silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Indah melani
    Nim : 857489813
    Judul : Anak mogok dalam belajar
    Hal tersebut dapat diatasi dengan cara :
    a. Home visit. Guru mengunjungi rumah orang tua atau wali anak didik dan bertanya mengenai penyebab anak mogok belajar.
    b. Guru dapat memberikan pilihan kepada anak,mau belajar di kelas bersama teman atau di ruangan lain. Jika anak tidak mau belajar di kelas,maka guru dapat mengajak anak belajar di ruangan lain, misalnya ruang kepala sekolah,dll
    c. Jika penyebab anak mogok belajar yaitu merasa bosan. Maka guru dapat memberikan kesempatan kepada anak agar dapat bermain terlebih dahulu,namun dengan batasan waktu yang telah disepakati bersama anak.
    Saran : Video dalam GPO ini sudah bagus,namun alangkah lebih baik jika tema aspek perkembangan bahasa maka judul dan videopun harus mengarah kedalam aspek bahasa saja.

  2. Nama : Lailatul syahidah ummina
    Nim : 858316439
    Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

    1. Empati: Cobalah memahami alasan di balik perilaku anak tersebut. Mungkin ada faktor di luar kendali mereka yang memengaruhi semangat belajar mereka.
    2. Solusi Positif: Sarankan solusi yang positif dan membantu, misalnya mengajak anak berbicara dengan tenang untuk memahami masalahnya atau mencari cara agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
    3. Jangan Menyalahkan: Hindari menyalahkan atau mengkritik. Fokuslah pada membantu dan memberikan dorongan positif.
    4. Saran untuk Orang Tua: Jika video ini ditujukan untuk orang tua, berikan saran yang dapat membantu mereka mendukung anak dalam belajar dengan cara yang efektif dan positif.
    5. Dorong Kolaborasi: Ajak pemirsa untuk berbagi pengalaman atau saran mereka sendiri tentang mengatasi tantangan belajar anak.
    6. Tersedia untuk Bantuan: Akhiri komentar dengan menawarkan bantuan lebih lanjut jika mereka membutuhkannya, seperti referensi ke sumber daya atau bimbingan.

  3. Nama; Ruwanti
    Nim: 857994812
    Upbjj: Yogjakarta
    Menurut saya vidio tersebut memang sudah sedikit untuk memberikan solusi ketika anak memang bosan saat belajar ,nah mungkin di portal ini nanti akan disajikan vidio yang lebih intens lagi untuk mengatasi anak yang bener² tidak mau untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar ataupun bermain bersama,mungkin akan dikupas lagi sampai mendalam ,menurut saya dalam vidio ini masih kurang untuk mengatasi anak yang mogok dan tidak mau belajar

  4. Nama : Gusti Ayu Putu Permana Dewi
    Nim : 859044656
    UPBJJ : Denpasar
    Judul Vidio : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Jika dilihat dari vidio diatas mengenai “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” diatas sangat mengajarkan kita betapa pentingnya untuk memperhatikan Sosial emosional anak. Jika Anak yang mogok belajar bisa menjadi tantangan yang kompleks bagi pendidik dan orang tua.
    Pendapat saya tentang hal diatas adalah sebagai berikut:
    1. Menggali Penyebab : Penting untuk memahami alasan di balik
    perilaku mogok belajar anak,.
    2. Memberikan Dukungan Emosional: Anak yang mogok belajar
    mungkin memerlukan dukungan ekstra untuk mengatasi masalah
    emosional atau psikologis yang mungkin mereka hadapi.
    3. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Mendukung: Pastikan
    bahwa lingkungan di rumah dan di sekolah mendukung
    pembelajaran.
    4. Kolaborasi antara Orang Tua dan Sekolah: Kerja sama antara orang
    tua dan sekolah sangat penting dalam mengatasi masalah mogok
    belajar.

    Dalam video tersebut, penting untuk menyajikan strategi dan saran yang konkret serta menggambarkan bagaimana pendidik dan orang tua dapat bekerja sama dalam mengatasi tantangan ini dengan cara yang peduli dan inklusif.
    Dalam video diatas dijelaskan bahwa, betapa penting untuk menyajikan strategi dan saran yang konkret serta menggambarkan bagaimana pendidik dan orang tua dapat bekerja sama dalam mengatasi tantangan didalam vidio diatas dengan cara yang peduli dan inklusif.

  5. Luthfi Khoirunnisa
    857989881

    Terimakasih banyak,sangat bermanfaat sekali buat saya karena vidio tersebut saya menjadi mengerti hal-hal yang harus dilakukan ketika anak mogok / tidak mau belajar.bagaimana kita harus menyelidiki apa penyebab ataupun kemungkinan-kemungkinan kenapa anak tidak mau belajar memotivasi anak untuk mau belajar dan membangkitkan rasa ingin tau anak.
    Masukkan saya untuk membuat lebih banyak lagi vidio yang bermanfaat seperti vidio ini agar kami dapat lebih banyak belajar.

  6. Nama : Siti Holisoh
    Nim : 859937871

    Memberikan motivasi dan dukungan untuk anak sebelum bermain merupakan hal yang sangat penting agar anak dapat lebih smangat dan percaya diri untuk belajar

  7. Nama : Elsa Dwi Fitriana
    NIM : 859677349
    Video diatas sangat membantu dan menginspirasi saya dalam mengatasi anak yang mogok belajar, karena sering kali di dalam kelas ada anak yang tidak mau mengerjakan tugas karena salah satu peralatannya dijatuhkan/diambil oleh temannya.

  8. Nama : Yeni Wulaningsih
    Nim : 858527994
    pada video yang berjudul ” ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR” memperlihatkan masalah anak yang mogok tidak mau belajar
    dari video tersebut guru dapat melakukan home visit dan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa tidak mau masuk sekolah padaha teman-teman dan guru sudah sangat merindukannya.
    dan banyak hal lagi yang bisa dilakukan seorang pengajar.
    Dari kasus diatas guru harus tau bagaimana menangani anak yang mogok sekolah.
    menurut saya hal yang bisa di tambahkan selain dari video tersebut yaitu dengan cara melibatkan anak dalam proses belajar-mengajar,melakukan pembelajaran dengan cara yang anak sukai atau minati, belajar sambil bermain dan tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi belajar di luar kelas seperti mengamati benda” alam.

  9. Perlu dipahami bahwa tugas utama pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak-anak, namun kesalahan yang banyak dilakukan adalah lebih menekankan pada aspek kecerdasan dan melupakan bahwa pembelajaran sesungguhnya pada PAUD adalah dengan cara yang menyenangkan. Dunia anak adalah dunia bermain. Jika anak ingin bermain berarti anak ingin belajar sesuatu. Di dalam video terlihat ada anak yang tidak mau bermain dengan temannya. Kemungkinan anak mogok belajar adalah anak takut, bertengkar dengan temannya, atau anak sakit hati dengan ucapan guru atau temannya. Setelah guru mendapat penyebab anak mogok, yang harus dilakukan guru adalah guru menggali keterangan anak dengan homevisit.

  10. tugas utama guru paud ialah menghidupkan obor belajar bagi anak, kesalahan yang sering dilakukan oleh pendidik paud ialah dengan lebih menekankan dengan aspek kecerdasan dan melupakan bahwa sesungguhnya pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan. salah satu tugas guru adalah memotivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, dan mengajak anak sambil bermain. Jika anak mogok belajar terdapat beberapa kemungkinan yang dapat terjdi yaitu karena takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya sedangkan anak lainnya sudah bisa melakukan, atau mungkin anak bertengkar dengan anak lainnya, dan yang terakhir mungkin saja anak sakit hati terhadap perbuatan guru dengan dirinya, jika guru sudah tau apa alasannya, berikut solusi untuk menangani anak mogok belajar, yaitu :
    – menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan holfisit untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar
    – memberi opsi kepada anak ingin belajar dimana
    – kadang kala anak mogok karena ia bosan dikelas, maka guru boleh mengajak anak bermain diluar dengan waktu yang telah ditentukan.

Leave a Reply