silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. MUTIA
    MIM. 855895419
    PRODI : PGPAUD
    Solusi untuk Mengatasi Siswa Ngobrol Saat PBM:
    1. Gunakan Metode Pembelajaran yang Interaktif
    2. Libatkan siswa secara aktif lewat diskusi kelompok, permainan edukatif, kuis cepat, atau tanya jawab agar mereka tidak merasa bosan dan terdorong untuk fokus.
    3. Tetapkan Aturan Kelas Sejak Awal
    4. Buat kesepakatan bersama tentang aturan kelas, termasuk kapan boleh bicara dan kapan harus fokus, lalu konsisten dalam menegakkannya.
    5. Dekati Siswa Secara Personal
    6. Ajak bicara siswa yang sering ngobrol secara baik-baik, cari tahu alasan mereka dan berikan pengertian tanpa memarahi di depan teman-teman.
    7. Berikan Aktivitas yang Menyalurkan Kebutuhan Sosial
    8. Misalnya dengan pair work atau group work yang terstruktur, agar mereka tetap bisa berbicara tapi dalam konteks pembelajaran.

  2. Video ini menyajikan persoalan yang memang sering kita temui di kelas PAUD, yaitu anak-anak yang suka ngobrol saat guru bercerita atau menyampaikan materi. Hal ini bisa terjadi karena pada usia dini, kemampuan konsentrasi mereka masih terbatas dan rasa ingin tahu mereka sangat besar, sehingga mudah terdistraksi oleh teman atau lingkungan sekitar. Upaya-upaya yang ditawarkan dalam video sudah cukup tepat dan kontekstual. Misalnya, menghentikan kegiatan sejenak untuk menenangkan suasana bisa jadi langkah awal yang bijak, agar guru tidak terus berbicara dalam kondisi kelas yang tidak kondusif. Memindahkan anak yang mengobrol ke dekat guru juga efektif, karena biasanya mereka jadi lebih fokus dan merasa diperhatikan. Melibatkan anak dalam cerita juga menjadi strategi penting, karena anak jadi merasa dilibatkan, bukan hanya sebagai pendengar pasif. Penekanan agar tidak mengulangi tindakan ngobrol penting dilakukan, namun tetap dengan cara yang lembut dan membangun. Terakhir, pemberian reward di akhir pembelajaran menjadi motivasi positif agar anak-anak mau berusaha lebih baik di pertemuan berikutnya.
    Secara keseluruhan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan positif dan preventif, bukan hukuman, yang memang sesuai dengan prinsip pendidikan anak usia dini.

  3. Assallamuallaikum, saya Media, mahasiswi UT dengan NIM 858100697. Izin menanggapi video ya. Menurut saya permasalahan anak ngobrol dikelas saat PBM dari contoh video pasti pernah dialami oleh guru, maka dari itu, berikut saya izin memberikan saran untuk mengatasi masalah seperti di video :
    1. Guru memposisikan anak dengan posisi yang anak dapat bertatapan langsung dengan guru dan guru memudah untuk melihat anak tanpa menggerkaan tubuh, contohnya posisi lingkaran.
    2. Adanya guru pembantu untuk jumlah anak yang besar seperti dalam video
    3. Menggunakan lagu-lagu atau ritme untuk menarik perhatian anak kembali jika anak sudah terlihat kurang fokus
    4. Menggunakan suara yang lebih bervariasi agar terlihat lebih menarik

  4. Nama : Lisnawati
    Nim : 856066352
    ” Anak ngobrol di kelas saat PBN”
    Guru terkadang mengalami kesulitan ketika sedang menjelaskan pelajaran ada anak yang mengobrol dan sibuk bermain, tentunya hal ini membuat anak yangvlain akan sangat terganggu.
    Dijelaskan dalam video bahwa ada car agar anak dapat menyimak dan memdengarkan guru dengan baik yaitu memberikan reaward untuk anak yang mendengarkan guru juga dapat melakukan upaya penertiban dan permainan quis di akhir agar agar anak semangat

  5. Nama : Revalian Agnesia Nainggolan
    Nim :877521917
    Judul : ” Anak mengobrol dikelas saat PBM”

    ●Setelah saya melihat video diatas “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” dapat mengambil kesimpulan berbagai strategi mengatasi permasalahan dengan cara sebagai berikut:

    1. menghentikan proses pembelajaran sementara
    》Dengan mengajak anak melakukan variasi permainan seperti :Tepuk tangan,bernyanyi, dan bermain game singkat. saat anak mulai tidak fokus dan mulai mengobrol, adalah cara untuk menarik perhatian,mengembalikan fokus,serta mengurangi rasa bosan anak.
    2. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita
    》Melibatkan anak dengan kegiatan cerita seperti melakukan drama singkat serta adanya Tanya -Jawab. Sehingga cerita lebih mudah dipahami anak,dan anak lebih antusias dan semangat mendengarkan cerita.
    3. Memposisikan anak yg sering ngobrol didekat guru
    》Agar anak tidak lagi mengajak anak” lain mengobrol dibelakang,anak lebih jelas mendengarkan cerita, agar Anak dapat diawasi oleh guru.
    4. Pada akhir pembelajaran memberi hadiah/reward kepada anak
    》Memberiakan Reward berupa pujian kecil,Tepuk tangan atau memberikan hadiah beruapa snak.akan memotivasi anak untuk jauh lebih baik lagi,dan akan menciptakan suasana kondusif didalam kelas dan anak akan lebih disiplin.

    ●Stategi dan metode di dalam vidio sudah sangat bagus dan membantu,tetapi saya akan memberikan sedikit masukan,diantaranya adalah :

    1) Saat sedang membawakan cerita ,sebaiknya guru menggunakan atau memilih cerita atau bahasa yang singkat,menarik dan mudah dimengerti anak.
    2) Saat sedang bercerita Mengguanakan intonasi yang jelas dan dapat meniruakan Espresi wajah dan suara sesuai tokoh dalam ceeita.sehingga anak lebih anrusias dan semngat mendengarkannya
    3)Mengguanak Media atau Alat peraga yang menarik saat bercerita,seperti menggunakan:boneka tangan,dll
    4) Guru dapat memposisiskan duduk anak rapi. dengan cara melingkat agar anak lebih jelas mendengar dan memperhatikan guru yang sedang bercerita.

    Demikian pendapatsaya
    Terimakasi🙏

  6. Assalamualaikum.
    Nama : Hasnawati
    Nim : 856652389
    Izin menanggapi video di atas.

    Judul Video: Anak Ngobrol di Kelas saat Pembelajaran.

    Setelah saya amati, Dalam video itu menunjukkan cara seorang guru mengatasi anak yang ngobrol saat guru bercerita di kelas. Langkah-langkah yang diambil yaitu mengubah strategi pembelajaran. Yang pertama menghentikan kegiatan, yang kedua pisah kan anak yang mengobrol satu dengan yang lain, kemudian tempatkan anak tersebut dekat dengan guru, libatkan mereka dalam cerita yang dibacakan guru dan terakhir berikan reward jika anak mampu menyelesaikan kegiatan.

    Tanggapan saya, Strategi yang dilakukan oleh guru tersebut sangat baik dan efektif karena dilihat dari anak-anak yang mengobrol itu sudah mau terlibat aktif dalam pembelajaran.

  7. Assalamualaikum.
    Nama : Hasnawati
    Nim : 856652389
    Izin menanggapi video di atas.

    Judul Video: Anak Ngobrol di Kelas saat Pembelajaran.

    Setelah saya amati, Dalam video itu menunjukkan cara seorang guru mengatasi anak yang ngobrol saat guru bercerita di kelas. Langkah-langkah yang diambil yaitu mengubah strategi pembelajaran. Yang pertama menghentikan kegiatan, yang kedua pisah kan anak yang mengobrol satu dengan yang lain, kemudian tempatkan anak tersebut dekat dengan guru, libatkan mereka dalam cerita yang dibacakan guru dan terakhir berikan reward jika anak mampu menyelesaikan kegiatan.

    Tanggapan saya, Strategi yang dilakukan oleh guru tersebut sangat baik dan efektif karena dilihat dari anak-anak yang mengobrol itu sudah mau terlibat aktif dalam pembelajaran.

  8. Nama : Suryani
    Nim. : 859440722
    UPBJJ: Makassar
    Setelah saya menonton video di atas saya menangkap bahwa setiap guru sering mengalami pada saat bercerita di depan anak2, untuk memperbaiki strategi bagaimana cara mengubah dan lebih fokus mendengarkan cerita guru kepada anak-anak
    1.Memanggil salah satu anak kedepan untuk menceritakan kembali cerita yang di sampaikan oleh guru
    2.Memisahkan anak yang suka menggangu
    3.Menghentikan cerita sejenak agar anak lebih fokus
    4.Memberikan reward
    Kita juga bisa memberikan semangat berupa tepuk tangan semangat

  9. Assalamualaikum setelah saya melihat dan mendengar video diatas.
    Kita dapat melakukan beberapa hal
    1. Sebagai guru harus memahami terlebih dahulu kreteria murid kita agar pembelajaran berjalan dengan baik. Terimakasih

  10. Assalamualaikum
    Nama : Holidatul Munaroh
    Nim. : 856876515
    Dalam video tersebut kita dapat memberikan berbagai solusi dari permasalahan yang didapat
    , dari permasalahan anak yang tidak mendengarkan guru saatenjelaskan materi,
    Sunggu sangat membantu kami sebagai guru taman kanak-kanak. Terimakasih

Leave a Reply