silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Saya meliha didalam Vidio dimana seorang guru, sedang menggunakan strategi untuk menenangkan suasana kelas agar tetap kondusif disaat sedang kegiatan pembelajaran, dimana saat guru sedang bercerita anak didik sedang mengobrol dengan teman sekelasnya.
    dalam vido ini kita diberikan solusi untuk salah satu strategi dalam mengani keadaan kelas saat kegiatan jika ada siswa yangmengobrol dengan membuat suatu kesepakatan pemberian hadiah/reward saat siswa tersebut bisa merubah untuk tidak lagi mengobrol didalam kelas.

    selain itu cara pemberian reward juga untuk mengatasi suasana kelas saat ada siswa yang mengobrol, mungkin dengan cara menganti metode atau cara belajarnya, membuat kesepakatan kepada siswa sebelum KBM dimulai, dan pemberian reward juga sangat bagus.

  2. dalam video tersebut di atas anak-anak terlihat ada yang tidak memperhatikan ketika guru bercerita. untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan beberapa cara yaitu dengan yel-yel, dengan memisahkan anak serta memberikan reward.
    dengan melakukan yel-yel biasanya anak akan tenang dalam beberapa saat dan mulai memperhatikan guru. tapi pada kenyataannya itu hanya bertahan sementara saja. dengan memisahkan anak yang suka ribut / tidak memperhatikan saat guru bercerita dengan anak yang memperhatikan, itu akan sangat membantu untuk kefokusan anak. mengajak anak untuk terlibat pun dapat untuk membuat anak lebih memahami dan juga dengan memberikan reward bagi anak yang dapat merubah perilakunya itu pun akan sangat lebih membantu.
    Selain yang sudah dilakukan tersebut, Guru juga dapat memberikan kuis dan reward sederhana terhadap anak setelah kegiatan. itu dapat memicu keinginan anak untuk lebih tahu tentang apa yang disampaikan guru, karena mereka ikut berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan sederhana dari guru.

  3. Nama : Shermaviana Dewi
    NIM : 877799711

    Setelah mengamati video di atas saya jadi tahu cara agar anak tidak mengobrol lagi. yaitu anak diajak berpartisipasi dalam bercerita sehingga anak yang tadi nya ngobrol jadi ikut dalam bercerita.

    terimakasih

  4. setelah melihat video diatas “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” dapat diambil kesimpulan cara mengatasi permasalahan tersebut dengan tindakan
    1. menghentikan proses pembelajaran untuk mengkondisikan anak-anak yang ngobrol
    2. melakukan pemisahan anak yang ngobrol berdekatan dengan anak yang pendiam
    3. mengubah tatanan duduk agar lebih efisien seperti dengan “circle time”
    4. mengkikutsertakan anak dalam kegiatan belajar yang dibuat secara menarik
    5. pada akhir pembelajaran memberi hadiah/reward kepada anak yang mengikuti kegiatan PMB dengan tertib
    6. menyampaikan pembelajaran dengan perlahan dan jelas agar mudah di pahami anak didik
    dengan tindakan demikian anak yang ngobrol dikelas saat PMB akan berkurang dan dapat pengikuti kegiatan dengan tertib
    wassalamualaikum wr.wb

  5. Nama : Rusydah
    NIM : 877634618
    UPBJJ : Jakarta
    Berikut hasil analisis saya setelah menonton video tersebut, Berdasarkan video tersebut terlihat seorang Guru yang sedang bercerita di depan kelas, namun anak-anak tidak mendengarkan dan sebagian sibuk mengobrol sendiri. Suasana kelas menjadi tidak kondusif. Jika dibiarkan, tujuan pembelajaran tentu tidak akan tercapai. Dan nantinya menghambat perkembangan sosial emosional anak.
    Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana kelas diantara lain :
    1. Menghentikan pembelajaran sejenak agar anak bisa terkondisikan
    2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang mendengarkan dan mengikuti pelajaran dengan baik
    3. kondisikan anak yang mengobrol duduk dekat dengan guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita sehingga anak merasa antusias dalam mengikuti cerita kemudian tekankan kepada anak agar kejadian serupa tidak terjadi lagi
    5. Berikan reward jika anak tidak mengulangi hal tersebut. Terima kasih

  6. Dalam video tersebut setiap guru pasti mengalami beberapa siswa yang suka mengobrol data kegiatan pembelajaran berlangsung. Apalagi jika mereka asyik mengobrol sambil bersenda gurau, tentu saja akan mengganggu proses kegiatan pembelajaran. Beberapa cara supaya pembelajaran tetap berjalan dengan tertib dan lancar :
    – Cari tahu penyebabnya
    – Gunakan metode belajar yang bervariasi
    – Membuat aturan yang tegas dan jelas
    – Sabar dan jangan gunakan suara keras
    – Berikan apresiasi kepada siswa yang tertib

  7. Setelah saya menonton video yang berjudul ” anak ngobrol di kelas saat PBM”
    Saya rasa banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil dari video ini yaitu, metode yang dilakukan oleh guru saat menghadapi masalah, anak mengobrol atau asik sendiri saat guru bercerita . karena saya juga mengalami hal tersebut di kelas saat saya mengajar dan saya rasa metode yang digunakan oleh guru pada video tersebut sudah sangat bagus
    Dan dapat saya terapkan dikelas
    Yaitu:
    – menghentikan sejenak kegiatan bercerita,
    – memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar lalu
    – posisikan anak dekat guru.
    – melibatkan anak
    – menekankan anak agar tidak mengulangi lalu memberi reward pada anak ketika bisa memperbaiki.

    Metode tersebut cukup efektif.

  8. Nama : Rusydah
    NIM : 877634618
    UPBJJ : Jakarta
    Berdasarkan video tersebut terlihat seorang Guru yang sedang bercerita di depan kelas, namun anak-anak tidak mendengarkan dan sebagian sibuk mengobrol sendiri. Suasana kelas menjadi tidak kondusif. Jika dibiarkan, tujuan pembelajaran tentu tidak akan tercapai. Dan nantinya menghambat perkembangan sosial emosional anak.
    Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana kelas diantara lain :
    1. Menghentikan pembelajaran sejenak agar anak bisa terkondisikan
    2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang mendengarkan dan mengikuti pelajaran dengan baik
    3. kondisikan anak yang mengobrol duduk dekat dengan guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita sehingga anak merasa antusias dalam mengikuti cerita kemudian tekankan kepada anak agar kejadian serupa tidak terjadi lagi
    5. Berikan reward jika anak tidak mengulangi hal tersebut. Terima kasih

  9. Nama : Reni Apriani
    NIM : 857532621
    UPBJJ : Bandung

    Setelah melihat video ini sangat bermanfaat untuk saya ketika mengajar ada anak yang mengobrol dengan temannya. Cara agar anak tidak mengobrol :
    1. Menghentikan sementara pembelajaran
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
    3. Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
    4. Tekankan agar anak tidak mengulanginya lagi
    5. Memberikan reward kepada anak
    4. Libatkan anak dalam

  10. Nama: Ferry Dina Saputri
    NIM: 857992951

    Video ini berisi tentang gambaran umum permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru adalah mengubah strategi pembelajaran didalam kelas diantaranya:
    1. Hentikan kegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang fokus belajar
    3. Posisikan anak yang mengobrol didekat guru
    4. Libatkan anak dalam proses bercerita atau belajar mengajar yang disampaikan
    5. Tekankan agar anak tidak mengulangi hal yang sama
    6. Berikan reward pada anak yang dapat memperbaiki perilakunya.
    Setelah menonton video saya mendapatkan tambahan wawasan bagaimana cara yangg tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Leave a Reply