silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : titing Galih Lestari
    NIM : 87547337
    ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
    Setelah melihat video anak mogok tidak mau belajar sebagai guru harus mencari tahu penyebab anak tersebut tidak mau belajar dengan beberapa langkah yang detail. diharapkan setiap pembelajaran harus menyenangkan agar anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran, dengan pendekatan kepada anak dan seringnya mengajar anak untuk berbicara akan membantu mengatasi masalah. sebagai guru harus lebih sabar lagi dalam menghadapi anak ,dengan pendekatan yang sabar dan bijaksana ,diharapkan anak akan kembali semangat belajar dan nyaman dalam proses pembelajaran berlangsung.

  2. Assalamualikum Wr, Wb
    Nama : Anis Kamilia
    NIM : 858989386
    Jurusan : PGPAUD
    UPBJJ UT Jember
    Setelah saya tonton vidio tentang “Anak Mogok tidak Mau Belajar” saya jadi tau cara menghadapi masalah anak tersebut dengan cara menggalih keterangan mendalam kenpa anak yang mogok belajar, dan anak juga bisa diberi pilihan tempat belajar, misal anak mau belajar di tempat lain, di perpus maupun di kantor. Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam menciptakan suasana kelas yang tenang dan kondusif, sehingga anak dengan nyaman melaksanakan kegiatan belajar. terimakasih atas vidio ini, vidionya sangat bermanfaat, Wassalamualikum Wr,Wb

  3. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Perkenalkan nama saya Nadia Syafar
    Asal: Takalar

    Komentar: Video ini sangat membantu karena menjelaskan bagaimana cara guru menghadapi anak-anak yang tidak mau belajar. Anak bisa saja mogok belajar karena sedang sedih, takut, atau tidak nyaman. Dalam video ini dijelaskan bahwa guru harus lebih sabar, memahami perasaan anak, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

    Sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

  4. Assalamualaikum warogmatulahi wabarokatuh
    Perkenalkan nama saya Nadia Syafar
    Asal dari takalar

    Komentar: Video ini sangat membantu karena menjelaskan bagaimana cara guru menghadapi anak-anak yang tidak mau belajar. Anak bisa saja mogok belajar karena sedang sedih, takut, atau tidak nyaman. Dalam video ini dijelaskan bahwa guru harus lebih sabar, memahami perasaan anak, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

    Sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

  5. Nama suriani Nim 837 967 914

    Komentar: Video ini sangat membantu karena menjelaskan bagaimana cara guru menghadapi anak-anak yang tidak mau belajar. Anak bisa saja mogok belajar karena sedang sedih, takut, atau tidak nyaman. Dalam video ini dijelaskan bahwa guru harus lebih sabar, memahami perasaan anak, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

  6. Saya sering menjumpai anak yang tidak mau ikut bermain dan belajar bersama temannya, namun yang saya lakukan terlebih dahulu adalah membiarkan anak bermain apa yang dia inginkan dan memberinya waktu untuk meredamkan suasana ketiakmauannya. Walaupun dengan begitu, dia bisa merekam apa yang telah ia dengar, dan belajar melalu itu.

  7. Nama : Nurul fadlilah
    Nim: 858531006
    Prodi :PGPAUD
    UPJJ : Semarang

    video diatas sangat bermanfaat bagi saya bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar. yang saya tangkap dari video diatas adalah

    ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR DENGAN TEMANYA
    Tugas seorang guru adalah menumbunhkan semangat anak belajar dengan menyenangkan,belajar sambil bermain.
    Dalam mengatasi Anak yang mogok belajar adalah
    . Anak takut,
    . Anak merasa terbebani
    . Anak bertengkar dengan temanya
    Cara mengatasi hal demikian adalah antara lain:
    1. Guru bertanya kepada anak dan orang tua mulid alasan anak
    2. Anak diberikan pilihan belajar di tempat yang anak sukai
    3. Jika anak mogok belajar karena anak bosan ,guru perlu memberi kesempatan anak untuk bermain dengan kesepakatan waktu yang ditentukan kemudian dilanjutkan untuk belajar.

    Demikian Terimakasih

  8. Nama: Neneng Fauziah
    Nim: 857274844
    Upbjj: Serang
    Video ini menunjukkan bagaimana guru merespons perilaku anak yang mogok belajar karena konflik dengan teman. Guru tampil sangat empatik, tenang, dan komunikatif. Ia tidak memarahi anak, melainkan mendekati secara lembut, memeluk, dan mengajak anak berbicara. Ini merupakan contoh praktik positif dalam membangun kecakapan bahasa emosional dan sosial pada anak usia dini.

  9. Nama: Lusiana
    Nim :856765413
    Upjj:palembang
    Judul video:anak mogok tidak mau belajar
    Menurut saya pada video berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, video ini sudah bagus.. Anak yang mogok tidak mau belajar itu penyebabnya ada banyak sekali, jadi kita sebagai guru harus mencari tahu dulu apa penyebabnya. Jika kita sudah mengetahui penyebabnya maka kita akan lebih mudah mencari solusi dari permasalahan tersebut.
    Kekurangan dari video tersebut guru tidak mencari tahu apa penyebab aa nak tersebut mogok
    Kelebihan guru sudah membujuk anak tersebut agar anak tersebut mau belajar

  10. Nama : Treza Yulian Puspita Restu
    NIM : 878193269
    UPBJJ UT MALANG
    Setelah saya meyaksikan video di atas tentang “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” merut saya yang harus di lakukan sebagai guru :
    1. Kita harus bisa memberikan pengaruh sosial yang baik seperti berkenalan dengan temannya memberi tau bahwa teman- temanya sangat baik.
    2. Guru memberi rasa nyaman dan aman kepada anak didik.
    3. Guru harus lebih perhatian terhadap anak didik.
    4. Memberi pengertian kepada anak didik agar sesama teman harus baik, saling menyayangi, saling membantu & tidak boleh mengejek apa lg memukul.
    5. Guru juga lebih aktif lagi dan memberikan inofasi pembelajaran yang menyenangkan agar anak lebih semangay dan antusias dalam mengikiti pembelajaran.

    Dengan cari ini di harapkan anak bisa nyaman dan anan di sekolah dan tidak mogok dalam belajar.

Leave a Reply