silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Nur Aina
    Nim : 858421482
    Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Dengan melihat video ini menurut saya peran guru sangat penting agar anak tidak mogok belajar, seperti mengajak anak belajar sambil bermain, belajar asyik. guru memiliki peran yang sangat penting ialah menumbuhkan perasaan nyaman dan menyenangkan serta memotivasi dan membangkitkan semangat belajar anak. Jika anak bosan bermain dikelas bisa dilakukan pembelajaran di luar kelas dengan mengadakan kesepakatan waktu dengan anak didik.
    Secara keseluruhan video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru untuk belajar lebih banyak lagi agar anak- anak didik saya lebih semangat dalam setiap kegiatan belajarnya.

  2. Nama : Lia Nurmulia
    Nim : 857312801

    Dari video tentang Anak Mogok Tidak Mau Belajar sangat bermanfaat bagi saya, apalagi dalam menghadapi anak yang cepat bosan dalam belajar. Sebagai seorang guru harus banyak – banyak bersabar dalam menghadapi anak seperti ini di salam kelas dan video ini telah memberikan saya banyak pelajaran dalam mendidik anak.

  3. Assalamualaikum wr.wb

    Nama : Zalza Alicia Putri
    Nim : 859939718
    Judul : ” Anak mogok tidak mau belajar ”

    Video sangat baik untuk pendidik dalam menangani peserta didik yang sedang mogok belajar, dalam video tersebut peran guru sangat penting untuk mengatasi anak yang mogok belajar, bisa dengan cara mengajak anak melakukan kegiatan yang dia sukai agar membangun kesemangatan anak,
    mengajak anak belajar sambil bermain hal hal yang murid sukai.
    Karna peran guru sangat penting didalam kegiatan belajar maka dari itu guru harus aktif dan kreatif ketika ada anak yang mogok belajar, tugas gurupun juga tetap memantau peserta didik yang tetap asik kegiatannya sendiri.
    Secara keseluruhan video tersebut sangat bermanfaat untuk kami pendidik dalam menangani anak yang mogok belajar.

    wassalamu’alaikum wr.wb

  4. Nama : Safira Putri Agustin
    Nim : 858966318
    Menurut saya dapat dipelajari dari video tersebut adalah kita sebagai guru wajib memahami karakter peserta didik agar dapat mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar melalui pendekatan fisik home dan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan agar anak tidak merasa bosan dan termotivasi melakukan kegiatan pembelajaran.

  5. Nama:Nur Laila Fitriani
    Nim:858316231
    Judul:Anak mogok tidak mau belajar
    Manfaat video tersebut yaitu cara bagaimana guru berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul menangis.dan bagaimana guru membuat anak senang saat berada didalam kelas. Memotivasi anak untuk semangat belajar, membuat pembelajaran yang menyenangkan.

  6. Nama: Ulfah
    Nim: 857748767
    Menurut saya peran guru dan orang tua sangat penting bagi anak masih dalam proses belajar karena anak membutuhkan motivasi dari orang tua dan guru, dengan kita memberikan motivasi yang mudah dicerna oleh anak dikemudian hari anak akan nurut dengan perkataan-perkataan kita. vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengalaman saya

  7. Nama : Fitria rahmawati
    NIM : 858876109
    Pokjar batu
    anak mogok tidak mau belajar
    – setelah melihat video ini saya mengerti cara memotivasi anak agar semangat belajar dan percaya diri terhadap hasil karyanya
    – memberikan apresiasi dan menghargai hasil karya anak bagaimanapun hasilnya, hal ini dapat membuat anak percaya diri dalam menggali potensi yang dimilikinya

  8. Nama : Suratmi
    NIM : 857991587
    judul video ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
    Dari video tersebut seorang guru dapat mencari tahu sebab anak mogok tidak mau belajar,,, setelah itu guru dapat mencari solusi dengan cara belajar sesuai dengan keinginan anak agar anak tidak merasa bosan dengan kesepakatan bersama. Seorang guru hendaknya selalu menularkan semangat belajar yang baik. Belajar yang menyenangkan dengan berbasis permainan.

  9. MIFTA KUROHMAH
    NIM : 858449758

    1. Video-video yang disajikan sudah cukup baik dalam menjelaskan pentingnya pengembangan sosial emosional anak usia dini. Namun, saya masih melihat kurangnya pembahasan mengenai strategi mengatasi anak yang mogok atau tidak mau sekolah.

    2. Anak yang mogok atau tidak mau sekolah merupakan salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh guru dan orang tua. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kecemasan, kurangnya motivasi, atau masalah penyesuaian diri.

    3. Saya sarankan agar portal Guru Pintar Online dapat menambahkan seri video khusus yang membahas tentang cara mengatasi anak yang mogok atau tidak mau sekolah. Video-video tersebut dapat mencakup:
    – Identifikasi penyebab anak mogok sekolah
    – Strategi komunikasi dan pendekatan yang efektif untuk membujuk anak
    – Peran guru dan orang tua dalam mendukung anak kembali ke sekolah
    – Teknik-teknik untuk membangun motivasi dan kepercayaan diri anak

    4. Selain itu, video-video tersebut juga dapat dilengkapi dengan contoh-contoh kasus nyata dan solusi praktis yang dapat diterapkan oleh guru dan orang tua.

  10. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah bapak/ ibu berikan melalui video yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, menambah pengetahuan saya apabila kelak ada kendala yang akan saya hadapi berhubungan dengan judul diatas. Dan saya inginmengembangkan pengetahuan saya yang berhubungan dengan perkembangan sosial emosional anak, sehingga saya dapat mengetahui hal apa yang harus dan yang belum saya lakukan sehingga saya bisa melakukannya kepada anak didik saya. Memang benar, untuk 1 hal yang dibahas dalam video ini adalah adanya kesalahan guru yang lebih menekankan anak pada aspek kecerdasan, secara pada hakikatnya anak usia dini adalah bermain sambil belajar, anak masih berhubungan dengan hal-hal yang menyenangkan. Dan apabila salah satu aspek perkembangan anak tidaklah berjalan dengan baik maka sulit bagi anak untuk mengembangkan aspek lainnya, dalam artian tidak holistik. Kita sebagai guru haruslah peka kepada anak didik kita, terlebih dalam mengetahui sisi sosial emosional anak. Beberapa pendakatan harus dilakukan guru, terlebih bagi anak yang mulai mogok untuk tidak belajar, video ini mengajarkan saya dan banyak orang agar guru dapat melakukan pendekatan langsung tidak hanya kepada anak, namun dengan orangtua/ keluarga anak, mengapa anak tidak mau belajar, apakah karena lingkungan dirumah atau disekolah. Apabila anak takut maka kita akan mencari apa penyebab anak takut. Jika dipaksakan tugas padahal anak belum mampu seperti temannya yang lain, maka guru harus merubah cara mengajar, dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan anak, jika karena pertengkaran izinkan anak untuk bercerita, agar anak dapat mengungkapkan perasaanya, dan apabila karena guru tidak sengaja menyakit anak didik melalui perbuatan dan perkataan, maka harusla guru tersebut meminta maaf kepada anak didik dan tidak melakukannya lagi. Kita harus membuat anak merasa nyaman dengan diri kita, lingkungan, dan juga tempat dia belajar, serta media/ peralatan yang akan kita gunakan untuk mendidik anak haruslah yang dapat memikat daya tarik anak, agar menambah rasa ingin tahu anak, dan anak dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih ibu/ bapak untuk ilmu yang telah diberikan. Salam sejahtera, salam hormat saya, Udur Mauli Rivindi Siagian, NIM 859015884.

Leave a Reply