silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Setelah menonton video ini saya melihat bahwa guru menerapkan beberapa strategi untuk menjaga suasana kelas tetap kondusif. Salah satunya adalah dengan menggunakan variasi permainan, seperti tepuk tangan, yang bertujuan untuk menarik perhatian anak-anak dan memastikan mereka tetap terlibat dalam pelajaran. Dengan cara ini, anak-anak tidak merasa bosan dan lebih fokus pada pembelajaran. Selain itu, guru juga memisahkan anak-anak yang sering mengobrol dan menempatkan mereka dekat dengan dirinya, supaya dia bisa memberikan perhatian lebih dan membantu mereka untuk tetap fokus selama kegiatan berlangsung.
Di samping itu, saya juga melihat bahwa pemberian reward di akhir pelajaran menjadi cara yang efektif untuk memotivasi anak-anak agar lebih disiplin dan berusaha mengikuti pelajaran dengan baik. Metode ini juga mendukung perkembangan sosial-emosional anak, karena mereka merasa dihargai saat perilaku positif mereka diakui. Namun pemberian reward harus tetap dilakukan dengan bimbingan agar anak bisa fokus dalam pembelajaran agar tidak terjadi ketergantungan atau semata-mata fokus hanya untuk rewardnya saja. Secara keseluruhan, saya rasa langkah-langkah yang diambil oleh guru dalam video ini cukup efektif untuk menciptakan suasana kelas yang lebih tertib dan menyenangkan bagi anak-anak. Ini juga memberikan saya wawasan tentang bagaimana mengelola kelas dengan cara yang lebih baik dan tetap menjaga keterlibatan siswa.
Dalam video tersebut setiap guru pasti mengalami beberapa siswa yang suka mengobrol data kegiatan pembelajaran berlangsung. Apalagi jika mereka asyik mengobrol sambil bersenda gurau, tentu saja akan mengganggu proses kegiatan pembelajaran. Beberapa cara supaya pembelajaran tetap berjalan dengan tertib dan lancar :
– Cari tahu penyebabnya
– Gunakan metode belajar yang bervariasi
– Membuat aturan yang tegas dan jelas
– Sabar dan jangan gunakan suara keras
– Berikan apresiasi kepada siswa yang tertib
Nama : Reni Apriani
NIM : 857532621
UPBJJ : Bandung
Setelah melihat video ini sangat bermanfaat untuk saya ketika mengajar ada anak yang mengobrol dengan temannya. Cara agar anak tidak mengobrol :
1. Menghentikan sementara pembelajaran
2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
3. Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
4. Tekankan agar anak tidak mengulanginya lagi
5. Memberikan reward kepada anak
4. Libatkan anak dalam
Nama: Ferry Dina Saputri
NIM: 857992951
Video ini berisi tentang gambaran umum permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru adalah mengubah strategi pembelajaran didalam kelas diantaranya:
1. Hentikan kegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang fokus belajar
3. Posisikan anak yang mengobrol didekat guru
4. Libatkan anak dalam proses bercerita atau belajar mengajar yang disampaikan
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi hal yang sama
6. Berikan reward pada anak yang dapat memperbaiki perilakunya.
Setelah menonton video saya mendapatkan tambahan wawasan bagaimana cara yangg tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.
NAMA : MUTMAINNAH
NIM : 859424244
UPBJJ UT MAKASSAR
Video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan anak moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses pembelajaran berlangsung yakni anak yang ngobrol.upaya yang dapat dilakukan adalah mengadakan permainan yang bervariasi, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka ngobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha agar mendapatkannya
Assalamualaikum
Izin menanggapi video di atas tersebut
Nama : Zulfa fauziah
Nim : 859661759
Judul video ” Anak mengobrol di dalam kelas saat PBM ”
Setelah saya amati menurut pendapat saya hal yang terdapat di video tersebut sering terjadi dalam kegiatan belajar mengajar seperti pada saat bercerita . Untuk mengubah dan memperbaiki hal tersebut perlu mengubah strategi agar anak lebih fokus untuk mendengarkan dan tidak bosan seperti di dalam video di atas
1. Menghentikan kegiatan sejenak agar anak dapat fokus
2. Memisahkan anak yang mengobrol dan anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang ngobrol di depan guru
4. Melibatkan anak dalam proses belajar
5. Menekankan anak agar tidak mengulangi
6. Memberikan reward
Selain itu juga bisa dengan menyanyi lagu terlebih dahulu serta memberikan ice breaking agar anak tidak merasa mudah bosan