silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama: Siti Alfiyah
    NIM: 878188758

    Alhamdulillah dari vidio tersebut lebih memantapkan dalam praktek saya, betul sekali jika ada anak-anak yang suka mengobrol sendiri atau ribut dalam kegiatan belajar mengajar maka seharusnya anak-anak tersebut lebih di libatkan untuk berperan aktif dalam pembelajaran tersebut

  2. Video ini menunjukkan situasi nyata saat pembelajaran berlangsung. Saat guru bercerita, ada anak yang tampak tidak fokus—seperti menggigit jari atau berbincang dengan temannya. Saya menghargai cara guru menangani hal ini dengan tenang, yaitu memindahkan anak yang mengobrol untuk duduk di dekatnya. Tindakan ini mencerminkan pendekatan disiplin yang lembut. Selain itu, penggunaan permainan tepuk dan pemberian reward juga menjadi cara yang baik untuk menarik perhatian anak dan membiasakan mereka lebih disiplin dengan cara yang menyenangkan.

  3. Alhamdulillah dalam video ini menunjukkan bahwa permasalahan anak gobrol dalam kelas saat kegiatan pembelajaran biasa terjadi , dan tindakan yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah sangat tepat menurut saya dan bisa di praktekkan di sekolah.

  4. Nama : Dede Nurul Komaria
    NIM : 877623188
    UPBJJ Bandar Lampung

    Situasi dimana anak mengobrol satu sama lain pada saat pembelajaran berlangsung didalam kelas, menurut Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc. Bidang Keahlian Perkembangan Anak, mengatakan bahwa situasi seperti itu kerap terjadi, dan untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat mengubah strategi pembelajaran didalam kelas.
    Contoh kasus pada video adalah saat guru sedang melaksanakan kegiatan bercerita menggunakan media buku cerita, guru dapat mengubah strategi pembelajaran seperti,
    a. guru dapat menghentikan kegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan keadaan kelas.
    b. guru dapat memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    c. guru dapat memberikan posisi kepada anak yang tadi mengobrol didekat atau di paling depan dekat dengan guru.
    d. guru dapat melibatkan anak dalam proses bercerita.
    e. guru dapat memberikan apresiasi kepada anak yang mampu memperbaiki perilakunya atau berperilaku baik selama pembelajaran.

  5. Nama : Tita Lisyani
    NIM 857586616
    alhamdulillah saya sangat terbantu dari Tayangan video ini, insyallah saya dapat mempraktikannya dikelas saya.

  6. Nama: Munfaridah
    Nim : 857585259
    Video tersebut sangat menginspirasi saya sebagai guru paud dalam menangani anak yang suka mengobrol ketika sedang kegiatan berlangsung.
    Cara tersebut dilakukan dengan
    a. Guru berhenti sejenak dalam kegiatan,agar suasana terkondisikan
    b.lalu anak yg mengobrol dipisahkan dengan anak yang memperhatikan
    c.posisikan anak yang suka mengobrol saat kegiatan didekat guru
    d. libatkan anak tersebut ke dalam kegiatan agar anak tersebut bisa lebih fokus
    e. Guru memberikan penghargaan kepada anak yang mau merubah perilakunya
    Hal tersebut semuanya tentunya sangat tepat untuk diterapkan pada anak usia dini. Karena kalau hanya disuruh diam dengan perintah saja tentu mereka kurang mempedulikannya.

  7. Nama: Munfaridah
    Nim : 857585259
    Video tersebut sangat menginspirasi saya sebagai guru paud dalam menangani anak yang suka mengobrol ketika sedang kegiatan berlangsung.
    Cara tersebut dilakukan dengan
    a. Guru berhenti sejenak dalam kegiatan,agar suasana terkondisikan
    b.lalu anak yang dipecah dengan anak yang memperhatikan
    c.posisikan anak yang suka menjangkau saat kegiatan didekat guru
    d. libatkan anak tersebut ke dalam kegiatan agar anak tersebut bisa lebih fokus
    e. Guru memberikan penghargaan kepada anak yang mau mengubah perilakunya
    Hal tersebut semuanya tentunya sangat tepat untuk diterapkan pada anak usia dini. Karena kalau hanya disuruh diam dengan perintah tentu saja mereka kurang mempedulikannya

  8. video tersebut sangat bermanfaat bagi saya. kondisi pada video sering terjadi, anak ngobrol di kelas saat pelajaran berlangsung. dengan strategi yang dilakukan oleh guru pada video, menunjukkan cara yang efektif untuk membuat anak berpartispasi dalam kegiatan di kelas. anak yang mengobrol di kelas akan sulit menerima pelajaran dengan baik. strategi yang dilakukan guru pada video menjadi contoh yang baik diterapkan di sekolah.

  9. Nama : Rahmayanti
    Nim :836044757

    Dari Video tersebut, saya seperti melihat suasana kelas tempat saya mengajar yang kadang-kadang seperti itu, anak-anak ribut dan bercerita sendiri pada saat KBM. Sebagai guru PAUD harus ekstra sabar, karena emosi bisa aja ngga terkontrol apalagi kalau ke sekolah ngga sarapan dulu😅.
    Dari video diatas saya mendapatkan tambahan ilmu atau cara untuk mengatasi anak yang ribut/berbicara di kelas saat KBM. Terimakasih GPO🙏

  10. Terimakasih dari cuplikan video tersebut diatas dapat membantu saya dalam memperdalam materi tentang mengadapi anak- anak yang sering mengobrol sendiri saat kegiatan KBM.
    Semoga bermanfaat.. Dan berbagi

Leave a Reply