silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Assallamu’alaikum
Nama : Rahmah Rusdini
NIM : 877668768
judul : anak ngobrol di kelas saat PBM
video tersebut sangat menginspirasi dan memberikan pembelajaran bagi guru dalam menangani anak-anak yang suka mengobrol di dalam kelas saat kegiatan belajar, karena tidak bisa di pungkir setiap guru pernah berada pada situasi tersebut. dengan mengubah strategi pembelajaran agar dapat lebih menarik perhatian anak menjadi bahan pertimbangan untuk guru dalam merubah metode pembelajarannya agar lebih menyenangkan, dan menarik.
Nama : Yuni Sarmila
Tanggapan saya terhadap video anak ngobrol di dalam kelas saat PBM adalah :
Video ini sangat bermanfaat untuk di nonton oleh guru karena sangat membantu mangatasi anak yg sering mengobrol bersama temannya di dalam kelas, karena hal ini di alami oleh semua guru. Guru harus menegur secara lembut dan sopan karena memang anak terkadang bosan atau hanya sekedar mencari perhatian.
Nama : Ria Ayuningsih
NIM : 856853191
Menurut saya, program ini memberikan gambaran nyata tentang tantangan perkembangan moral-disiplin anak usia dini, khususnya kebiasaan anak yang suka mengobrol saat pembelajaran. Strategi yang ditunjukkan guru sangat tepat dan edukatif. Penggunaan variasi permainan seperti tepuk-tepuk dapat mengalihkan perhatian anak sekaligus menjaga fokus mereka dengan cara yang menyenangkan. Memindahkan anak ke dekat guru juga merupakan langkah yang efektif untuk memberikan kontrol lebih baik tanpa membuat anak merasa dihukum. Pemberian reward di akhir pembelajaran mendorong motivasi anak untuk berperilaku lebih baik. Secara keseluruhan, pendekatan ini mencerminkan pengelolaan kelas yang positif dan mendukung perkembangan moral anak secara bertahap.
Nama : Widi Gustina
NIM : 860030912
Video ini memberikan pengetahuan kepada guru dan calon guru bagaimana cara mengatasi anak yang mengibrol dikelas pada saat pembelajaran. Saya memilih video ini, karena hal ini juga yang saya amati pada mata kuliah OKO, sehingga video ini meberi saya pemahaman tentang bagaimana mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung.
Terimakasih.
Nama : Ni Gusti Putu Sandiari
NIM :859038731
Prodi : PGPAUD
Video ini menyajikan representasi nyata dari salah satu tantangan dalam pengembangan moral dan disiplin pada anak usia dini, yaitu perilaku suka mengobrol di tengah kegiatan pembelajaran. Hal ini merupakan bentuk ketidakteraturan dalam mengikuti aturan kelas dan menunjukkan bahwa anak masih dalam proses belajar mengendalikan diri serta memahami norma sosial.upaya guru memindahkan anak yang suka mengobrol ke posisi lebih dekat dengan guru juga merupakan strategi yang baik, karena memungkinkan guru memberi kontrol dan arahan secara lebih langsung.
Pemberian reward di akhir pembelajaran menjadi motivasi positif bagi anak untuk belajar disiplin. Namun, penting juga bagi guru untuk menyeimbangkan antara motivasi ekstrinsik (reward) dan pembentukan motivasi intrinsik, seperti menumbuhkan rasa tanggung jawab dan pemahaman tentang pentingnya aturan.
Secara keseluruhan, video ini memberikan ilustrasi yang relevan dan solutif mengenai pendekatan praktis yang dapat dilakukan guru PAUD dalam menghadapi perilaku yang mengganggu proses pembelajaran, dengan tetap memperhatikan karakteristik perkembangan anak usia dini.
dari video di atas dapat memberikan pengetahuan bagi guru bagaimana cara menghadapi anak yang mengobrol ketika pembelajaran berlangsung.perilaku anak mungkin saja di sebabkan oleh beberpa faktor seperti rasa bosan,kurangnya pemahaman materi,adapun strategi yang di gunakan pada video di atas sangat tepat edukatif. guru memisahkan anak yang sedang mengobrol dan memindahkan anak duduk di dekat guru agar mudah terkontrol oleh guru.guru juga dapat menanyakan secara lembut kepada anak tentang apa yang sedang di obrolakan anak,dan pemberian reward menjadi motivasi bagi anak untuk dapat belajar disiplin terhadap anak.seperti menumbuhkan rasa tanggung jawab akan pentingnya aturan.dari video ini juga dapat memberikan pendekatan yang praktis yang dapat di lakikan guru paud dalam menghadapi anak yang sering mengobrol ketika proses pembelajaran berlangsung.
Nama: Herike Justri Buana
Nim: 856861658
Judul video: Anak ngobrol di kelas saat PMB.
Setelah melihat video ini,menurut saya video ini sangat bagus dan bermanfaat untuk guru.
Dilihat Dari interaksi santai anak-anak saat PMB menunjukkan keberhasilan pendekatan ramah dan menyenangkan dalam PAUD. Komunikasi aktif ini membantu membangun kepercayaan diri dan keterampilan sosial sejak dini. Guru yang mendampingi terlihat responsif, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Proses PMB seperti ini penting untuk memperkenalkan suasana sekolah tanpa tekanan, sekaligus memberi gambaran positif kepada orang tua tentang metode pembelajaran partisipatif di lembaga tersebut.
Nama : Azizah
Nim : 859153801
Judul video “Anak ngobrol pada saat PMB”
Video tersebut sangat membantu Guru dalam mengatasi hal serupa yaitu Anak ngobrol pada saat kegiatan pembelajaran, seringkali kita temui hal tersebut di kelas karena pada anak usia dini memiliki konsentrasi yang sebentar sehingga mereka akan sangat mudah teralihkan perhatiannya. Dari video diatas kita dapat mengubah metode pembelajaran yang kita gunakan dengan metode yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga anak akan tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian pemberian apresiasi tentu sangat berperan penting dalam pengembangan sosial emosional pada anak usia dini.
nama:aneng fahrotul afifah
nim:858875866
upbjj:malang
dari video di atas cara untuk mengatasi anak yang mengobrol disaat pembelajaran.
mengajak anak untuk berpartisiasi dalam proses pembelajaran
jauhkan anak yang ngobrol dengan temannya
kasih anak reward
Nama : Anis Kamilia
NIM : 858989386
Jurusan : PGPAUD
Judul Vidio : Anak Ngobrol pada saat PMB
Setelah melihat vidio di atas, saya sebagai guru sangat berterimakasih sudah memberikan pengetahuan cara mengatasi hal serupa anak mengobrol pada saat PMB yang terjadi kepada anak murit, adapun strategi yang digunakan didalam vidio sangat tapat dan edukatif. cara guru memisahkan anak yang sedang mengobrol dan menyuruh anak duduk di dekat guru adalah tindakan yang sangat baik sehingga guru bisa mengontrol anak tersebut. dan juga memberikan reward di akhir pelajaran juga sangat baik karna anak akab bisa berusaha lebih baik lagi. terimakasih vidionya sangat bermanfaat