silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamualaikum.. Izin menanggapi

    Nama: Yusi Indriyani
    NIM: 857490452

    Video ini bagus dan sangat bermanfaat bagi kita semua sebagai pendidik anak usia dini,karena ada beragam cara untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar hingga enggan turun ke sekolah,gurunya sangat peduli terhadap anak-anak selain membujuk dan membimbing anak-anak di sekolah yang tidak mau belajar,guru pun mencari informasi tentang masalah yang di hadapi anak hingga ke rumah sehingga di dapatkan lah informasi yang lebih detail tentang masalah yang di hadapi anak.

    Terima Kasih…

  2. NAMA SRI HAYATI
    NIM 859519556

    Dengan menonton video pembelajaran guru pintar ,saya banyak menerima ,mendapatkan ,ilmu yang banyak tentang pembelajaran cara menghadapi anak yang mogok tidak mau sekolah .Dimulai dari mencari tahu kenapa anak tidak mau sekolah lagi?hingga melakukan home visid bertemu orang tuanya dan menanyakan situasi kondisi keadaan anak ,jika guru sudah menemukan apa permasalahan pada anak hingga tidak mau sekolah ,maka tugas guru adalah membujuk anak dengan memberi pilihan kepada anak untuk memilih tempat yang nyaman buat anak belajar,setelah itu guru mencari materi pembelajaran yang berbeda dari teman temannya hingga anak merasa nyaman dan mau belajar lagi ,sedikit sedikit mengajak bermain bersama teman temannya dengan didampingi guru ,hingga anak bisa merasa senang ,nyaman bermain dan belajar bersama teman teman dan gurunya
    trima kasih untuk ilmu yang sangat bermanfaat buat saya.

  3. Nama : Khoirul Bariyah
    NIM : 859672554

    setelah melihat video tersebut. kita sebagai guru PAUD dapat meningkatkan pemahanan dalam mengatasi anak pada masalah tersebut.
    karakter setiap anak memang berbeda- beda . Ada tipe anak yang percaya diri ada pula tipe anak yang kurang percaya diri sehingga cenderung menyendiri dan menjauh dari teman-temannya. Sebagai guru PAUD kita dituntut untuk memahami satu per satu kepribadian setiap anak. Ketika kita menemui karakter anak yang kurang percaya diri maka hal yang kita lakukan adalah: melakukan segala sesuatu yang membuat anak tersebut dapat menyakinkan anak dalam menyikapi maslah tersebut dengan benar, memberi pendekatan-pendekatan terhadap anak, melalui strategi yang cocok untuk anak.

  4. Nama :Nurul Azizah
    NIM :859678863
    Video tersebut sangat bermanfaat bagi Saya. Karena, melalui video tersebut Saya memiliki gambaran untuk mengatasi situasi siswa yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Menurut pendapat Saya, pada video tersebut cara guru mengatasi anak mogok tidak mau belajar, tidak ada contoh percakapan bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat. Mungkin sebaiknya, di berikan contoh dialog percakapannya. Terima kasih.

  5. Nama: Tri wahyuni
    Nim: 858315333
    Vedio tentang anak yang mogok belajar.di lembaga kami ada anak yang susah belajar ketika pelajaran dilangsungkan.anak sering merasa bosan dengan suasana di dalam kelas,bawaannya hanya ingin bergeletak kepala di bangku.merasa lelah dan malas jika sedang melakukan kegiatan seperti menulis huruf dan angka.sebagai guru pendidik saya merasa senang dengan vedio tersebut, yaitu memberi manfaat bagaimana menangani anak yang susah atau mogok belajar.

  6. Nama : Juju Julaeha
    Nim : 859666471
    Setelah melihat video tersebut, menurut saya guru sangatlah penting dalam menciptakan suasana pembelajaran kelas. Guru juga harus kreatif supaya anak tidak merasa jenuh.

  7. Nama : Yunita Aprianti
    Nim : 856815897
    Setelah menonton dan menyaksikan video d atas ,,saya dapat menyimpulkan bahwa ,, seorang guru harus dapat memahami kriteria anak didik nya masing-masing . Salah satu nya seperti permalasahan d video tersebut ,guru harus dapat memberikan pengarahan dan pembelajaran yg baik dan yang mengasyikkan untuk anak- anak tersebut.guru harus bisa memberikan trik-trik yang menarik ,agar anak tidak bosan dan mau belajar bersama teman-teman nya. Selain itu guru juga bisa mengajak anak yang mogok belajar tersebut ke tempat bermain yang asyik ,sehingga lama kelamaan anak tersebut merasa nyaman dan menyenangkan ketika bermain bersama teman-teman dan guru nya .

  8. Nama Elen Pancas Ayu Agustin
    Nim 858969503
    Pokjar Wuluhan

    Dengan menonton video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, bagaimana kita tau cara mengelola emosi serta kemampuan berhubungan sosial dan etika.
    Sudah dijelaskan di video tersebut, guru adalah obor belajar bagi anak-anak atau bisa disebut penyemangat anak-anak untuk belajar. Belajar bersama mereka dalam bentuk apapun itu harus dilandasi dengan cara yang menyenangkan.
    Kita juga harus mengetahui masalah-masalah yang dialami anak kenapa mogok belajar, serta cara mengatasinya.

  9. Nama Elen Pancas Ayu Agustin
    Nim 858969503
    Pokjar Wuluhan

    Dengan menonton video yang berjudul “Memainkan Alat Musik Sederhana”, saya tau cara mengelola emosi dan etika.
    Sudah dijelaskan di video tersebut, guru adalah obor belajar bagi anak-anak, dimana guru adalah penyemangat belajar bagi anak-anak. Belajar bersama mereka dalam bentuk apapun itu harus dilandasi dengan cara yang menyenangkan.
    Serta harus mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh anak, mengetahui kenapa anak mogok belajar dan cara mengatasinya.

  10. videonya sangat bermanfaat untuk guru dalam menghidupi kelas belajar yang nyaman dan menyenangkan, dan juga dapat menjadi acuan kita sebagai guru bagaimana cara mengatasi anak yang sedang mogok belajar, atau sedang tidak bersahabat moodnya. Dengan adanya video ini kita sebagai guru menjadi lebih faham pada karakter-karakter anak serta cara untuk mengatasinya

Leave a Reply