silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Lisneweri Simamora
    NIM : 856532073

    Video di atas memberikan solusi cara mengatasi anak yang ngobrol saat belajar, pembelajaran dikelas harus berpusat pada anak sehingga apa pun yang terjadi saat proses belajar mengajar berlangsung termasuk saat anak ngobrol, guru harus mampu mengatasinya. Dalam hal ini guru boleh berhenti sejenak dan fokus kepada anak yang sedang ngobrol melalui pendekatan kepada anak supaya anak mau kembali mengikuti proses belajar mengajar yang sedang berlangsung

  2. Nama. Yuniarti
    Nim. 858132346
    Menerapkan disiplin dini saat penting bagi perkembangan anak karena akan terbawa sampai dewasa nanti. Anak akan dapat menghargai kondisi lingkungan sekitar dengan siapa dia berinteraksi. Dalam video tersebut memberikan contoh penjelasan sederhana bagaimana menangani anak yang ngobrol saat kegiatan belajar berlangsung. Karena fokus anak usia dini belum bisa terlalu lama maka guru perlu memberikan suasana belajar yg menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak. Apabila terdapat anak yg mengobrol, guru dapat mengatasinya dengan memberi masukan kepada anak, dan apabila berlanjut dapat memberikan disiplin kepada anak agar tidak mengulanginya lagi seperti memindahkan tempat duduk mereka mendekat dengan guru, dan lain sebagainya.

  3. Nama : Siti Alfiyah
    NIM : 857268786
    Teman-teman mahasiswa dan ibu bapak dosen yang saya hormati, ijinkan saya memberi tanggapan dari tayangan vidio dengan judul “anak ngobrol di kelas saat PBM”. Tayangan vidio tersebut menginspirasi saya sebagai pendidik jika saya menemukan study kasus yang sama dalam tayangan tersebut, dalam vidio tersebut digambarkan bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol ketika guru sedang bercerita. Pertama yang guru lakukan adalah menghentikan kegiatan bercerita sejenak,kemudian menghampiri anak yang ngobrol, mengajakny berbicara, kemudian memisahkan tempat duduk anak-anak yang ngobrol. Kemudian anak yang mengajak ngobrol temannya saat guru berverita dipindahkan di dekat ibu guru agar menyimak, kelas kondusif kembali sehingga guru dapat melanjutkan kegiatan bercerita/ mendongengny.

  4. nama : Sinaryady LUMBANRAJA
    Nim : 878364545
    Masukan dan saran saya mengenai video pembelajaran yang disediakan oleh portal ini adalah agar video tersebut lebih berfokus pada pengembangan keterampilan interaktif antara guru dan anak, misalnya dengan menunjukkan teknik-teknik pengelolaan kelas yang efektif, cara menyampaikan materi dengan cara yang menarik, atau bagaimana melibatkan anak dalam kegiatan yang dapat meminimalisir gangguan. Video pembelajaran seperti ini sangat berguna tidak hanya bagi saya, tetapi juga bagi guru-guru PAUD/TK lainnya. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, video yang memuat teknik pengajaran yang efektif dan menarik dapat menjadi alat bantu yang sangat bermanfaat. Video pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi guru untuk belajar langsung dari pengalaman praktisi lain dan mendapatkan ide-ide kreatif dalam mendesain pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mengurangi kebosanan anak-anak.

  5. Nama: Dhaniar Wardhani
    NIM: 860137096

    Video sangat bermanfaat karena umumnya hal tersebut sering terjadi selama proses PBM sehingga video tersebut menambah ilmu baru dan sangat bermanfaat untuk saya dalam menjalankan PBM.

  6. Video Dengan judul Anak ngobrol dikelas saat PBM, memberikan penguatan dan manfaat berupa tambahan ilmu bagi saya dalam mengatasi anak yang sering mengobrol di kelas saat pembelajaran.
    Sebagai seorang guru harus mampu bersikap profesional dan menerpkan kompetensi keguruannya pada saat pembelajaran, karena pembelajaran pada anak usia dini berpusat pada anak sehingga seperti apapun keadaan dalam pembelajaran guru harus dapat selalu melibatkan anak.
    Dengan pendekatan dan cara yang tepat agar anak dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal.
    Dengan keadaan tersebut guru harus merubah strategi pembelajaran dengan cara :
    1. Hentikan kegiatan/proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana anak-ank.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. posisikan anak yang mengobrol tadi didekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan/proses belajar mengajar yang disampaikan guru
    5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Berikan Reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya

    Masukan dan saran untuk video tersebut Sebaiknya guru membuat aturan dan kesepakatan dengan jelas dan konsisten di awal kegiatan bersama anak-anak.

  7. Bismillahirrahmanirrahim..
    Vidio dengan judul “Anak Ngobrol di Kelas saat PBM” sangat bermanfaat bagi saya. Video tersebut menguatkan apa yang pernah saya alami dan saya terapkan ketika anak mengobrol di dalam kelas ketika kegiatan belajar berlangsung. Kita sebagai pendidik memang harus menguasai strategi pembelajaran yang pas/sesuai dengan anak. Ketika anak masih ngobrol ketika pembelajaran maka kita bisa mengubah strategi pembelajaran guru didalam kelas dengan:
    – Hentikan kegiatan bercerita utk menenangkan suasana kelas.
    – Pisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang belajar
    – Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    – Libatkankan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar yang disampaikan guru
    – Tekankan agar anak tidak melakukan kejadian yang sama
    – Berikan reward pada anak yang memperbaiki perilakunya.

    Sedikit saran, sebelum kegiatan pembelajaran atau kegiatan bercerita dimulai, kita membuat kesepakatan kelas terlebih dahulu, agar anak bisa terkondisi dengan baik. 🙏

  8. Nama: Puji Astutik

    Nim: 859051178

    Dalam video terdapat beberapa strategi yang dapat guru PAUD lakukan untuk mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat PBM. Dan itu sangat bermanfaat untuk kami sebagai guru PAUD

    Guru pasti sudah hafal karakteristik anak, jadi sebelum pembelajaran dimulai mungkin sudah bisa diatur tempat duduknya, yang suka ngobrol bisa didudukkan sama yang pendiam/serius belajar. Jadi ini bisa jadi solusi lain sebelum pembelajaran dimulai.Dan mungkin strategi-strategi dalam video bisa dilakukan jika memang solusi yang saya sampaikan tadi masih belum maksimal

    Terima kasih🙏

  9. Nama : Titik purwaningsih
    Prodi pgpaud asal jakarta barat
    Terimakasih video diatas sangat membantu saya sebagai guru TK cara mengatasi anak yang mengobrol saat pelajaran. Setelah menonton video diatas saya akan coba mempraktekan secara langsung nanti saat pembelajaran berlangsung.
    Terimakasih

  10. Vidio ini sangat sesuai dengan situasi yang sering terjadi di kelas. Anak-anak masih dalam tahap perkembangan sosial dan emosional, sehingga sering kali mereka belum mampu mengontrol perilaku seperti berbicara saat guru sedang berbicara/menerangkan.
    Saya sangat mengapresiasi pendekatan yang ditujukan dalam vidio, terutama langkah-langkah yang di ambil guru tersebut seperti:
    1. Menghentikan kegiatan sementara untuk menenangkan suasana.
    2. Memisahkan anak yang mengobrol.
    3. Mendekatkan anak ke guru agar lebih fokus.
    4. Melibatkan anak dalam aktivitas pembelajaran.
    5. Memberikan reward atas perubahan perilaku.
    Strategi ini tidak hanya membantu menjaga ketertiban kelas, tetapi juga mendukung perkembangan sosial emosional anak secara positif. Saya belajar bahwa dalam situasi seperti ini, guru harus tetap tenang, sabar, dan konsisten dalam pendekatan.

    Terima Kasih🙏

Leave a Reply