silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. setelah melihat video tersebut, saya mengerti dan dapat dengan mudah memahami situasi akan adanya anak yang mengobrol pada saat pembelajaran sedang berlangsung, dari video tersebut juga mengajarkan cara untuk dapat mengatasi hal tersebut dengan baik, vidio ini sangat berguna bagi saya yang saat ini perlu banyak belajar untuk menjadi seorang pendidik yang baik

  2. Terima kasih telah menyediakan video edukasi yang sangat membantu kami, upaya mengatasi masalah anak tk yang suka mengobrol di kelas ini sangat membantu. Saya setuju bahwa mengadakan variasi permainan yang membuat anak lebih fokus pada pelajaran serta pendekatan yang lembut dan penuh pengertian lebih efektif daripada memberikan hukuman pada mereka.

  3. saya sering menemui anak yang ngobrol dikelas, biasanya saya agak bingung menaanganinya, takutnya kurang tepat, dengan melihat video ini saya jadi lebih yakin ternyata kurang lebih saja seperti yang saya lakukan. Terimakasih GPO sudah memberikan kita masukan dan pandangan untuk menjadi pendidik yang lebih baik lagi.

  4. NAMA : YENI WAHYU PRASASTI
    NIM : 857876224

    setelah melihat video tersebut, saya mengerti dan dapat dengan mudah memahami situasi akan adanya anak yang mengobrol pada saat pembelajaran sedang berlangsung, dari video tersebut juga mengajarkan cara untuk dapat mengatasi hal tersebut dengan baik, vidio ini sangat berguna bagi saya yang saat ini perlu banyak belajar untuk menjadi seorang pendidik yang baik.

  5. Nama : Ziyana El Tsaniyah
    NIM : 877974657

    Video ini sangat menarik karena menampilkan situasi yang sering saya alami saat mengajar di kelas, yaitu anak yang berbicara atau ngobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Dalam video tersebut, guru menanggapi perilaku anak dengan pendekatan yang tenang, tidak langsung memarahi, tetapi menggunakan komunikasi yang positif dan lembut untuk mengajak anak kembali fokus pada kegiatan.
    Saya juga setuju dengan pendekatan tersebut karena pada anak usia dini mereka masih belajar mengendalikan diri dan mengenal aturan sosial. Ketika anak diajak berdiskusi dengan bahasa yang baik dan disertai contoh konkret, mereka akan lebih mudah memahammi dan belajar dari situasi tersebut tanpa merasa takut atau tertekan.
    Video diatas juga memberikan saya gambaran yang lebih nyata tentang bagaimana mengelola kelas secara bijak tanpa harus mengandalkan hukuman. Guru menunjukkan sikap sabar dan memahami bahwa ngobrol di kelas tidak selalu merupakan bentuk kenakalan, melainkan bagian dari proses sosial anak yang masih berkembang

  6. NAMA : RANIA NUR SALSABILA
    NIM : 877638511

    Terima kasih Guru Pintar Online yang telah memberikan kami ilmu mengenai pembelajaran untuk anak usia dini yang sangat bermanfaat dengan berbagai tayangan inspiratifnya. Mengenai tayangan dari Seri Pembelajaran – Pengembangan Sosial Emosional PAUD diatas sudah sangat bagus dengan memberikan contoh beserta solusi yang telah disampaikan. Hanya saja saya ingin menambahkan sedikit bahwa salah satu cara bagaimana guru mengatasi anak yang mengobrol saat PBM adalah perlunya memberikan pemahaman dan nasihat kepada anak supaya anak tahu bahwa kegiatan mengobrol saat pembelajaran sedang berlangsung tidak diperbolehkan dengan cara penyampaian yang baik supaya anak dapat mengerti dan memahami maksud yang disampaikan oleh gurunya tersebut. Sekian, terima kasih.

  7. Izin berkomentar mengenai video tersebut,
    Nama : Vivi Ana Faradillah dapat
    Nim : 860141168
    Upjj : Ut Surabaya

    Dalam video tersebut terdapat cara mengatasi kesulitan dalam menghadapi anak ngobrol di kelas saat pbm.
    1. Mewujudkan kegiatan cerita guru agar proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol didekat guru.
    3. Libatkan anak dalam kegiatan cerita/proses belajar mengajar.
    4. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama.
    5. Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Setelah melihat video tersebut, saya mengerti dan dapat dengan mudah memahami situasi akan adanya anak ngobrol di kelas saat pbm. Video ini sangat berguna bagi saya yang saat ini perlu banyak belajar untuk menjadi seorang pendidik yang baik.

  8. Nama : RIZKI AGUSTIYA
    NIM : 877683603

    Setelah melihat vidio yang berjudul Anak Mengobrol saat PBM menurut saya ini sangat bermanfaat dan relevan sekali dengan kejadian yang terjadi di dalam kelas, Saya juga Mendapatkan ilmu untuk menghadapi anak yang mengobrol dengan mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas dengan :
    1. Hentikan kegiatan cerita guru/proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan kondisi kelas.
    2. Pisahkan anak yang ngobrol dengan yang sedang fokus belajar.
    3. Pastikan anak yang ngobrol berada di dekat guru.
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau prosses kbm.
    5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
    6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  9. Ni Wayan Kori Aprillia
    859047107
    solusi yang di berikan dividio tersebut sudah baik, namun vidio dapat diperkaya dengan menambahkan lebih banyak strategi untuk mengatasi perilaku mengobrol. misalnya, menjelaskan pentingnya membangun aturan kelas bersama, memberikan konsekuensi yang konsisten dan melibatkan orang tua. bisa juga menggunakan visual yang lebih menarikdan mudah dipahami.

  10. NAMA: YENI SETYOWATI
    NIM : 858825363
    Assalamualaikumwr.wb … ijin menggapi video diatas
    Pada video tersebut, terlihat anak-anak ngobrol sendiri dengan temannya ketika kegiatan pembelajaran. hal ini tentunya membuat suasana menjadi tidak kondusif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal yang bisa dilkukan guru untuk mengatasi masalah tersebut , bisa dilakukan dengan :
    1. mencari tahu penyebab, mengapa anak lebih senang mengobrol dengan teman daripada mendengarkan guru.
    2. menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi : Gunakan metode pembelajaran yang interaktif, Libatkan siswa dalam kegiatan belajar, misalnya dengan diskusi kelompok, bermain game, atau melakukan eksperimen. Gunakan media pembelajaran yang menarik: misalnya dengan gambar, video, atau presentasi untuk membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
    3. Memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib : Berikan hadiah kecil atau kesempatan istimewa kepada siswa yang menunjukkan peningkatan dalam perilaku dan perhatian selama pembelajaran.
    4. Tetap bersikap sabar : Menangani siswa yang ngobrol membutuhkan kesabaran dan pendekatan yang tepat. jangan menggunakan suara yang keras ,
    Menggunakan suara keras hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk dan siswa akan merasa lebih tidak nyaman.
    Terimakasih ….

Leave a Reply