silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Judul ” Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran”
Setelah saya menonton video pembelajaran kenyataan ini sering saya hadapi di kelas .apabila anak -anak saya sudah mulai ngobrol di kelas saya juga melakukan hal yang sama seperti yang ada dalam video teraebut. Saya langsung memisahkan anak yang ngobrol dan saya memposisikan anak tersebut di dekat guru. Setelah itu saya ajak mereka bermain ataupun bernyanyi agar mereka tidak bosan dan jenuh.setelah itu saya melanjutkan proses belajar mengajar dan bila mereka bisa menjawab pertanyaan dari guru,guru pun memberikan reward kepada mereka agar mereka senang dan lebih baik lagi
Nama : Rahmatika
NIM : 856288517
video yang berjudul “Anak yang mengobrol pada saat PBM” di atas menggambarkan permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. setelah saya mengamati video tersebut penyebab anak ngobrol pada saat PBM adalah : guru belum menerapkan disiplin positif di kelas, guru tidak melibatkan anak dalam bercerita, posisi duduk anak yang kurang kondusif, buku cerita yang dibacakan guru bisa jadi tidak menarik bagi anak sehingga anak lebih asyik ngobrol bersama teman
Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut diantaranya adalah : sebelum kegiatan PBM di mulai sebaiknya guru mengajak anak membuat kesepakatan bersama(disiplin positif) seperti tidak boleh ngobrol pada saat PBM dimulai dll, guru melibatkan anak dalam kegiatan bercerita yaitu adanya dialog interaktif pada anak, Guru mengatur posisi duduk anak seperti posisi duduk melingkar dan diusahakan antara posisi duduk guru agak tinggi dibandingkan dengan anak supaya anak bisa terlihat oleh guru, melibatkan anak untuk memilih buku cerita , mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi
Nama : Nurhayati
NIM : 856288216
Dalam video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM sering terjadi ketika guru tengah bercerita atau membacakan buku cerita pada anak. Hal ini terjadi kemungkinan karena anak tidak menyukai cerita yang dibacakan, anak bosan dengan kegiatan bercerita, sehingga ada anak lebih asyik ngobrol dengan temannya. Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang dilakukan guru sebaiknya menghentikan kegiatannya dan bertanya pada anak tentang yang diobrolkan. Kemudian guru mengajak anak yang ngobrol untuk pindah duduk di dekat guru. Ajak anak untuk melakukan ice breaking atau menyanyi lagu. Setelah itu guru menyampaikan atau mengingatkan aturan kelas dimana jika guru sedang bercerita atau bicara, maka anak-anak mendengarkan. Sampaikan pula bahwa nanti anak-anak akan mendapat kesempatan untuk bicara. Selain itu guru dapat melibatkan anak untuk mengamati gambar dan tulisan dengan lebih dekat. Ajak anak untuk tanya jawab tentang gambar atau cerita.
nama : nurul annisa
nim : 859428076
kejadian ini yang sering guru-guru dapatkan disekolah, tapi dengan adanya video ini bisa membantu guru dalam menangani anak yang suka ngobrol ketika guru menjelaskan, pastinya strategi ini juga sudah sesuai dengan kesesuaian tingkat usia anak. dan saya sebagai guru juga sudah menerapkan hal tersebut pada anak, sebagai tambahan guru bisa memberikan ice breaking atau games pada anak ketika fokus anak tidak pada pembelajaran lagi.
Assalamualaikum…
Tayangan anak ribut di dalam kelas, sering terjadi saat mengajar, dalam tangan video tersebut seorang guru harus bisa mengendalikan anak untuk fokus belajar, mendekati anak untuk pukos dan melanjutkan kembali belajar dan memperhatikannya, bisa juga guru meniupkan pluit biar anak mendengar dan siap kembali belajar. Dengan video ini sangat bagus menginspirasi anak dalam belajar.
Terima kasih…
NAMA : HALIMATUS SA’DIYAH
JUDUL : ANAK NGOBROL DI KELAS SAAT PBM
Video tersebut menggambarkan cara mengatasi anak yang sedang ngobrol di kelas saat kegiatan pembelajaran. Penyebabnya adalah guru tidak memberikan informasi mengenai kegiatan bercerita dengan menjadi pendengar yang baik, memberikan informasi tentang tata tertib menjadi pendengar yang baik sehingga peserta didik lebih asyik ngobrol sendiri. Kemudian guru tersebut mengubah strategi bercerita dengan mengajak anak yang sedang mengobrol berada di sisi sang guru bahkan di depan teman-teman yang lain, memisahkan anak yang sedang mengobrol, dan memberikan reward terhadap anak yang sudah mengikuti aturan dengan baik pada akhir cerita.
Nama : Ita Nurjannah
Nim : 859431748
Pada Video tersebut anak mengobrol pada saat guru bercerita hanya beberapa saja anak yang mendengarkan cerita guru karena guru kurang menguasai strategi hal yang dilakukan guru sangat baik yaitu memisahkan anak yang sedang bercerita. Sebelum melakukan kegiatan bercerita hendaknya guru membuat aturan, anak – anak diajak untuk duduk rapi atau membuat lingkaran, memfokuskan perhatian anak. guru juga harus mempersiapkan beberapa permainan untuk memfokuskan anak bila sedang bercerita atau merasa bosan atau memberi pertanyaan kepada anak tentang cerita tersebut. setelah anak fokus guru baru melanjutkan cerita. media yang digunakan harus menarik perhatian anak.
Mohon Ijin memberikan komentar nama saya Nurjanah, Mahasiswa UT UPBJJ Banjarmasin
Video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” memberikan wawasan yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD dalam mengelola kelas. Pendekatan yang ditampilkan menunjukkan pemahaman mendalam terhadap perilaku anak usia dini yang sering kehilangan fokus selama pembelajaran. Berikut beberapa poin positif dari video ini:
Solusi Praktis dan Realistis: Strategi yang ditampilkan, seperti memindahkan anak ke tempat yang lebih kondusif dan melibatkan mereka dalam aktivitas, sangat aplikatif di kelas
Penguatan Positif: Guru dalam video memberikan penghargaan kepada anak-anak yang tertib, sebuah pendekatan yang efektif untuk memotivasi perilaku baik lainnya di kelas
Kesabaran dan Fleksibilitas Guru: Video ini menonjolkan pentingnya kesabaran dalam menghadapi anak-anak yang mengobrol, sekaligus memperlihatkan fleksibilitas guru untuk menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan
Meningkatkan Keterlibatan Anak: Cara melibatkan anak-anak yang mengobrol ke dalam aktivitas pembelajaran menunjukkan pentingnya memberikan peran aktif kepada anak, sehingga mereka merasa dihargai dan termotivasi
Video ini sangat menginspirasi dan membantu guru untuk mengelola kelas dengan pendekatan yang lebih efektif dan penuh empati. Anda dapat melihat video tersebut untuk mendapatkan lebih banyak ide di Guru Pintar Online. Demikian dari saya Terimakasih.
Nama Nurjanah
Mahasiswa Ut
Izin memberikan komentar. Video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” memberikan wawasan yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD dalam mengelola kelas. Pendekatan yang ditampilkan menunjukkan pemahaman mendalam terhadap perilaku anak usia dini yang sering kehilangan fokus selama pembelajaran. Berikut beberapa poin positif dari video ini:
Solusi Praktis dan Realistis: Strategi yang ditampilkan, seperti memindahkan anak ke tempat yang lebih kondusif dan melibatkan mereka dalam aktivitas, sangat aplikatif di kelas
Penguatan Positif: Guru dalam video memberikan penghargaan kepada anak-anak yang tertib, sebuah pendekatan yang efektif untuk memotivasi perilaku baik lainnya di kelas
Kesabaran dan Fleksibilitas Guru: Video ini menonjolkan pentingnya kesabaran dalam menghadapi anak-anak yang mengobrol, sekaligus memperlihatkan fleksibilitas guru untuk menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan
Meningkatkan Keterlibatan Anak: Cara melibatkan anak-anak yang mengobrol ke dalam aktivitas pembelajaran menunjukkan pentingnya memberikan peran aktif kepada anak, sehingga mereka merasa dihargai dan termotivasi
Video ini sangat menginspirasi dan membantu guru untuk mengelola kelas dengan pendekatan yang lebih efektif dan penuh empati. Anda dapat melihat video tersebut untuk mendapatkan lebih banyak ide di Guru Pintar Online
Nama : Putri Anggraeni
NIM : 859427827
judul video ” Anak ngobrol dikelas saat PBM”
Setelah menonton video diatas dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi anak yang selalu ngobrol pada saat PBM yaitu :
1. Mengubah strategi pembelajaran, sebaiknya guru membuat suatu aturan dan kesepakatan dengan anak sebelum bercerita.
2. Memisahkan anak yang ngobrol dari temannya yang ingin belajar
3. Guru mengajukan pertanyaan agar anak dapat mengekspresikan dirinya agar tidak bosan pada saat PBM
4. Guru memberikan reward pada anak yang mematuhi aturan pada saat PBM