silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran” hampir sama kenyataan yang saya hadapi di kelas tempat saya mengajar di mana saat saya sedang melakukan proses belajar mengajar masih ada saja anak yang belajar dan tidak fokus saat guru menjelaskan pembelajaran, hal ini disebabkan anak usia dini belum mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu ketika anak mulai kehilangan konsentrasi( tersedak) saya menghentikan pembelajaran sejenak dan mengembalikan konsentrasi anak melalui tepukan atau nyanyian

    Terimakasih

  2. Nama : Iis Winarni
    NIM : 859016442

    Untuk mengatasi anak yang mengobrol di kelas, di kelas saya guru menggunakan pendekatan yang positif dan lembut, seperti memberikan pengingat aturan kelas secara santai atau mengalihkan perhatian anak dengan melibatkan mereka dalam kegiatan.
    Memberikan apresiasi ketika mereka berhenti mengobrol juga penting untuk memotivasi perilaku baik. Variasi kegiatan yang interaktif dapat membantu menjaga fokus anak, sementara mengatur posisi duduk anak yang sering mengobrol dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif. Dengan pendekatan ini, suasana kelas tetap tenang tanpa membuat anak merasa tertekan

    terima kasih

  3. Nama: Agustin Roestanto
    NIM: 859033298
    UPBJJ: 77/Denpasar
    Prodi PGPAUD AKPMM
    JUDUL VIDEO: Anak Mengobrol Pada Saat PBM

    Video pembelajaran ini memberikan gambaran yang relevan tentang permasalahan perkembangan moral dan disiplin pada anak usia dini, khususnya terkait perilaku anak yang suka “ngobrol” di kelas. Berikut adalah komentar mengenai kelebihan dan saran perbaikannya:
    Video ini berhasil mengangkat isu nyata yang sering dihadapi guru PAUD, yaitu anak-anak yang suka berbicara di luar konteks selama pembelajaran berlangsung. Ini mencerminkan situasi sehari-hari yang dapat dikenali oleh guru dan orang tua.
    Strategi Solutif dan Praktis
    Video ini memberikan beberapa strategi konkret yang dapat diterapkan guru, seperti:
    Permainan tepuk: Strategi ini efektif untuk menarik perhatian anak, memberikan elemen kejutan, serta menjaga suasana pembelajaran tetap menyenangkan, Memindahkan posisi anak ke dekat guru: Ini adalah langkah preventif yang membantu guru lebih mudah mengawasi dan mengarahkan perilaku anak.
    Pemberian reward: Memberikan penghargaan di akhir pembelajaran adalah cara yang efektif untuk memperkuat perilaku positif. Reward ini bisa berbentuk pujian, stiker, atau penghargaan simbolis lainnya.
    Pendekatan Positif. Video ini mendorong penggunaan pendekatan positif dalam membentuk perilaku anak, seperti memberi reward, bukannya menghukum. Ini selaras dengan prinsip pembelajaran ramah anak, yang bertujuan membangun kesadaran moral dan kedisiplinan dengan cara-cara yang menghargai perasaan anak

  4. Nama: Agustin
    NIM: 859033298
    Prodi: PGPAUD AKPMM

    Video pembelajaran ini memberikan gambaran yang relevan tentang permasalahan perkembangan moral dan disiplin pada anak usia dini, khususnya terkait perilaku anak yang suka “ngobrol” di kelas. Berikut adalah komentar mengenai kelebihan dan saran perbaikannya:
    Video ini berhasil mengangkat isu nyata yang sering dihadapi guru PAUD, yaitu anak-anak yang suka berbicara di luar konteks selama pembelajaran berlangsung. Ini mencerminkan situasi sehari-hari yang dapat dikenali oleh guru dan orang tua.
    Video ini memberikan beberapa strategi konkret yang dapat diterapkan guru, seperti:Permainan tepuk: Strategi ini efektif untuk menarik perhatian anak, memberikan elemen kejutan, serta menjaga suasana pembelajaran tetap menyenangkan, Memindahkan posisi anak ke dekat guru: Ini adalah langkah preventif yang membantu guru lebih mudah mengawasi dan mengarahkan perilaku anak.
    Pemberian reward: Memberikan penghargaan di akhir pembelajaran adalah cara yang efektif untuk memperkuat perilaku positif. Reward ini bisa berbentuk pujian, stiker, atau penghargaan simbolis lainnya.
    Pendekatan Positif
    Video ini mendorong penggunaan pendekatan positif dalam membentuk perilaku anak, seperti memberi reward, bukannya menghukum. Ini selaras dengan prinsip pembelajaran ramah anak, yang bertujuan membangun kesadaran moral dan kedisiplinan dengan cara-cara yang menghargai perasaan anak.

  5. Pada video tersebut ditampilkan bagaimana mengatasi permasalahan jika ada anak yang mengobrol saat kegitan belajar mengajar, yang pertama guru harus mengubah strategi pembelajaran di kelas, hentikan kegiatan cerita guru sejenak untuk menenangkan keadaan kelas, pisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, posisikan anak yg ngobrol di dekat guru,serta libatkan anak dalam kegiatan cerita, berikan reward jika anak tidak mengulangi kejadian tersebut.

  6. Nama : Meila Marwati
    NIM : 8557674773
    UPBJJ UT : Palembang

    Video diatas menceritakan bagaimana seorang guru menangani anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung terutama pada kegiatan bercerita. Kita tentu saja pasti menemukan permasalahan tersebut di lembaga kita masing-masing. Video tersebut memberikan wawasan baru bagi kita guru PAUD selain itu hal yang dapat kita lakukan diantaranya membuat kesepakatan kelas, memberikan waktu anak untuk menceritakan pendapatnya, libatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, misalnya pada kegiatan bercerita minta anak yang terlihat mulai lengah untuk menjadi peran yang diceritakan oleh guru, sesekali ajukan pertanyaan pemantik, minta anak menebak alur selanjutnya dan lain sebagainya.

  7. Anak mengobrol di kelas pada saat pembelajaran sering dialami oleh semua guru PAUD/TK terutama oleh saya sendiri. Hal itu terjadi karena tingkat konsentrasi anak usia dini yang masih pendek terutama anak laki-laki yang memiliki tingkat konsentrasi lebih pendek dari anak perempuan. Oleh karena itu ketika pembelajaran berlangsung, guru harus mencari cara untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat pembelajaran, diantaranya guru dapat memisahkan anak yang mengobrol tersebut ke tempat duduk yang lain, guru dapat menjeda pembelajaran dengan melakukan ice breaking yang seru dan menarik, guru dapat menggunakan media dan alat yang mampu menarik pusat perhatian anak, dan mengajak anak untuk berpartisipasi langsung. Hal tersebut sangat sesuai dengan apa yang dipaparkan dalam video di atas, dimana video di atas juga menunjukkan terdapat anak yang sedang asyik mengobrol dengan temannya pada saat guru bercerita dan video diatas juga menjelaskan strategi yang dapat digunakan guru ketika menghadapi anak mengobrol di kelas pada saat pembelajaran.

  8. Nama: Amanda Jum ‘Amariah Hermatika
    NIM: 858424804
    Video di atas memberikan tips dan trik yang dapat digunakan oleh pendidik PAUD untuk mengatasi masalah di kelas seperti anak mengobrol di kelas saat jam pembelajaran. Video ini sangat membantu saya dan rekan-rekan guru yang lain untuk membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua anak. Disebutkan dalam video beberapa poin penting yang dapat dilakukan oleh guru PAUD agar anak tidak mengobrol saat jam pembelajaran diantaranya:
    Mengubah strategi pembelajaran, mencari solusi, menghentikan proses pembelajaran untuk memberikan suasana yang tenang kepada anak, memisahkan anak memposisikan kembali anak akhir lebih dekat dengan guru, melibatkan anak yang mengobrol dalam kegiatan pembelajaran, memberikan perhatian dan motivasi kepada anak, serta memberikan reward jika anak dapat fokus dan tidak mengulang perbuatannya.

  9. Nama: lailatul khitmah
    Nim: 877303055
    Judul “Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran”
    Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran menjadi hal yang sering saya temui di kelas tempat saya mengajar di mana saat saya sedang melakukan proses belajar mengajar masih ada saja anak yang belajar dan tidak fokus saat guru menjelaskan pembelajaran, hal ini menyebabkan anak usia dini belum mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu ketika anak mulai kehilangan konsentrasi( tersedak) saya menghentikan pembelajaran sejenak dan mengembalikan konsentrasi anak melalui tepukan atau nyanyian

  10. Nama : Ulfatun Sariroh,
    NIM : 858540202
    video tersebut berisi gambaran tentang permasalahan yang sering saya hadapi ketika mengajar dikelas yaitu pada saat proses belajar mengajar berlangsung anak-anak tidak fokus pada pembelajaran tapi lebih senang mengobrol dengan yng lain. setelah menonton vodeo ini saya mendaparkan ilmu tentang Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Leave a Reply