silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama: Lusiana Emma Arihta
    NIM: 856051567
    Prodi: Pendidikan Anak Usia Dini
    Berdasarkan video tersebut saya dapat melihat bahwa sebelum memulai kegiatan bercerita guru belum mengkondisikan siswa untuk siap menerima atau mendengarkan cerita. Hal ini terlihat dimana anak anak masih ada yang bermain ataupun bercerita pada barisan belakang. Penggunaan buku cerita yang terlalu kecil juga membuat anak tidak tertarik dengan sumber bacaan yang dibawakan oleh guru.
    namun dari video tersebut saya mendapat bebrapa tips and trick untuk mengatasi permasalahan tersebut dikelas seperti:
    1. Kondidiskan anak untuk siap mendengar dan tidak bermain dibelakang dengan cara memisahkan anak yang sedang bermain
    2. Mengikutsertakan anak dalam kegiatan membaca dengan melalukan tanya jawab
    3. Tidaknya sikap judmental yang diberikan oleh guru ketika anak melalukan tindak pelanggaran seperti bermain ataupun bercerita namun langsung memberikan solusi.

  2. Nama : Nova Astuti Sihite
    NIM : 878267649

    Berdasarkan video diatas, guru sudah memberikan cara menghadapi siswa yang sedang ribut di kelas ketika guru sedang membacakan cerita dengan memisahkan anak yang ribut dari teman-temannya dan mengajak mereka ikut serta dalam aktivitas dalam kelas. Cara ini akan saya praktekkan dikelas saya.

  3. Nama: Nur Siti Fatimah
    NIM: 858830104

    Menurut saya mengenai video seri pembelajaran tersebut sudah cukup bagus.
    karena, dari video tersebut saya dapat melihat beberapa kelebihan berupa:
    – kemudahan akses untuk mendapat informasi baru, dan
    – jelasnya penyampaian informasi sehingga pesan yang dimaksud bisa lebih mudah di pahami.
    melalui video tersebut pula, saya dapat mengetahui bagaimana cara menangani anak yang memiiliki kecenderungan aktif mengobrol di kelas ketika guru sedang menjelaskan. Sehingga dapat menambah referensi bagi saya untuk mengaplikasikannya di kelas
    Meskipun begitu, dari durasi tayangan video menurut saya terlalu singkat sehingga pesan yang tersampaikan kurang kompleks. Sehingga detail informasi tertentu bisa saja terlewat.
    Oleh karena itu, menurut saya upaya yang kiranya perlu diperbaiki yakni memperpanjang durasi video agar informasi yang tersampaikan lebih kompleks.

  4. Nama : Alfiah Mukholimah
    NIM : 877321013
    UPBJJ : Malang
    Setelah menyaksikan vidio tersebut, cara guru untuk mengatasi anak yang mengobrol saat dikelas sudah bagus ,dan lebih baik lagi kalau semuanya dapat mendengarkan atau ikut mendengarkan ibu guru bercerita, mungkin bisa menggunakan media yang menarik anak misal memutarkan vidio pada laptop dll.

  5. Nama: Dini Tasya Siregar
    Pendidikan Anak Usia Dini
    NIM: 855862317

    Menurut pendapat saya, strategi yang diterapkan oleh guru cukup bagus untuk mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat guru sedang bercerita.
    Namun masih terdapat kelemahan pada video tersebut yaitu kurangnya penataan posisi duduk anak, minimnya tanya jawab antara guru dan peserta didik, penggunaan media cerita yang kurang bervariasi atau bisa ditambahkan dengan media pendukung seperti boneka tangan dan pengolahan suara yang tepat,
    strategi yang dapat dilakukan ialah dengan tambahan media bercerita yang menarik, penataan posisi duduk anak, interaksi antara guru dan peserta didik dan pengolahan suara bercerita guru yang bervariasi.

  6. Nama: Renita Argin Puspita Fiduri
    Nim: 858844808
    Pendidikan Anak Usia Dini

    Pada video diatas, bahwa didalam kelas masih banyak anak yang sering mengobrol disaat bu guru sedang menjelaskan materi atau sedang bercerita.
    jadi, untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan cara sebagai berikut:
    1. Mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas
    2. Hentikan proses pembelajaran untuk menenangkan kondisi kelas
    3. Pisahkan dari anak yang mengobrol dan anak yang diam/mendengarkan bu guru
    4. Posisikan anak yang mengobrol tadi didekat guru
    5. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar yang disampaikan oleh guru
    6. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    7. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

    sekian terima kasih

  7. Nama: Galih Dwi Yunestri
    NIM : 877977082
    Pendidikan Anak Usia Dini

    Menurut pendapat saya mengenai vidio di atas yaitu dalam pembukaan pembelajaran bercerita seharusnya guru memberikan kesepakatan terlebih dahulu kepada anak – anak agar setelah guru memulai bercerita, anak lebih bisa fokus untuk melihat dan mendengarkan guru. kesepakatan diberikan agar anak bisa bertanggung jawab untuk mendengarkan cerita guru. Mungkin guru lebih bisa menggunakan media bercerita dengan menggunakan media laptop, sehingga anak – anak lebih tertarik dan anak dapat mendengarkan dan melihat gambar secara langsung.
    Untuk cara guru menenangkan anak yang ngobrol dengan temannya sudah bagus, anak yang ngobrol segera dipisahkan dengan temannya, berikan penghargaan atau reward kepada anak yang fokus untuk mendengarkan cerita.
    Terimkasih…

  8. Nama: Galih Dwi Yunestri
    NIM : 877977082
    Pendidikan Anak Usia Dini

    Menurut saya mengenai vidio di atas yaitu dalam pembukaan pembelajaran bercerita seharusnya guru memberikan kesepakatan terlebih dahulu kepada anak – anak agar setelah guru memulai bercerita, anak lebih bisa fokus untuk melihat dan mendengarkan guru. kesepakatan diberikan agar anak bisa bertanggung jawab untuk mendengarkan cerita guru. Mungkin guru lebih bisa menggunakan media bercerita dengan menggunakan media laptop, sehingga anak – anak lebih tertarik dan anak dapat mendengarkan dan melihat gambar secara langsung.
    Untuk cara guru menenangkan anak yang ngobrol dengan temannya sudah bagus, anak yang ngobrol segera dipisahkan dengan temannya.
    Terimkasih…

  9. Nama: Galih Dwi Yunestri
    NIM : 877977082
    Pendidikan Anak Usia Dini

    Menurut saya mengenai vidio di atas yaitu dalam pembukaan pembelajaran bercerita seharusnya guru memberikan kesepakatan terlebih dahulu kepada anak – anak agar setelah guru memulai bercerita, anak lebih bisa fokus untuk melihat dan mendengarkan guru. kesepakatan diberikan agar anak bisa bertanggung jawab untuk mendengarkan cerita guru. Mungkin guru lebih bisa menggunakan media bercerita dengan menggunakan media bergambar atau bisa menggunakan laptop. jika guru bercerita saja tanpa ada media gambar anak – anak tidak akan fokus mendengarkan.
    cara guru untuk menenangkan anak sudah cukup bagus, guru segera tanggap untuk memisahkan anak yang ramai, lalu dapat melanjutkan cerita tersebut.
    Terimkasih…
    Terimkasih…

  10. Nama:Afni kasim pulungan
    Nim:857891123
    UPBJJ:SURAKARTA
    Menurut pendapat saya Bu guru yg di vidio terlalu cepat membacakan cerita tanpa memperhatikan kondisi kelas.sebaiknya kelas di kondisikan terlebih dahulu.membacakan cerita ke anak paud seolah olah kita masuk di dalam cerita tersebut dgn merubah suara hewan atau mimik wajah yg sedih atau senang ,anak anak akan senang dan penasaran,dgn isi cerita yg kita bacakan,dan anak anak akan serius mendengar cerita.
    Akan lebih baik cerita di hentikan dulu jika ada anak yg asyik mengobrol.dan segera menenangkan suasana kelas.
    Dan jangan lupa melibatkan anak dalam kegiatan bercerita,misalnya menanyakan siapa nama tokoh dalam cerita.atau suka tidak dengan cerita yg ibu bacakan.
    Tekankan pada anak yg mengobrol tadi supaya tidak mengulanginya lagi dan berikan pelukan jika anak bisa memperbaiki prilakunya.
    Sekian pendapat saya,trimakasih

Leave a Reply