silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Ayu Saribanon
NIM : 859665677
Assalaamu’alaikum Wr Wb
Selamat Malam, dan Izin Menanggapi.
Video tersebut memberikan wawasan penting tentang tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mendidik anak, terutama ketika anak menunjukkan ketidakberdayaan dalam berpartisipasi. Saya setuju bahwa sebagai pendidik, kita harus memahami bahwa setiap anak memiliki latar belakang, emosi, dan motivasi yang berbeda-beda.
1. Pengembangan Rasa Ingin Tahu: Penting bagi guru untuk menciptakan lingkungan yang mendorong rasa ingin tahu anak. Ketika anak merasa aman dan dihargai, mereka akan lebih terbuka untuk belajar dan berinteraksi dengan teman-temannya.
2. Mengatasi Ketakutan: Mengidentifikasi dan mengatasi ketakutan anak adalah langkah awal yang krusial. Guru bisa melakukan pendekatan dengan cara yang lembut dan memberikan dukungan untuk membantu anak merasa lebih nyaman.
3. Menangani Konflik Sosial: Konflik antar teman sebaya sering kali menjadi penghalang bagi anak untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menjadi mediator yang efektif, membantu anak-anak belajar menyelesaikan masalah mereka dengan cara yang positif.
4. Empati dan Komunikasi: Seperti yang disebutkan, ucapan dan tindakan guru dapat berpengaruh besar terhadap perasaan anak. Guru perlu berkomunikasi dengan empati dan menjaga hubungan yang baik dengan siswa untuk mencegah perasaan sakit hati yang dapat menghambat proses belajar.
Secara keseluruhan, video ini mengingatkan kita tentang pentingnya pendekatan yang holistik dalam pendidikan anak. Dengan memperhatikan berbagai faktor yang memengaruhi motivasi dan partisipasi anak, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan menyenangkan. Pendekatan yang sabar dan penuh kasih sayang akan membantu anak merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar.
Terimakasih
Wassalaamu’alaikum Wr Wb
Asalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
Nama : NITA ANZANI
Nim : 857273842
UPBJJ : UT SERANG BANTEN
Video tersebut menggambarkan sebuah pendekatan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini yang sangat positif dan penuh empati.
1.Pendekatan Emosional yang Tepat
Guru dalam video menunjukkan pendekatan yang sangat baik dalam menangani konflik anak-anak. Ia tidak langsung memarahi, melainkan mengutamakan ketenangan anak terlebih dahulu. Ini penting karena anak-anak TK seringkali belum mampu mengelola emosinya sendiri.
2.Memberi Contoh Komunikasi yang Sehat
Guru tidak hanya meredakan emosi, tetapi juga memberikan arahan yang sangat mendidik—mengajak anak untuk menyampaikan perasaannya dengan kata-kata. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengajarkan komunikasi asertif sejak dini.
3.Menumbuhkan Kepercayaan Anak kepada Guru
Dengan meminta anak melapor bila merasa terganggu, guru sedang membangun rasa aman dan kepercayaan dalam hubungan anak-guru. Ini penting untuk perkembangan sosial dan emosional anak.
4.Mendidik Tanpa Kekerasan
Pendekatan yang digunakan adalah contoh nyata dari pendidikan tanpa kekerasan (non-violent communication). Ini selaras dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang menekankan empati, penyelesaian konflik secara damai, dan penghargaan terhadap perasaan orang lain.
5.Peran Guru sebagai Mediator dan Pendamping Emosi
Guru tidak hanya mengatur perilaku anak, tapi juga membantu anak memahami dan mengelola emosinya. Ini menunjukkan pemahaman yang dalam tentang peran guru sebagai pendamping tumbuh kembang anak secara menyeluruh.
Secara keseluruhan, video ini menunjukkan praktik pengasuhan dan pendidikan yang ideal di lingkungan TK, dan bisa menjadi contoh baik bagi para pendidik dan orang tua dalam membimbing anak-anak menghadapi konflik dengan cara yang sehat dan mendidik.
Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
Nama : Netik Kuncorowati
NIM : 858197895
UPBJJ UT : Palangka Raya
assalamu’alaikum
pengalaman saya mengapa anak mogok tidak mau belajar bisa disebabkan karena faktor dari rumah anak sudah tidak bersemangat untuk berangkat ke sekolah, ketika sampai di sekolah raut mukanya terlihat murung solusinya saya merayunya dengan sabar dan lembut, mengajak anak melakukan permainan yang biasa disukainya. solusi ini kadang berhasil kadang juga tidak tergantung tergantung kondisi emosional si anak.
Nama: Frederika Z. Rupilu
NIM: 858601481
Kota Tual
Dari video anak mogok tidak mau belajar sangat bermanfaat karena dengan adanya video ini guru dapat belajar memahami sifat dan karakter anak, mencoba mencari tahu penyebab dari setiap sikap anak, setelah diketahui penyebabnya guru dapat memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih hal yang disukai atau disenangi, dan guru dapat membantu anak bermain sambil belajar.
nama: nadia pitri sasmita
nim: 878197384
dari video ini kita diberi wawasan tentang mengapa anak mogok tidak mau belajar dan cara mengatasinya
karena sebagai guru kita harus bisa mengembangkan rasa ingin tahu anak . Terimakasih atas videonya sangat bermanfaat , saya akan terus belajar seperti yang telah dijelaskan divideo tersebut
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD4405 PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Nama Mahasiswa : Sonya Ribka
NIM : 877682056
PRODI : S1 PG PAUD
Selamat malam ijinkan saya untuk menanggapi video tersebut.
Mengatasi anak PAUD yang mogok belajar membutuhkan waktu dan kesabaran. Cobalah berbagai pendekatan dan amati respons anak. Yang terpenting adalah membangun pengalaman belajar yang positif dan menyenangkan baginya. Berikut cara kita untuk mengatasi Anak yang mogok tidak mau belajar :
1. Cari Tahu Penyebabnya
2. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan
3. Bangun Rutinitas dan Konsistensi
4. Berikan Dukungan Emosional
5. Jangan Membandingkan dengan Anak Lain
6. Konsultasi dengan Profesional (Jika Diperlukan)
Nama:Puput Melayani
Nim:856765359
Upbjj:Palembang
Assalamualaikum wr wb izin menambahkan sedikit sanggahan dari video yang sudah saya tonton yaitu Anak yang mogok tidak mau belajar, mungkin guru sudah memberikan pemahaman serta pengertian kepada anak, namun perlu juga diperhatikan guru harus lebih paham karakteristik tiap anak dan bisa memberikan ruang tersendiri jika anak tersebut marah atau menangis.. Ajak ke tempat yng dia suka berdua sambil menanyakan apa yng membuat nya kesal ataupun marah setelah itu guru bisa menawarkan kembali untuk mengajak anak masuk dan belajar bersama.. Jika anak masi menolak biarkan dulu sambil di perhatikan jika anak sudah mulai merasa sepi biasanya dia akan mencari temannya. Sudah sangat bagus jika guru melakukan home visit.. Namun jika kendala atau masalah tersebut masi sekitar sekolah alangkah baik di selesaikan dulu jika tidak mendapat info baru melakukan home visit kepada anak tersebut dan menggali dari orang tua nya
Terimakasih dari video yng saya tonton sangat menarik dan membuat saya tergugah bahwa menjadi seorang guru itu ibarat harus menjadi ibu kedua di sekolahan setelah ibu dirumah anak tersebut.. Karena jika anak sudah nyaman maka kita pun akan paham karakteristik dari anak anak tersebut 🙏
Nama : paramita sunarno
Nim : 856523447
menanggapi dari video diatas sesi pengembangan bahasa “anak mogok tidak mau belajar ” dari video tersebut memberikan pelajaran penting untuk kita bagaimana cara kita untuk menghadapi anak yang tidak mau belajar, guru harus tau apa penyebab anak tidak mau belajar, apakah terjadi dari faktor teman, dari faktor guru itu sendiri ataukah dari pelajaran atau kegiatan yang dia lakukan, terkadang anak merasa bosan dengan kegiatan yang dia lakukan karna kegiatan yang monoton, kurangnya kreatifitas guru untuk membuat pembelajaran disenangi anak, karna untuk anak usia dini mereka lebih senang kegiatan belajar sambil bermain, melakukan eksperimen dan bercakap-cakap dengan guru ataupun dengan teman, dari situlah menjadi tugas guru untuk memodifikasi pembelajaran/kegiatan semenarik mungkin, sehingga menumbuhkan minat belajar anak menjadi kuat.
Diyah Ayu Soleha/857856641
Alhamdulillah, melalui video di atas sangat membantu saya sebagai guru dalam mengatasi anak yang mogok belajar di kas.
Assalamualikum wr,wb
VIdio diatas sangat bagus, berisi cara2 guru mengatasi bagaiman mengatasi anak yang mogok belajar, dan disertai cara2 ataupun alasan mengapa anak bisa mogok belajar. Disini guru dituntut untuk menemukan solusi bagai mana cara agar anak tidak mogok belajar..guru harus melakukan sentuhan lembut dan pendekatan yang lebih pada anak. guruh harus lebih sabar dalam mengatasi preblematika anak malas belajar SEMANGAT PARA GURU PAUD