silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Qurrotul Ainiyah
    Nim : 858859782
    Setelah menyimak video yang ditayangkan mengenai anak tidak mau belajar…kini tambah lagi ilmu saya untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar.dan pastinya semua sekolah mengalaminya,seperti dalam video tersebut kemungkinan anak mogok belajar yaitu takut, anak dipaksa untuk menyelesaikan tugasnya yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya, dan juga karena di jahilin temannya atau bertengkar dengan temanya. Alhamdulillah dengan menonton video di atas saya bisa tau cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar.

  2. Nama : Siti Romlah
    Nim : 857749389
    Prodi : PG PAUD BI
    Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar dengan Teman

    Setelah saya melihat video tersebut,ada anak yang tidak mau ikut bergabung bersama temannya..menurut saya itu hal yg wajar terjadi pada anak.dan ketika kita menghadapi situasi seperti ini, hendaknya kita sebagai guru PAUD hendaknya bisa membujuk anak supaya mau ikut bergabung. Tetapi sebelumnya,kita mendekati anak tersebut,menanyakan masalahnya,.setelah anak mau berbicara,selanjutnya guru memberi solusi agar anak mau belajar bersama.namun,kita harus sehalus mungkin untuk membujuknya.karena,apapun perlakuan kita ke anak didik akan berpengaruh kepada mereka.

  3. Sofi safira saharani 858845548
    Anak mogok belajar

    Anak mogok belajar terdapat beberapa faktor seperti mengerjakan sesuatu tapi ia belum bisa mengerjakan seperti teman-temannya, takut, bertengkar dengan teman.
    Guru tersebut sudah melakukan pendekatan terhadap anak dan menanyakan langsung kepada orang tua tentang kondisi anak tersebut.
    Kalau di lembaga saya sendiri biasanya kita melakukan pendekatan terhadap anak menanyakan apa yang terjadi dan apa yang ia mau Seperti contohnya kalau anak tidak mau mewarnai lalu kita tanya maunya bagaimana mau mengerjakan apa atau kita beri dia kertas kosong untuk ia mencurahkan apa yang ada dalam pikirannya.

  4. Nama : yeari dusen sitompul
    Nim: 859894432
    judul : Anak Mogok Tidak mau Belajar dengan Teman
    setelah melihat video seorang anak yang tidak mau belajar. pada kasus ini kita dapat melihat bahwa anak merasa nyaman dalam belajar. Masa usia 3-5 tahun adalah masa dimana anak masih senang bermain, dan berimajinasi. dalam Video ini saya dapat ilmu yang bermanfaat untuk saya terapkan disekolah saya mengajar.
    pada pengalaman saya dalam mengajar , saat saya menemukan anak yang suka menyendiri dan mogok belajar ada beberapa hal yang saya lakukan:
    1. Guru Menjadi Model yaitu guru boleh menjadi sahabat buat anak didik dan memberikan contoh menyanyangi anak didik tanpa memilih, mengajak anak bermain dengan temannya sehingga anak yang merasa dirinya sendiri boleh mencontoh guru tersebut dalam bermain bersama teman dll. (memberikan rasa nyaman pada anak )
    2. Guru memberikan kesempatan kepada anak didik dalam bereksperi (baik dalam seni, games, atau pembelajaran lainnya dengan cara bermain sambil belajar)
    3. Guru hendaknya memberikan reward /hadiah kapada anak didik agar mereka semakin semangat dalam belajar
    4. setelah selesai pembelajaran kita sebagai Guru dapat bertanya bagaimana perasaan mereka hari ini baik bermain dan belajar.

  5. Nama : Riva Illahiah Bilkis
    NIM : 857500585
    Prodi : PGPAUD MS Semester 2

    Setelah saya menonton video dari seri pengembangan sosial emosional PAUD dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar, video ini sangat menginspirasi bagi pendidik lainnya umumnya, dan bagi saya khususnya. Karena di dalam video ini seorang guru sedang berusaha untuk memahami mengapa salah seorang anak didiknya tidak ingin belajar/mogok belajar. Kasus seperti ini sering sekali dijumpai di berbagai lembaga pendidikan/kelas dan hal ini ada banyak faktor yang menjadikan anak tersebut mogok belajar entah itu dari lingkungan internal/keluarganya maupun lingkungan eksternal/sekolah/teman sebaya.
    Di dalam video tersebut, guru mencari solusi untuk mengatasi anak yang mogok belajar itu dengan melakukan kunjungan ke rumahnya dan bercakap-cakap dengan orang tua si anak untuk menggali informasi kenapa anak itu tidak mau masuk sekolah. Lalu, guru juga memberikan kebebasan untuk belajar di tempat yang sesuai dengan keinginan anak, juga memberikan kesempatan bermain kepada anak jika anak bosan belajar. Sebelumnya juga guru membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan anak.
    Video ini memberikan beberapa solusi untuk mengatasi hal ini dan ini menjadi inspirasi untuk diterapkan di lembaga masing-masing jika mendapat kasus yang sama.

  6. Nama : Nisa Nida’ul Janah
    NIM : 857971861
    Prodi : PGPAUD S1
    Judul video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Dari video diatas, terdapat kasus anak mogok belajar bersama teman temannya.
    Sebagai seorang pendidik PAUD tugas utamanya adalah mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi, kemampuan bersosial dan etika. Namun, kesalahan seorang pendidik justru lebih menekankan aspek kecerdasan.
    Dunia anak adalah dunia bermain anak bermain kemungkinan ada yang ingin mereka pelajari.
    Kemungkinan anak mogok belajar bersama antaranya anak takut, guru memaksa anak untuk mengerjakan tugas, anak bertengkar dengan temannya.
    Solusi yang kita ambil setelah mengetahui anak mogok antaranya dekati anak secara perlahan, tanya anak mengapa ia seperti itu, beri kesempatan anak menjelaskan dan menceritakan yang anak rasakan.
    Selain itu perlu juga adanya home visit untuk mengetahui kebutuhan anak bersama orang tua.
    Guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, menyeluruh agar anak tidak bosan dan mengasah rasa keingintahuannya.

  7. Aeni Mardiyah
    857365564
    Dalam video di atas bisa dilihat sepertinya video diambil tengah-tengah proses belajar anak usia dini, seperti terlihat terdapat anak yang tidak ikut bergabung bermain dengan temannya, bisa jadi karena anak bosan dengan kegiatan yang dia lakukan dan ingin melakukan kegiatan yang lain dan sebagai pendidik kita harus mengarahkan dan mengasah rasa ingin tahu anak agar anak bisa berperan aktif dalam proses belajar, dengan kegiatan belajar sambil bermain dan bermain mendapat pelajaran belajar yang menyenangkan pelajar yang menghasilkan dan menimbulkan rasa ingin untuk belajar.

  8. Merry Yuliani
    858172174

    Video ini sangat bagus untuk menambah wawasan dan pemahaman guru dalam menghadapi anak yang mogok belajar. Banyak hal yang kita peroleh dari video tersebut.

    Sejatinya tugas guru adalah :
    1. Mengembangkan rasa ingin tahu anak.
    2. Mengembangkan kecerdasan intelektual anak.
    3. Mengembangkan kecerdasan emosi.
    4. Mengembangkan hubungan sosial anak dan etika.
    Guru merupakan obor belajar bagi anak namun seringnya guru lebih menekankan pada aspek kecerdasan. Guru harus menyadari perannya sebagai pemberi motivasi dan menggali rasa ingin tahu anak melalui serangkaian kegiatan belajar sambil bermain. Terkadang anak tidak mau bergabung bermain bersama teman lainnya bahkan saat guru membujuknya.

    Beberapa alasan anak mogok belajar di antaranya :
    1. Takut.
    2. Dipaksa mengerjakan tugas yang anak tidak mampu mengerjakannya sementara guru kukuh agar anak mau menyelesaikan tugas yang diberikan.
    3. Bertengkar dengan teman.
    4. Sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru.

    Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hal ini adalah :
    1. Menggali keterangan mendalam baik melalui anak maupun orang tua.
    2. Jika anak belum mau sekolah anak bisa diajak belajar di ruangan lainnya.
    3. Jika anak mogok belajar karena bosan maka anak bisa diberi kesempatan bermain dengan pemberian batas waktu dan bisa dilakukan cara pengaman walaupun cara belajar anak berbeda dengan teman yang lainnya.

  9. Nama : Ade Andrinai Liswan
    Nim : 859402399

    kasus seperti yang terjadi pada video adalah kasus yang selalu terjadi dalam kelas, setelah menonton video ini saya tau lebih banyak lagi penyebab anak yang mogok belajar dan cara mengatasinya, salah satu cara yang belum pernah saya lakukan adalah home visit, ini adalah ilmu baru bagi saya dan akan saya terapkan kepada peserta didik saya yang memiliki kasus yang sama. terkadang kita sebagai pendidik terlalu fokus dengan kecerdasan yang harus anak capai dan mengabaikan arti belajar untuk anak usia dini.

  10. nama : rafiqah syaihany maarif
    nim : 859405133
    prodi pgpaud

    pada video “anak mogok tidak mau belajar” yang ditampilkan menurut saya sangat mengisnpirasi guru jika mengalami kejadian tersebut. ketika anak mogok belajar guru hendaknya menanyakan apa yang terjadi pada si anak hingga ia tidak mau belajar. Ketika mendekati anak guru menanyakan dengan baik karena mood anak sering berubah ubah. Jika anak masih enggan bicara kita bisa memberikan anak melakukan kegiatan yang ia mau atau bisa dengan belajar diluar ruangan. Guru tidak perlu memaksa anak jika ia tidak mau belajar

Leave a Reply