silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. NAMA : RIA AJENG KARTIKA
    NIM : 856766074

    Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut , saya belajar bahwa jika anak mogok belajar, kita tidak boleh memaksa atau memarahinya. Sebaiknya, kita cari tahu dulu penyebabnya, lalu ajak anak belajar dengan cara yang menyenangkan, seperti bermain sambil belajar. Memberikan pilihan, pujian, dan waktu belajar yang singkat tapi rutin juga bisa membuat anak lebih semangat dan nyaman saat belajar.

  2. Nama: Indah Melani Nawang Wulan
    NIM: 857880571
    Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    dalam video ini Ada beberapa alasan kenapa “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” antara lain:
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang tidak di mengerti
    3. Anak bertengkar dengan temanya
    4. Anak Sakit hati dengan ucapan guru
    Solusi :
    1. Guru Home visit ke rumah anak dan menanyakan kabar anak serta menggali informasi tentang anak yang tidak mau bersekolah pada orangtua
    2. Anak diberikan pilihan untuk belajar di kantor sekolah, atau di kantor perpustakaan apabila belum mau bergabung dengan teman-teman dikelas
    3.Membuat kepepakatan dengan anak untuk memberikan pilihan main di luar atau didalam dengan waktu yang sudah di tentukan bersama
    terimakasih

  3. Nama: ANISA
    NIM: 858708537
    Judul: Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Video ini memberikan gambaran nyata bagaimana guru mendampingi anak yang belum mandiri, terutama saat masa orientasi di awal masuk sekolah. Saya sangat mengapresiasi pendekatan yang digunakan, yaitu guru bekerja sama dengan orangtua, memberikan kesempatan bagi anak untuk beradaptasi secara bertahap, dan tidak memaksakan perpisahan secara langsung.
    Saya belajar bahwa sentuhan lembut, pelukan, dan pendekatan emosional sangat penting untuk menciptakan rasa aman. Selain itu, guru juga menunjukkan strategi positif seperti mengalihkan perhatian anak ke aktivitas yang menarik, mengenalkan anak kepada teman yang sudah lebih mandiri, dan memberikan reward untuk membangun motivasi.
    Strategi ini sangat relevan dengan praktik di kelas saya, terutama untuk anak-anak usia 3–4 tahun yang memang masih dalam tahap belajar berpisah dari orangtua. Melalui video ini saya sadar bahwa kemandirian tidak hanya tentang bisa makan atau merapikan mainan, tapi juga soal keberanian untuk merasa nyaman di lingkungan baru. Saya terinspirasi untuk menerapkan pendekatan yang lebih empatik dan sabar dalam membimbing anak-anak yang belum mandiri.

  4. Nama : Setianingsih
    Nim : 878193047
    UPBJJ: UT Malang Pokjar kota Kediri
    Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Sesuai dengan video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”.
    Peran guru adalah mengarahkan, memahami, dan membimbing anak agar bisa mengembangkan keterampilan sosialnya secara bertahap dan menyenangkan. Sikap guru yang sabar, empatik, dan peka menjadi kunci dalam membantu anak kembali semangat belajar bersama temannya.

  5. Nama : Wina Tri Setiyaningsih
    NIM : 857585306
    Dari video tersebut kita akan mengetahui bahwa peran guru sangatlah penting dalam mendamping, mengembangkan rasa ingin tahu anak dan berinteraksi dengan anak sebagai salah satu bagian dari proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran anak usia dini harus dikemas dengan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Ketika anak mogok tidak mau belajar sebagai seorang guru kita harus mengetahui penyebab hal itu terjadi dan mencoba untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Anak yang mogok dan tidka mau belajar dengan temanya di sekolah harus kita perhatikan dan kita bangkitkan semangatnya agar dia mau kembali belajar dengan teman nya di sekolah. Dalam video tersebut sudah dijelaskan penyebab anak mogok dan tidak mau belajar diantaranya adalah taku, tidak mampu menyelesaikan tugas di sekolah, bertengkar dengan temanya ataupun dia tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah buatlah anak merasa nyaman dengan lingkungan belajar, menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan keinginan anak, tanyakan ke orang tua tentang masalah yang dihadapi anak lalu berilah ruang kepada anak untuk memilih kegiatan belajar yang mereka sukai dan buatlah kesepatakan dengan anak.

  6. Nama : Dwi Maya Fitria Sari
    NIM : 857995821
    Judul : Anak mogok tidak mau belajar.
    Sekolah hendaknya menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi anak. Dari video yang disajikan terdapat beberapa sebab anak tidak mau belajar diantaranya anak bertengkar dengan temannya, anak belum bisa mengerjakan tugas yang diberikan. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu, melakukan wawancara dengan orang tua, melakukan pendekatan kepada anak dengan mengajak anak bercerita tentang alasan tidak mau belajar, memberikan kegiatan pengaman ketika terdapat anak yang mogok tidak mau belajar.

  7. Nama : Dwi maya fitria sari
    NIM : 857995821
    Judul : Anak mogok tidak mau sekolah.
    Sekolah hendaknya menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Dari video yang ditampilkan dapat kita temukan beberapa sebab anak mogok tidak mau sekolah. Diantaranya yaitu anak bertengkar dengan temannya, anak merasa belum mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Cara mengatasi anak yang mogok tidak mau sekolah diantaranya yaitu dengan melakukan wawancara dengan orang tua tentang kebiasaan, hobi atau kesukaan anak. Dapat juga melakukan pendekatan secara langsung kepada anak tentang keinginan anak. Menyediakan kegiatan pengaman bagi anak yang mogok tidak mau sekolah.

  8. Nama : Dwi Maya Fitria Sari
    NIM : 857995821
    Judul : Anak mogok tidak mau belajar
    Sekolah hendaknya menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Dari video yang ditampilkan dapat kita temukan beberapa sebab anak mogok tidak mau sekolah. Diantaranya yaitu anak bertengkar dengan temannya, anak merasa belum mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Cara mengatasi anak yang mogok tidak mau sekolah diantaranya yaitu dengan melakukan wawancara dengan orang tua tentang kebiasaan, hobi atau kesukaan anak. Dapat juga melakukan pendekatan secara langsung kepada anak tentang keinginan anak. Menyediakan kegiatan pengaman bagi anak yang mogok tidak mau belajar.

  9. Pembelajaran anak usia dini harus menyenangkan karena dengan pembelajaran yang menyenangkan anak akan merasa untuk semangat berangkat ke sekolah. Guru harus membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, karena dunia anak usia dini adalah bermain, dengan bermain anak akan belajar sesuatu. Di kelas terkadang ada anak yang tidak mau bermain dengan temanya, apabila anak tidak mau bermain dengan temanya atau mogok untuk belajar, ada kemungkinan yang terjadi yaitu
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas karena memang belum mampu mengerjakan dibandingkan dengan teman-temanya yang sudah bisa
    3. Anak bertengkar dengan temanya
    Solusi yang dilakukan guru pada saat ada anak yang mogok tidak mau bersama temanya atau mogok tidak mau sekolah yaitu
    1. Menggali pertanyaan kepada anak kenapa tidak mau sekolah
    2. Memberikan kesempatan bermain kepada anak dengan memberikan kesepakatan waktu bermain
    3. Anak diberi pilihan belajar di kelas atau ruang lainya, seperti kantor, luar ruangan atau kelas lain

  10. Nama : Sri Wuryani
    NIM : 857871343

    Pembelajaran anak usia dini harus menyenangkan karena dengan pembelajaran yang menyenangkan anak akan merasa untuk semangat berangkat ke sekolah. Guru harus membentuk motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, karena dunia anak usia dini adalah bermain, dengan bermain anak akan belajar sesuatu. Di kelas terkadang ada anak yang tidak mau bermain dengan temanya, apabila anak tidak mau bermain dengan temanya atau mogok untuk belajar, ada kemungkinan yang terjadi yaitu
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas karena memang belum mampu mengerjakan dibandingkan dengan teman-temanya yang sudah bisa
    3. Anak bertengkar dengan temanya
    Solusi yang dilakukan guru pada saat ada anak yang mogok tidak mau bersama temanya atau mogok tidak mau sekolah yaitu
    1. Menggali pertanyaan kepada anak kenapa tidak mau sekolah
    2. Memberikan kesempatan bermain kepada anak dengan memberikan kesepakatan waktu bermain
    3. Anak diberi pilihan belajar di kelas atau ruang lainya, seperti kantor, luar ruangan atau kelas lain

Leave a Reply