silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Irnasari
    NIM : 858321691
    Tidak jarang sebagai pendidik taman kanak-kanak kita menemukan anak yang sedang mengobrol didalam kelas, hal tersebut harus kita tangani untuk menanamkan sikap moral baik kepada anak sejak usia dini. Saya sangat setuju dengan video diatas cara mengatasi anak yang sedang mengobrol dikelas saat PBM yaitu
    1. Menghentikan proses pembelajaran sejenak yang bertujuan untuk menenangkan suasana didalam kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Memposisikan anak didekat guru
    4. Libatkan anak dalam cerita atau proses belajar
    5. Tekankan kepada anak agar tidak mengulangi hal yang sama
    6. Dan terakhir memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Dari cara tersebut terlihat anak tidak mengobrol lagi tapi pada video tersebut saya juga menemukan kelemahannya yaitu pada saat anak diposisikan duduk didekat guru posisi tersebut menurut saya kurang pas karena nampak anak yang duduk didepan menghadap kearah temanya tidak bisa melihat buku cerita yang sedang diceritakan oleh Ibu guru, sehingga pada saat Ibu guru melanjutkan cerita anak yang mengobrol tersebut duduk menyandar didinding atau tembok. Menurut saya hal tersebut bisa dengan cara memposisikan duduk anak dekat dengan anak tapi buku cerita yang sedang dipegang oleh Ibu guru masih bisa terlihat oleh anak dengan mudah atau meminta anak untuk memegangkan buku agar anak tetap aktif mengikuti proses belajar mengajar

  2. Nama : Khairunnisa Anggraeni
    NIM : 877795832
    Menurut saya video yang ditampilkan sangatlah relevan dengan permasalahan yang sering terjadi di tempat saya mengajar. Alhamdulillah saya sudah menerapkan beberapa cara yang telah disampaikan pada video pembelajaran tersebut seperti menghentikan pembelajaran, melibatkan anak dalam kegiatan bercerita, menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama, dan memberikan reward. Melalui video ini menambah pengetahuan saya dalam mengatasi permasalahan anak yang mengobrol saat pembelajaran.

  3. Suryani
    Nim : 857958475
    Jurusan/sem : PGPAUD/ 8
    Video diatas bisa menjadi alternatif dalam mengatasi persoalan yang sama yang terjadi di kelas.
    Mungkin perlu ditambah dengan pembuatan aturan main yang melibatkan anak, saat akan melaksanakam kegiatan
    membaca buku cerita serta perlu memakai ice breaking disela – sela kegiatan bercerita, karena memang konsentrasi anak usia dini masih pendek

  4. Nama : I Gusti Ayu Ketut Sri Wahyuni
    NIM : 859042828
    UPBJJ : Denpasar

    Salah satu masalah yang sering dihadapi guru di kelas adalah anak yang mengobrol di kelas saat guru melakukan pembelajaran. Dari video diatas kita dapat mengetahui langkah-langkah yang dapat diambil apabila hal tersebut terjadi yaitu menghentikan sementara kegiatan sampai keadaan tenang, mendekati anak yang sedang mengobrol lalu memisahkannya dengan anak yang sedang belajar, memindahkan posisi duduk anak yang mengobrol yaitu di depan dekat dengan guru, melibatkan anak dalam kegiatan yang sedang dilakukan, menjelaskan kepada anak tentang peraturan saat mengikuti kegiatan, dan memberikan pujian kepada anak apabila anak mau mengikuti pembelajaran dengan baik.
    Langkah-langkah tersebut dapat dijadikan alternatif solusi dalam menghadapi anak yang mengobrol saat pembelajaran, dari video diatas kita juga dapat mengetahui bahwa jika membiarkan anak yang mengobrol di dalam kelas dapat mempengaruhi proses pembelajaran di kelas serta mempengaruhi anak-anak lain yang sedang mengikuti pembelajaran

  5. Assalamualaikum, wr. wb
    nama : Salmariah
    NIM : 858618367

    dari video tersebut merupakan situasi yang sering ditemui guru dikelas, anak sibuk bercerita dengan teman disebelahnya, tanpa memperhatikan apa yang guru sampaikan, situasi ini akan menghambat kegiatan, karena guru harus mengulang dan sehingga tujuan dari kegiatan tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan. dalam video tersebut, guru mengambil langkah – langkah sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari menegur anak yang asik bercerita, mengubah metode membaca buku dengan lebih melibatkan anak dalam membaca buku, guru juga mengambil langkah untuk memisahkan anak yang bercerita dan ditempatkan dekat dengan guru sehingga bisa lebih fokus untuk mendengarkan apa yang guru sampaikan.
    solusi yang dipraktekkan dalam video tersebut dapat dijadikan panduan untuk dipraktekkan dikelas. sehingga suasana dikelas dapat lebih kondusif

  6. DINA MELISA PUTRI / 857728772
    video tersebut menampilkan cara bu guru mengatasi anak yang mengobrol di kelas. yaitu dengan merubah strategi pembelajaran:
    1. menghentikan sejenak kegiatan,
    2. memisahkan anak yang mengobrol,
    3. anak yang mengobrol dipersilahkan duduk di samping guru,
    4. libatkan anak dalam kegiaan belajar
    5. tekankan agar anak tidak mengulangi mengobrol
    6. berikan reward kepada anak yang berhasil berhenti mengobrol

  7. Video ini sangat bermanfaat karena memberikan solusi praktis yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK. Dalam usia ini, kemampuan mengontrol diri anak memang masih berkembang, sehingga wajar jika mereka sering mengobrol saat kegiatan belajar berlangsung.
    Saya setuju dengan beberapa strategi yang disampaikan, misalnya:
    1. Guru dapat menghentikan kegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan keadaan di dalam kelas.
    2. Guru dapat memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    3. Guru dapat memberikan posisi kepada anak yang tadi mengobrol didekat guru atau di paling depan dekat dengan guru.
    4. Guru dapat melibatkan anak dalam proses bercerita.
    5. Guru dapat memberikan apresiasi kepada anak yang mampu memperbaiki perilakunya di dalam kelas atau berperilaku baik selama pembelajaran berlangsung

  8. NAMA: JUSNIAH
    NIM: 859433211

    Setelah mengamati video di atas, guru sangat kreatif dalam mengelola pembelajaran melalui kegiatan membacakan buku cerita dengan tepat sehingga dapat mengatasi permasalahan anak yang suka ngobrol di kelas. Membacakan buku cerita adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk mengatasi kebiasaan anak suka mengobrol di kelas. Kuncinya adalah memilih buku yang menarik secara visual dengan cerita sederhana, lalu menciptakan suasana membaca yang kondusif seperti duduk melingkar dan menggunakan variasi intonasi suara untuk membuat cerita lebih hidup. Selama membaca, libatkan anak secara aktif dengan mengajukan pertanyaan, meminta mereka menebak, atau meniru gerakan, sehingga fokus mereka teralihkan dari mengobrol menjadi interaksi yang positif dengan cerita. Menjadikan aktivitas membaca rutin dan melanjutkannya dengan diskusi atau kegiatan terkait seperti menggambar akan memperkuat perhatian dan pemahaman mereka, sekaligus mengajarkan kapan waktu yang tepat untuk berbicara dan mendengarkan.

  9. Nama : DINA AFRIANI
    NIM : 858296226

    Menurut saya tentang video diatas memberikan wawasan yang sangat bermanfaat, khususnya dalam memahami bagaimana guru seharusnya merespons perilaku anak yang tampak “mengganggu” namun sebenarnya merupakan bagian dari proses sosial-emosional mereka. Pendekatan yang ditunjukkan dalam video ini sangat relevan dan aplikatif untuk diterapkan di kelas PAUD, terutama karena menempatkan anak sebagai individu yang sedang belajar—bukan sebagai “pengganggu”. Video ini sekaligus mengingatkan saya bahwa peran guru PAUD tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator emosi dan pembimbing sosial anak.

  10. Nama : Putri Alva Rini Rizki
    NIM : 877656921

    Hal ini banyak di temukan terutama di kelas saya dan dalam video ini di berikan beberapa cara menghadapi anak yang mengobrol di kelas yaitu :
    1. Menghentikan proses pembelajaran sejenak yang bertujuan untuk menenangkan suasana didalam kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Memposisikan anak didekat guru
    4. Libatkan anak dalam cerita atau proses belajar
    5. Tekankan kepada anak agar tidak mengulangi hal yang sama
    6. Dan terakhir memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya
    Saya sangat setuju dengan cara yang di berikan. Beberapa di antaranya sudah saya terapkan di sekolah terutama memisahkan anak yang mengobrol dan yang fokus belajar.

Leave a Reply