silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Irma Rohderani Sipayung
Saya sangat sering menemukan anak yang sering mengobrol didalam kelas.terima kasih telah memberikan solusi untuk bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol didalam kelas.semoga saya dapat terapkan didalam kelas.dan bermanfaat untuk anak
Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Nama ; NURUL FALAH
Nim ; 859179044
penulis naskah ; MEGAWATI SIMANJUNTAK SP.MSI
JUDUL VIDEO : ANAK NGOBROL DIKELAS SAAT PEMBELAJARAN
ada beberapa cara menangani anak ngobrol dikelas yaitu, guru menyuruh anak untuk tidak mengobrol atau guru mengajak anak tepuk diam, dan tepuk konsentrasi agar anak kembali tertip selain itu juga
– guru mengubah strategi pembelajaran di kelas dengan cara bernyanyi, atau tepuk konsentrasi agar anak tertip kembali.
– guru memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar agar anak berhenti mengobrol, dan fokus belajar dan memperhatikan guru, guru memberi arahan pada anak agar tidak mengulangi kembali
– posisikan anak yang sedang mengobrol tadi didekat guru agar anak tidak berani atau mengulangi lagi
– berikan riwod kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya atau ajari anak dengan lembut nada bicara yang baik agar anak menurut.
saran asya adalah guru tetap mengajar dan sabar, membritahu anak bahwa mengobrol di dalam kelas itu tidak boleh/baik dapat mengganggu teman-teman
manfaat sangat bermanfaat bagi saya, mengajari saya mengajarkan anak disiplin dan menghargai teman, dan menuruti perintah guru
nama : lailatul nikmah
upbjj-ut surabaya
video ini sangat bermanfaat, karena dari video ini kita dapat mengetahui bagaimana caranya menghadapi seorang anak yang sedang berbicara dengan temannya ketika pembelajaran sedang berlangsung, yaitu dengan cara mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas.
Nama : Eka Ambar Setiyaningsih
Prodi : PGPAUD
Nim : 877804236
UTJAKARTA
Ijin menjawab video tersebut
Menurut saya Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM ( proses belajar mengajar)
~ Pembelajaran di atas termasuk Metode pembelajaran interaktif
Menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan,
~Media pembelajaran menarik yang membuat anak bias lebih bersemangat dalam proses belajar
~ Dalam video tersebut menggambarkan keadaan belajar dalam kelas PAUD yang banyak di temui oleh guru PAUD anak – anak masih banyak yang tidak fokus pada saat kegiatan belajar
Dengan adanya Video ini menambah ilmu untuk saya serta guru-guru lain untuk yang masih dalam proses belajar lebih banyak
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama : Venty Fitriati
NIM : 877859018
Prodi : PGPAUD
Judul : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Komentar :
Program video ini menggambarkan permasalahan moral-disiplin yang umum, yaitu anak yang sering mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung. Guru mengatasi hal ini dengan beberapa strategi seperti:
• Menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran
• Memisahkan anak yang mau fokus dengan anak yang mengobrol sendiri
• Memindahkan posisi duduk anak yang suka mengobrol agar lebih dekat dengan guru
• Melibatkan anak dalam proses pembelajaran
• Memberikan reward di akhir pembelajaran sebagai bentuk motivasi agar anak lebih fokus.
Masukan dan Saran:
• Strategi yang digunakan cukup efektif, namun alangkah baiknya jika ditambahkan pendekatan berbasis diskusi ringan atau cerita pendek yang mengajarkan pentingnya fokus dan menghargai teman yang sedang belajar. Hal ini dapat memperkuat pemahaman anak mengenai disiplin dalam konteks sosial-emosional, serta menggunakan lagu atau tepuk untuk memfokuskan kembali perhatian anak.
• Akan lebih baik jika disertai dengan teks untuk memperjelas informasi agar lebih mempermudah pemahaman
Manfaat bagi Guru PAUD:
Video ini sangat bermanfaat, baik bagi saya sebagai mahasiswa PGPAUD maupun bagi para guru PAUD/TK. Materinya aplikatif, sederhana, dan mudah dipahami. Yang paling penting, video ini menunjukkan langsung praktik nyata di dalam kelas yang bisa dijadikan inspirasi dan referensi.
Guru-guru PAUD sangat terbantu dengan adanya visualisasi cara menghadapi permasalahan di kelas secara konkret. Ini mendukung pemahaman tentang pendekatan yang tepat terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini.
Nama : Salsabila sanusi
Nim : 878164085
Tanggapan saya tentang video yang setelah saya tonton adalah tentang anak mengobrol di kelas saat pembelajaran. dari video tersebut saya jadi mengetahui bagaimana cara menangani anak yang sering mengobrol di dalam kelas saat belajar, upayanya adalah dengan mengadakan variasi permainan misalnya mainan tepuk, atau memisahkan anak yang sering mengobrol menjadi dekat guru dan memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha menjadi lebih baik lagi
Nama : Nazyla Rizkia Putri
NIM : 877682278
Anak-anak di usia tersebut memang masih dalam proses pengembangan kemampuan fokus dan konsentrasi. Oleh karena itu, mereka mungkin masih sulit untuk mempertahankan perhatian dan fokus dalam waktu lama. Dengan menonton video tentang cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat PBM, saya mendapatkan pengetahuan dan strategi baru untuk menghadapi anak-anak yang tidak fokus di kelas.
Video tersebut memberikan saya wawasan dan tips yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mengelola kelas dan membantu anak-anak tetap fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran. Saya dapat mempelajari beberapa teknik untuk mengelola perilaku anak, seperti menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, memberikan instruksi yang jelas, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Dengan demikian, saya dapat meningkatkan kemampuan saya dalam mengelola kelas dan membantu anak-anak mencapai potensi mereka. Saya juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung, sehingga anak-anak merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar.
Nama : Musyarrifah
NIM : 858482544
UPJBB : Samarinda
Assalamu’alaykum Warohmatullahi Wabarakatuh izin menanggpi video yang sudah saya tonton dan memberikan tanggapan pada salah satu video pembelajaran PAUD seri pengembangan sosial emosional PAUD II yang berjudul Anak ngobrol di kelas Saat PBM. Dari video yang di tampilkan dimana seorang guru sedang bercerita dan ternyata saat ibu guru sedang menceritakan dogeng tersebut malah ada anak yang sedang mengobrol saat proses belajar mengajar, untuk di video guru sedang mengupayakan agar kelas menjadi kondusif Solusi pertama menyelipkan kegiatan ice breaking saat ibu guru membacakan dongeng tersebut, kemudia memisahkan anak yang sedang ngobrol tadi, kemudian jika anak sudah mendengarkan dengan baik maka guru punn memberikan reward agar anak semakin termotivasi.
pendapat saya tentang video ini juga dimana guru harus menyiapkan beberapa starategi belajar yang menyenangkan agar anak didik tidak ada ngobrol saat proses pembelajaran di kelas. Jadi menurut saya kedua video referensi ini menjadi pemodaman guru agar anak lebih berkembang aspek sosial emosionalnya.
Selain itu saya juga berpendapat bahwa Video-video pembelajaran di seri-seri ini sangat bermanfaat kenapa karena Guru menjadi ada sumber referensi untuk belajar bagaimana jika hal tersebut terjadi di lapangan, dan guru juga menjadi tahu apa saja sih cara-car mengatasi anak tersebut. Dengan belajar di sumber-sumber refensi yang terpercaya in syaa Allah akan semakin efektif cara guru mengajar di kelas dan anak didik pun tahu apa yang seharusnya mereka lakukan untuk mengembangkan aspek sosial emosionalnya.
=>Untuk saran saya lebih di perbanyak lagi video-video pembelajaran seperti ini dengan contoh-contoh konkrit agar guru-guru dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi serta referensi yang terpercaya dan ini dapat meningkatkan kualitas profesionalitas guru.
Maka dari itu di simpulkan bahwa Video pembelajaran dari Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD di portal Guru Pintar Online sangat berguna serta di perlukan untuk guru paud karena dengan seri pembelajaran di dalamnya semua menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman, agar anak didik menjadi antusias dan semangat untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak Paud.
Nama: Cahya Fatonah
NIM: 877683832
Menurut saya tentang video ini adalah sangat bermanfaat sekali, untuk suatu kebetulan saya sering mengalami hal ini dan kesulitan untuk menghadapinya. Namun, dengan video ini saya akan mencoba menerapkannya di kelas saya. Terimakasih.
Assalamualaikum
Nama : Nur Anisah Arisis Salam
dari vidio di atas kami khususnya guru anak usia dini dan umumnya untuk semuanya, mendapat ilmu baru dalam mengatasi anak yang asik ngobrol sendiri ketika sedang berlangsung pembelajaran di kelas. bahkan trik ini juga bisa kita terapkan di anak dalam forum pengajian atau belajar kelompok.
dan ini sangat membantu sekali.