silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama: Rizky Amalia
NIM: 858161419
Peran seorang guru dalam pendidikan anak usia dini sangatlah penting. Guru tidak hanya bertanggung jawab untuk mengembangkan kecerdasan intelektual anak, tetapi juga untuk membantu mereka mengelola emosi, berinteraksi secara sosial, dan memahami etika. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pendidik adalah terlalu fokus pada aspek kecerdasan tanpa memperhatikan bahwa pembelajaran pada tingkat ini seharusnya menyenangkan.
Penting bagi guru untuk membangkitkan motivasi dan rasa ingin tahu anak, sambil tetap mengingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain. Jika ada anak yang menolak untuk bermain atau belajar, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, seperti rasa takut, kesulitan dalam tugas, konflik dengan teman, atau perasaan tersinggung terhadap guru. Penting bagi guru untuk memahami penyebab anak mogok sekolah melalui komunikasi yang mendalam dengan anak atau orang tua.
Solusi untuk masalah tersebut dapat beragam, mulai dari memberi pilihan kepada anak untuk belajar di tempat yang berbeda hingga memberikan kesempatan untuk bermain dengan waktu yang ditentukan. Hal yang terpenting adalah memahami kebutuhan dan minat individu setiap anak, serta menyediakan lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk memastikan perkembangan mereka secara holistik.
Nama : Alifatik Unsa
NIM : 857749031
Salah satu hal yang mungkin terjadi di Taman Kanak-kanak adalah anak mogok tidak mau belajar. Setelah melihat video tersebut, kita sebagai guru bisa memahami tindakan apa saja yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang mogok belajar. Mencari alasan anak mogok belajar dengan bertanya langsung ke anak atau melakukan homevisit. Biasanya anak mogok belajar karena bertengkar dengan temannya, ada pertanyaan atau perbuatan guru yang anak tidak suka, atau bosan dengan kegiatan sekolah sehingga guru harus kreatif dalam membuat kegiatan yang menyenangkan anak sehingga anak tidak merasa bosan sekolah.
Nama : Ai Siti Nurhasanah
NIM : 859524644
PRODI : PGPAUD
Beberapa Faktor-faktor yang mempengaruhi anak tidak mau belajar di sekolah, diantaranya:
1. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas , dia belum mampu untuk mengerjakannya sedangkan anak-anak yang lain sudah bisa mengerjakan
2. Mungkin anak bertengkar dengan teman sekelasnya
3. Anak merasa takut
4. Mungkin anak merasa sakit hati dengan ucapak atau perbuatan teman sekelasnya
Jika guru sudah tau kenapa anak malas belajar atau bolos sekolah. maka, soslusi yang dapat diberikan kepada anak supaya semangat lagi berangkat ke sekolah , yaitu: Guru menggali keteranagn lain dari orang tua anak tersebut untuk mengetahui penyebab anak tersebut tidak mau masuk sekolah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada orang tuanya kenapa tidak mau masuk sekolah?
jika anak masih mogok tidak mau masuk kelas, maka diberi dua pilihan. apa mau belajar sama teman-temannya atau belajar di rung terpisah . misal ruang kepala sekolah atau di perpustakaan
terkadang anak merasa bosen dengan suasana belajar di kelas. maka guru dapat menggunakan pengamanan/ pengayaan pada anak tersebut walaupun cara belajarnya berbeda
Rita Susiyati
856833752
Dari video diatas saya sangat banyak mendapat pengetahuan bahwa sebagai guru harus selalu mengingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dan perlu difahami oleh guru bahwa pendidikan diPAUD adalah belajar sambil bermain.
Menurut saya setelah melihat video tersebut saya menjadi tahu bagaimana cara untuk menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar, kita sebagai guru harus mencari tahu pokok permasalahannya kemudian kita mencari solusinya agar anak mau belajar lagi. Kita sebagai guru juga harus menjadi tempat yang nyaman agar anak -anak mau bercerita tentang perasaan dan masalah yang dihadapinya.
Nama : Rita Susiyati
Nim : 856833752
Dari video diatas dapat kita pahami kembali bahwa seorang guru harus memahami bahwa , anak itu kodratnya adalah bermain, bermain sambil belajar. Di sana kita bisa belajar bagaimana cara menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar dengan melakukan pendekatan kepada anak dan mencari sebabnya kenapa anak tidak mau belajar bersama teman-temannya.
NAMA : SITI ROFIAH
NIM : 856259634
UPBJJ : PADANG
Tayangan vidio pembelajaran diatas sangat bagus ,dan sangat membantu saya untuk memahami apa sebenarnya tindakan yang harus dilakukan seorang pendidik apabila menemui situasi seperti yang diterangkan didalam vidio. Dengan adanya vidio ini saya mengerti bahwa ketika anak mogok belajar atau bermain bersama temannya dikelas harus mendapatkan perhatian khusus dari gurunya, tidak boleh diabaikan saja ,guru harus sabar untuk mencari tau apa penyebab anak tersebut mogok tidak mau bergabung bersama teman-temannya. Sebab salah satu tugas guru adalah menghidupkan obor belajar dan membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tau anak .dalam vidio dijabarkan dengan rinci apa saja kemungkinan yang menyebabkan anak mogok belajar ataupun bermain dengan temannya .Juga diberikan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan guru jika mengalami situasi seperti yang dijelaskan di dalam vidio.
NAMA : SITI ROFIAH
NIM : 856259634
UPBJJ : PADANG
Tayangan vidio pembelajaran diatas sangat bagus ,dan sangat membantu saya untuk memahami apa sebenarnya tindakan yang harus dilakukan seorang pendidik apabila menemui situasi seperti yang diterangkan didalam vidio. Dengan adanya vidio ini saya mengerti bahwa ketika anak mogok belajar atau bermain bersama temannya dikelas harus mendapatkan perhatian khusus dari gurunya, tidak boleh diabaikan saja ,guru harus sabar untuk mencari tau apa penyebab anak tersebut mogok tidak mau bergabung bersama teman-temannya. Sebab salah satu tugas guru adalah menghidupkan obor belajar dan membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tau anak .dalam vidio dijabarkan dengan rinci apa saja kemungkinan yang menyebabkan anak mogok belajar ataupun bermain dengan temannya .Juga diberikan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan guru jika mengalami situasi seperti yang dijelaskan di dalam vidio.
Demikian Terimakasih…
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Sri Rahayu
NIM : 859517466
Judul video ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Setelah menonton video ini,menurut saya guru sangat berperan penting dalam kondisi di dalam kelas,karena pembelajaran di PAUD pasti akan banyak mendapatkan karakteristik anak yang berbeda-beda dan unik.Oleh karena itu sebagai guru kita harus memahami dulu karakteristik anak didik kita.
Apabila ada kendala dalam menghadapi anak yang belum mau belajar saat disekolah,kita sebagai guru harus membuat strategi baru agar anak tersebut mau ikut kegiatan dikelas.Dan bila hal tersebut tidak efektif kita akan memanggil orang tua siawa tersebut dan melakukan pertemuan untuk membahas sikap yang terjadi pada anak.Agar kita sebagai guru dapat mengetahui alasan lain mengapa anak mogok belajar bareng teman,setelah mengetahui alasannya kita dapat memberikan kegiatan yang disukai anak tersebut.
Dari video ini banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang dapat kita terapkan dalam pembelajaran di sekolah.
Nama: Puspitarini Dharmawati
NIM : 858528015
Topik : Anak mogok tidak mau belajar dengan temannya
Salah satu tugas guru adalah membangun motivasi anak agar terus mau belajar. Anak tidak mau belajar mungkin karena beberapa alasan seperti anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak belum bisa, mungkin anak bertengkar dengan teman sekelasnya dan mungkin anak sakit hati dengan perkataan guru. Guru perlu menggali keterangan dari anak kenapa tidak mau belajar. Anak mungkin bosan di kelas, bila demikian guru dapat memberikan waktu kepada anak untuk bermain di sudut pengaman tetapi dengan membuat kesepakatan kepada anak untuk melanjutkan tugasnya lagi. Saya pun pernah mengalami hal ini dengan anak didik saya dan solusi yang diberikan di video diatas juga pernah saya terapkan di kelas.
Nama : Bella Agusti Ningrum
nim : 858461762
Anak Mogok Tidak Mau Belajar , ari video tersebut memberikan wawasan yang berharga bagi saya tentang pendekatan pendidikan anak usia dini. Pada video tersebut menekankan pentingnya mengembangkan rasa ingin tahu, kecerdasan intelektual, dan kemampuan emosional serta sosial anak-anak. Ini adalah aspek penting yang sering terlupakan ketika fokus hanya pada kecerdasan akademis. Menurut saya Video tersebut mengingatkan saya bahwa belajar pada usia dini harus menyenangkan dan menarik, sesuai dengan asal kata “skole” yang berarti menyenangkan. Pendekatan ini membantu anak-anak untuk lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar. Mengenali dan mengatasi alasan mengapa seorang anak mungkin tidak ingin belajar atau bermain adalah kunci untuk membantu mereka kembali ke jalur pembelajaran.