silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Mawarti
NIM : 858612033
Video ini sangat bermanfaat untuk membantu guru menghadapi anak yang tidak mau belajar. Saya belajar bahwa penting untuk memahami perasaan anak terlebih dahulu, misalnya dengan memeluk dan menenangkan mereka sebelum mengajak belajar kembali. Video ini juga mengingatkan agar guru bekerja sama dengan orang tua dan menciptakan suasana belajar yang nyaman. Penjelasannya mudah dipahami dan bisa langsung diterapkan di kelas.
Terima Kasih
Nama: Salsa Aulia Muthmainnah
NIM: 877842773
UPBJJ: Bandung
Saya menonton video tersebut karena terdapat anak didik saya yang memiliki pengalaman serupa yaitu anak tidak mau kesekolah. Dengan menonton video diatas saya mendapatkan berbagai manfaat diantaranya adalah bagaimana cara menghadapi anak yang mogok sekolah. Dari video tersebut saya menyimpulkan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu alasan anak tidak mau kesekolah apakah karena alasan keuangan, interaksi dengan teman, alasan pribadi, ataupun mungkin anak merasa tidak nyaman dengan pembelajaran yang dilakukan disekolah. setelah mengetahui alasannya, kita dapat menentukan langkah penanganan yang paling tepat, seperti jika anak bosan dengan materi yang diajarkan, kita bisa menyiasatinya dengan menggabungkan pembelajaran dengan permainan.
Video tersebut sangat relevan dengan kondisi para guru, sehingga video tersebut sangat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai contoh untuk para guru dalam menangani anak yang mogok belajar, yaitu dengan penuh perhatian dan kesabaran.
Saran: untuk kedepannya supaya dapat menjabarkan masing-masing poin dengan lebih rinci, supaya guru dapat langsung mempraktikannya.
Sekian dari saya,
Terimakasih.
Nama : Rosita
NIM : 858470231
Dari video di atas, Alhamdulillah sudah saya lakukan di sekolah…
Saat anak mogok tidak mau ikut kegiatan di kelas, maka yang saya lakukan adalah bertanya tentang perasaannya, saat anak belum siap bicara maka biasanya saya mengatakan “kalau sudah siap bicara/cerita boleh ke Bu guru yah” saat itu saya tetap ada di sekitar anak yang mogok ini. Saat anak sudah siap bicara maka yang kita tanyakan adalah perasaannya, memvalidasi perasaannya, lalu tanyakan kejadian yang terjadi, apabila terlibat konflik dengan teman, maka langsung mengajak anak untuk menyelesaikan konflik nya dengan teman, apabila tidak nyaman nya dari rumah, biasanya saya rekam kemudian tanyakan solusi yang diinginkan. Lalu mengajak orang tua nya diskusi baik via telpon ataupun home visit. Saat anak mogok karena membutuhkan waktu bermain yang lebih lama, maka saya dan anak didik ini akan membuat kesepakatan bersama, 5 menit / 10 menit, saat ananda mengatakan “5 menit” maka akan ditunjukkan melalui jam, saat jarum panjangnya di angka 1, waktu bermainnya cukup yaah… Saat ananda mengatakan “Iyah” berarti ananda setuju dengan kesepakatan itu.
Nama :Maria Mes
NIM : 858197286
Dalam vidio di atas, menunjukan pendekatan yang sangat bagus bagi seorang pendidik PAUD dalam mengatasi masalah anak didiknya. Terutama dalam mendukung perkembangan emosional anak.Terlihat jelas cara pendekatanya dengan penuh lembut, peluk,dan menanyakan penyebab masalahnya dengan penuh sabar dan mendengarkan dengan penuh perhatian,sehiningga membuat anak semakin nyaman dan tidak merasa takut. Maka dengan pendekatan seperti ini membuat anak merasa di perhatikan dan semakin percaya diri, dan juga membangun rasa aman dan nyaman dalam diri anak.sehingga sudah mulai ada keinginan untuk kembali belajar dan bergabung bersama teman – temannya.
Assalamualaikum
NAMA:SUNARTI
NIM:859567138
Dari video diatas dengan topik anak mogok tidak mau belajar, terlihat bahwa anak mengalami penolakan terhadap kegiatan belajar, situasi ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang lebih empatik dan menyenangkan dalam proses belajar. Mogok belajar bisa jadi sinyal bahwa anak kehilangan motivasi, memang penting untuk mengenali penyebab nya, perlu strategi yang lebih kreatif dari guru, anak perlu dibangun rasa percaya dirinya dan dihargai usahanya sekecil apapun. Agar muncul kembali semangat belajarnya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama :Tri Lestari
Nim:857622554
UPPJB: Kebumen
Dari vidio yang berjudul Anak mogok tidak mau belajar ,saya mendapat pengalaman atau cara untuk menghadapi anak didik saya yang ada dilembaga.Dari keterangan yang ada seperti contoh alasan yang bisa di dapat yaitu karena kurangnya media pembelajaran ,guru,ape,dan sistem yang dilakukan oleh pendidik yang mungkin kurang kreatif, monoton,terlalu keras ke anak,kurang memberikan rasa nyaman ke anak.
Karena dari berbagai alasan yang ada,saya mendapat solusi atau ilmu yang saya dapat dari masalah yang terjadi yaitu dengan cara pendekatan keorangtua,dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi,menambah kreatifitas mengajar dari segi metode,cara alat ,bahan serta proses mengajar yang kreatif ,aman dan nyaman untuk anak didik.
Saran dan masukan: untuk kedepannya vidio pembelajaran bisa di peruntukan untuk semua orang,manfaatnya luar biasa untuk kemajuan seorang yang mau belajar.ilmu semakin sering digunakan semakin banyak manfaat.
nama : jeni eka wijayanti
nim : 87973963
upbjj Malang
Dalam video tersebut terdapat anak didik saya yang memiliki pengalaman serupa yaitu anak tidak mau belajar dengan teman. Dengan menonton video diatas saya mendapatkan berbagai manfaat diantaranya adalah bagaimana cara menghadapi anak yang mogok belajar. Dari video tersebut saya menyimpulkan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu alasan anak tidak mau belajar apakah karena alasan keuangan, interaksi dengan teman, alasan pribadi, ataupun mungkin anak merasa tidak nyaman dengan pembelajaran yang dilakukan disekolah. setelah mengetahui alasannya, kita dapat menentukan langkah penanganan yang paling tepat, seperti jika anak bosan dengan materi yang diajarkan, kita bisa menyiasatinya dengan menggabungkan pembelajaran dengan permainan. Mogok belajar bisa jadi bahwa anak kehilangan motivasi, memang penting untuk mengenali penyebab nya.
Nama:Endang Mailani
Nim:859180593
Dalam vidio yang telah saya putar saya tertarik karena ada satu anak di kelas saya yang usia hampir 6 tahun setiap datang ke sekolah tidak mau beraktivitas dalam hal belajar atau bermain, dengan saya menonton vidio tadi saya dapat melakukan langkah-langkah untuk membentuk motivasi anak dengan berkunjung ke rumah untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada orang tua. Misalkan kalau anak-anak tidak mau belajar dikarenakan bosan di kelas guru dapat memberikan kesempatan untuk anak dengan waktu yang telah disepakati bersama yang dapat belajar mengenal waktu dan juga proses belajar
Nama : Elsa Monika
NIM : 856268404
UPBJJ : Padang
Izin memberikan tanggapan Bapak/Ibu setelah saya melihat dan menonton video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, kasus serupa juga pernah saya alami dan terjadi disekolah tempat saya mengajar, dimana anak tersebut tidak mau belajar bersama dengan teman-teman disekolahnya, setelah dicari tau masalah yang sedang dialami anak tersebut ternyata anak itu tidak nyaman dengan temannya, karena si teman ini suka usil dan menganggunya, sehingga anak ini tidak mau masuk dan belajar didalam kelas tersebut. solusi yang dilakukan adalah setelah mengetahui apa masalah yang terjadi yaitu, membawa anak ketempat ruangan kelas yang berbeda seperti perpustakaan, kantor kepala sekolah, atau di tempat bermain , hal ini dilakukan supaya anak tidak merasa terancam karena teman yang usil, serta saya juga mengajak anak bermain di luar kelas seperti melempar bola, sebagai seorang guru kita harus mampu untuk menciptakan ide-ide kreatif seperti pembelajaran yang aktif menggunakan media pembelajaran yang edukatif yang dapat merangsang keingin tahuan anak terhadap sesuatu hal yang dianggap baru, tanpa terjadinya “Mogok Belajar”.
sekian terimakasih.
Nama:Tri lestari
NIM:857622554
UPBJJ: Kebumen
Ijin memberikan tanggapan tentang vidio yang saya lihat yaitu pembelajaran yang berjudul ‘Anak Mogok tidak Mau Belajar “.
Dari vidio tersebut kami sebagai guru dapat menyimpulkan bahwa saya selama mengajar sudah mengalami hal tersebut.Dan alhamdulillah saya mendapat banyak ilmu yang harus saya terapkan dalam mengatasi masalah tersebut .Seperti Meningkatkan kreatifitas guru dalam melayani anak melalui media, bahan, rasa yang aman dan nyaman terhadap anak.Mengidentififikasi kepada orangtua dan anak ,memberikan pilihan bermain di tempat yang berbeda dengan teman lainnya.Menyiapkan pembelajaran yang bergam sehingga anak tidak merasa bosan.Trimakasih .