silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Permasalahan anak yang mengobrol saat pembelajaran sering kali ditemukan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan tersebut harus segera diatasi oleh guru, karena apabila permasalahan tersebut terus terjadi maka tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan optimal. Dalam mengatasi permasalahan anak yang mengobrol saat pembelajaran guru perlu menerapkan beberapa strategi pembelajaran antara lain yaitu:
– Guru menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
– Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang tidak mengobrol
– Mengajak anak yang mengobrol untuk berada di posisi dekat dengan guru
– Libatkanlah anak pada saat proses pembelajaran berlangsung
– Guru perlu memberikan peringatan kepada anak untuk tidak melakukan lagi perilaku tersebut
– Memberikan reward kepada anak yang sudah memperbaiki perilakunya.
Nama : Attaqouz zamroh
Nim : 877696774
setelah menonton dan mengamati video ini saya bisa belajar bagaimana mengatasi permasalahan anak ketika mengobrol di kelas dengan berbagai cara yang sudah di praktikkan di video ini sehingga dapat diterapkan pada kelas tempat saya mengajar ketika menghadapi anak mengobrol dapat diatasi dengan berbagai cara yang sudah dicontohkan pada video disini.
Dari Video yang disampaikan membantu kami para pendidik dalam menangani permasalahan yang serupa, anak mengobrol saat kegiatan itu sering terjadi di kelas apabila permasalahan tersebut dibiarkan maka indikator pembelajaran tidak dapat tercapai dengan optimal. Strategi yang disampaikan dalam video ini sudah sangat sesuai dengan pendekatan pembelajaran anak usia dini. Guru tidak langsung memarahi anak, tetapi menggunakan pendekatan yang lembut, anak ditenangkan dulu, melibatkan anak untuk aktif berinteraksi, memisahkan anak yang ngobrol untuk dekat dengan guru, icebreaking dan tepuk2 tangan. merupakan salah satu pendekatan yang bisa mengembalikan fokus anak.
Nani Maulani
87779585
Dari video ini saya belajar cara mengatasi anak yang mengobrol ketika belajar di kelas, salah satunya dengan cara menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan anak agar fokus kembali bisa dengan ice breaking atau tepuk-tepuk lalu pisahkan anak yang mengobrol dan duduk dekatkan dengan guru. Cara ini sangat bermanfaat sekali
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Nama : Neni Yuniati
Nim : 856823522
Pokjar : mukomuko
Izin menanggapi video diatas
Judul dari video diatas adalah anak ngobrol saat PBM,hal ini sering terjadi apalagi anak tidak diajak berkomunikasi langsung oleh guru nya. Dia akan asyik sendiri dan mengabaikan lingkungan sekitar. Strategi yang diterapkan pada pembelajaran ini saya sangat setuju terutama pada guru memberikan apresiasi kepada anak tersebut karena bisa membuat anak bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Assalamualaikum wr wb.
Nama : Anita Armiyati
NIM : 856306582
Vidio diatas sangat bermanfaat bagi kita karena menggambarkan kejadian yang umum terjadi di sekolah-sekolah. solusi yang diberikan pada vidio diatas sangat mengapresiasi bagi guru karena dalam menghadapi anak tidak harus dengan memarahan anak, tetapi dengan pendekatan positif seperti mengubah trategi pembelajaran.
Assalamualikum
Nama : Holidatul Munaroh
Nim : 856876515
setelah memperhatikan dan mendngarkan video diatas, saya mendapatkan ilmu baru bagaimana menagani anak yang suka bercerita saat guru didepan menjelaskan dan berbicara didepan. terimaksih
Dalam video ini membantu ara guru bagaimana cara menangani permasalahan yang sering muncul ketika sedang proses pembelajaran. Setiap kegiata pasti ada anak yang ribut dengan temannya entah karena bosa, kurang fokus atau sekadar jahil dengan temannya. Cara pemecahan masalah yang disampaikan dalam video sudah sangat baik sesuai dengan pendekatan kepada anak usia dini, guru tidak langsung memarahi, tetapi berkomnikasi dengan anak yang membuat ribut, kemudian memisahkan dengan anak yang lain, setelah itu dicari solusi damai diantara keduanya. Guru tidak langsung memarahi dan menghakimi anak, tetapi menggunakan pendekatan yang lembut, anak ditenangkan dulu, icebreaking dan tepuk2 tangan sehingga anak tidak akan merasa diadili di satu pihak. Hal ini merupakan salah satu pendekatan dan cara untuk bisa memfokuskan anak kembali pada suatu kegiatan.
Nama : Endang Ernawati
NIM: 860091404
Pada vidio ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru paud dalam menghadapi anak anak yang ribut pada saat belajar dengan seperti memisahkan anak, memberi riward dll tanpa harus memarahi anak kita bisa mengkondisikan kegiatan anak dengan aman/nyaman.
nama =evrita hunaidah
terimakasih atas video pembelajarannya, setelah memperhatikan video ini kami dapat belajar bahwa cara agr anak tidak ngobrol sendir salah satunya adalah dengan menghentikan kegiatan dan membatu mengatasi anak-anak yang sedang rame sendiri, kadang kita sebagai seorang pendidik terlalu fokus pada anak-anak yang di bagian depan