silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Video yang ditayangkan tersebut menampilkan cara dan solusi seorang guru dalam menghadapi permasalahan anak yang mengobrol pada saat proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut memberikan contoh dalam menggugah langkah-langkah dan strategi pembelajaran di dalam kelas yang sangat baik. Adapun langkah-langkah dan strategi yang ditunjukkan guru tersebut yaitu :
1. Menghentikan sejenak kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol di dekat guru
3. Anak yang mengobrol tadi dipindahkan posisi duduknya di dekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita dan proses belajar mengajar yang disampaikan guru
5. Menyampaikan dan menekankan kembali agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Memberikan perhargaan dan apresiasi kepada anak jika dapat memperbaiki
Dengan diterapkannya langkah-langkah dan strategi tersebut maka kegiatan pembelajaran di kelas dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
RUSIDAH
NIM. 858136264
Assalamu’alaikum wr wb.
Ijin memberikan komentar video
Video yang ditayangkan tersebut menampilkan cara dan solusi seorang guru dalam menghadapi permasalahan anak yang mengobrol pada saat proses pembelajaran di dalam kelas. Guru tersebut memberikan contoh dalam menggugah langkah-langkah dan strategi pembelajaran di dalam kelas yang sangat baik. Adapun langkah-langkah dan strategi yang ditunjukkan guru tersebut yaitu :
1. Menghentikan sejenak kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol di dekat guru
3. Anak yang mengobrol tadi dipindahkan posisi duduknya di dekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita dan proses belajar mengajar yang disampaikan guru
5. Menyampaikan dan menekankan kembali agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Memberikan perhargaan dan apresiasi kepada anak jika dapat memperbaiki
Dengan diterapkannya langkah-langkah dan strategi tersebut maka kegiatan pembelajaran di kelas dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon ijin menanggapi video ini, saya Laelatul Nurul Fadhilah dengan NIM. 857632261
Dalam video ini menjelaskan bagaimana cara kita sebagai guru dalam mengatasi Anak yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Video ini cukup membantu dengan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru saat hal itu terjadi. Strategi ini bisa kita terapkan juga di kelas ketika ada permasalahan yang serupa ataupun sama.
Demikian tanggapan saya, terimakasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada video diatas sangat membantu para guru tk karena dijelaskan secara rinci, singkat dan disertakan contoh bagaimana langkah-langkah menangani anak yang bicara didalam kelas pada saat kegiatan belajar. Sehingga kita dapat menerapkan di kelas kita
Natalia Ariyani
858006194
Judul Video: anak gobrol di kelas saat PBM
Anak-anak mengobrol pada saat kegiatan pembelajaran sering terjadi di sekolah. Video ini menjelaskan cara mengatasi ketika ada anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran, guru mempunyai kepekaan yang baik terhadap situasi yang sedang terjadi dan memikirkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan masalahnya. Guru terlihat tenang tanpa ada perasaan marah kepada anak yang mengobrol. Anak-anak didekatkan dengan guru dan dilibatkan dalam kegiatan. Guru juga memberikan apresiasi kepada anak-anak yang sudah berhasil mengikuti kegiatan dengan baik. Hal ini tentu bisa menjadi teladan bagi anak-anak bagaimana cara guru menyelesaikan masalah tanpa harus menunjukkan rasa marah.
Saya sangat terinspirasi dari video tersebut, terutama dalam cara menangani anak yang suka mengobrol dikelas saat kegiatan belajar berlangsung. pendekatan dengan guru memberitahu anak secara halus, memindahkan mereka untuk duduk dekat guru, serta melibatkan anak dalam kegiatan mengajar merupakan strategi yang bagus dan efektif. tidak hanya membantu anak untuk fokus dikelas, tetapi juga membuat anak dilibatkan dan berperan didalam kelas. Dikelas saya juga menerapkan pendekatan yang serupa. Saya mengajak anak-anak untuk aktif dalam kegiatan didalam kelas sehingga perhatian anak mudah diarahkan. saat membahas materi grace and coutesy, saya membuat kegiatan khusus tentag cara berbicara bergantian. Anak-anak hanya boleh berbicara jika sedang memegang boneka khusus, sementara yang lainnya belajar unutk mendengarkan. Metode ini juga cukup efektif untuk melatih kesabaran, kemampuan mendengar, dan menghargai giliran orang lain saat berbicara, serta membantu mereka lebih fokus saat guru mendengarkan.
nama hikmah
nim 858328662
video diatas sangat mudah dipahami dan benar- benar selalu ada terjadi ketika dikelas paud khusunya , dsana mengajarkan cara mengatasinya bagaimana ? dan itu adalah metode yang sangat ampuh untuk mendisiplinkan anak ketika berbicara saat kegiatan berlangsung .
Nama : Ariana
Nim : 856588742
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Video sangat menginspirasi bagaimana cara menghadapi anak yang suka mengobrol saat pembelajaran berlangsung menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Guru memberikan reward terhadap anak yang mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dapat memotivasi anak-anak lain untuk mengikuti aturan yang ada.
Terima kasi