silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,266 Comments

  1. Nama : Melani Rosita Rasid
    NIM : 857985694
    UPBJJ : YOGYAKARATA
    Setelah saya melihat video Anak Ngobrol Di Kelas saat KBM
    Ketika guru membacakan buku cerita dan ada anak yang sedang mengobrol sendiri dan kondisi seperti ini sering terjadi dilembaga kita. Karena dikelas kita menghadapi berbagai macam karakter anak yang berbeda-beda. Dalam video ini guru memberikan beberapa tips dalam menghadapi anak yang ngobrol sendiri dikelas dengan mengubah srategi belajar dikelas :
    1. dengan menghentikan kegiatan belajar untuk menenangkan kelas
    2. memisahkan anak yang senang mengobrol
    3. posisikan anak yang suka mengobrol didekat guru
    4. libatkan anak dalam kegiatan proses belajar
    5. tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. memberikan reward pada anak yang mau memperbaiki perilakunya
    Beberapa tips ini sangat bagus dan membantu saya sebagai pendidik, mungkin bisa ditambahkan dengan anak-anak menirukan suara atau gerakan dalam buku cerita. Mungkin juga bisa dijeda dengan memberikan tepuk.
    Demikian jawaban saya, terimakasih.

  2. Nama: Tri wantini
    Nim:877623679
    Upbjj: Bandar Lampung

    Tanggapan untuk video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”:

    Saya sangat menghargai pendekatan yang ditunjukkan dalam video ini mengenai permasalahan anak yang suka ngobrol selama proses belajar mengajar. Berikut adalah beberapa poin penting yang saya catat:

    1. Variasi Permainan: Mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk, adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian anak dan menjaga keterlibatan mereka. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan tetapi juga dapat mengurangi kebosanan yang sering menyebabkan anak ngobrol.

    2. Pendekatan Strategis: Memisahkan anak yang suka mengobrol untuk duduk dekat guru adalah langkah yang baik. Dengan cara ini, guru dapat memberikan perhatian lebih kepada anak tersebut dan membantu mereka fokus.

    3. Penghargaan Positif: Memberikan reward di akhir pembelajaran dapat memotivasi anak untuk berusaha lebih baik. Ini menciptakan suasana positif di kelas dan mendorong anak untuk lebih disiplin.

    Video ini memberikan wawasan yang berguna tentang cara mengatasi masalah perkembangan moral dan disiplin di kelas. Semoga lebih banyak pendidik yang menerapkan metode ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif.

  3. Nama : Ika Rahayu
    NIM : 859527173
    setelah saya melihat video diatas “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” dapat diambil kesimpulan berbagai strategi mengatasi permasalahan tersebut dengan tindakan sebagai berikut:
    1. menghentikan proses pembelajaran sementara untuk mengkondisikan anak-anak yang ngobrol
    2. melakukan pemisahan anak yang ngobrol berdekatan dengan anak yang pendiam
    3. mengubah tatanan duduk dengan memposisikan anak dekat guru anak yang suka mengobrol
    4. melibatkan anak dalam kegiatan belajar yang dibuat secara menarik
    5. menyampaikan pembelajaran dengan perlahan dan jelas agar mudah di pahami anak didik
    6. pada akhir pembelajaran memberi hadiah/reward kepada anak yang mengikuti kegiatan PMB dengan tertib
    Ingatlah bahwa anak-anak PAUD sedang dalam tahap belajar berinteraksi sosial dan memahami aturan. Pendekatan yang sabar, positif, dan konsisten akan membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang baik dan belajar kapan waktu yang tepat untuk berbicara.

    Demikian pendapat dari saya . Terimakasih 🙏🙏☺️

  4. Nama : Fatchurochim
    NIM :857991096
    Makul : Pantapan kemampuan Mengajar PAUD4304.91

    Setelah menonton video dengan judul “Anak Ngobrol dikelas saat PBM” ada beberapa point’ yang saya keahui untuk mengatasi Susana kurang kondusif dikelas seperti anak Ngobrol dikelas saat PBM yaitu :
    🌷Mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk, adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian anak dan menjaga keterlibatan mereka. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan tetapi juga dapat mengurangi kebosanan yang sering menyebabkan anak ngobrol.
    🌷 Memisahkan anak yang suka mengobrol untuk duduk dekat guru adalah langkah yang cukup baik. Dengan cara ini, guru dapat memberikan perhatian lebih kepada anak tersebut dan membantu mereka agar bisa fokus dalam kegiatan belajar.
    🌷Memberikan reward di akhir pembelajaran dapat memotivasi anak untuk berusaha lebih baik. Ini menciptakan suasana positif dan kondusif di dalam kelas dan mendorong anak untuk lebih disiplin dalam proses pembelajaran.
    Video ini memberikan wawasan yang berguna tentang cara mengatasi masalah perkembangan moral dan kedisiplinan di kelas.video ini memberikan manfaat kepada saya sebagai pendidik untuk menerapkan metode ini guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan kondusif.

    Analisis Video :
    A. Bidang/aspek yang dikembangkan : Sosial Emosional
    B.Metode yang digunakan guru dalam video untuk mengatasi anak yang ngobrol ketika PBM berlangsung yaitu :
    • Menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan suasana kelas agar suasana menjadi kondusif kembali
    • Memisahkan anak yang suka mengobrol
    • Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guri
    • Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau kegiatan belajar agar anak bisa fokus
    • Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    • Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya seperti tepuk tanga

    C.Kelebihan dan kekurangan
    📍Kelebihan
    • Guru memberikan solusi kepada anak-anak agar kegiatan dapat berlansung kembali dengan langkah-langkah yang sangat efektif yang di lakukan pada vidio tersebut,dengan melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut termasuk didalamnya dengan memisahkan anak-anak yang belajar dan yang mengobrol akan sangat efektif dalam terciptanya suasana belajar yang nyaman dan tenang.
    📍Kekurangan
    • sebelum memulai kegiatan kita bisa melakukan kegiatan tanya jawab tentang kegiatan yang akan kita lakukan di hari tersebut agar menambah semangat serta antusias anak hal yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menanyakan kepada anak tentang sebuah barang yang kita bawa “anak-anak ini apa yang sedang ibu guru pegang?” pasti anak akan antusias untuk menjawab serta tanyakan kepada mereka apa yang akan ibu guru lakukan dengan barang (buku) yang di pegang tersebut.selain itu guru juga dapat menggunakan media yang lebih menarik ketika bercerita misalnya boneka tangan. Guru juga dapat membuat kesepakatan bersama sebelum pembelajaran dimulai/ mendengarkan cerita dimulai. Guru dapatengatur posisi duduk dengan melingkar atau lainnya .
    Akan tetapi dari keseluruhan video yang sudah saya tonton di atas sudah sangat bagus dan menginspirasi bagi saya agar dapat melakukan sebuah strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran agar dapat berjalan secara kondusif.

    Demikian tanggapan saya,terimakasih.

  5. Nama : Nuryanti
    NIM :857529322
    UPBJJ :Kota Bandung
    Mata kuliah : PKM PAUD4304

    Setelah menonton tayangan vidio dengan judul “anak mengobrol di kelas saat KBM”
    Guru terkadang mengalami kesulitan ketika sedang menjelaskan cerita ada anak yang ngobrol dan sibuk asyik sendiri bermain,tentu hal itu membuat anak2 yang memperhatikan merasa terganggu ibu guru pun tentu harus mendisiplinkan anak tersebut dengan cara yang baik dan lemah lembut tetapi penuh dengan ketegasan,belajar mendisiplinkan anak sejak dini bahwa ketika guru sedang berbicara maka anak yang baik adalah mendengarkan.
    Di jelaskan dalam vidio tersebut bahwa ada tiga cara agar anak dapat menyimak dan mendengarkan ibu guru dengan baik yaitu :
    1.pisahkan anak yang mengobrol
    2.dekatkan duduk anak yang mengobrol dengan ibu guru
    3.memberikan reward untuk anak yang mendengarkan
    Menurut analisis yang saya amati sebaiknya ibu guru sebelum melakukan cerita ibu guru membuat kesepakatan dengan anak bahwa ketika ibu guru bicara maka anak yang baik adalah mendengarkan,selanjutnya berilah kata2 yang positif kepada anak bahwa ketika ada ibu yang berbicara anak yang hebat dan baik adalah mendengarkan ibu guru agar mendapatkan ilmu nya,lalu selanjutnya memberikan ucapan terima kasih kepada anak yang sudah mendengarkan dan menyimak ibu guru dengan baik,lalu gunakan media yang menyenangkan bagi anak seperti dengan vidio,yang besar memakai layar infocus atau menggunakan media boneka tangan,pasti anak lebih foclkis dan senang memperhatikan,selanjutnya memberikan reward yang atau tepuk yang sangat menyenangkan bagi anak
    Aspek yang di kembangkan dalam pembelajaran tersebut adalah
    1.bahasa dengan mendengarkan cerita anak belajar bahasa dan kosa kata yang bertambah,juga dapat memahami isi dan kandungan cerita yang di simak oleh anak
    2.Sosial emosional dengan mendengarkan bersama teman2 nya anak belajar menghargai dan tidak mengganggu temannya yang menyimak dan mendengarkan
    3.menjadi pendengar yang baik,dengan mendengarkan ibu guru maka anak menjadi pendengar yang baik.
    Vidio di atas sangat bagus dan membantu mahasiswa dalam berfikir dan menambah ilmu.mungkin itu saya yang dapat saya amati terima kasih semoga bermanfaat🙏

  6. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Sri Rahayu
    NIM : 859517466
    UPBJJ : Jakarta

    Izin menanggapi video
    Setelah menonton video pembelajaran ” Anak ngobrol di Kelas Saat Pembelajaran ” sangat bermanfaat untuk dapat dipraktekkan kembali oleh guru.
    Dalam video tersebut memberikan penjelasan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh guru saat anak-anak mengobrol yaitu :
    – Memisahkan anak-anak yang mengobrol
    – Guru mendekat dengan anak-anak yang mengobrol
    – Memberikan reward kepada anak yang mendengarkan
    Selain langkah-langkah diatas,sebaiknya sebelum memulai kegiatan guru juga melakukan kesepakatan dengan mengingatkan aturan kelas sehingga anak-anak akan mengerti apa yang harus dilakukannya saat guru mulai bercerita. Tetapi kadang memang masih ada beberapa anak yang lupa akan aturan yang sudah diingatkan oleh guru,dan itu dapat membuat sebagian anak kurang nyaman.
    Pada video pembelajaran ini anak-anak dapat belajar untuk mematuhi aturan kelas,dan melatih fokus anak untuk mendengarkan guru bicara.
    Video ini dapat menambah pengetahuan dan materi yang disajikan sangat mudah dimengerti bagi guru.
    Demikian pendapat saya.
    Terima kasih

  7. Nama : PUTRI AYU
    NIM : 877527577
    Program Studi : Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
    UPBJJ : Medan

    Vidio 2 Dari Seri pengembangan Sosial Emosional PAUD II”
    JUDUL : “ Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM “

    Refleksi Setelah Melihat Vidio Di Guru Pintar Online (GPO)
    1. Bagaimana reaksi anak selama proses pembelajaran yang dilakukan dari video Guru Pintar Online ?

    Selama proses pembelajaran, beberapa anak terlihat mengobrol dan tidak fokus pada kegiatan yang sedang berlangsung. Ada anak-anak yang saling bercerita dan mengobrol saat guru sedang bercerita, sehingga suasana kelas menjadi kurang kondusif untuk pembelajaran. Namun, ada juga anak yang tetap memperhatikan guru dan mengikuti cerita dengan baik.

    2. Secara keseluruhan kekurangan dari kegiatan proses pembelajaran berlangsung ?
    Suasana kelas kurang terkendali karena adanya anak yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung, sehingga mengganggu konsentrasi anak lain. Strategi awal guru belum cukup efektif untuk mencegah anak ngobrol, sehingga perlu intervensi khusus untuk mengatasi gangguan tersebut. Pengelolaan kelas yang kurang optimal, seperti posisi duduk anak yang mengobrol masih jauh dari guru, sehingga sulit untuk mengawasi dan mengarahkan anak tersebut secara langsung.

    3. Secara keseluruhan kelebihan dari kegiatan proses pembelajaran berlangsung?
    Guru menunjukkan kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi anak yang mengobrol, tidak langsung memarahi tetapi menggunakan pendekatan yang bijak.Guru melakukan intervensi dengan menghentikan sementara kegiatan pembelajaran untuk menenangkan kelas.Guru memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan dirinya agar lebih mudah diawasi dan dilibatkan kembali dalam pembelajaran.Guru melibatkan anak yang mengobrol dalam kegiatan belajar agar mereka kembali fokus dan tidak mengulangi perilaku tersebut.Pemberian penghargaan kepada anak yang berhasil memperbaiki perilakunya sebagai motivasi positif.

    4. Hal-hal unik yang saya temui dalam kegiatan pembelajaran tersebut?
    Guru menggunakan pendekatan bercerita yang menarik dengan cerita tentang anjing dan bayangannya untuk mengajak anak memperhatikan materi, meskipun sempat terganggu oleh obrolan anak.

    5. Setelah menganalisis kelemahan dan kelebihan dari video pembelajaran di guru pintar (GPO), maka apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Rencana saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikut yang akan saya lakukan yaitu mengatur posisi duduk anak dengan menempatkan anak yang cenderung mengobrol dekat dengan guru atau di posisi yang mudah diawasi untuk mengurangi gangguan. Menggunakan metode pembelajaran yang lebih variasi dan menarik. Agar anak tidak bosan dan terdorong untuk fokus, guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, misalnya bermain peran, menggunakan media visual, atau aktivitas kelompok.Menerapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten, serta menggunakan teknik manajemen kelas seperti tepuk diam untuk mengembalikan perhatian anak. Melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran secara langsung agar anak merasa dihargai dan termotivasi untuk berpartisipasi dengan baik.Memberikan reward atau pujian kepada anak yang menunjukkan perilaku baik dan fokus selama pembelajaran untuk memperkuat motivasi positif.

  8. Nama : Prihartini Mayang Sari
    Nim : 87524414
    UPBJJ : Medan
    Judul : Anak ngobrol dikelas saat PBM

    “Anak ngobrol dikelas saat PBM” kerap sekali kita temui, pada video ini terdapat beberapa metode untuk mengatasi anak mengobrol dikelas saat PBM diantaranya:
    – Melibatkan anak dalam kegiatan cerita
    – Atur jarak duduk anak yang suka mengobrol dekat dengan guru
    Metode yang diterapkan oleh ibu guru sangat baik dan dapat menjadi contoh bagi saya sebagai seorang pendidik,agar saya lebih mampu dalam menciptakan kondisi yang tenang dan tertib selama kegiatan pembelajaran.

  9. Nama : Najwa Lailal Muna
    Nim : 858830358
    UPBJJ : Malang

    Setelah melihat video mengenai anak yang mengobrol saat PBM, yang mana hal tersebut pasti pernah dialami diseluruh kelas PAUD, menurut pendapat saya cara yang dilakukan guru dalam video telah benar. Guru memisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang fokus belajar, guru menempatkan anak tersebut didekatnya agar lebih mudah dalam pengawasan, guru juga memasukkan anak dalam cerita seakan akan mereka merasakan peristiwa dalam cerita tersebut.
    Selain itu, guru juga bisa melakukan upaya penertiban dengan memberikan quis diakhir agar anak semangat mendengarkan cerita, guru juga memberikan reward kepada anak yang bisa menjawab quis tersebut.

  10. Nama : Fadhillah Millah Abdillah (877314089)
    Berdasarkan video saya berikut analisis yang dapat saya jabarkan :
    1. Bidang atau Aspek yang Dikembangkan yaitu Sosial Emosional terkait moral dan disiplin pada anak usia dini.
    2. Metode yang digunakan guru di kelas yaitu melalui variasi permainan di dalam kelas agar mengembalikan fokus mereka ke pembelajaran, memberikan pendekatan individual terhadap anak yang suka mengobrol, pemberian reward di akhir pembelajaran untuk anak berperilaku baik.
    3. Media yang digunakan oleh guru yaitu media gambar untuk mendukung proses pembelajaran. Media gambar digunakan untuk menari perhatian anak agar anak lebih fokus terhadap pembelajaran.
    4. Kelebihannya adalah pendekatan yang lebih interaktif dengan cara guru menunjukkan kepekaan dengan menghampiri anak yang mengobrol dan mengajak kembali untuk fokus, serta menggunakan permainan dan reward untuk menjaga perhatian dan motivasi anak.
    Kekurangannya adalah media yang digunakan kurang optimal, serta penataan kelas yang kurang menjangkau pandangan guru terhadap semua anak-anak di kelas.
    5. Masukkan, sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas atau proyek agar anak tertarik dengan pembelajaran pada saat itu dan menghentikan kegiatan mengobrol mereka. Serta perlu digunakan berbagai macam media yang menarik agar anak lebih fokus dan tertarik dengan kegiatan pada saat itu.

Leave a Reply