silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. selamat sore,
    NAMA : NI NENGAH SILAWATI
    NIM : 859951485
    UPBJJ : MANADO
    Berdasarkan video yang saya tonton memperlihatkan tentang gambaran umum tentang permasalahan perkembangan moral serta disiplin pada anak usia dini. ketika proses pembelajaran berlangsung sebagian anak asik bercerita dan tidak mendengr cerita yg sedang di sampaikan oleh gurunya. pada video tersebut guru mengambil inisiataif untuk mengubah strategi pembelajaran dengan beberapa cara yaitu:
    1. dengan menghentikan sejenak proses pembelajaran
    2. dengan memisahkan anak yg mengobrol dengan anak yg senang menyimak cerita guru.
    3. menempatkan anak yg suka mengobrol di dekat guru.
    4. melibatkan anak dalam proses bercerita, seperti mendekatkan mereka bersama sama melihat gambar pada buku cerita
    5.guru menekankan kepada anak agar tidak mengobrol saat proses pembelajaran
    6.serta memberikan reward.
    Menurut saya proses pembelajaran pada video tersebut sudah baik dan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dilakukan oleh guru kepada anak juga sudah baik. Namun alangkah bagusnya jika sebelum melakukan kegiatan belajar guru dan anak mengadakan kesepakatan terlebih dahulu. memang untuk anak usia dini rentan kosentrasi mereka dalam menyimak suatu pembejaran sangatlah singkat. akan tetapi perlu dari usia dini kita berusaha memperbiasakan kedisiplinan dan tanggung jawab.

  2. Nama : Rakyal Ain
    NIM : 859172381

    Assalamualaikum wr.wb.
    izinkan saya memberikan tanggapan prihal vedio tersebut yaitu “anak ngobrol saat PBM” dan cara mengatasi nya

    Anak-anak mempunyai karakter yang berbeda-beda dan unik, namun sebagai seorang guru kita harus mempuyai peran aktif dalam memberikan stimulus pada tumbuh kembang yaitu dengan cara memberikan mereka pembelajaran yang bermakna dan kreatif, untuk kasus diatas ada berbagai cara untuk seorang guru agar anak dapat berkonsentrasi pada saat PBM, yaitu :
    1. sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru memberikan arahan kepada anak bahwa ketika pada saat guru berbicara atau bercerita sebaiknya anak-anak mendengarkan dan menyimak isi cerita, dan berjanji untuk tidak menggagu dan mempergaduh susana belajar.
    2. apabila anak mulai ribut dan tidak konsentrasi sebaiknya guru menghentikan dahulu pembelajaran tersebut dan berusaha menenagkan susana yaitu dengan cara mengintruksikan untuk tepuk diam dan sebagainya.
    3. memisahkan anak-anak yang ribut dan menempatkan mereka didepan kelas atau didekat gurunya.
    4. usahakan suara guru harus lantang dan keras, supaya menarik minat anak untuk mendengarkan dan konsentrasi.
    5. memberikan reward berupa bintang kepada anak2 yang sudah mendengarkan dan berkonstrasi dalam cerita tersebut dengan baik.

  3. Nama : Lamria Siagian
    NIM : 860134345

    Video diatas menjelaskan tentang anak yang ngobrol dikelas saat PBM berlangsung, dapat kita lihat diawal proses belajar guru bercerita secara monoton atau searah, yang mengakibatkan suasa kelas tidak aktif sehingga banyak anak-anak tidak memperhatikan guru dan mengobrol dengan sesama teman saat guru bercerita. Dapat kita simpulkan bahwa guru kurang tepat dalam menggunakan metode dalam pembelajaran di kelas. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengubah strategi pembelajaran didalam kelas dengan tahapan sebagai berikut :
    1. Hentikan cerita sejenak.
    2. Tenangkan dulu suasana kelas.
    3. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang belajar.
    4. Posisikan anak yang suka mengobrol didekat guru.
    5. Libatkan anak dalam kegiatan cerita proses belajar mengajar yang diajarkan guru.
    6. Tekankan anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama.
    7. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilaku.

    Dengan strategi tersebut suasana kelas akan menjadi lebih aktif dan anak-anak akan memiliki rasa ingin tau tentang cerita ” Anjing dan bayangannya”
    Contohnya guru bertanya kepada murid, ada yang tau anjing itu apa?, bagaimana suara anjing?, apa itu bayangan? dan seperti apa contohnya?, dengan begitu anak akan antusias untuk menjawab pertanyaan guru ditambah dengan mengajak anak untuk bernyayi yang ada hubungannya dengan cerita seperti contoh “Aku punya anjing kecil bernama eli” kita anggap saja anjing dalam cerita tersebut bernama si eli seperti dalam nyanyian.

    Demikian diskusi dari saya.
    Terima kasih.

  4. Nama : Lamria Siagian
    NIM : 860134345

    Video diatas menjelaskan tentang anak yang ngobrol dikelas saat PBM berlangsung, dapat kita lihat diawal proses belajar guru bercerita secara monoton atau searah, yang mengakibatkan suasa kelas tidak aktif sehingga banyak anak-anak tidak memperhatikan guru dan mengobrol dengan sesama teman saat guru bercerita. Dapat kita simpulkan bahwa guru kurang tepat dalam menggunakan metode dalam pembelajaran di kelas.
    Maka cara mengatasinya adalah dengan mengubah strategi pembelajaran didalam kelas dengan tahapan sebagai berikut :
    1. Hentikan cerita sejenak.
    2. Tenangkan dulu suasana kelas.
    3. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang belajar.
    4. Posisikan anak yang suka mengobrol didekat guru.
    5. Libatkan anak dalam kegiatan cerita proses belajar mengajar yang diajarkan guru.
    6. Tekankan anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama.
    7. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilaku.

    Dengan strategi tersebut suasana kelas akan menjadi lebih aktif dan anak-anak akan memiliki rasa ingin tau tentang cerita ” Anjing dan bayangannya” Contohnya guru bertanya kepada murid, ada yang tau anjing itu apa?, bagaimana suara anjing?, apa itu bayangan? dan seperti apa contohnya?, dengan begitu anak akan antusias untuk menjawab pertanyaan guru ditambah dengan mengajak anak untuk bernyayi yang ada hubungannya dengan cerita seperti contoh “Aku punya anjing kecil bernama eli” kita anggap saja anjing dalam cerita tersebut bernama si eli seperti dalam nyanyian.
    Demikian diskusi dari saya.
    Terima kasih.

  5. Nama : Nurul Putri Ibrahim
    Nim : 877529517

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Dari video diatas tentang “Anak Mengobrol di kelas saat PBM” menunjukkan keadaan kelas yang kurang terkondusif namun kejadian tersebut sering terjadi di banyak lembaga sekolah dikarenakan anak masih dalam proses perkembangan keterampilan sosial dan pengendalian diri, sehingga dapat dipahami sebagai bagian dari tumbuh kembang anak.

    Pada video diatas terdapat beberapa saran yang diberikan, antara lain :
    1. menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    4. libatkan anak dalam kegiatan proses belajar
    5. tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. berikan reward pada anak jika anak dapat mengubah perilakunya
    Menurut saya solusi diatas sudah sesuai, namun sedikit penambahan dari saya sebagai berikut :
    1. guru dapat menunggakan metode belajar yang lebih interaktif dan menarik
    2. Membuat aturan kelas dengan melibatkan anak
    3. menggunakan kartu bergambar untuk menunjukkan waktu belajar dan bermain
    4. memberikan waktu untuk anak untuk berbicara setelah aktivitas utama dan sebelum melanjutkan aktivitas berikutnya

  6. Nama : Nurita Dinda Permata Sari
    NIM : 858572864
    UPBJJ UT : MALANG Pokjar : Kabupaten Kediri

    mohon izin menanggapi video “Anak Mengobrol Di dalam Kelas saat PBM”
    Anak mengobrol di dalam kelas saat PBM, didalam pembelajaran di lembaga PAUD sangat wajar dan umum jika anak mengobrol didalam kelas saat PBM berlangsung .

    Didalam video tersebut dapat kita lihat secara jelas bahwa ketika guru sedang membacakan sebuah cerita dimana anak-anak tidak menyimaknya dengan baik dan mereka asik mengobrol dengan teman bahkan ada juga anak yang bosan dengan cerita yang dibawakan oleh guru karena mungkin sudah mengetahui alur dari cerita yang dibawakan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan ketika anak bosan dengan kegiatan bercerita sebagai berikut:
    1. Mengadakan variasi permainan dengan bertepuk,
    2. Bagi anak yang suka mengobrol dapat kita dekatkan dengan guru,
    3. Memberikan reward kepada anak di akhir pembelajaran.
    4. Menggunakan mimik wajah dan intonasi yang membuat anak selalu antusias terhadap cerita yang kita bawakan.

    Dengan adanya beberapa cara tersebut memungkinkan kegiatan bercerita dapat berjalan dengan baik.

    Secara keseluruhan, video tersebut merupakan tontonan yang sangat bagus dan menarik dapat menambah pengetahuan saya jikalau ada anak yang mengobrol didalam kelas saat PBM berlangsung. Namun musik pengiring yang digunakan di video tersebut terlalu keras sehingga suara yang di hasilkan berbenturan dengan musik.

    Sekian pemaparan dari saya
    Kurang kebihnya mohon maaf🙏

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,

    Nama : Suryanah
    Nim : 856523146
    UPBJJ-Ut : Pekanbaru

    Salam kenal untuk rekan-rekan sejawad, ijin mengomentari vidio diatas. Di setiap lembaga Paud atau sekolah terkadang sering kita jumpai ketika guru sedang PBM yang bertemakan bercerita, maka kita akan menjumpai ada beberapa anak yang mengobrol dengan temannya. karna pada anak paud mereka akan cepat kehilangan konsentrasi apabila ada beberapa anak yang mulai ribut atau mulai bercerita, dan kita sebagai guru haarus mampu melihat situasi yang sudah tidak kondusif didalam kelas.
    Dalam video diatas telah diberikan beberapa tips tentang cara mengatasi anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung, diantaranya adalah dengan :
    1. Menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran untuk menenangkan suasana.
    2. Memisahkan anak yang mengobrol tersebut dan merubah tempat duduknya lebih dekat dengan guru.
    3. Melibatkan anak dalam kegiatan proses belajar sehingga anak menjadi semakin tertarik untuk mengikuti pembelajaran.
    4. Tekankan agar anak tidak mengulangi perbuatannya serta berikan reward ketika mereka dapat merubah perilakunya.
    Selain cara diatas, cara yang saya lakukan di lembaga ketika menghadapi masalah ini adalah dengan :
    1. Merubah intonasi suara, mimik wajah dan gesture tubuh sehingga membuat anak kembali memperhatikan kita.
    2. Mencari penyebab dan menyusun strategi baru karena mungkin strategi yang kita terapkan bersifat membosankan bagi mereka atau bahasa yang kita gunakan membuat mereka kurang memahaminya.
    3. Ajak anak untuk melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti tepuk-tepuk, pijat-pijat dan bernyayi agar memberi semangat baru kepada anak.
    4. Posisi anak ketika bercerita biasanya saya buat melingkar jadi fokus kita bisa keseluruh anak.

    Demikian jawaban dari saya, wasalam mualaikum warahmatullahi wabarakatu.

  8. Nama muslikhatun
    Nim 858994923
    Upbjj yogyakarta
    Dalam video diatas yang berjudul ” anak ngobrol dikelas saat PBM” dijelaskan dalam video tersebut jika ada anak yangengobrol saat PBM yaitu kita sebagai pendidik dapat melakukan dengan cara merubah strategi didalam kelas
    – hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan kelas
    – pisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang sedang belajar
    – memposisikan anak yang mengobrol didekat guru
    – libatkan anak dalam kegiatan cerita / atau proses belajar mengajar
    – tekankan pada anak agar tidak mengulangi lagi
    – berikan reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya

    Terima lasih

  9. Nama muslikhatun
    Nim 858994923
    Upbjj yogyakarta
    Dalam video diatas yang berjudul ” anak ngobrol dikelas saat PBM” dijelaskan dalam video tersebut jika ada anak yangengobrol saat PBM yaitu kita sebagai pendidik dapat melakukan dengan cara merubah strategi didalam kelas
    – hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan kelas
    – pisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang sedang belajar
    – memposisikan anak yang mengobrol didekat guru
    – libatkan anak dalam kegiatan cerita / atau proses belajar mengajar
    – tekankan pada anak agar tidak mengulangi lagi
    – berikan reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya

    Terima kasih

  10. Nama : Melani Rosita Rasid
    NIM : 857985694
    UPBJJ : YOGYAKARATA
    Setelah saya melihat video Anak Ngobrol Di Kelas saat KBM
    Ketika guru membacakan buku cerita dan ada anak yang sedang mengobrol sendiri dan kondisi seperti ini sering terjadi dilembaga kita. Karena dikelas kita menghadapi berbagai macam karakter anak yang berbeda-beda. Dalam video ini guru memberikan beberapa tips dalam menghadapi anak yang ngobrol sendiri dikelas dengan mengubah srategi belajar dikelas :
    1. dengan menghentikan kegiatan belajar untuk menenangkan kelas
    2. memisahkan anak yang senang mengobrol
    3. posisikan anak yang suka mengobrol didekat guru
    4. libatkan anak dalam kegiatan proses belajar
    5. tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. memberikan reward pada anak yang mau memperbaiki perilakunya
    Beberapa tips ini sangat bagus dan membantu saya sebagai pendidik, mungkin bisa ditambahkan dengan anak-anak menirukan suara atau gerakan dalam buku cerita. Mungkin juga bisa dijeda dengan memberikan tepuk.
    Demikian jawaban saya, terimakasih.

Leave a Reply