silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Siti Rohkimah
    NIM. : 859939424
    Judul Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Dari video tersebut mengajarkan kepada kita sebagai pendidik bagaimana cara mengatasi anak mogok tidak mau belajar bersama teman. Ada beberapa kemungkinan anak tidak mau mogok belajar, diantaranya: 1). Anak merasa takut, 2). Anak dipaksa mengerjakan tugas yang sebenarnya dia belum bisa. 3).Mungkin anak bertengkar dengan temannya. 4). mungkin anak sakit hati terhadap ucapan guru.
    Maka solusi yang dapat dilakukan sebagai berikut:
    a.Guru dapat menggali keterangan dari orang tua.
    b. Anak dapat diberi pilihan ,apakah mau belajar di ruang lain.
    c. Terkadang anak mogok belajar karena merasa bosan, maka dari itu guru perlu mengganti metode pembelajaran dengan bermain sambil belajar.

  2. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Nama : Fitri Rahayuningsih
    NIM : 859686047

    Dari video (Anak mogok tidak mau belajar) tersebut, sangat memotivasi kami sebagai guru Paud untuk lebih baik lagi dalam menangani anak dengan karakteristik tersebut. Seperti yang telah dijelaskan dalam video tersebut, bahwa cara menangani anak yang mogok belajar adalah dengan cara :
    1. Guru menggali keterangan mendalam dengan home visit.
    2. Guru memberikan anak pilihan untuk belajar dengan teman kelas atau memilih ruang lainnya.
    3. Guru memberikan kesempatan bermain dengan waktu yang telah disepakati bersama.
    Sekian dan terimakasih.

  3. Video tersebut mengajarkan untuk guru agar selalu menjadi motivasi untuk siswa, serta menimbulkan suasana kelas yang bahagia,aktif serta kreatif, sehingga anak tidak mogok belajar/ tidak masuk sekolah, video tersebut sangat bagus untuk memotivasi diri kita sendiri, merevisi terhadap cara perlakuan kita di kelas.

  4. Video tersebut mengajarkan untuk guru agar mencari tau apakah yang menyebabkan anak mogok sekolah dan mencari solusi terbaik. guru juga selalu menjadi motivasi untuk siswa, serta menimbulkan suasana kelas yang bahagia,aktif serta kreatif, sehingga anak tidak mogok belajar/ tidak masuk sekolah, video tersebut sangat bagus untuk memotivasi diri kita sendiri, merevisi terhadap cara perlakuan kita di kelas.

  5. Nama : Ani Latifatul Khoiriyah
    Nim : 858180845

    Video ini menjelaskan bahwa kebanyakan saat ini para pendidik mengedepankan Aspek kecerdasan anak bukan mengajak anak untuk belajar dengan menyenangkan, Seharusnya di sekolah anak harus merasa senang dan gembira bukan malah dipaksa untuk belajar dengan tertekan. Dunia anak usia dini adalah masih dunia bermain dengan dia bermain dia dapat menemukan apa yang menjadi penasarannya, namun terkadang ada juga anak yang di kelas masih suka diam sendiri dan tidak ikut bermain dengan teman yang lainnya.
    Jika ada anak yang mogok belajar atau tidak mau bergabung dengan teman temannya Kemungkinan anak tersebut Merasa takut, dan merasa terpaksa untuk mengerjakan tugas yang mana anak tersebut belum tau apa yang akan dikerjakan, Serta kemungkinan anak sedang bertengkar dengan teman sekelasnya. Jika sudah terjadi hal seperti ini untuk mengetahui alasan yang lebih jelasnya kita bisa menggali Informasi dengan bertanya kepada anaknya langsung atau bertanya dengan orang tuanya. Jika kita sudah mengetahui apa permasalahan yang membuat anak tidak mau sekolah Sebagai pendidik Kita harus membujuk anak, Misalnya anak tidak mau masuk sekolah karena takut dengan temannya maka kita kasih pilihan anak untuk masuk di kelas lain atau di ruang guru. Kita sebagai pendidik harus pandai untuk Menangani masalah-masalah seperti ini. Kemudian jika ada anak yang merasa bosan belajar di dalam kelas maka pendidi boleh untuk mengajak anak Bermain di luar kelas. Anak bisa kita beri waktu selama beberapa menit untuk bermain di luar kelas agar anak tidak merasa jenuh. Sebelum bermain di luar kelas kita harus mempunyai kesepakatan dengan anak tentang waktu yang diberikan saat bermain agar jika waktu sudah habis anak tidak merasa kecewa karena sudah kita beri tau di awal.

  6. Nama:Ria Paramida
    NIM :857627467
    Video tersebut sangat bermanfaat bagi kami Guru PAUD/TK menammbah pengalaman kami bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar dengan beberapa cara,berkunjung ketempat orang tua murid(homevisit) kemudian tanyakan kenapa anak tidak mau belajar dikelas padahal Guru dan teman-temanya sudah kangen,bila anak belum mau masuk sekolah berikan penawaran apakah mau belajar di kantor,perpustakaan ataupun di ruang lain,karena ada anak yang bosan dengan suasana kelas yang biasa untuk belajar. Bila seperti ini Guru bisa memberi kesempatan anak untuk bermain dengan Batasan waktu yang ditentukan atas kesepakatan anak.

  7. Nama: Tazkia ummatul khasanah
    NIM: 857779184
    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya dalam menghadapi anak yang mogok belajar. Dimana masalah tersebut tidak jarang terjadi pada lingkungan sekolah.
    Didalam video dijelaskan apa saja kemungkinan penyebab anak mengalami mogok belajar dan memberikan solusi, apa yang harus dilakukan guru dalam menangani masalah tersebut. Salah satunya yaitu guru datang kerumah anak dan mengajak orang tua berkomunikasi penyebab anak mogok belajar, setelah mengetahui alasan anak mogok belajar, guru dapat memberikan motivasi dan bujukan kepada anak untuk mau kembali belajar bersama atau bisa juga membuat kesepakatan kepada anak sesuai waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya kesepakatan bersama anak, anak juga akan belajar untuk mematuhi setiap peraturan yang telah disepakati /disetujui nya tanpa adanya paksaan.

  8. vidio di atas sangat membantu kami sebagai guru dalam menangani anak yang sedang mogok belajar, tentunya masalah ini banyak kita jumpai di seluruh sekolah, pasalnya banyak guru yang kebingungan bagaimana menanganinya, dengan adanya vidio edukasi seperti ini, membantu kami selaku guru untuk menangani anak yang tidak ingi belajar, vidio di atas memberikan tips dan strategi serta berbagai alasan mengapa anak dapat mogok saat belajar serta cara menanganinya. Terimakasih

  9. Nama : Zeti Nurwahyuti Ati
    NIM : 857987096

    Tugas guru adalah mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, kemampuan sosial dan etika. Namun ada kesalahan yang sering terjadi, dikarenakan guru hanya menekankan pada aspek kecerdasan dan melupakan pembelajaran anak usia dini harusnya dengan cara yang menyenangkan. Dunia anak adalah duna bermain, ketika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya ia sedang belajar mengetahui semua hal. Tapi ketika ada anak tidak mau belajar dengan teman-temannya, terdapat beberapa kemungkinan. Anak merasa takut, dipaska mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu, bertengkar dengan teman atau anak sakit hati dengan perkataan yang diucapkan oleh guru. Solusinya ialah, menggali keterangan tentang anak kepada orang tua melalui home visit, diberikan pilihan apakah ingin belajar dengan teman dikelas yang sama atau diruangan lain, ketika ia bosan dikelas sebaiknya guru memberikan kesempatan bermain dengan wkatu yag ditentukan.

  10. Dari video seri pengembangan bahasa dengan judul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”, saya mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana cara menangani anak yang mogok tidak mau belajar. Karena dalam kelas yang ajar masih ada anak yang sering mogok belajar ketika kegiatan sedang berlangsung. Dalam video tersebut menjelaskan bahwa penyebab terjadinya anak mogok belajar yaitu mungkin saja anak berantam dengan temannya ataupun anak tersebut dipaksa untuk mengikuti kegiatan, padahal sang anak belum mampu untuk melakukan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, dalam mengatasi hal tersebut guru perlu mengetahui penyebab mengapa anak tersebut mogok untuk belajar, untuk mengetahui penyebab tersebut guru dapat bertanya kepada anak tersebut dengan menggunakan tutur bahasa yang lemah lembut, memberi motivasi, dan tidak mengintimidasi yang dapat membuat anak ketakutan. Setelah mengetahui penyebab anak mogok belajar, maka cara yang dapat guru lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun komunikasi yang efektif, menyesuaikan metode belajar dengan karakteristik anak, melibatkan orang tua anak untuk membantu anak agar bersemangat ketika proses pembelajaran berlangsung, dan menurut saya hal yang paling penting dan efektif untuk mengatasi anak yang mogok belajar yaitu dengan cara memberikan motivasi dan rewards kepada anak mengenai hasil belajarnya.

Leave a Reply