silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Laila Romadhoni
Nim : 860012075
Prodi : PGPAUD
didalam video menunjukkan bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi, seperti rasa takut, konflik dengan teman, tekanan tugas, atau kebosanan. Pendekatan memisahkan anak dari kelas dianggap kurang efektif karena bisa menghambat interaksi sosial dan mengganggu kondisi kelas. Alternatif yang lebih baik adalah mendampingi anak di dalam kelas dengan dukungan emosional. Guru juga disarankan untuk menciptakan variasi pembelajaran, termasuk belajar di luar ruangan dan melibatkan aktivitas bermain. Selain itu, penting bagi guru melakukan asesmen untuk mengenali potensi anak, sehingga pembelajaran bisa disesuaikan dan lebih menyenangkan. Guru berperan penting sebagai pendamping dan pemecah masalah agar anak tetap semangat belajar.
Nama nafisa
Nim. 856508057
Judul : Mengatasi Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Melalui video ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan dan motivasi untuk mengatasi “anak yang mogok tidak mau belajar.” Penjelasan dalam video ini mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi anak yang tidak mau belajar disampaikan secara jelas dan mudah dipahami. Dalam kasus seperti ini, guru di harapkan memiliki kompetensi dan kepekaan terhadap mood dan kondisi emosional anak, agar pemecahan masalah dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, sekian dan terimakasih.
Nama : Nur Fatihatul Jannah
NIM : 857856476
Dalam keseharian, terdapat peristiwa yang sama seperti di video tersebut.
Dari video yang telah saya saksikan, saya memperoleh ilmu yang dapat saya praktikkan di sekolah, seperti saat ada anak yang bosan di kelas atau ada yang sedih dan tidak mau mengikuti proses belajar di kelas. Dari video yang saya saksikan, dijelaskan bahwa saya harus menggali informasi mengapa anak bosan, mendekati dan membuat kesepakatan bagi anak. Hal yang saya pelajari hari ini tentu sangat bermanfaat dan bermakna. Semoga saya semakin baik dalam melakukan proses pembelajaran
Adinda zahra Safira Nisaa_877972116_semester 2
Didalam video di atas memberikan contoh bagaimana menangani anak yang mogok dan atau tidak mau belajar bersama teman-temannya.
Nama : Matilda Idang Onlet
Nim : 859288769
UPBJJ : Flores Timur (Wulanggitang)
Setelah menonton video pembelajaran guru pintar online yang menjelaskan bahwa anak mogok atau tidak mau belajar.
Sebagai seorang guru, harus responsif atau peka terhadap anak yang tidak mau belajar, sehingga kita bisa mengetahui secara jelas apa penyebabnya. Mungkin ia bosan, terluka atau yang lainnya, sehingga guru bisa merangkul dengan mengunakan suara atau nada yang lembut sehingga anak bisa menyampaikan alasannya.
Saya telah menonton video “Anak Mogok Belajar” di aplikasi Guru Pintar Online dan merasa bahwa video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD. Video tersebut memberikan contoh-contoh strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi anak yang mogok belajar, seperti:
– Mengidentifikasi penyebab anak mogok belajar
– Menggunakan pendekatan yang lebih personal dan fleksibel
– Meningkatkan motivasi dan minat belajar anak
Nama : Dwi Nopitaleni
NIM : 858548554
UPBJJ : Semarang
Dalam vidio tersebut ada seorang anak yang mogok tidak mau belajar di kelas bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, takut, cemas, atau masalah belajar lain .Untuk mengatasi masalah ini, guru dan orang tua berperan penting untuk memahami penyebabnya dan memberikan dukungan yang tepat pada anak seperti, berbicara pada anak dengan menanyakan alasan anak tidak mau belajar dengan sabar dan jangan memaksa,menciptakan suasana yang nyaman , kondusif dikelas serta merancang pembelajaran yang menarik sesuai minat anak. Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan anak dapat mengatasi masalahnya dan kembali bersemangat belajar di sekolah. Saran dan masukan untuk vidio tersebut tidak ada,vidio tersebut sangat bermanfaat sebagai menambah ilmu dan wawasan saya untuk mengatasi anak didik disekolah tempat saya mengajar, terima kasih .
Nama : Nurul Khotimah
NIM : 855801832
ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
Saya telah melihat dan menyaksikan video tentang anak mogok tidak mau belajar. dalam hal ini seorang guru harus mencari tahu penyebab anak tersebut mogok tidak mau belajar. pertama-tama, guru mendekati anak tersebut pelan-pelan, memeluk dan mengajaknya cerita hal menarik hingga anak mau bercerita kenapa dia mogok dan tidak mau belajar serta tidak mau bergabung dengan teman-temannya.guru harus bersabar menemani dan merayu hatinya dengan penuh kesabaran sampai luluh hatinya dan semangat lagi untuk belajar.
NAMA : ASA RIZKY AMALIA
NIM : 858568975
“ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR”
Melalui vidio diatas terdapat anak yang sedang mogok belajar, terdapat beberapa faktor penyebab anak mogok belajar yaitu anak merasa takut, anak dipaksa mengerjakan tugas, anak merasa bosan, anak sedang bertengkar dengan teman, dan anak merasa sakit hati akan ucapan guru terhadapnya.
Solusi yang dapat dilakukan yaitu guru mengunjungi rumah anak (home visit) jika ia tidak mau berangkat ke sekolah, guru memberikan pilihan tempat dimana anak akan belajar seperti di kelas atau kantor, dan ketika anak merasa bosan guru memberikan keleluasaan kepada anak dengan bermain diluar namun ada syarat atau kesepakatan berapa lama waktu untuk bermain.
Menurut saya penyebab dan solusi sudah sesuai untuk mengetahui anak yang mogok belajar. Saya hanya ingin menambahkan sedikit solusi ketika ada permasalahan tersebut yaitu dengan pendampingan khusus kepada anak karena melalui ini anak akan akrab dengan guru sehingga mereka merasa nyaman. Maka guru akan lebih mudah memahami suasana hati anak. Namun, guru juga harus memberikan berbagai kegiatan menyenangkan kepada anak agar mereka tidak bosan dan tidak mogok belajar.
Nama : Nurul Khotimah
NIM : 855801832
ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR
Saya telah melihat dan menyaksikan video tentang anak mogok tidak mau belajar. dalam hal ini seorang guru harus mencari tahu penyebab anak tersebut mogok tidak mau belajar. pertama-tama, guru mendekati anak tersebut pelan-pelan, memeluk dan mengajaknya cerita hal menarik hingga anak mau bercerita kenapa dia mogok dan tidak mau belajar serta tidak mau bergabung dengan teman-temannya.guru harus bersabar menemani dan merayu hatinya dengan penuh kesabaran sampai luluh hatinya dan semangat lagi untuk belajar