silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Nama: Azizah (855900273)

    Video pengembangan sosial emosional PAUD II
    Judul: Anak ngobrol di kelas saat PBM
    Di video ini memberi pelajaran untuk guru kususnya bagaiman mengatasi anak ngobrol saat PBM di kelas yaitu menghentikan proses pembelajaran sementara untuk menenangkan suasana, memisahkan tempat duduk anak yang ngobrol, melibatkannya dalam proses pembelajaran, menekankan jangan mengulanginya lagi, dan memberikan pujian terhadap sikap positifnya, video ini sangat bermanfaat moga kita dapat menerapkannya di kelas.

  2. Izin Menanggapi
    Nama : EVA DEVIKA RAMADHANI
    Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Dalam video tersebut terdapat aak yang asyik mengobrol sendiri saat kegiatan belajar mengajar tengah berlangsung. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya media pembelajaran dalam kegiatan bercerita seperti boneka tangan aau alaat peraga yang dapat menarik perhatiaan anak.
    Solusi yang dilakukan cukup membantu mengkondidikan anak diantaranya:
    a. Mengadakan kegiatan pembelajaran yang bervariasi permananan seperti tepuk tangan
    b. Memisahkan anak yang senang mengobrol ke dekat tenaga pendidik.
    c. Memberikan reward atau hadiah kepada anak diakhir kegiatan pembelajaran agar anak mampu bersikap jauh lebih baik lagi
    Demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  3. Nama : Rahayu Indriani Khasanah
    NIM 857992177
    Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Ijin menanggapi video tersebut..Secara umum, video ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena memberikan solusi konkret dan mudah dipraktikkan untuk mengatasi anak yang suka mengobrol di kelas. Pendekatan yang digunakan tidak hanya memperbaiki disiplin anak, tetapi juga menjaga suasana kelas tetap kondusif dan menyenangkan. Beberapa komentar juga menyarankan agar musik latar dalam video tidak terlalu keras agar tidak mengganggu penonton. Video ini memberikan panduan yang jelas dan solutif bagi guru dalam menghadapi anak yang suka mengobrol di kelas. Dengan pendekatan yang sabar, kreatif, dan positif, guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan mendukung perkembangan sosial-emosional anak. Terimakasih

  4. Nama : IFLAHA ZULIA RAHAYU
    NIM : 858169294
    Judul : Anak Ngobrol Dikelas Saat PBM

    Dalam Video tersebut terlihat ada anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, hal itu disebabkan kurangnya media yang dijadikan guru sebagai bahan ajar, jadi anak kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran, namun dalam video tersebut dilakukan solusi yang cukup membantu mengondisikan anak- anak tersebut, diantaranya guru memindahkan anak yang suka ngobrol kedekat guru, guru memberika reward untuk anak yang bisa, tenang serta guru memberikan permainan yang sederhana agar anak dapat fokus kembali. dengan pendekatan yang dilakukan guru tersebut dapat membuat suasana belajar menjadi efektif.

  5. Nama:Engly lumbanbatu
    Nim:859155131
    Materi:Anak ngobrol di kelas saat PMB.membahas cara guru menghadapi anak anak yang suka ngobrol saat pelajaran berlangsung, guru disarankan tidak langsung memarahi anak tetapi terlebih dahulu menenangkan kelas,guru juga perlu sabar tidak mudah marah, guru juga harus melibatkan anak dalam proses pembelajaran.

  6. Nama : NeldaYeni
    Nim : 856293755
    Menurut saya vidio diatas sangat bagus untuk mengatasi anak anak yang sering mengobrol dengan teman sebelah disaat proses belajar berlangsung, dengan cara memisahkan tempat duduk mereka perempuan diselingi duduknya dengan anak laki-laki sehingga mereka akan cenderung malu untuk mengobrol dengan teman setelahnya. Terima kasih..

  7. Nama : Ni Putu Sriasih
    NIM : 859043339
    Judul Video : Anak ngobrol di kelas saat PBM

    Video ini sangat bermamfaat bagi guru PAUD/ TK kareana video tersebut memberikan solusi dalam mengatasi anak yang suka mengobrol di kelas. Guru tidak di sarankan langsung memarahi anak yang ngobrol di kelas saat pelajran berlangsung melainkan guru harus menenangkan kelas terlebih dahulu. cara lain yang bila di lakukan adalah dengan mengentikan proses belajar sejenak , memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang fokus, memposisikan anak dekat guru , melibatkan anak dalam kegiatan bercerita, memberi reward adalah motivasi fositif yang bisa mendorong perubahan prilaku dengan cara yang menyenangkan.
    Pendekatan yang di lakukan tidak hanya memperbaiki disiplin pada anak , tetapi juga menjaga kelas agar tetap kondusif.

  8. Video tersebut memperlihatkan seorang guru yang sedang melakukan PBM di dalam kelas. Namun dalam kegiatan PBM tersebut terlihat ada beberapa anak yang tidak memperhatikan cerita dari bu guru dan asyik mengobol sendiri dengan temannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yang dapat dilakukan oleh guru adalah mengubah strategi dalam pembelajaran. Ketika anak sedang mengobrol guru hendaknya menghentikan kegiatan PBM sejenak. Hal ini bertujuan untuk menenangkan suasana kelas agar kembali kondusif. Anak yang mengobrol tadi, tempat duduk haruslah dipisah. Memposisikan anak yang mengobrol tadi untuk duduk di depan guru. Guru juga bisa melibatkan anak dalam kegiatan bercerita. Tegaskan pada anak agar tidak mengulangi hal yang sama lagi.

  9. NAMA : RIZKA FADLILLAH
    NIM : 858827897

    Pendekatan yang ditunjukkan dalam video ini sangat relevan dengan praktik di kelas saya. Saya percaya bahwa menangani anak yang berbicara di luar konteks selama PBM memerlukan pendekatan yang positif dan konstruktif. Dengan memberikan perhatian dan penguatan positif kepada anak yang menunjukkan perilaku yang diharapkan, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan sosial-emosional anak.

  10. Nama: Lidya Elizabeth Boru Simanjuntak
    NIM: 859523484

    Menurut saya, video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” menyampaikan situasi yang sangat umum terjadi di kelas anak usia dini. Saya pribadi merasa sangat relate dengan kejadian tersebut karena memang anak-anak TK cenderung masih sangat aktif secara sosial dan belum sepenuhnya mampu mengendalikan diri saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini sebetulnya wajar terjadi, mengingat mereka masih berada pada tahap perkembangan yang membutuhkan ruang untuk berekspresi dan berinteraksi.

    Saya suka bagaimana guru dalam video ini tidak langsung memarahi anak yang berbicara, tetapi justru menggunakan pendekatan yang positif dan menyenangkan. Misalnya, dengan mengadakan variasi permainan atau kegiatan yang interaktif, guru mencoba menarik kembali perhatian anak tanpa membuat mereka merasa tertekan. Menurut saya, ini adalah strategi yang efektif karena anak-anak pada dasarnya mudah terdistraksi, dan jika pembelajaran terasa monoton, mereka akan mencari stimulus lain seperti mengobrol dengan teman.

    Pindahnya posisi duduk anak yang suka mengobrol ke dekat guru juga merupakan solusi sederhana namun cukup jitu. Hal ini menunjukkan bahwa guru tetap ingin memberi perhatian khusus tanpa membuat anak merasa dikucilkan. Memberikan reward di akhir pembelajaran juga langkah yang cerdas karena bisa meningkatkan motivasi anak untuk bersikap lebih tertib dan fokus.

    Secara keseluruhan, saya merasa video ini menggambarkan pendekatan yang humanis dalam menghadapi perilaku anak di kelas. Guru tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tapi juga sebagai fasilitator dan pembimbing yang memahami dunia anak. Saya pikir, pendekatan semacam ini sangat penting untuk terus dikembangkan agar pembelajaran di kelas PAUD tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak.

Leave a Reply