Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama: Rizky Amalia
    NIM: 858161419

    Saya pun melakukan hal-hal tersebut saat menangani anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut cukup efektif untuk kembali mendapat atensi anak dan membuat suasana kelas menjadi kondusif kembali.

  2. aisyah nur sayyidatun nisa_858859972
    mohon ijin memberi tanggapan atas video pembelajaran diatas
    judul “mengatasi anak mengobrol dalam kelas saat pembelajaran berlangsung”
    menurut saya yang sudah disampaikan di dalam video sudah baik
    1. menghentikan pembelajaran sejenak
    2. menenangkan anak yang mengobrol
    3. mengajak anak yang ngobrol duduk di samping guru
    4. melibatkan anak yang ngobrol dalam pembelajaran
    5. memberi reward anak yang mengubah perilakunya
    hal tersebut bermanfaat untuk saya karena memang seringkali terutama anak susah fokus dan memang kualitas fokus anak tidak sebesar orang dewasa, sehingga harus sabar dan guru kreatif dalam menarik minat belajar anak. mungkin saran saya bisa ditambahkan untuk menarik fokus anak kembali dengan misalnya tepuk fokus atau anak dimotivasi sebelum memulai aktivitas agar timbul niat untuk mendengarkan pendidik.

  3. Nama : Nurul Aliya Rosyida
    NIM : 858732356
    Program Studi : PGPAUD-BI

    a. Identitas Video:
    • Judul : Anak Ngobrol di Kelas Saat Pembelajaran
    • Nama pengembang video: Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
    • Lokasi : Di dalam kelas Taman Kanak-Kanak
    • Kelompok anak dalam video: Kelompok A
    • Ringkasan materi dalam video:
    Dalam video tersebut menjelaskan tentang cara mengatasi anak yang “ngobrol” di kelas. Kegiatannya yaitu guru bercerita tentang “Anjing dengan Bayangannya”, saat guru bercerita ada beberapa anak yang mengobrol di kelas sehingga dapat mengganggu situasi kelas jadi kurang kondusif. Solusi yang dapat dilakukan guru diantaranya yaitu:
    1) Menghentikan sejenak kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas
    2) Memberikan variasi permainan, misalnya permainan tepuk;
    3) Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang fokus belajar, dan memposisikan anak yang mengobrol ke dekat guru,
    4) Melibatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru,
    5) Memastikan agar anak tidak mengulangi lagi,
    6) Memberikan reward kepada anak jika dapat memperbaiki perilakunya.

    b. Yang dilakukan Guru sudah betul, seperti halnya saya biasanya juga melakukan demikian. Guru dalam Video tersebut sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini karena sudah memberikan tindakan kepada anak yang ngobrol di kelas saat pembelajaran, sehingga anak tersebut dapat lebih tenang dan mengikuti kegiatan pembelajaran kembali. Diantaranya prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak, yaitu: komprehensif, keterandalan/reliabilitas, kesahihan/validitas, objektif, kontinyu/berkesinambungan, bermakna.
    c. Pendapat saya mengenai hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut yaitu:
    1) Posisi duduk anak sebaiknya melingkar agar suara guru dapat terjangkau oleh semua anak.
    2) Guru belum menerapkan variasi permainan (ice breaking) untuk mengkondisikan kelas, misalnya permainan “tepuk konsentrasi” sehingga konsentrasi anak akan kembali fokus kepada guru.

  4. Rahayu Firdausi Nuzula
    NIM 858797501

    dalam kasus seperti ini, ada 2 kemungkinan mengapa anak tidak memperhatikan. pertama, anak bosan dengan guru yang bercerita satu arah. Yang ke 2 kurangnya media bercerita yang digunakan sehingga anak kurang tertarik mendengarkan cerita guru. Beberapa kegitan ice breaking bisa digunakan untuk mendapatkan perhatian awal anak.

  5. Nama : Anik Mariyam
    NIM : 858868133
    Prodi : PGPAUD-S1
    Video tentang “Anak Yang Ngobrol Didalam Kelas saat PBM”
    Setelah saya melihat video tersebut, ada beberapa anak yang sedang ngobrol dengan temannya dan ada yang sedang mendengarkan cerita guru, Untuk anak yang ngobrol (merasa bosan dengan cerita guru yang kurang menarik, tempet duduk yang kurang nyaman juga bisa mempengaruhi anak dan guru dalam bercerita), guru sebaiknya duduk dilantai bersama murid2nya, sehingga anak juga bisa melihat buku yang sedang di buat sebagai alat media bercerita. Strategi yang diberika dalam video tersebut sangat membantu dan dapat digunakan dalam melanjutkan proses bercerita yang sdang berlangsung, terimakasih GPO.

  6. Nama : Marliah
    NIM. : 858735724

    Judul :Anak ngobrol dikelas saat pembelajaran.
    Dari video diatas beberapa hal yang dapat dilakukan selain tindakan guru tersebut diatas adalah sebagai berikut:
    1).perlu adanya guru pendamping untuk membantu mengkondisikan murid saat proses pembelajaran karena jumlah murid melebihi jumlah kapasitas 1 guru.
    2).gunakan metode bercerita yang menyenangkan seperti sajikan dalam bentuk film atau video bisa dengan menggunakan alat peraga sehingga akan membuat minat atau fokus anak lebih terarah.
    3).memberi kesempatan atau waktu anak mengobrol terlebih dahulu untuk meluapkan emosinya sehingga nantinya akan lebih fokus .
    4).buat peraturan sebelum kegiatan bercerita dimulai.
    5).berikan pertanyaan pemantik untuk mengalihkan fokus anak.
    6).memberikan pujian dan reward kepada anak yang bisa fokus selama pembelajaran.

  7. NAMA : TITIN MAESAROH
    NIM : 857606377

    Tanggapan saya tentang video diatas :
    1. Pola duduknya mungkin bisa lebih terartur atau dapat juga dibuat melingkar agar anak lebih dapat melihat dengan jelas atau akses penglihatannya terhadap guru lebih jelas.
    2. Saya sangat setuju dengan metode yang digunakan , mendekati anak yang sedang mengobrol, menegur bahwa itu salah, membawa kedepan dekat dengan guru, dan melibatkan siswa tersebut dalam cerita, dan memberikan reward ketika anak tidak mengulangi lagi perbuatannya.

    terimaksih……..

  8. Nama : Dian Karmilasari
    NIM : 857977769
    Prodi : PGPAUD
    Apa yang sudah guru lakukan menurut saya sudah sangat tepat, mulai dari berhenti bercerita sejenak lalu memisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang ingin fokus ke bu guru, mendekatkan anak yang ngobrol dengan bu guru, melibatkan anak saat kegiatan bercerita, memastikan anak untuk berjanji agar tidak mengulanginya lagi dan memberikan reward kepada anak. Akan tetapi menurut saya alangkah lebih menarik apabila guru dalam membacakan cerita berada di tengah dan anak duduk melingkari guru, dan jangan lupa untuk membuat kesepakatan bersama dengan anak sebelum membacakan cerita, seperti ketika bercerita anak harus mendengarkan, apabila ada yang ngobrol cerita tidak dilanjutkan.

  9. NAMA: YULIATI
    NIM : 857843383
    Tanggapan saya mengenai video tentang Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran adalah uapaya yang dilakukan guru sangat benar yakni berhenti bercerita kemudian menghampiri anak yang mengobrol tadi lalu memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang fokus belajar. memindahkan tempat duduk anak yang mengobrol di dekat guru, melibatkan anak yang mengobrol di daqlam kegiatan cerita atau belajar. Menekankankan anak agar tidak mengulangi lagi. Memberikan reward jika anak tersebut dapat memperbaiki perilakunya.

  10. Nama : khalimatussa’diah
    Nim : 858307415
    Tanggapan saya tentang video tersebut, menurut saya cara ibu guru tersebut dalam mendongeng sdah bagus, tambahan dari saya mungkin bisa mengatur posisi duduk dengan melingkar dan guru berdiri ditengah dan harus disertai dengan gerak tubuh yang aktif dan melibatkan anak2 misalnya menirukan suara hewan yang ada di dongeng tersebut.
    Benar sekali seperti yang disebutkan dalam video tersebut, anak yang ngobrol ketika dalam proses pembelajaran biasanya akan lebih berbicara jika kita tidak memfokuskan pada anak tersebut, biasanya yang saya lakukan memberhentikan sebentar pembelajaran dan diam. Dengan sendirinya anak tersebut akan diam.. barulah dilakukan sedikit tanya jawab dan jika situasu sdh membaik maka saya akan melanjutkan pembelajaran saya. Cara ini cukup efektif dilakukan terhdap anak yang suka ngobrol dalam pembelajaran.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/