silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Assalamu’alaikum.
Nama : Niswatun Jannah
NIM: 877697776
UPBJJ: Semarang
judul video: Anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran
Pada video pembelajaran tersebut memperlihatkan bagaimana upaya guru untuk mengatasi anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung. Upaya tersebut diantaranya adalah mengubah strategi pembelajaran di kelas, yaitu:
1. Menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita
5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Pada video tersebut memberikan tambahan pengetahuan bagi para guru yang mengalami permasalahan yang sama sehingga bisa diterapkan di lingkungan sekolah tempat mengajar.
Setelah menonton video tersebut, saya jadi tahu bagaimana cara yang baik agar anak tidak ngobrol di dalam kelas.
Diantaranya :
1. Menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita
5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Nama: Melania Desensa Fitri Wel
NIM : 857340334
Setelah menonton video tersebut, saya mendapat beberapa cara baru untuk mengatasi anak yang sering berbicara saat kegiatan belajar yaitu:
1.Memposisikan anak yang suka mengobrol untuk duduk di dekat guru
2. Melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
3. Memberi pemahaman kepada anak agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
4. Memberi reward atau pujian kepada anak jika dia berhasil memperbaiki perilakunya.
NAMA : HASRIANI
NIM : 859816191
POKJAR RATE-RATE
UPBJJ : KENDARI
dari video diatas untuk mengatasi anak yang suka bercerita disaat pembelajaran berlangsung kita bisa mengajak anak untuk membuat lingkaran terlebih dahulu, lalu kita bisa memberikan sesi tanya jawab terlebih dahulu sebelum kita memulai pembelajaran.
nama : siti nur rochmah
nim : 859673445
menurut saya cara dalam video di atas sudah sangat efektif dan bagus,akan saya terapkan di kelas mengajar saya.
tapi alangkah baik nya jika ada penambahan metode cara bercerita agar anak anak bisa fokus dan mendengarkan. diantara nya adalah :
1. mungkin suara ibu guru kurang keras bisa di tambah alat speaker agar anak anak bisa mendengarkan lebih jelas
2. suara antar peran satu dengan yang lainnya di buat berbeda, agar anak anak berkesan cerita nya itu lucu dan menarik.
3. jika ada yang bercerita sendiri dengan teman lainnya bisa di pisah agar tidak berbicara lagi dengan bestinya.
4. bisa menggunakan teknologi IT berupa video, agar anak tidak bosan dan lebih semangat lagi untuk belajar.
Nama : Nopita Charismawati
NIM : 877642916
Judul video: Anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran
Dalam video tersebut, apa yang di lakukan ibu guru di kelas sudah sesuai dengan Strategi pembelajaran yang menyenangkan. Jangan kan anak usia 3-4 tahun, saya mengajar yang usia kelompok B 5-6 tahun saja juga sama seperti itu. Ibu guru harus mengubah strategi bercerita, seperti yang dilakukan dalam video tersebut. Mendekati anak yang sering mengobrol, mimisahkannya supaya tidak terjadi lagi, menunjukkan buku cerita bergambar yang sedang diceritakan supaya mereka tertarik dan dapat mengeluarka ide-ide yang muncul pada anak. Sehingga akan terjadi tanya jawab, hal ini supaya tidak membuat bosan anak-anak akan sesi bercerita di dalam kelas. SElain itu ibu guru memberikan reward kepada anak-anak yang disiplin dalam mendengarkan cerita, fokus pada cerita yang disampaikan. Lebih bagus lagi bisa ditambahkan dengan boneka tangan atau media lainnya. Karena perilaku anak usia 3-4 tahun yaitu semua aktivitas/ kegiatan yang ditampakkan anak usia 3-4 tahun yang merupakan tanggapan/reaksi terhadap rangsangan atau lingkungan.
Nama : Khoiri Yatusholikhah
NIM : 858010947
Judul video : Anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran
Menurut saya, Guru di video tersebut sudah melakukan langkah-langkah yang tepat, supaya pembelajaran berjalan dengan efektif. Karena dengan menggunakan strategi yang tepat dalam mengajar anak akan lebih maksimal dalam mengikuti pembelajaran.
Selain strategi di video tersebut, menurut saya guru juga dapat menggunakan strategi berikut :
1. menggunakan nada suara yang ekspresif
2. Menggunakan alat bantu visual atau gerakan
Karena ditambah dengan strategi berikut anak akan lebih tertarik lagi saat mendengarkan cerita dari Guru.
Nama : Nurmasyi Atulloh
NIM : 857454685
Komentar saya terhadap video yang menggambarkan permasalahan anak yang sering “ngobrol” saat proses belajar mengajar adalah bahwa video ini sangat relevan dengan kenyataan yang sering ditemui di lapangan, khususnya di kelas anak usia dini. Anak-anak yang mengobrol saat belajar sebenarnya tidak selalu bermaksud mengganggu; sering kali itu terjadi karena kebutuhan mereka untuk bersosialisasi, kurangnya stimulasi dari kegiatan yang monoton, atau belum berkembangnya kesadaran diri tentang aturan kelas.
Saya mengapresiasi solusi yang ditawarkan dalam video, seperti memberikan variasi permainan, misalnya tepuk konsentrasi atau tepuk perhatian. Ini adalah strategi yang tepat karena dapat mengalihkan energi anak ke dalam kegiatan yang lebih terarah sambil tetap menyenangkan. Memindahkan posisi duduk anak yang sering mengobrol ke dekat guru juga merupakan langkah yang efektif, karena kedekatan secara fisik sering membuat anak lebih fokus dan merasa diawasi secara positif.
Pemberian reward di akhir pembelajaran pun menjadi motivasi tambahan yang baik, asalkan dilakukan secara konsisten dan tidak berlebihan agar anak tidak hanya berperilaku baik karena hadiah. Keseluruhan strategi ini menunjukkan pendekatan yang menghargai kebutuhan anak, sambil tetap membimbing mereka menuju perilaku yang lebih disiplin secara bertahap.
Anak Yang Mengobrol Dikelas Saat Pembelajaran…
Dalam video pembelajaran tersebut guru menerapkan berbagai upaya dalam mengatasi anak yg mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Pada saat anak asyik mengobrol dengan temannya guru menghentikan proses pembelajaran bercerita nya dengan sejenak untuk menenangkan suasana dalam kelas agar lebih kondusif. Guru juga mengatur strategi baru dalam pembelajaran dengan memposisikan anak yang mengobrol ke dekat guru untuk memastikan si anak tidak melakukan kejadian yang sama. Serta melibatkan anak ke dalam kegiatan pembelajaran tersebut.. kemudian di akhir memberikan reward kepada anak yang dapat memperbaiki perilakunya…
NAMA : ASMA ILLAH
NIM : 859816786
UPBJJ UT : KENDARI
POKJAR : RATE-RATE
Dari video tersebut saya mendapatkan informasi tentang bagaimana strategi yang dapat dilakukan agar anak dapat teratur di dalam kelas diantaranya yaitu menghentikan proses pembelajaran sejenak agar suasana kelas lebih tenang, pisahkan anak yang mengobrol dengan yang belajar, posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru, libatkan anak dalam cerita, tekankan anak agar tidak mengulagi kejadian yang sama, berikan reward kepada anak jika dia dapat memberbaiki perilaku.