadi dan di alami oleh banyak guru. dengan menyaksikan video di atas banyak hal yang bisa di contoh dan di lakukan oleh guru dalam menangani anak yang mogok tidak mau belajar. terlebih pada saat tahun ajaran baru, dimana anak-anak baru mengenal lingkungan sekolah, teman-teman dan guru. dan untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar harus diketahui penyebabnya terlebih agar guru tidak salah dalam penanganannya dan dapat memberikan solusi yang tepat.

  2. Nama : Nyayu Nadia Puspitasari
    Nim : 860077166
    UPBJJ : UT Palembang

    menurut saya dalam video yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar”, sering terjadi dan di alami oleh banyak guru. dengan menyaksikan video di atas banyak hal yang bisa di contoh dan di lakukan oleh guru dalam menangani anak yang mogok tidak mau belajar. terlebih pada saat tahun ajaran baru, dimana anak-anak baru mengenal lingkungan sekolah, teman-teman dan guru. dan untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar harus diketahui penyebabnya terlebih agar guru tidak salah dalam penanganannya dan dapat memberikan solusi yang tepat.

  3. Nama : Umi kalsum
    Nim :856759348
    Upbjj : Palembang
    Setelahh saya Mengamati Dari video tersebut yang berjudul “Anak mogok tidak mau belajar” ini. Saya melihat guru sudah berusaha mencoba melakukan berbagai cara agar anak bersedia mengikuti kegiatan belajar, dari mulai membujuk anak, mendatangi orang tua, dan memberi pengajaran secara private. Memang setiap karakter anak berbeda, sehingga sebagai guru harus mampu mengetahui karakter masing2 siswa nya agar tujuan pembelajaran kepada anak dapat tercapai sesuai harapan. Dan di harapkan sebagai guru PAUD tentunya di tekankan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan dan memberikan berbagai kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, dan proses belajar mengajar yang mampu menciptakan suasana yang menarik, tidak membosankan, dan membuat siswa merasa senang, sehingga mereka lebih termotivasi dan fokus pada materi yang dipelajari sehingga anak akan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran tanpa paksaan dan tekanan.

  4. Assalamu’alaikum
    Nama: Isni ayuni
    Nim : 859802691
    Dari vidio tersebut menurut saya sangat bagus bagaimana seorang guru menangani anak yang mogok belajar dengan cara mengetahui akar atau penyebab mengapa anak mogok belajar, apakah anak terpaksa mengerjakan tugas, apakah anak bertengkar dengan teman, apakah anak takut, atau apakah anak sakit hati dengan guru baik itu perbuatan maupun ucapan guru. Guru dapat melakukan pendekatan dengan anak secara lembut dan perlahan, sehingga anak mau membuka dirinya untuk dapat menyampaiakan apa penyebab dia mogok belajar..misal pendekatan ini belum berhasil guru bisa menggali informasi kepada orangtua anak dengan cara home visit. Setelah guru mendapatkan informasi guru dapat memberikan solusi apa yang akan dilakukan. Terkadang salah satu penyebab anak mogok tidak mau belajar juga sering disebabkan guru yang terlalu monoton atau bahkan tidak menarik bagi anak tersebut sehingga membuat seorang anak merasa bosan dan malas belajar. Pentingnya guru menyikapi karakter anak tersebut dengan baik, menanyakan apa yang anak suka dan apa yang anak tidak sukai. Jika anak ingin bermain maka biarkan ia bermain sesukanya namun perlu juga mengatur waktu bermain. Beri kesempatan anak untuk meluangkan perasaannya, berkomunikasi dengan baik dan nada yang lembut pada anak sehingga anak kembali bersemangat dalam belajar bersama teman di kelas.

  5. Nama: Isni ayuni
    Nim: 859802691
    Dari video tentang anak mogok belajar diatas seringkali terjadi dilembaga PAUD khususnya ditempat saya mengajar, yang menyebabkan kami para guru kesulitan memberikan pembelajaran dan juga kegiatan main untuk anak yang mogok belajar. Beberapa hal yang menjadi alasan anak mogok belajar mungkin disebabkan karena anak merasa takut kepada guru dan merasa tidak aman saat berada didekat guru maupun temannya. Guru sering memaksa anak untuk mengerjakan tugas ataupun menyuruh anak terlalu buru – buru dalam menyelesaikan tugas. sering kali anak mencetak belajar atau tidak mau bergabung dengan teman-temannya kemungkinan penyebabnya, karena anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu untuk mengerjakan dan teman-temannya sudah bisa mengerjakan, atau mungkin anak berdiskusi dengan teman sekelasnya, bisa jadi anak sakit hati terhadap ucapan guru atau perilaku guru terhadap dirinya sendiri. Jika guru sudah mengetahui alasan mengenai apa yang terjadi pada anak. Maka solusinya, guru menggali keterangan mendalam dari anak dan orang tua dengan homevisit, agar mendapatkan penjelasan dan guru menjadi paham mengenai apa yg menjadi masalah. Anak diberi pilihan mau belajar bersama teman-temannya dikelas atau melakukan kegiatan bermain sambil belajar diluar kelas. Guru harus dapat membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak – anak tidak bosan dengan pembelajaran dikelas yang dapat mengakibatkan mogoknya anak dalam belajar.

  6. Nama : Rila
    Nim : 856472523

    Pendapat saya tentang vidio tersebut yang berjudul ”anak mogok tidak mau belajar” dilihat dari perilaku anak didik didalam vidio yang terlihat asik dengan dirinya sendiri , terkadang hanya melihat temannya yang sedang mengerjakan tugas kegiatan pembelajaran, kemungkinan bisa jadi sudah bosan didalam kelas atau memang sakit hati dengan temannya. Lalu guru melihat dan mendekati anak tersebut , membujuk ,e,berikan mainan kepadan anak dan guru didalam vidio bertanya kepada anak kenapa ia tidak mau belajar, apa yang sedang terjadi, guru berupaya mengundang orang tua dengan menanyakan kepada orang tua wali murid tersebut mengapa anaknya tidak mau sekolah dan kurang semangat, guru memberikan pengarahan kepada orang tua wali tersebut dengan baik. Dengan adanya masalah yang dihadapi disekolah maka peran guru sangatlah besar tanggung jawabnya, guru dituntut menjadi profesional, dalam menangani masalah masalah yang dihadapi setiap hari dilembaganya, karena karakter anak berbeda beda, sehingga guru dituntut kreatif dan inovatif agar terciptanya lingkungan pembelajaran yang efektif, aman dan nyaman bagi peserta didiknya.

  7. Nama : Richa Sanjaya
    Nim : 877802422
    UPBJJ : UT Jakarta

    MasyaAllah, dari tayangan video singkat di atas, saya setuju dengan langkah yang dilakukan oleh gguru tersebut yaitu berkoordinasi terlebih dahulu dengan orang tua untuk mencari tau penyebab anada terlihat tidak ingin terlibat dalam kegiatan di sekolah. Setelah itu guru dapat mengambil keputusan untuk mengatasi permaalaan siswa tersebut. Selain itu, sesuai dengan tahapan perkembangan usianya, guru lebih banyak memberikan permainan sambil belajar agar siswa merasa tidak dipaksa untuk belajar dan tercapai tujuan pembelajaran.

    Demikian pendapat dari saya

  8. Nama : TASWALMA
    Nim : 856276766
    UPBJJ : UT Padang
    Judul Video : Anak Mogok Tidak mau belajar.
    Setelah menonton video seri pembelajaran ini “Anak Mogok tidak mau belajar”, menjadi problem tersendiri bagi guru dalam proses pembelajaran khusus dalam pendidikan anak usia dini, dalam hal ini permasalahan anak mogok tidak mau belajar tentu ada berbagai kemungkinan alasan seperti:
    – Anak takut
    – Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu mengerjakan sementara temannya sudah bisa mengerjakan
    – Mungkin anak bertengkar dengan temannya
    – Mungkin anak ada sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru ataupun dengan alasan model pembelajaran yang membosankan dan monoton.
    Mencari akar permasalahan adalah langkah awal untuk mencari solusi yang sangat penting dilakukan guru supaya nantinya tidak merugikan anak yaitu anak tidak mau belajar dan mogok untuk sekolah. Menciptakan pembelajaran di kelas anak usia dini dengan cara yang menyenangkan, sesuai dengan kebutuhan dan minat anak akan mendukung dan memberikan penguatan positif untuk meningkatkan semangat anak untuk mau belajar dan tidak mogok. Jadi dengan menonton video seri pembelajaran ini, bisa memberikan tips-tips terhadap pengelolaan emosi anak, sehingga pendekatan yang tepat dan kesabaran akan membantu anak dalam mengelola emosinya dan memberikan semangat untuk mau belajar kembali, Sekian Terimakasih.

  9. Nama : Safachudriatin nisak
    NIM : 860140023
    Jika anak sedang mengalami tidak mau belajar karena bosen maka guru bisa mengajak belajar sambil bermain di luar kelas akan tetapi dengan persetujuan semua siswa yang ada di kelas sehingga anak tidak merasa bosan, contoh belajar di buar kelas saling lempar bola dengan membilang angka. jika anak tidak mau bersekolah sudah beberapa hari maka guru harus menggali mengapa anak tidak mau bersekolah akan tetapi biasa anak tidak mau sekolah karena beberapa faktor seperti tidak di teman oleh siswa yang lain, sakit hati akan perkataan guru ataupun merasa tidak bisa dalam pelajaran karena pada saat kegiatan belajar siswa lainnya bisa mengerjakan tetapi ia tidak bisa mengerjakannya. maka dari itu guru harus mencari jalan keluar agar anak tersebut mau bersekolah lagi dengan cara ke rumahnya untuk menanyakan dengan baik baik alasan mengapa tidak mau sekolah jika alasannya tidak mau belajar dengan temannya karena merasa jika belajar dengan temannya tidak bisa mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru maka guru dapat memberikan motivasi kepada anak tersebut dan jika anak tersebut sudah ingin masuk sekolah lagi maka guru tidak memberikan pembelajaran yang dapat membebaninya dengan cara sebelum guru memberikan penugasan terhadap anak guru menanyakan dulu apakah kesulitan jika diberikan penugasan yang seperti ini.

  10. sebagai guru kita harus sabar dalam mengatasi anak seperti itu dan kita harus juga sering mengajak mengobrol anak itu kita harus selalu mencari cara agar anak itu mau belajar

Leave a Reply