silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Nur Hidayah
NIM : 877968377
Jurusan : PGPAUD
Judul vidio : Anak ngobrol pada saat PMB
Tanggapan saya terhadap vidio anak mengobrol di dalam kelas pada saat PMB ini sangat bermaanfaat bagi kami para guru karena hal semacam itu sering kita alami saat kegiatan PMB, dengan melihat vidio ini kita jadi tau strategi cara untuk mengatasinya. Terima kasih vidionya sangat bermanfaat.
Nama : Risa Gantika
NIM ; 877843539
UPBJJ : 877843539
vidio diatas sangat menginsfirasi sekali bagi saya sebagi gur TK, karena pasti semua guru pernah mengalami keaadaan seperti anak mengobrol dikleas, dan banyak strategi yang di ajarkan dividio ini yaitu dengan mengubah strategi pembelajarn, memisahkan anak yang mengobrol dengan yang belajar, dekatkan anak dengan guru, dan libatkan anak dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : Indah Wahyuningsih
Nim : 856655338
Video tentang ” anak yang mengobrol di kelas saat PBM ”
berdasar video di atas di jelaskan beberapa strategi pembalajaran guru dalam kelas dengan melakukan beberapa langkah , dengan menghentikan proses pembelajaran sejenak tentu anak akan memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, kemudian memisahkan anak yang mengobrol dengan teman yang suka mengobrol, tentu hal ini akan merubah suasana kelas yang awalnya berisik menjadi lebih tenang, posisikan anak yang mengobrol dekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan cerita dalam proses pembelajaran anak sehingga menarik anak untuk ikut memperhatikan cerita, menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama agar ada efek jera tidak mengulangi lagi, memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakuu nya. Beberapa langkah diatas sangat membantu guru dalam memperbaiki pemblajaran di kelas agar dapat tercipta pembelajaran yang lebih baik. sehingga suasana kelas menjadi kondusif dan anak mampu mengubah perilaku sosial emosional anak menjadi lebih baik.
terimakasih
ijin menjawab
Nama : Ria Ristifani
NIM : 877319554
video anak ngobrol di kelas
setelah melihat video tersebut menambah wawasan saya untuk mengatasi anak yang mengobrol dengan teman ketika proses belajar berlangsung, yakni :
1. ketika guru bercerita atau proses pembelajaran, sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. pisahkan Anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
3. Libatkan anak dalam kegiatan belajar membaca dan tekankan anak tidak mengulangi kejadian yang sama
4. guru memberikan reward kepada anak yang melakukan perubahan atau mendengarkan guru misalnya pujian ” waah kamu sudah hebat tadi sudah mendengarkan bu guru dan belajar dengan baik “
NAMA : TINA
NIM : 858329141
Video ini menampilkan situasi nyata di kelas PAUD saat anak-anak berbicara sendiri atau “ngobrol” ketika proses belajar berlangsung. Hal ini merupakan tantangan umum dalam pengembangan moral dan disiplin anak usia dini. Saya sangat mengapresiasi pendekatan guru dalam video ini, yang tidak langsung memarahi anak, melainkan memilih solusi positif dan menyenangkan.
Beberapa strategi yang ditunjukkan seperti memberikan permainan variasi (contohnya tepuk tangan), memindahkan posisi duduk anak yang suka ngobrol ke dekat guru, dan pemberian reward di akhir pembelajaran sangat relevan dan mudah diterapkan. Pendekatan ini mengajarkan anak disiplin secara perlahan dan menyenangkan tanpa menimbulkan tekanan.
NAMA : NI NENGAH MURNIASIH
NIM : 859047977
Video tersebut secara jelas memberikan gambaran yang sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam tayangan tersebut ditunjukkan beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana belajar yang lebih efektif dan kondusif. Misalnya, guru dapat menerapkan variasi aktivitas seperti permainan tepuk tangan untuk meningkatkan perhatian dan semangat anak. Selain itu, guru juga disarankan untuk menata posisi duduk anak, seperti memindahkan anak yang cenderung suka mengobrol ke tempat yang lebih dekat dengan guru agar lebih terkontrol. Pemberian reward atau penghargaan di akhir kegiatan juga menjadi salah satu upaya penting untuk memotivasi anak agar menunjukkan perilaku yang lebih positif dan semangat belajar yang lebih tinggi. Tak kalah penting, guru juga dianjurkan melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan bercerita. Dengan cara ini, anak tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi ikut terlibat secara emosional dan kognitif dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah tersebut sangat membantu guru dalam memperbaiki pendekatan mengajar di kelas. Dengan penerapan strategi yang tepat, suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan terarah, sehingga mampu membentuk perilaku sosial emosional anak menjadi lebih baik dan berkembang secara positif.
Izin menjawab,
Nama : Rosiana Tri Jayanti
Nim : 857857564
Setelah menyaksikan video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”, saya sangat mengapresiasi solusi yang ditawarkan oleh guru untuk mengatasi masalah anak yang asyik mengobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Video ini sangat relevan karena kondisi seperti ini sering terjadi di kelas, khususnya pada anak usia dini yang rentang konsentrasinya masih pendek. Strategi seperti menghentikan sejenak pembelajaran, memisahkan anak yang suka mengobrol, memposisikannya di dekat guru, serta memberikan reward di akhir kegiatan sangat efektif untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan membuat anak lebih termotivasi untuk memperhatikan pelajaran.
NAMA: ZETI PUJI HERMAWATI
NIM: 877959038
SOSEM 1
judul Anak Tidak Percaya Diri
komentar
Tehnik mengatasi anak yang kurang percaya diri
– Guru bertanya pada anak atas tugas yang diberikan misal dengan kegiatan” menggambar”anak di beri kebebasan menggambar sesuka hati sesuai imajinasinya,
– Mengekplorasi anak dengan pengetahuan serta informasi-informasi tentang bagaimana cara menggamabar.
– selalu memotivasi anak untuk lebih percaya diri, dengan cara sering mengajak berkomunikasi pada anak.
SOSEM 2
Judul Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran
Komentar
Cara mengatasi anak yang ngobrol d kelas adalah dengan cara:
– Mengubah strategi pembelajaran di kelas, dengan cara ,menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangakan suasana,kemudian pisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang mau belajar,setelah itu posisiskan anak yang suka ngobrol tepat d depan guru, kemudian libatkan anak dengan cerita tersebut, dan tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang serupa, setelah memberi reword oada anak yang dapat memperbaiaki prilakunya.
Nama : Yusri Pahmi
NIM : 856643319
Prodi : PGPUD
Judul : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Program video ini cukup baik karena mengangkat masalah nyata yang sering terjadi di kelas anak usia dini, yaitu anak yang suka mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini memang berkaitan erat dengan perkembangan moral dan disiplin anak, karena di usia dini anak masih belajar memahami aturan dan mengendalikan diri.
Secara keseluruhan, isi program ini cukup relevan dan praktis, namun bisa diperkuat dengan pendekatan yang lebih mendidik secara nilai.
Nama : Sefti Suryani
NIM : 877831638
Video ini memberikan wawasan yang sangat berguna mengenai bagaimana menghadapi perilaku anak yang sering berbicara di luar konteks saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru dalam video menunjukkan pendekatan yang positif dan kreatif untuk mengarahkan perilaku anak.
Saya setuju bahwa dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, anak akan lebih fokus dan terlibat dalam kegiatan. Selain itu, pemberian reward sebagai bentuk apresiasi terhadap perilaku baik juga sangat efektif untuk membentuk disiplin secara positif.
Dari video ini saya menyadari bahwa tantangan seperti anak ngobrol di kelas bukan semata-mata masalah perilaku, melainkan peluang bagi guru untuk mengembangkan strategi pedagogi yang lebih adaptif dan komunikatif.