Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama: Gabriela
    Nim: 859413456
    Pokjar: Makassar

    Berdasarkan video yang ada diatas, sya menanggapi bahwa apa yg telah guru tersebut lakukan untuk mengatasi anak yang bercerita saat PBM sudah sangat baik.
    Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, posisi duduk anak didik sebaiknya sebelum kegiatan bercerita dilakukan perlu guru untuk mengatur posisi duduk anak. Dan sebaiknya perlu dibantu oleh seorang guru pendamping

  2. NAMA : KHOIRUL UMROH
    NIM : 858731401

    2. Judul Vidio : Anak ngobrol dikelas saat pembelajaran
    3. Kelebihan asesmen dikelas yaitu :
    – Cerita yang disampaikan oleh guru sudah jelas
    – Guru menyampaikan ceritanya dengan menirukan suara binatang
    a. Proses pembelajaran yang dilakukan guru yaitu :
    – Guru membacakan Judul cerita
    – Guru membacakan naskah ceritanya
    – Guru menghentikan ceritanya dan memisahkan anak yang sedang fokus belajar dengan anak yang bercerita sendiri
    – Setelah anak sudah bisa dikondisikan guru melanjutkan ceritanya
    b. Setting kelas dalam vidio sudah baik, dalam sudut baca dapat dijangkau anak-anak

    4. Gambaran singkat mengenai video
    Judul vidio: Anak ngobrol dikelas saat pembelajaran
    – Pada saat pembelajaran, guru membacakan cerita kepada anak-anak tetapi beberapa anak ada yang asik mengobrol
    Cara yang digunakan untuk mengatasi anak yang sedang mengobrol saat pembelajaran yaitu :
    – Guru menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    – Mengajak anak berdiri/memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    – Posisikan anak yang sedang mengobrol tadi didekat guru
    – Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar yang disampaikan
    – Berikan penghargaan kepada anak ketika anak dapat memperbaiki perilakunya

  3. Nama : Listiana
    NIM : 858703577
    Pokjar : kalijaga Tuban
    Prodi : PGPAUD SI
    Judul : Anak mengobrol saat KBM
    Ringkasan materi : Ada beberapa anak yang asik mengbrol sendiri disaat ibu guru sedang bercerita. Yang dilakukan guru tersebut yaitu:
    1. Menghentikan kegiatan dan menanyai langsung ke anak yang berbicara
    2. Memisahkan anak yang berbicara dan mengajak anak tersebut duduk di dekat guru
    3. Melibatkan anak dalam kegiatan membaca
    4. Mengingatkan lagi anak yang mengobrol untuk tidak mengulangi lagi
    5. Memberikan reward kepada anak yang paling tertib dalam kegiatan membaca

    Dalam video tersebut Ibu guru telah menerapkan prinsip assesmen dan evaluasi yaitu prinsip validitas. Dengan melalukan beberapa cara di atas, prinsip dari validitas terpenuhi. Anak yang mengobrol dengan mengajak duduk di depan guru cenderung lebih fokus untuk mendengarkan. Kemudian prinsip berkesinambungan, dengan mengingatkan untuk tidak mengulangi lagi, maka di saat anak tersebut kan mengobrol lagi, maka dia akan mengingat janji apa yang telah dia sampaikan kenapa ibu guru.

    Namun menurut saya ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu guru dalam mengatasi anak berbicara sendiri di saat guru bercerita. Yaitu antara lain:
    1. Sebelum membacakan cerita, bu guru bisa memilih topik cerita yang anak-anak minati, dengan menanyakan buku apa yang ingin mereka dengar.
    2. Membagi menjadi dua kelompok atau beberapa agar lebih fokus lagi
    3. Menggunakan alat bantu peraga di saat bercerita, misalnya boneka tangan, boneka jari atau tokoh gambar lainnya.

  4. NAMA :ALIF YULIANTI
    NIM : 858738515
    Prodi : PGPAUD-BI
    Judul Video : Anak Ngobrol diKelas saat PBM

    Setelah saya melihat dan memahami tayangan video “Anak Ngobrol diKelas saat PBM” maka sebenarnya apa yang dilakukan guru untuk menghentikan anak ngobrol sudah bagus.
    *Kelebihannya ;
    -Guru menyampaikan cerita dengan jelas,semangat dan penuh kasih sayang
    -Guru mampu mengatasi anak yang ngobrol dan membuat kelas menjadi kondusif
    *Kelemahannya:
    – Guru pada awalnya belum menata posisi duduk anak – anak ketika mendengarkan cerita sehingga anak terlihat bergerombol dan gaduh.
    – Buku cerita/media cerita yang digunakan guru apabila lebih besar bisa lebih mudah dilihat oleh anak
    *Proses Pembelajaran yang dilakukan guru:
    -Guru menyebutkan judul cerita didepan anak – anak
    -Guru bercerita didepan anak – anak dengan penuh semangat
    -Guru menghentikan cerita ketika ada anak yang ngobrol sendiri
    -Guru membuat kelas menjadi kondusif lagi
    -Guru melanjutkan cerita hingga anak – anak merasa senang
    *Setting kelas dalam video : dibuat nyaman sesuka anak
    Terimakasih

  5. Nama: RENITA ARGIN PUSPITA FIDURI
    Nim: 858844808
    Pokjar: BANDUNG TULUNGAGUNG

    Judul video: anak ngobrol di kelas saat PBM
    Banyak sekali masalah di dalam pembelajaran yaitu salah satunya anak yang suka mengobrol di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Mungkin akan ada 1-3 anak atau lebih akan mengobrol dengan temannya padahal sedang ada guru yang menjelaskan pelajaran di depan. Seakan-akan dia acuh dan tidak mau mendengarkan apa yang di sampaikan oleh guru.
    Maka dengan begitu masalah itu bisa di atasi dengan cara:
    1. Guru harus memberikan cerita yang menarik kepada anak.
    2. Mengubah strategi pembelajaran guru di kelas.
    3. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar.
    Kelebihan dari video di atas:
    1. Penyampaian informasi sangat jelas dan mudah di pahami.
    2. Cara guru bercerita juga sangat jelas
    3. Guru dapat mengatasi anak yang mengobrol sehingga kelas menjadi kondusif kembali.
    – kelemahannya:
    1. Kurangnya ketelitian pada cara duduk anak-anak
    2. Buku cerita/media yang di gunakan kurang besar sehingga anak agak susah untuk melihat nya.

  6. Nama : SALMIAH
    Nim : 859403416
    Judul Vidio : Anak ngobrol di kelas saat PMB
    Dalam Vidio tersebut ibu guru sedang bercerita,tetapi ada anak yang sedang mengobrol dengan temannya.untuk mengatasi hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk,memisahkan anak yang suka mengobrol ke depan guru, memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi
    Saran saya sebaiknya guru mengatur posisi duduk anak seperti posisi melingkar sehingga saat bercerita anak akan lebih fokus kepada guru

  7. Nama : Nur Azizah
    NIM : 857760528
    Prodi : PG PAUD
    Judul : Anak Ngobrol di kelas saat PBM

    Vidio Tersebut secara keseluruhan guru sudah baik dalam memberikan pembelajaran, guru bercerita dengan ekspresif dan intonasi yang jelas. cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas juga sudah bagus yaitu mengubah strategi pembelajaran dengan menghentikan sejenak pembelajaran dan memisahkan anak yang sedang asyik ngobrol, memposisikan anak di depan guru, memperlihatkan gambar yang dibacakan, memberikan aturan main dan memberikan reward.
    mungkin menurut saya selain beberapa cara tersebut ada cara lain dalam mengatasi anak yang ngobrol di kelas yaitu :
    1.posisi duduk anak hendak nya di buat melingkar, agar anak bisa lihat satu arah ke guru
    2.gunakan alat peraga agar cerita tersebut lebih menarik
    3. hendaknya dibuat aturan kelas terlebih dahulu sebelum bercerita
    4. sebelum bercerita guru hendaknya memberikan ice breaking terlebih dahulu misal dengan tepuk dll

  8. Nama : Ima suci rahayu
    Nim : 858703735

    Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut menurut pendapat dan pengalaman saya pribadi selama mengajar memang sering kali hal tersebut terjadi yaitu anak masih sering mengobrol Dengan temanya saat PBM hal yang saya terapkan di lembaga saya saat situasi seperti itu yaitu :

    – Mengajak anak untuk tepuk atau bernyanyi terlebih dahulu supaya anak lebih fokus dan tertarik kepada kita
    – Memisahkan anak yang sudah fokus dan yang masih belum bisa fokus
    – Melibatkan anak dalam kegiatan main
    – Memberikan reward atau pujian terhadap anak setelah melakukan kegiatan main

  9. Nama : Anna Purwati
    Nim : 858162424
    Prodi : PG PAUD BI
    Judul video ” Anak Mengobrol dikelas saat PBM ”
    video tersebut menayangkan tentang Guru sedang bercerita di depan kelas, akan tetapi saat guru cerita ada anak yang mengobrol
    Kelemahan :
    -tidak adanya pembukaan proses awal pembelajaran
    -kurangnya peraga untuk dapat menarik minat anak
    -tidak adanya umpan balik antara guru dan anak
    – penataan kelas kurang kondusif
    Kelebihan nya :
    -Guru mampu mengambil tindakan. Pencegahan seperti memisahkan anak yang sedang mengobrol.
    -saat membaca cerita intonasi guru sangat menarik
    Sebaiknya guru memulai cerita dengan mengenalkan terlebih dulu gambaran dalam cerita anak untuk menarik minat anak serta penataan kelas agar anak menghadap guru dan tidak terhalang teman yg lain. Hendaknya guru membawa alat peraga bisa berupa boneka tangan dll.
    Pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yaitu dengan metode bercerita.

  10. Nurul Arijah Atrabina
    858172665
    Pokjar Waru Sidoarjo
    PGPAUD BI 2023.1
    1. https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/laboratorium-pembelajaran/pendidikan-anak-usia-dini/
    2. vidio yang di pilih bidang pengembangan sosial emosional, dengan judul “anak yang mengobrol di kelas saat PBM”
    3. a. Kelebihan proses pembelajaran guru
    – guru menghentikan cerita dan menghampiri anak yang sedang mengobrol dengan teman dan mengubah posisi duduknya yaitu dipisah tempat duduknya dan dekat dengan guru saat bercerita sudah merupakan cara yang baik.
    -guru menstimulus anak-anak dengan memberikan pertanyaan dari cerita yanng dibacakan.
    – guru menceritakan dengan menunjukkan gambar pada beberapa bagian halaman buku cerita agar menarik minat anak untuk mendengarkan.
    – anak cenderung tidak terlibat aktif di awal pembacaan cerita, seakan kurang tertarik dengan isi cerita yang dibacakan
    b. Kelemahan proses pembelajaran guru
    – media cerita kurang menarik minat anak, sehingga anak tidak tertarik pada cerita guru.
    – guru tidak mengkondisikan siswa dahulu, sehingga anak kurang fokus mendengarkan cerita.
    – guru langsung memberhentikan cerita saat didapati anak-anak banyak yang sedang mengobrol.
    4. Setting kelas = pembelajaran terjadi di dalam kelas dengan posisi duduk anak yang tidak teratur.
    5. Aspek perkembangan anak yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut yaitu aspek bahasa melatih kemampuan anak dalam berbicara menjawab pertanyaan guru ataupun menceritakan kembali isi cerita yang dibacakan oleh guru.
    6. Ringkasan Judul “Anak ngobrol di kelas saat PBM”
    Dalam pelaksanaan kegiatan bercerita tersebut peran guru cukup baik dalam menjalankan asesmen dengan berupaya membuat suasana kelas menjadi lebih kondusif, saat guru bercerita nampak anak sedang mengobrol dan bermain dengan temannya sehingga tidak memperhatikan guru saat bercerita. Guru menghentikan kegiatan pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dan memposisikan anak duduk dekat dengan guru, menggunakan media yang lebih menarik mungkin bisa menggunakan boneka tangan dengan nada atau intonasi yang berbeda-beda, melibatkan anak agar turut aktif dalam tanya jawab, mengatur posisi tempat duduk sedemikian rupa agar anak tidak ramai sendiri.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/