silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,268 Comments

  1. Perkenalkan saya Ai Kartini dengan NIM 857530699
    Izin mnanggapi video diatas,

    Hampir disetiap lembaga pendidikan menemukan kasus anak yang mengobrol ketika pembelajaran berlangsung,relevan dengan tayangan video diatas dimana guru sedang membacakan cerita, anak tidak menyimaknya dengan baik,malah asik mengobrol,ada yang bengong, bahkan terlihat bosan.Tips untuk mengatasi masalah diatas,pada video tersebut dibahas dengan cara- cara di bawah ini :
    1. Menghentikan sejenak pembelajaran
    2.Memisahkan anak yang mengobrol dengan yang belajar
    3.Memposisikan anak yang ngobrol di dekat guru
    4.memberi reward untuk anak yang dapat mengikuti pembelajaran dengan baik,agar anak lain termotivasi.

    atau bisa juga dengan melakukan ice breaking “sikut,sakit dan sikat ” ( menunjuk bagian tubuh yang relevan dengan kata tersebut) agar anak konsentrasi kembali.Terimakasih..

  2. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Alfani Puji Astuti
    NIM : 857990539
    setelah melihat video diatas “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” dapat diambil kesimpulan cara mengatasi permasalahan tersebut dengan tindakan
    1. menghentikan proses pembelajaran untuk mengkondisikan anak-anak yang ngobrol
    2. melakukan pemisahan anak yang ngobrol berdekatan dengan anak yang pendiam
    3. mengubah tatanan duduk agar lebih efisien seperti dengan “circle time”
    4. mengkikutsertakan anak dalam kegiatan belajar yang dibuat secara menarik
    5. pada akhir pembelajaran memberi hadiah/reward kepada anak yang mengikuti kegiatan PMB dengan tertib
    6. menyampaikan pembelajaran dengan perlahan dan jelas agar mudah di pahami anak didik
    dengan tindakan demikian anak yang ngobrol dikelas saat PMB akan berkurang dan dapat pengikuti kegiatan dengan tertib
    wassalamualaikum wr.wb

  3. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
    Nama : Diyan Wahyuni
    NIM : 877317346
    Seperti kita ketahui bersama bahwa rentang waktu konsentrasi anak usia dini cenderung sebentar , maka hal itulah yang membuat mereka mudah hilang konsentrasi belajarnya saat pembelajaran berlangsung sehingga mereka ngobro dengan temannya. Dalam video diatas telah diberikan beberapa tips tentang cara mengatasi anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung, diantaranya adalah dengan :
    1. Menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran untuk menenangkan suasana
    2. Memisahkan anak yang mengobrol tersebut dan merubah tempat duduknya lebih dekat dengan guru
    3. Melibatkan danak dalam kegiatan proses belajar sehingga anak menjadi semakin tertarik untuk mengikuti pembelajaran
    4. Tekankan agar anak tidak mengulangi perbuatannya serta berikan reward ketika mereka dapat merubah perilakunya.
    Selain cara diatas, cara yang saya lakukan di lembaga ketika menghadapi masalah ini adalah dengan :
    1. Merubah intonasi suara, mimik wajah dan gesture tubuh sehingga membuat anak kembali memperhatikan kita.
    2. Mencari penyebab dan menyusun strategi baru karena mungkin strategi yang kita terapkan bersifat membosankan bagi mereka atau bahsa yang kita gunakan membuat mereka kurang memahaminya.

  4. Assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Konita Fajriati
    NIM : 857331557
    Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    Mengenai isi video di atas, izin memberikan pendapat. Menurut saya dalam keigiatan bercerita yang efektif, kita memerlukan beberapa tahapän seperti:
    1. Membuat kesepakatan bersama di awal
    2. Mengkondisikan anak sebelum mulai bercerita, seperti di mulai dengan bernyanyi atau tepuk-tepuk (seperti tepuk semangat, tepuk fokus, dil) yang dapat
    merefleksikan keadaan anak sampai siap terkondisikan.
    3. Pastikan keadaan posisi anak sudah benar, sehingga semua anak dapat melihat buku cerita yang akan di bacakan.
    4. Guru bercerita dengan suara yang lantang dengan intonasi yang jelas serta ekspresi atau mimik wajah yang sesuai dengan cerita sehingga anak dapat terfokus
    pada isi buku cerita yang sedang dibacakan oleh guru.
    5. Guru memberikan pertanyaan terbuka kepada anak mengenai isi buku cerita agar anak dapat aktif dalam berkegiatan.
    6. Guru memberikan kesempatan bergantian berbicara kepada anak namun tetap sesuai porsinya.
    7. Memberikan penguatan dari isi buku cerita bisa melalui dengan bernyanyi sesuai tema isi buku cerita.
    8. Guru memberikan applouse/pujian ucapan terima kasih sudah menjadi pendengar yang baik, tertib, dan bergantian berbicara saat kegiatan bercerita.

  5. Nama: Nathasya Estherline C
    NIM: 857468873

    Setelah melihat video “Anak Mengobrol Di Kelas Saat PBM”, saya jadi teringat suasana di kelas. Anak-anak di kelas juga terkadang mengobrol ketika ada yang sedang berbicara. Menurut pendapat saya, beberapa cara yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sesuai, bisa juga ditambahkan beberapa cara seperti:
    1. Menggunakan alat peraga yang menarik
    2. Duduk melingkar, agar terlihat jelas oleh semua anak
    3. Membuat kesepakatan bersama sebelum memulai cerita
    4. Bercerita dengan intonasi suara yang jelas (berbeda setiap karakternya), dan ekspresi yang sesuai dengan cerita

  6. Nama : Hasanah
    Nim : 858316224

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Menanggapi video “Anak Mengobrol di Kelas Saat PBM” dalam sebuah kegiatan pembelajaran di kelas pasti saja bertemu dengan anak-anak yang asik mengobrol dengan teman di sampingnya tanpa mendengarkan arahan atau cerita yang di bawakan oleh ibu guru.

    Cara guru mengkondisikan kelas agar dapat kondusif dalam sebuah pembelajaran di atas dengan cara :
    – Menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan suasana kelas
    – Pisahkan anak mengobrol dengan yang belajar
    – Posisikan anak mengobrol dekat guru
    – Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau kegiatan belajar
    – Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    – Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya

    Strategi yang di lakukan ibu guru sangat bagus dan dapat menjadi contoh bagi saya sebagai pendidik agar mampu dalam mengatur sebuah strategi agar dapat mengkondisikan anak agar tetap tenang dalam kegiatan pembelajaran.

    Menurut saya, sebelum memulai kegiatan kita bisa melakukan kegiatan tanya jawab tentang kegiatan yang akan kita lakukan di hari tersebut agar menambah semangat serta antusias anak hal yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menanyakan kepada anak tentang sebuah barang yang kita bawa “anak-anak ini apa yang sedang ibu guru pegang?” pasti anak akan antusias untuk menjawab serta tanyakan kepada mereka apa yang akan ibu guru lakukan dengan barang (buku) yang di pegang tersebut, nah di sela-sela cerita minta kepada anak untuk bersama-sama mempraktekkan suara binatang-binatang yang ada dalam sebuah cerita tadi pasti anak-anak sangat antusias untuk melakukannya.

    Akan tetapi dari keseluruhan video yang sudah saya tonton di atas sudah sangat bagus dan menginspirasi bagi saya agar dapat melakukan sebuah strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran agar dapat berjalan secara kondusif.

    Terima kasih, Wassalamualaikum Wr. Wb

  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Perkenalkan Nama Saya : Desi Wulandari
    NIM : 859173011
    UPBJJ : MATARAM

    Menurut saya, pada video ini sudah cukup menggambarkan masalah yang nyata dan umum terjadi di kelas PAUD, anak-anak yang suka ngobrol saat belajar. Itu hal yang wajar di usia mereka, karena memang anak usia dini masih dalam proses belajar mengatur diri dan memahami aturan sosial.
    Yang bagus dari video ini adalah, Ibu gurunya sudah memberikan solusi konkret. Contohnya seperti:-
    – Menggunakan permainan tepuk sebagai aktivitas penyegaran agar anak tetap fokus.
    – Memindahkan posisi duduk anak yang terlalu aktif ngobrol, tapi dengan pendekatan positif.
    – Memberikan reward di akhir kegiatan sebagai bentuk penguatan positif.
    Langkah-langkah ini sangat sesuai dengan pendekatan pembelajaran di PAUD yang mengedepankan pendekatan ramah anak, bermain sambil belajar, dan penguatan karakter.
    Kalau boleh saran, video ini bisa lebih kuat lagi kalau disertai sedikit refleksi, misalnya:
    – Bagaimana respon anak saat diberikan reward?
    – Apakah permainan tepuk benar-benar membantu meredakan obrolan berlebih?
    – Apakah anak merasa dimarahi atau justru merasa diperhatikan saat dipindahkan dekat guru?
    Secara keseluruhan, video ini simpel tapi punya isi yang kuat, dan bisa jadi bahan refleksi atau inspirasi bagi guru-guru lain juga.

    Terima Kasih.

  8. Nama : Naiz Durotul Lana
    NIM : 857698917

    Assalamualaikum wr.wb
    Ijin menanggapi video di atas, menurut saya kondisi anak mengobrol didalam kelas sangat umum terjadi di lembaga paud, disini kita sebagai guru memang harus bisa mengatur bagaimana cara memperbaikinya. Hal yang perlu dilakukan
    1. Membuat kesepakatan kelas bersama anak tentang perilaku yang diharapkan selama kegiatan pembelajaran
    2. Menggunakan strategi pengelolaan kelas seperti mengatur tempat duduk, atau penggunaan sinyal diam
    3. Mengubah metode pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk memfokuskan perhatian anak
    4. Memberikan perhatian individual kepada anak yang cenderung mengobrol untuk memahami minat mereka
    5. Memberikan reward untuk perilaku yang baik.

  9. Nama : Windi Sumarsih
    NIM : 848464729
    Prodi : PAUD
    UPBJJ-UT : Samarinda

    Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,,,ijin menjawab tugas refleksi vidio
    Video tersebut tentang anak-anak yang sering mengobrol di kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Solusi yang diusulkan pada vidio tersebut adalah mengubah strategi pembelajaran guru dan melibatkan anak dalam kegiatan cerita agar tidak mengulangi kejadian yang sama. Diharapkan ini dapat membantu guru mengatasi kesulitan dalam menangani anak yang berbicara di kelas.

    Dalam vidio tersebut menggambarkan suasana di dalam kelas saat proses belajar mengajar sedang berlangsung,Guru mulai menceritakan sebuah kisah tentang seekor anjing dan bayangannya, yang menjadi fokus ceritanya, tapi suasana kelas dengan anak-anak yang berbicara dan berinteraksi satu sama lain membuat suasana tidak kondusif karena terdapat anak yang ngobrol sediri bersama temanya.
    Guru memberikan solusi kepada anak-anak agar kegiatan dapat berlansung kembali dengan langkah-langkah yang sangat efektif yang di lakukan pada vidio tersebut,dengan melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut termasuk didalamnya dengan memisahkan anak-anak yang belajar dan yang mengobrol akan sangat efektif dalam terciptanya suasana belajar yang nyaman dan tenang.
    Demikian jawaban dari saya trimakasih

  10. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh…..
    Nama : Devi Anditya
    NIM : 857994274
    UPBJJ-UT : YOGYAKARTA

    Dalam video diatas menyebutkan dan memperlihatkan dimana kondisi kelas dan suasana kelas, yg dimana didalam video ini fokus pada “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”. Umumnya pada setiap lembaga pasti ada kondisi demikian ini, mengingat setiap anak memiliki ketertarikan dan keunikannya sendiri. Bagi anak yg suka dg cerita, pasti dia akan memperhatikan dan mendengarkan dg seksama, namun ada juga anak yg suka dg praktek langsung. Namun dengan berbagai macam karakteristik anak tersebut, kita juga harus memahami bagaiman anak dapat mengerti tentang disiplin, ada saatnya atau waktunya kita harus mendengarkan, ada saatnya kita bicara, dan guru harus paham bagaimana cara untuk mentertibkan dan mengkondisikan demikian itu.
    Hal – hal yg ada pada video tersebut memberikan contoh untuk anak tidak ngobrol saat mendengarkan guru menyampaikan cerita, dan itu juga dilakukan untuk guru yg telah mengajar di sebuah lembaga.
    1. Kesepakatan kelas dibuat, guna untuk mengingatkan anak konsekuensi jika tidak mendengar atau tidak fokus
    2.Menjeda dengan tepuk dan lagu untuk mendapat fokus anak kembali.
    3. Memisahkan anak yang mengajak ngobrol dengan anak yg sedang fokus belajar
    4. Mendatangi anak yang mengajak ngobrol untuk dengan guru
    5. Formasi duduk jika saat bercerita atau menerangkan lebih baik melingkar.

    Demikian jawaban saya, terima kasih

Leave a Reply