silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamualaikum
    izin menjawab mengenai video Anak mogok tidak mau belajar

    Judul : Anak mogok tidak mau belajar
    Nama : Qasna Fitriyanti
    Nim : 857847327
    Prodi : PGPAUD S1

    Setelah saya melihat permasalahan pada video tersebut, menurut saya sebaiknya guru sebelum melaksanakan pembelajaran anak-anak diterangkan mengenai apa tema yang akan dipelajari nanti. Kemudian guru mengajukan pertanyaan tentang tema tersebut kepada anak-anak. Dengan begitu anak-anak akan lebih merasa antusias atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Menurut saya jika ada salah satu anak yang mengalami mogok belajar seperti video diatas tersebut, sebaiknya guru dalam melakukan pembelajaran dibikin semenarik mungkin supaya anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Atau dengan cara mengajak anak-anak yang lain untuk mengajak anak yang mogok belajar tersebut untuk mengikuti pembelajaran bersama teman-temannya. Ataupun dengan cara guru mendekati anak tersebut lalu menanyakan dengan baik-baik kenapa anak tersebut tidak mau belajar. Jika guru sudah mengetahui alasan anak tersebut maka dengan begitu guru bisa memberikan solusi yang tepat supaya anak tersebut mau belajar lagi. Jika anak tersebut tidak mau menjawab kenapa si anak tidak mau belajar maka guru harus menemui orang tua anak tersebut. Untuk menanyakan kenapa anak tersebut susah diajak belajar dan lebih suka menyendiri terus. Agar anak tidak merasa bosan saat belajar dikelas sesekali anak diajak keluar untuk bermain atau belajar diluar kelas.

    Terimakasih

  2. Assalamualaikum
    izin menanggapi mengenai video Anak mogok tidak mau belajar

    Judul : Anak mogok tidak mau belajar
    Nama : Junny Ertika Sarie
    Nim : 857076206
    Prodi : PGPAUD S1

    Di dalam video, saya melihat anak mogok tidak mau belajar dengan temannya. Disini peran seorang pendidik adalah mengembangkan rasa ingin tau anak, kemampuan mengelola emosi, kecerdasan intelektual dan Kemampuan berhubungan sosial dan etika. Para pendidik anak usia dini mempunyai tugas utama yakni menghidupkan semangat belajar mereka. Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang harusnya menyenangkan,namun dalam praktiknya terkadang Lebih menekankan pada aspek kecerdasan. Dalam video yang saya lihat saya menemukan beberapa ilmu baru diantara adalah sebagai berikut :

    Jika anak mogok untuk belajar terdapat beberapa kemungkinan, yakni :
    1.Anak takut,
    2.Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu melakukannya,
    3.Anak bertengkar dengan temannya,
    4.Kemungkinan anak sakit hati terhadap ucapan gurunya.

    Jika guru mengetahui alasannya , maka solusi yang harus dilakukan oleh guru:
    1.Melakukan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar,
    2.Jika anak masih belum masuk sekolah dapat diberikan pilihan apakah mau belajar di kelas atau d ruangan lainnya. Kadang kala anak bosan belajar di dalam kelas.
    3.Melakukan pembatasan main dengan menggunakan durasi waktu dan harus di sepakati dengan anak karena hal ini merupakan dari proses belajar.
    4.Guru melakukan materi pengayaan dengan cara yang berbeda dari anak – anak lainnya.

  3. Nama : Nailatul Izzah
    NIM : 857763562
    Prodi : PGPAUD S1

    Masalah Anak mogok belajar mungkin pernah di hadapi oleh setiap pendidik dikelasnya. Alasan anak mogok bermacam-macam, ada yang dikarenakan masalah yang didapat dari kelas maupun dari rumah. Dari video pembelajaran diatas mengenai anak yang mogok belajar, saya mendapatkan ilmu baru bagaimana cara mengatasi anak mogok.
    Diantaranya yang harus dilakukan yakni pendekatan secara personal kepada anak dengan menanyakan kabar ataupun menggali informasi penyebab dirinya tidak mau belajar.
    – Mengkomunikasikan kepada orang tuanya penyebab mogok belajar ataupun yang terjadi pada anak hari itu.
    – memberikan anak kelonggaran (sesuai dengan penyebab mogoknya anak) seperti didampingi belajarnya secara personal, memberikan kesempatan bermain dengan batasan waktu, memberinya kegiatan pembelajaran yang ia sukai meskipun kegiatan tersebut tidak sama dengan yang dilakukan teman-temannya yang lain.

  4. Nama : Khoirul Umroh
    NIM : 85873140

    Sebagai seorang guru tugasnya adalah membangkitkan rasa ingin tahu anak disisi lain guru juga harus mengenal dunia anak usia dini adalah dunia bermain. Namun adakalanya ada seorang anak yang tidak mau diajak bermain dan berlajar bersama teman lainnya. Ada beberapa penyebab anak tidak mau ikut belajar dan bermain bersama temannya. Berikut beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh guru yakni :
    1. Guru menggali keterangan lebih mendalam dari anak/orang tua
    2. Memberikan pilihan pada anak apakah anak ingin belajar di ruang kelas bersama-sama atau di ruang lainnya
    3. Memberikan kesempatan untuk bermain anak dengan pembatasan waktu yang disetujui oleh guru dan anak

  5. Nama : Ni Made Ayu Riska Amelia Putri
    NIM : 859034157
    Program Study : S1 PGPAUD

    Saya mengucapkan terimakasih atas tayangan video di atas tentang pengembangan sosial emosional anak usia dini – Anak Mogok Tidak Mau Belajar. Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan juga para pendidik anak usia dini, berikut hal-hal yang saya dapat dari tayangan video di atas yaitu :
    Dari video di atas ada pokok permasalahannya yatu :
    Seorang guru biasanya lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak dan melupakan pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan. Guru biasanya hanya ingin anak didiknya pintar tanpa menghiraukan kesenangan anak didiknya, Sedangkan dalam pendidikan anak usia dini harus menekannya pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Tugas guru adalah memberikan motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, maka ketika anak bermain sesungguhnya anak sedang belajar . Selain itu Guru harus mengingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain, jadi sebagai guru tidak harus memaksa kehendak anak untuk terus belajar, melainkan bermain sambil belajar.

    Ada pun penyebab yang terjadi ketika anak mogok tidak mau belajar yaitu :
    – Anak merasa takut
    – Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum mampu ia lakukan sementara anak yang lainnya sudah mampu melakukan.
    – Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
    – Dan mungkin bisa saja anak sakit hati terhadap perbuatan atau ucapan guru terhadap dirinya
    – Kadang kala biasaanya anak merasa bosan belajar didalam kelas

    Solusi yang bisa di berikan ketika anak mogok tidak mau belajar :
    – Guru dapat menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit atau kunjungan rumah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada orang tua dan anak.
    – Dan jika anak masih tidak mau belajar, maka anak diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya, sepertu di kantor guru atau perpustakaan.
    – Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain diluar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama antara guru dan anak. Kesepakatan perlu dilakukan karena bagi anak kesepakatan merupakan proses belajar untuk anak.

    Di dalam video tersebut gurunya sangat berperan dalam mebujuk anaknya yang mogok tidak mau belajar, guru bertanya kepada anak dengan lembut dan penuh kasih saying sehingga anak merasa nyaman. Guru juga menyertakan orang tua dalam menangani masalah tersebut sehingga hubungan kerjasama guru dan orang tua tetap terjalin. Dari video tersebut dapat mengajarkan saya sebagai pendidik jika sewaktu-waktu ada anak didik saya yang mogok tidak mau belajar.
    Tetapi yang bikin kurang yaitu di video terdapat dua orang guru, dan hanya satu guru yang membujuk sedangkan guru yang satunya hanya diam saja. Yang seharusnya dilakukan satu guru mebujuk anak yang mogok tidak mau belajar dan guru yang satunya mengajari anak-anak yang lainnya yang mau belajar.

  6. Nama : Nur Fitriah
    Nim : 857749769
    Prodi : PAUD.BI
    Dalam video tentang “anak mogok tidak mau belajar”.disitu memperlihatkan bagaimana proses kegiatan belajar mengajar seorang guru didalam kelas.dimana ada salah satu anak yang tidak mau bergabung dengan teman-temannya.dia menyendiri dan tidak mau belajar bersama temannya.menurut saya,apa yang dilakukan bu guru dalam video tersebut sudah benar yakni dengan mendekati anak,mencoba untuk menanyai anak kenapa dia tidak mau bergabung dengan temannya,kemudian berusaha untuk mendatangi rumahnya karena tidak mau berangkat sekolah.bu guru juga bisa berkomunikasi langsung dengan orang tuanya,apa alsan si anak tidak mau belajar.anak juga bisa di ajak bermain terlebih dahulu di halam agar anak tidak merasa bosan didalam kelas terus.sedikit menambahi dari saya,selain cara-cara yang diperlihatkan di video,yang bisa dilakukan oleh guru ketika anak mogok belajar menurut saya adalah dengan cara sebelum materi disampaikan,ajaklah anak untuk bercakap-cakap terlebih dahulu.menanyakan hal yang mereka sukai,seperti sudah sarapan belum,sudah mandi belum ,bagaimana kabranya hari ini dan lain sebagainya.selain itu,guru juga bisa mengajak anak untuk bernyanyi terlebih dahulu dan membuat pembelajaran itu lebih menarik.sehingga minat anak akan tergali.

  7. Nama : Nisa Safitri
    NIM : 859170428
    Prodi : S1 PGPAUD

    setelah saya menonton video diatas, saya dapat mengambil sikap yang sama juga dengan guru tersebut. langkah awal yang saya lakukan adalah, mendekati anak dengan menggunakan bahasa yang lebih lembut, karena pada dasarnya anak apabila dalam keadaan seperti itu anak akan lebih banyak memberontak dripada mau mendengarkan gurunya.
    bertanya pada anak bagaimana kejadian yang sebenarnya, memanggilnya, dan duduk bersama anak tersebut. kemudian memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan masalahnya. setelah selesai menceritan masalahnya lalu diberikan masukan dan gambaran pada anak yang bersalah untuk meminta maaf begitu juga anak yang satu harus mau memberikan maaf pada temannya.
    dengan begitu anak akan kembali belajar dan bermain seperti biasanya.

  8. Nama : Santi anda rini
    Nim : 857364673
    Prodi : S1 PGPAUD
    Setelah saya melihat video di atas, ternyata apa yang dialami sama persis dengan kejadian saya disekolah., tentang anak yang tidak mau belajar. Masalah yang dihadapi biasanya memang sudah terbawa dari rumah, ada juga yang disaat jam belajar dimulai mereka bertengkar dengan temannya yang mengakibatkan minat belajar mereka menurun, bahkan ada yang menangis sambil berteriak tidak mau belajar. Cara penanganan di video tersebut menurut saya sudah bagus dengan cara memeluk si anak dan ditanyakan baik-baik kenapa bisa tidak mau belajar, apabila si anak tidak mood karna bertengkar dengan temannya, maka solusinya dengan cara memanggil temannya untuk diajak berbaikkan, kemudian apabila si anak sudah tidak mood waktu datang ke sekolah, seorang guru bisa mengajaknya bermain sebentar untuk mengembalikan minat belajarnya dan setelah pulang sekolah guru bisa menanyakan kepada orang tua murid tentang mengapa hari ini si anak mengambek datang ke sekolah?, dengan begitu seorang guru dapat memahami keadaan si anak tersebut.

  9. NAMA : BINTI MAHMUDAH
    NIM : 858854482
    PRODI : S1 PGPAUD

    Dari tanyangan vidio diatas sangat bermanfaat sekali bagi saya, karena vidio diatas memberikan cara/trik menghadapi anak didik yang mogok/tidak mau belajar. namun pada kenyataanya guru/sekolah lebih mementingkan prestasi dan telah melupakan bahwa AUD adalah masa bermain.
    terkadang guru juga lupa bahwa tugasnya adalah menumbuhkan motivasi anak, bahkan guru malah memarahi anak ketika jam pelajaran namun anak sedang bermain.

    saya sangat setuju dengan cara yang diambil ketika anak didik kita sedang mogok yaitu dengan membuat anak didik kita merasa nyaman terlebih dahulu,kemudian guru mencari tau apa penyebab /sumber masalahnya baru guru menemukan solusinya.

  10. Nama :munaya aulia insani
    Nim :857844987
    Prodi: pgpaud
    Setelah saya melihat video tersebut, saya mendapatkan ilmu untuk menangani anak didik yang mogok dalam belajar. Semoga video tersebut dapat memberikan kita wawasan untuk menangani anaknyang mogok dalam belajar.
    Banyak anak yang mogok belajar karena mereka beralasan capek, tidak seru atau pun ada masalah di keluarga mereka. Jadi suasananya terbawa di sekolah.

Leave a Reply