silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Berlian Zahrotul Maghfiroh
NIM : 858742199
Pada video diatas pokok permasalahan nya adalah anak mogok tidak mau belajar yang disebabkan oleh beberapa hal yaitu anak merasa takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum paham akan tugas tersebut sedangkan teman-temannya sudah paham, mungkin anak bertengkar dan mungkin anak sakit hati kepada guru akan ucapan maupun perbuatan guru. Dan cara mengatasi kasus tersebut seperti video diatas antara lain guru menggali keterangan mendalam tentang anak kepada orang tua ataupun orang terdekat, jika anak bosan guru memberikan waktu untuk anak untuk bermain sejenak agar melepas rasa bosannya. Dari video diatas, menurut pendapat saya solusinya bisa ditambah yaitu kita sebagai guru menunjukkan empati dan motivasi agar anak terus mau belajar dan bisa juga kita menggunakan strategi belajar lain kepada anak tersebut agar anak mau belajar.
NAMA : WIDIA FITRIANI
NIM : 856257046
PRODI : PGPAUD
Dari video di atas saya melihat ada anak yang terlihat tidak mau bergabung dengan temannya, dan menurut saya alangkah baiknya sebelum memulai kegiatan guru menanyakan dulu bagaimana kabar anak dan memuji anak karena telah hadir kesekolah dengan semangat.
Dan disini saya juga melihat guru sangat berperan dalam menanggani anak tersebut, guru juga mengikut sertakan orang tua dalam menanggapi masalah anak tersebut, sehingga kerja sama antara orang tua dan guru terjalin.
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan
Nama : Siti Nishfatul Laili Azkiya
Nim :857755644
Prodi : PGPAUD
Semester : 2
Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa ada beberapa anak yang tidak mau bergabung dengan temannya atau mogok belajar ,ada beberapa hal yang menyebabkan anak mogok belajar seperti
1.anak masih takut dengan temannya karena belum kenal dengan temannya ,jadi anak perlu bersosialisasi terlebih dahulu supaya lebih dekat dengan temannya .
2. Mungkin anak juga kurang mendapatkan perhatian dari gurunya atau merasa di abaikan hal ini mungkin saja terjadi karena anak memiliki perasaan yang sensitif ,jadi sebaiknya guru lebih memperhatikan lagi setiap anak yang ada di kelas, kita beri perhatian kepada setiap anak walaupun sebentar sehingga anak tidak merasa di abaikan .
3. Mungkin anak habis bertengkar dengan temannya entah itu rebutan mainan atau lainnya , jika kita mengetahui ada anak yang mogok belajar yang harus di lakukan adalah kita dekati anak tersebut kita tanya baik-baik dari hati kehati ,sambil menunggu anak menjawab mungkin kita bisa berbincang-bincang terlebih dulu sampai anak mau mengungkapkan perasaanya.
4. Mungkin saja ada masalah sebelum berangkat ke sekolah ,dan yang harus kita lakukan jika melihat anak yang dari awal masuk sudah diam saja kita harus bertanya kepada orangtuanya.
Namun yang dilakukan oleh guru pada video tersebut sudah benar karena jika anak tidak mau pergi ke sekolah berhari-hari tanpa izin kita harus datangi ke rumahnya dan menanyakan keadaan anak ,kenapa tidak mau pergi kesekolah dan sebisa mungkin kita membujuknya supaya anak mau pergi ke sekolah lagi.
Kita berusaha semaksimal mungkin untuk membuat anak merasa nyaman di sekolah..
Wassalamu’alaikum wr.wb
Dalam vidio di atas, terkait ” Anak mogok tidak mau belajar”, Sebaiknya seorang guru mendekati anak yang sedang mogok belajar, dan mengajak bicara, ” kenapa tidak mau belajar?” dari sini guru akan mendapatkan jawaban kenapa ia tidak mau belajar, kemudian mencari solusi terbainya. Jika tidak mau belajar karena bertengkar dengan temannya, maka sebagai seorang pendidik harus memberikan pengertian kepada anak-anak agar ” kita di dalam kelas ini adalah saudara, jadi tidak boleh saling bertengkar, boleh juga di bacakan cerita tentang akibat buruk dari bertengkar. Agar lebih mengena di hati anak. Jika sudah, ajak kedua anak tersebut untuk berjabatan tangan, dari sini guru dapat melanjutkan pembelajaran kembali. Karena ada banyak hal yang membuat anak menjadi mogok belajar, jadi sebagai seorang pendidik haruslah pandai dalam mencari pemecahan masalah yang terjadi di dalam kelasnya, dapat memotivasi anak agar mau belajar kembali, memberi kesempatan pada anak untuk melakukan apa yang ingin dia kerjakan pada saat itu dengan terlebih dahulu memberikan kesepakatan pada anak. Terimakasih
NAMA : NI WAYAN VIVIN TIARI
NIM : 859030959
PRODI : 121/ BI PAUD (PG PAUD)
Terkait dengan video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, pokok permasalahannya yang saya tangkap dari video tersebut disebabkan oleh beberapa hal yaitu anak merasa takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum dipahaminya, mungkin karena sakit hati atas perbuatan dan ucapan gurunya dan mungkin karena anak tersebut bertengkar dengan temannya. Solusi untuk menghadapi permasalahan seperti video tersebut yaitu dengan mencari tahu dan memahami kenapa anak tersebut mogok tidak mau belajar. Jika anak takut karena mengerjakan tugas, sebaiknya guru memberi pengertian kepada anak tersebut dan tidak memaksanya untuk mengerjakan tugas yang belum ia pahami karena pembelajaran anak usia dini bertitik tolak pada pembelajaran yang menyenangkan yaitu bermain sambil belajar. Ketika mereka bermain berarti mereka sedang belajar dengan menggali rasa tahunya akan sesuatu dalam kegiatan bermainnya. Jika masalahnya adalah karena sakit hati atas perbuatan dan ucapan gurunya, sebaiknya guru harus menjaga tutur kata dalam kegiatan belajar mengajar karena perasaan anak pada usia dini masih sangatlah sensitif. Dan jika masalahnya adalah karena anak bertengkar dengan temannya, guru sebaiknya memberi pengertian pada semua anak didiknya bahwa kita tidak boleh bertengkar dengan teman, kita itu bersaudara, kita harus saling menyayangi dan tidak boleh saling menyakiti. Kita harus mencari banyak teman dan tidak boleh mencari musuh. Jika anak mogok tidak mau belajar, kita sebagai seorang guru harus mampu memotivasi anak agar anak terus mau belajar dan menerapkan metode-metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga anak bersemangat dan giat untuk belajar.
Sekian tanggapan dari saya.
Terima kasih.
Nama : Risqi Ayu Mahlia Alba
NIM : 857763673
PRODI : S1 PGPAUD
Judul : Anak mogok tidak mau belajar
terkait dengan vidio ” anak mogok tidak mau belajar” karena beberapa hal kemungkinan terjadi. menanggapi hal itu sebelum guru melakukan pembelajaran guru memberikan semangat dan motivasi kepda anak supaya anak lebih tertarik untuk belajar. guru harus bisa memasuki dunia anak dan memahami setiap karakteristik dari setiap anak didik. sehingga guru akan mudah dalam mengarkan materi yang ingin disampakan,
1. sering dalam sekolah anak mogok belajar karena berebut mainan dengan temannya , kemudian anak tersebut menangis dan tidak mau belajar.
sikap guru sebaiknya mendekati anak tersebut dan menanyakan alasannya kenapa tidak mau belajar. setalah anak tersebut bercerita guru mendamaikan dengan teman-temannya dan memberikan nasihat . ini mainan harus bermain dengan temannya berbagai dengan temannya. kasihan temannya tidak bisa bermain dan menangis.
2. anak mogok belajar juga kemungkinan karena takut tidak membawa perlengkapan sekolah dan tidak berani bertanya dengan guru dan teman.
Sikap guru sebaiknya mendekati dan mengajak mengobrol. Setelah mengetahui alasannya guru bertanya kepada siswa siapa yang ingin berbagi pensil dengan temannya. Disini guru juga akan mengetahui kepekaan rasa tolong menolong dari teman sekelasnya
3. rasa bosan juga membuat anak mogok untuk belajar. Rasa bosan ini mungkin karena pelajaran yang disamaikan tidak menarik atau anak tersebut sudah bosan dan ingin bermain.
Sebagai guru haruslah mempunyai sikap kreatif dalam mengelolah kelas. Guru harus mempunyai 1000 cara yang harus dikuasai untuk membuat kelas tetap hidup dan tidak monoton dalam belajar sehingga anak tidak merasa jenuh. Apabila guru menyamaikan dengan kreatif kemungkinan anak tidak bosan dan tidak ingin cepat-cepat bermain keluar dari kelas.
guru harus membuat jadwal pelajaran, bermain, dan istirahat sehingga anak-anak akan terbiasa dengan jadwal tersebut. sesekali pembelajaran harus dilakukan diluar kelas untuk mendapatkan suasana yang baru.
Dari bebrapa kemungkinan yang terjadi maka untuk meminimalisir anak mogok belajar guru harus memberikan stimulasi setiap hari dan motivasi setiap hari sebelum belajar uga memberikan reward baik berupa stempel bintang, tepuk tangan, pujian atau acungan jempol.
Nama : Evi Eka Trisnawati
Nim : 856612511
Prodi : PGPAUD
Dari video diatas dengan judul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” Alhamdulillah saya sebagai guru mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Karena kebanyakan disekolah ada anak yang susah untuk dibujuk agar ikut bermain atau sedang belajar. Ternyata sebab anak mogok karena merasa takut, sedang berantem dengan teman sebayanya dan merasa kurang percaya diri saat belajar tidak seperti teman lainnya.
Sebagai guru tidak seharusnya memaksa kan anak apa lagi dengan berkata kasar didepan anak. Karena bisa membuat anak merasa takut. Seusia anak dini harus di didik dengan benar agar kedepannya bisa berkembang dengan baik.
Nama : Alfhia Geonarty
Nim : 858306373
Prodi : PGPAUD
Dari video di atas tentang anak mogok tidak mau belajar dengan teman seharusnua kita sebagai guru harus bisa memeberikan pelajaran yang menyenangkan, karna belajar anak usia dini adalah dunia bermain, maka seharusnya sebelum belajar usahakan di pembukaan ajaklah anak anak untuk bertanya jawab dengan aktif, contohnya kita menanyakan kabar, sudah makan atau belum, sudah sikat gigi atau belum kemungkinan besar mereka akan senang jika kita memperhatikan dan mempertanyakan ke mereka. Kemudian jika sudah menjawab kita berilah tepuk tangan ataupun pujian sehingga bisa membuat anak senang dan semangat untuk memulai pelajaran.
Jika permasalahan anak mogok belajar maka guru dapat melakukan pengayaan selama anak tertarik walaupun materi dan cara belajar anak berbeda beda dengan anak lain nya
NAMA : NUR FIAN DARUSYATI
NIM : 857604026
PRODI : PGPAUD
Setelah menyimak tayangan video tentang perkembangan sosial emosional anak usia dini, anak mogok tidak mau belajar. Dari video tersebut dapat memecahkan masalah mengenai anak yang tidak mau belajar, ada beberapa kemungkinan anak mogok belajar dan itu pasti semua sekolah mengalaminya,seperti dalam video tersebut kemungkinan anak mogok belajar yaitu takut, anak dipaksa untuk menyelesaikan tugasnya yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya, anak bertengkar dengan teman sekelas dan yang terakhir anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya. Kesalahan pendidik anak usia dini adalah lebih menekankan pada aspek kecerdasan dan melupakan bahwa sesungguhnya pembelajaran di PAUD harus dilaksanakan dengan menyenangkan. Solusi untuk anak yang mogok belajar saat di kelas yaitu dengan cara menggali lebih dalam informasi ke anak atau orangtua dengan homevisit untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
Tanggapan saya tentang video di guru pintar online
Guru telah berusaha mendampingi anak didik walaupun anak didik ada yang tidak merespon. Di mana-mana disetiap kelas pasti ada anak yang diam tidak seperti teman lainnya