silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Dalam video yang saya tonton, ditunjukkan permasalahan moral-disiplin yang cukup umum terjadi di kelas anak usia dini, yaitu anak yang suka mengobrol saat proses belajar berlangsung. Ini sering saya temui juga di kelas tempat saya mengajar. Anak-anak usia dini memang masih dalam tahap belajar memahami aturan sosial, termasuk kapan saatnya berbicara dan kapan harus mendengarkan.
Beberapa strategi yang saya pelajari dari video tersebut dan telah saya coba terapkan di kelas antara lain:
1. Mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk atau nyanyian gerak, untuk menjaga perhatian anak agar tidak mudah bosan dan terdistraksi.
2. Memindahkan anak yang sering mengobrol ke posisi duduk yang lebih dekat dengan guru, agar lebih mudah diawasi dan diarahkan.
3. Memberikan reward sederhana di akhir kegiatan, seperti stiker atau pujian, kepada anak-anak yang mampu mengikuti aturan dengan baik.
Strategi ini tidak hanya membantu mengatasi perilaku mengobrol, tapi juga menumbuhkan kesadaran anak akan aturan kelas secara positif dan menyenangkan.
Nama : Wina Tri Setiyaningsih
NIM : 857585306
Dalam video tersebut terlihat sering kali anak asyik mengobrol sendiri saat guru sedang bercerita atau mengajar di kelas, anak tidak memperhatikan dan cenderung mengabaikan gurunya di depan. Kondisi seperti ini akan mengganggu kegiatan pembelajaran dan juga menghambat materi yang akan disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh guru diantaranya adalah dengan mengubah strategi pembelajaran di kelas, memisahkan anak yang mengobrol di kelas, posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, berilah pemahaman kepada anak untuk memperhatikan pembelajaran di kelas, berilah hadiah atau pujian kepada anak yang sudah bisa diam dan mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas
Nama : Tri Wariyani
NIM : 857879932
Saya sangat setuju dengan video dalam menghadapi anak yang mengobrol saat guru bercerita dengan berbagai trrik-trik supaya anak bisa diam sejenak selain itu juga kita bisa mengajak anak bernyanyi maupun tepuk dan juga bisa kita ajak ikut duduk dekat kita. di video tersebut juga sangat mengispirasi kita sebagai guru dan sebagai ajuan dalam mengajar di kelas
Nama : Ira Ludyawati
Nim : 857955559
UT UPBJJ Yogyakarta
Dalam video tersebut terdapat anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran bercerita, solusi seperti divideo menurut saya sudah bagus seperti
Cara mengatasi anak yang ngoberol dikelas sesuai video dengan mengganti strategi dalam proses belajar mengajar
1. Hentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Pisahkan anak yang mengobrol dan tidak
3. Posisikan anak yang ngobrol didepan guru
4. Libatkan dalam cerita saat proses belajar
5. Tekankan agar anak tidak mengulanginya
6. Berikan rewards kepada anak
Maka dengan solusi tersebut kegiatan pembelajaran dapat berjalan optimal
Nama : Ira Ludyawati
Nim : 857955559
UT UPBJJ Yogyakarta
Dalam video tersebut terdapat anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran (kegiatan bercerita) dalam video tersebut guru juga memberikan solusi yaitu
Cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas sesuai video dengan mengganti strategi dalam proses belajar mengajar
1. Hentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Pisahkan anak yang mengobrol dan tidak
3. Posisikan anak yang ngobrol didepan guru
4. Libatkan dalam cerita saat proses belajar
5. Tekankan agar anak tidak mengulanginya
6. Berikan rewards kepada anak
Maka pembelajaran akan berjalan secara optimal
Nama :Hasnah
NIM :858612413
JUdul video : Anak yang mengobrol di kelas
Video ini sangat bagus ,Saya suka bagaimana guru berusaha untuk menjaga suasana kelas tetap kondusif, meskipun ada interaksi di antara siswa. Mungkin untuk ke depannya, bisa dipertimbangkan strategi pengelolaan kelas yang lebih spesifik untuk mengurangi distraksi ngobrol antarsiswa, misalnya dengan penempatan tempat duduk atau kegiatan interaktif yang lebih intens. Namun, secara keseluruhan, pembelajaran yang disampaikan sangat jelas dan relevan.”
Video ini menceritakan kisah anak yang ngobrol saat proses belajar mengajar. Video ini memberikan cara mengatasi hal tersebut seperti dengan cara menghentikan kegiatan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas, pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar, posisikan di dekat guru, libatkan anak dalam proses belajar mengajar, tekankan anak agar jangan mengulangi lagi, berikan reward kepada anak jika dapat memperbaiki perilakunya. Ini sangat bermanfaat dan kita contoh sebagai guru.
Assalamualaikum Wr.Wb
izin menanggapi vidio diatas..
pada vidio tersebut berisi makna untuk bagaimana guru mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat KBM
1. Hentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Pisahkan anak yang mengobrol dan tidak
3. Posisikan anak yang ngobrol didepan guru
4. Libatkan dalam cerita saat proses belajar
5. Tekankan agar anak tidak mengulanginya
6. Berikan rewards kepada anak
kesimpulannya. bahwa guru harus bisa mengendalikan dan mengondisikan suasana kelas pada saat anak-anak mengobrol ayik dengan teman lainnya, jika guru tidak mampu mengendalikannya maka anak-anak pun masih tetap tidak disiplin pada saat KBM
Nama : Yofi Siti Sofiah
Menurut saya video ini memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan moral dan kedisiplinan anak usia dini, khususnya dalam membentuk perilaku anak selama proses belajar mengajar. Dalam keseharian di kelas, sering kali ditemukan anak-anak yang mudah terdistraksi dan suka mengobrol saat kegiatan berlangsung. Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menyikapi situasi tersebut dengan pendekatan yang positif dan edukatif, seperti memberikan variasi permainan yang menarik, memindahkan tempat duduk anak yang cenderung mengobrol ke dekat guru, serta memberikan penghargaan atau reward di akhir kegiatan. Strategi-strategi tersebut membantu anak belajar untuk mengendalikan diri, fokus terhadap kegiatan, serta memahami batasan perilaku yang sesuai di lingkungan belajar. Selain itu, penerapan reward juga dapat memotivasi anak untuk menunjukkan sikap disiplin secara konsisten. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan tidak menghakimi, video ini menjadi contoh praktik baik yang mampu menanamkan nilai moral dan kedisiplinan pada anak secara bertahap dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik usia dini.
Nama : Nanik Safitri
NIM : 858542481
Kegiatan dalam video di atas adalah penerapan metode bercerita. Dimana pada saat pembelajaran terdapat anak yang ngobrol sendiri. Guru dengan sadar akan kejadian tersebut. Menyadari hal tersebut guru pun menegur siswa tersebut dengan cara :
1. Mengatur strategi pembelajaran
Dapat dilakukan dengan memberhentikan kegiatan sejenak agar anak lebih fokus
2. Memisahkan anak yang ngobrol dengan teman lainnya
Agar anak lainnya tidak terganggu
3. Posisikan anak yang ngobrol di dekat guru
Agar anak merasa takut dan mau mendengarkan kembali
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita
Agar anak lebih fokus dan cerita lebih menarik
5. Tekankan agar tidak mengulangi hal yang sama
6. Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Di atas merupakan cara guru dalam mengatasi anak yang sedang ngobrol saat pembelajaran. Sangat baik dan cocok digunakan di kelas.
Terimakasih