silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Novita Rian Susanti
NIM : 857657588
Dari vidio sosial emosional 2 yang berjudul “anak ngobrol sendiri saat PBM”. Anak yang ngobrol sendiri kerap terjadi didalam kelas saat proses kegiatan pembelajaran. vidio ini sangat bermanfaat untuk mengetahui cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM sehingga bisa diterapkan saat kegiatan pembelajaran. cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM diantaranya:
1. menghentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
3. posisikan anak yang mengobrol didekat guru
4. libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar
5. tekankan anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
salam sehat selalu
berdasarkan video yang saya tonton memawarkan strategi pembelajaran mengetasi anak yang ngobrol sementara guru sedang mengajar.
1. hentikan kegiatan guru sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. pisahkan anak yang sedang ngobrol dengan anak yang sedang belajar.
3. posisikan anak yang mengibrol dekat guru.
4. tekankan anak untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi.
5. libatkan anak dalam cerita yang di ceritakan oleh guru
6. Berikan reward kepada anak saat anak mengubah perilakunya.
tentunya hal yang sama sering dilakukan sebagai guru, dan ada salah satu cara yang sering di lakukan adalah membuat kesepakatan kelas bersama anak agar ketika anak ngobrol dengan deman yang sedang belajar ingatkan anak dengan kesepakatan kelas yang telah di sepakati bersama. dan anak akan menerima disiplin sesuai kesepakatan yang telah disepakati bersama.
trimakasih.
selamat malam salam sehat selalu
nama : Melsi Heliana Tupa mau
NIM :858119211
Berdasarkan vidio yang di tonton memberikan strategi -strategi yang diberian yang tentunya sering di terapkan saat anak mengombol bersama teman saat guru memberikan pembelajaran, anatara lain berhenti sejenak untuk menenangkan suasana kelas, pisahkan anak yang sedang ngobrol dari teman yang sedang belajar, posisikan anak yang bercerita dekat guru, libatkan anak dalam cerita, tekankan anak agar tidak melakukan kesalahan yang sama berikan rewart kepada anak saat memperbaiki, perilakunya. dan yal yang sering juga saya terapkan adalah membuat kesepakatan kelas bersama anak -anak dan bagi yang melanggar kesepakatan yang telah ditetapkan akan mendapat disiplin yang telah disepakati bersama anak dan guru.
Nama: Nurul Hikmatus Syita
NIM: 857778319
Video ini memberikan gambaran nyata tentang permasalahan disiplin yang sering terjadi di kelas PAUD, khususnya ketika anak-anak berbicara atau mengobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Saya memahami bahwa kebiasaan ngobrol saat pembelajaran bukan hanya sekadar gangguan, tetapi juga menjadi indikator bahwa anak mungkin butuh stimulasi berbeda atau perhatian lebih.
Beberapa strategi yang disarankan dalam video ini sangat bermanfaat, seperti:
– Mengadakan variasi permainan (misalnya: permainan tepuk)
– Memindahkan posisi anak yang suka mengobrol agar dekat dengan guru
– Memberikan reward positif di akhir pembelajaran untuk memotivasi anak agar lebih fokus dan tertib
Saya merasa pendekatan ini sangat relevan dengan kegiatan di kelas saya. Saat anak-anak mulai tidak fokus saat bercerita tentang anggota tubuh, saya bisa mengalihkan dengan permainan singkat atau memberi pujian untuk anak yang mendengarkan dengan baik. Ini membantu anak membangun disiplin dan kebiasaan belajar positif secara menyenangkan, bukan dengan hukuman.
Nama; SITI KHUSNUL KHOTIMAH
NIM:877959131
Video tentang ” anak yang mengobrol di kelas saat Proses Belajar Mengajar ”
berdasarkan video di atas di jelaskan beberapa strategi pembalajaran guru yang sering di terapkan di dalam kelas saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan melakukan beberapa langkah yaitu dengan menghentikan proses pembelajaran sejenak tentu anak akan lebih memperhatikan apa yang disampaikan oleh ibu guru, kemudian memisahkan anak yang mengobrol dengan teman nya yang suka ngobrol, tentu hal ini akan merubah suasana kelas yang kodusif, anak yang suka ngobrol posisikan di depan guru, dalam proses pembelajaran anak dilibatkan dengan kegiatan cerita sehingga anak menjadi tertarik, agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama guru memberikan apresiasi kepada anak jika anak tertib dalam kegiatan belajar mengajar. Beberapa langkah diatas sangat membantu guru dalam memperbaiki pemblajaran di kelas agar dapat tercipta pembelajaran yang lebih baik. sehingga suasana kelas menjadi kondusif dan anak mampu mengubah perilaku sosial emosional anak menjadi lebih baik.
terimakasih
istafil fuadah_878194246
dengan melihat vidio ini saya menjadi lebih banyak belajar tentang strategi menangani anak yangs suka mengobrol dikelas saat guru memberi penjelasan dikelas. karena kebetulan dikelas yang saya pegang banyak anak yang masih suka mengobrol sendiri saat PBM berlangsung.
Nama Siti Khusnul khotimah
Nim 877959131
Berdasarkan vidio yang saya tonton ada beberapa langkah agar anak-anak selauaktif dalam proses belajar mengajar
Diantaranya adalah berhenti sejenak ketika ada anak yang ngobrol dengan
Temanya, anak tersebut harus di pisahkan dengan temanya yang ngobrol
Posisikan anak yng ngobl tempat duduknya di depan guru, guri memberikan
Arahan agar tidak mengulangi kesalahan, guru harus melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran
Beri apresiasi kepada anak yng tertib di dalam proses pembelajaran
Nama : Sumarlin
NIM : 860087332
Dari vidio yang sudah di tayangkan, melihat kondisi kelas yang mempunyai anak lebih dari 10 orang, mengobrol saat jam pelajaran adalah hal biasa terjadi, karena rentan fokus anak – anak cendrung pendek, maka dari itu guru di tuntut inovatif untuk bisa menguasai kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, adapun beberapa hal yang bisa dilakukan menurut vidio yang telah di saksikan, diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; atau ice breaking yang dapat mengusir jenuh anak pada saat jam pelajaran berlangsung,memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Assalamualaikum.
Nama: Silvia Maiyeta
Nim: 856303824
Setelah melihat video di atas mengenai ” Anak Ngobrol di kelas saat PBM”, motede2 yang dilakukan oleh guru sangatlah bagus, yang pertama menghengtikan kegiatan pembelajaran terlebih dahulu karna jika diteruskan apa yang akan kita sampaikan juga tidak akan tersalur, yang kedua, mendatangi anak tersebut dan memindahkan tempat duduk mereka, dan kemudian menempatkan tempat duduk anak tersebut ke tempat yang mudah terjangkau oleh guru dan melibatkan anak dalam proses carita seperti bertanya langsung ke anak sambungan cerita yang dibacakan agar fokus anak tetap terjaga dan menekan kan ke anak bahwa perbuatan seperti tadi tidak boleh diulangi lagi.
Nama: ENI RAHMAWATI
Nim :859179148
Video yang saya amati berjudul ” ANAK NGOBROL SAAT DIKELAS SAAT SBM”
Pada kegiatan video yang saya amati, sangat relevan dengan kasus yang saya alami disekolah, dengan adanya video ini saya dapat memetik beberapa pembelajaran cara mengatasi kasus yang saya hadapi ketoka anak kurang fokus dalam mengikuti proses belajar dikelas yaitu seperti
– memsisahkan anak dengan teman ngobrolnya
– posisiskan anak didekat guru
– libatkan anak dalam proses pembelajaran
-memberikan reward pada anak agar anak lebih disiplin
semoga dengan adanya video ini sangat bermanfaat bagi saya dan bagi semua orang yang mangamatinya. terimakasih atas videonya