silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Dari vidio tersebut saya bisa mengambil ilmu untuk mengatasi anak yang suka mengobrol saat kegiatan belajar berlangsung diantaranya..
1. Guru harus menggunakan strategi pembelajaran yg tidak monoton atau yg lebih bervariasi
2. Pembelajaran yg melibatkan anak untuk ikut andil dan lebih aktif dalam pembelajaran tersebut
3. Memberikan pengertian pada anak akan pentingnya sikap disiplin
4. Memisahkan tempat duduk anak yang suka mengobrol
5. Guru membuat kesepakatan pada anak jika ngobrol sesama teman saat kegiatan pembelajaran berlangsung
6. Guru memberikan konsekuensi pada anak atas kesepakatan yang sudah di buat.
Dengan menggunakan 6 cara di atas insyaallah anak anak akan disiplin dan pembelajaran tersebut lebih kreatif serta inovatif dan anak anak juga lebih semangat.
dari video tersebut banyak pelajaran yang saya ambil tentang bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat kegiatan belajar mengajar. memang untuk mendapat kan perhatian anak membutuhkan strategi dan pembelajaran yang menarik agar anak tidak bosan dan mengobrol di belakang.
Nama:Reni indah purwanti
Nim:877857393
Salut kartini
Menurut saya, pada video ini sudah cukup menggambarkan masalah yang nyata dan umum terjadi di kelas PAUD, anak-anak yang suka ngobrol saat belajar. Itu hal yang wajar di usia mereka, karena memang anak usia dini masih dalam proses belajar mengatur diri dan memahami aturan sosial.
Yang bagus dari video ini adalah, Ibu gurunya sudah memberikan solusi konkret. Contohnya seperti:-
– Menggunakan permainan tepuk sebagai aktivitas penyegaran agar anak tetap fokus.
– Memindahkan posisi duduk anak yang terlalu aktif ngobrol, tapi dengan pendekatan positif.
– Memberikan reward di akhir kegiatan sebagai bentuk penguatan positif.
Langkah-langkah ini sangat sesuai dengan pendekatan pembelajaran di PAUD yang mengedepankan pendekatan ramah anak, bermain sambil belajar, dan penguatan karakter.
Kalau boleh saran, video ini bisa lebih kuat lagi kalau disertai sedikit refleksi, misalnya:
– Bagaimana respon anak saat diberikan reward?
– Apakah permainan tepuk benar-benar membantu meredakan obrolan berlebih?
– Apakah anak merasa dimarahi atau justru merasa diperhatikan saat dipindahkan dekat guru?
Secara keseluruhan, video ini simpel tapi punya isi yang kuat, dan bisa jadi bahan refleksi atau inspirasi bagi guru-guru lain juga.
Terimakasih
Terima kasih untuk video yang menginspirasi. Saya setuju untuk mengatasi permasalahan anak mengobrol di kelas saat PBM adalah mengubah strategi pembelajaran di kelas seperti yang telah disampaikan dalam video di atas, selain itu juga sebelum pembelajaran di mulai kita dapat memberikan pembahasan mengenai tata tertib di kelas, yang salah satunya adalah mendengarkan, baik itu mendengarkan guru maupun teman yang sedang menyampaikan pembicaraan di kelas.
nama: dwi istikhomah
nim: 855801818
dari video diatas dapat di simpulkan bahwa bagaimana cara mengatasi anak ngobrol saat pembelajaran, cara mengatasinya adalah
1. menghentikan sejenak kegiatan belajar untuk menenangkan suasana kelas
2. pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
3. posisikan anak yang mengobrol dekat guru
4. libatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. tekankan anak untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama lagi yaitu mengobrol.
cara di atas sangat efektif untuk di terapkan di kelas. insyaalah saya akan menerapkan di lembaga tempat saya mengajar.
Setelah saya menyimak video tentang anak yang mengobrol saat Kegiatan Belajar Mengajar, tehnik yang dilakukan guru agar anak kembali fokus mendengarkan cerita yang disampaikan guru sangat tepat sekali, saya sebagai guru pun melakukan hal yang sama seperti penjelasan yang telah dipaparkan dalam video tersebut.
Anak yang mengobrol saat kegiatan belajar mengajar harus mendapatkan perhatian lebih karena jika dibiarkan perkembangan dasar anak tidak akan berkembang secara optimal, salah satunya perkembangan bahasa anak. Anak akan kesulitan menceritakan kembali cerita yang didengar karena saat kegiatan anak tidak mendengarkan akan tetapi malah mengobrol dengan temannya.
Keterlibatan langsung anak dalam kegiatan belajar itu sangat penting, dalam hal ini ketika menyimak cerita hal tersebut bertujuan agar anak merasa senang dapat terlibat langsung dalam kegiatan belajar.
Menurut saya video ini sangat relevan dengan situasi nyata di kelas PAUD, di mana anak sering kali berbicara saat kegiatan belajar berlangsung. Saya setuju dengan solusi yang ditawarkan, seperti menggunakan permainan sederhana seperti tepuk tangan untuk menarik perhatian anak, serta memindahkan anak yang sering mengobrol ke posisi dekat guru agar lebih terkontrol. Pemberian reward di akhir kegiatan juga menjadi motivasi positif agar anak lebih disiplin. Metode ini efektif karena tetap mengedepankan pendekatan yang menyenangkan tanpa memarahi anak.
Nama : Intan Permata Sari
NIM : 858434124
Video ini menggambarkan bagaimana realita yang terjadi saat pembelajaran di PAUD, hal ini wajar terjadi karena rentang fokus yang pendek pada anak usia dini. terlebih apabila guru memberikan kegiatan pembelajaran yang monoton sehingga anak mudah bosan dan teralihkan fokusnya. Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang terdapat dalam video tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fokus anak selama kegiatan pembelajaran di kelas
Nama : Resita Swan Taniarinda
NIM : 857994299
Judul : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Dari video tersebut, memang realita disetiap kelas. Ada saja anak yang asyik ngobrol dengan temannya ketika guru sedang memberikan penjelasan. Apalagi ini terjadi di lingkup sekolah taman kanak kanak, yang dimana fokus anak sangat pendek. Sehingga ia kesulitan untuk duduk diam mendengarkan guru. Dalam hal ini sebaiknya guru sebelum awal kegiatan membuat kesepakatan kelas, guna untuk ketertiban dan kedisiplinan peserta didik. Selain itu juga dapat memberikan reward pada anak yang melakukan hal baik. Atau guru bisa memisahkan anak yang suka ngobrol bersama. Selain itu guru juga perlu memotivasi peserta didik untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : resita swan taniarinda
NIM : 857994299
Judul : anak ngobrol dikelas saat PBM
Pada video ini, memang inilah realita disetiap kelas. Ada saja anak yang asyik ngobrol dengan temannya. Apalagi disekolah taman kanak kanak. Anak anak fokusnya masih pendek. Mereka tidak bisa hanya duduk diam mendengarkan guru menjelaskan materi. Mereka selalu melakukan hal hal yanh menurut mereka menarik.
Hal ini memang sangat umum terjadi di sekolah TK. Tentunya hal hal tersebut dapat diatasi dengan pertama sebelum melakukan pembelajaran guru dan anak membuat kesepakatan bersama untuk keberlangsungan pembelajaran pada hari tersebut. Pada kegiatan ini guru mengajarkan sikap tentang kedisiplinan dan kebiasaan anak agar anak dapat belajar bahwa setiap kegiatan selalu ada aturan atau kesepakatan yang telah dibuat bersama sama. Kedua guru dapat memberikan reward diakhir pembelajaran untuk anak anak yang melakukan hal baik dan tidak melanggar kesepakatan. Guna untuk melatih anak yang masih tidak mentaati kesepakatan. Ketiga pisahkan anak yang suka mengobrol. Keempat, guru melakukan kegiatan yang menarik agar anak tidak bosan saat mendengarkan guru ketika menjelaskan kegiatan