silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Mona Febrika
Nim : 856235595
UPBJJ : Padang
Assalamualaikum baik, saya akan memeberi komentar dari video yang berjudul Anak Ngobrol di Kelas saat PBM. dari video ini guru sangat memperhatikan seluruh anak-anak nya selama proses pembelajaran berlangsung. banyak anak yang ngobrol guru mampu mengatasinya dengan sangat baik. anak yang mengobrol di ajak guru untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, agar tidak mengobrol lagi. dalam situasi ini guru mampu mengontrol seluruh keadaan dengan memisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang fokus dengan belajar supaya suasana tidak ricuh. terkadang guru terpancing untuk emosi lantaran anak-anan banyak yang mengobrol saat PBM. di video ini guru sangat kreatif sekali dengan mengajak anak suka ngobrol ke depan dan memberikan apresiasi bagi anak-anak yang memperhatikan pembelajaran dengan baik. ini bisa saya jadikan contoh untuk saya terapkan di kelas saya.
demikian komentar saya dari video ini. terima kasih
Nama : IMROATHUL JANAH
NIM : 877955094
Izin menanggapi Video diatas,
Salah satu contoh nyata dalam proses belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini.
Permasalahan Anak Ngobrol ketika proses pembelajaran berlangsung.
Dalam Video tersebut Guru sedang melakukan kegiatan bercerita menggunakan alat yakni buku cerita.
Dalam Video tersebut terlihat beberapa Anak sedang ramai/ Ngobrol sendiri.
Dan Guru mengambil sikap untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yaitu dengan cara ;
1. Menghentikan Cerita Guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Memisahkan Anak yang mengobrol dari Anak yang sedang belajar .
3. Memposisikan Anak yang mengobrol duduk di dekat Guru.
4. Melibatkan Anak dalam kegiatan bercerita atau akses belajar mengajar yang di sampaikan Guru.
5. Tekankan agar Anak tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. Berikan Reward pada Anak jika Anak dapat memperbaiki perilakunya.
Demikian,
Terimakasih.
Nama : Nur Wahyu N. NIM: 860140141 Video 2 dari Seri pengembangan sosial Emosional PAUD II ”Judul: Anak Ngobrol Dikelas saat PMB” Dari video diatas dapat kita pelajari bahwa pembelajaran dengan read a load bisa membantu anak berimajinasi mengenal suasana/ tempat dan perilaku tokoh yang ada di dalam cerita. namun tidak semua anak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, ada beberapa anak yang asik ngobrol bersama teman2 mereka dalam satu kelompok sendiri dan yang laim. beberapa strategi yang dilakukan oleh guru tersebut anatara lain : – menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas -memisahkan anak yang ngobrol dari anak yg ngobrol dari anak yg sedang belajar – memposisikan anak yang suka mengobrol untuk duduk berdekatan dengan guru – melibatkan anak dalam cerita yang sedang disampaikan – menekankan kepada anak untuk tidak melakukan hal yang sama -memberikan hadiah/reward kepada anak yang tadinya mengobrol kemudian bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. beberapa strategi diatas dapat menjadi solusi terutama untuk saya sebagai pengajar dalam mengkondisikan kelas saat bercerita. namun bisa juga bisa ditambahkan dengan cara mengajak anak kembali berkonsentrasi mendengarkan cwerita dengan menggunakan tepuk. ajak anak untuk mempratekkan geraka dan suara hewan yang ada dalam cerita. bisa juga ditambahkan alat peraga berbentuk hewan sesuai cerita. demikian tanggapan dari saya.
Terimakasih
Nama : Nur nadila
NIM : 858317566
– Refleksi vidio
Sebagai calon pendidik, vidio ini memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya :
1. Perencanaan pembelajaran yang menarik dan dapat melibatkan kemampuan manajemen kelas yang baik
2. Membangun hubungan positif dengan siswa
3. Kepekaan terhadap kebutuhan indiviual anak
Evaluasi dan refleksi terhadap metode mengajar
Situasi seperti yang ditampilkan dalam vidio tersebut merupakan tantangan umum yang dihadapi guru-guru. Kunci keberhasilan adalah kemampuan untuk menciptakan suatu pembelajaran yang dapat bermanfaan/bermakna bagi anak dan mengelola dinamika kelas secara efektif
– Analisis Situasi
Dalam video tersebut terlihat beberapa anak yang sedang berbicara dengan temannya saat pembelajaran berlangsung. Kondisi ini menunjukkan ketidakfokusan sebagian anak didik terhadap materi pembelajaran yang sedang disampaikan oleh guru. Perilaku ini dapat mengganggu konsentrasi anak lain dan menghambat proses terjadinya pembelajaran secara keseluruhan.
– Faktor Penyebab
Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan anak ngobrol di kelas :
1. Metode pembelajaran yang kurang menarik atau monoton
2. Materi pembelajaran yang terlalu sulit atau justru terlalu mudah sehingga anak merasa bosan
3. Kurangnya keterlibatan aktif anak dalam pembelajaran
4. Pengelolaan kelas yang kurang efektif
5. Gaya belajar anak yang berbeda-beda tidak terakomodasi
6. Kemungkinan adanya masalah personal yang dibawa anak dari rumah
Terimakasih guru hebat
Setelah saya menonton video tersebut saya jadi tau gimana caranya untuk mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas saat guru bercerita
Hentikan beraktivitas sebentar untuk mengheningkan suasana kelas
Pisahkan anak anak yang mengobrol dan serius mendengarkan cerita
Libatkan anak anak dalam kegiatan bercerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru
Berikan reward kepada anak yang mau mendengarkan omongannya guru dan duduk tenang untuk mendengarkan lanjutan cerita yang disampaikan guru
Assalamualaikum…
Nama : Nur Anisah Arisis Slaam
Nim : 878167295
Dalam vidio tersebut serih sekali saya alami di kelas.. banyaksekali anak yg tidak fokus ketika mendengarkan guru bercerita atau menjelaskan pelajaran.
hal yang saya lakukan adalah seperti yang di jelaskan dalam vidio yaituenghentikan sebentar proses pembelajaran dan memisahkan anak yang sedang ngobrol sendiri atau tidak fokus untuk dekat dengan guru dan bisayanya saya melakukan ice breaking agar supaya semangat anak muncul kembalai.
Nama: Nining warsini
Nim: 856497097
Assalamualaikum wr wb
Izin menanggapai vidio yang berjudul “anak mengobrol didalam kelas saat PBM”
Setelah mengamati vidio di atas, dpat disimpulkan bahwa tidak semua siswa menyukai pembelajaran dengan metode bercerita,oleh karena itu guru diharapkan untuk lebih mengembangkan metode bercerita dengan hal-hal yang lebih bervariasi dan menarik agar digemari siswa.
Contoh bercerita menggunakan media gambar yg besar dan berwarna, seperti menggunakan layar infocus, atau menggunakan alat peraga seperti boneka jari.
Tanggapan Video yang saya lihat di atas
Mengatasi Anak yang Ngobrol sendiri dengan cara :
1. Menghentikan Cerita Guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Memisahkan Anak yang mengobrol dari Anak yang sedang belajar .
3. Memposisikan Anak yang mengobrol duduk di dekat Guru.
4. Melibatkan Anak dalam kegiatan bercerita.
5. Tekankan agar Anak tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. Berikan Reward pada Anak.
Dengan pendekatan yang sabar dan konsisten, diharapkan anak dapat belajar untuk lebih fokus dan menghargai saat guru sedang bercerita di kelas.
Terimakasih.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Nintami
NIM : 859688058
Pokjar : Gadingrejo – Bandar Lampung
izin memberikan tanggapan saya, Refleksi terhadap Video ”Anak Ngobrol dikelas saat PBM” dan Strategi Guru dalam Mengelola Kelas
Setelah menonton video ini, saya melihat bahwa guru menggunakan beberapa cara untuk menjaga suasana kelas tetap nyaman. Salah satunya dengan variasi permainan, seperti tepuk tangan, agar anak-anak tetap semangat dan tidak bosan. Ini membantu anak-anak lebih fokus saat belajar.
Guru juga memindahkan anak-anak yang suka mengobrol ke dekatnya supaya lebih mudah diawasi dan dibimbing agar tetap memperhatikan pelajaran. Selain itu, guru memberikan reward di akhir kegiatan sebagai bentuk penghargaan agar anak lebih termotivasi dan disiplin. Namun, reward diberikan dengan tetap mengingatkan anak untuk fokus belajar, bukan hanya mengejar hadiah.
Menurut saya, strategi yang dilakukan guru dalam video ini cukup berhasil menciptakan suasana kelas yang tertib, menyenangkan, dan membuat anak lebih semangat belajar. Saya jadi mendapat ide baru tentang cara mengelola kelas dengan lebih baik.
sekian refleksi dari saya, terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb
Nama : Dian Safitri
Nim : 859816002
Setelah saya melihat video ” Anak Mengobrol di Kelas saat PBM ” tanggapan saya adalah dalam video tersebut saya melihat gurunya terlibat sangat aktif apalagi saat gurunya sibuk menjelaskan ternyata ada anak – anak yang mengobrol , gurunya langsung mengambil strategi yaitu dengan memisahkan anak – anak yang suka mengobrol di kelas dan anak – anak yang tidak mengobrol agar anak tidak lagi berbicara saat pembelajaran sedang berlangsung , saya juga lebih mengetahui lebih dalam lagi dalam menghadapi tantangan seperti itu dan juga menambah pengalaman saya bagaimana cara untuk menghadapi tantangan ” anak mengobrol di kelas “.