silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Umul lailanur
Nim : 858851835
Menurut saya vidio tersebut. Sebaiknya guru mengatur tempatnya dulu melingkar gitu guru ditengah tapi tidak duduk berdiri jadi anak akan sulit untuk main sendiri. Untuk mengatasi anak yang tidak mendengarkan dan main sendiri itu cukup bagus dengan memberikan hadiah pada anak yang mau menjawab pertanyaan guru. Anak yang tidak mendengarkan di suruh kedepan sambil berdiri agar tidak main sendiri.
Yuliana
Nim :859171634
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Tanggapan saya tenteng Vidio
pembelajaran “anak yang mengobrol dikelas saat pbm”
Kelemahan :
Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar sehingga jangkauan pandangan guru jadi lebih luas
Media bercerita yang digunakan guru terlalu kecil sehingga sulit untuk dilihat oleh anak, harusnya guru dapat menambahkan media bercerita yang lain seperti boneka tangan, gambar yang lebih besar
Anak – anak yang duduk pada bagian belakang sibuk sendiri dan ngobrol kurang diperhatikan guru
Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besar ataupun menggunakan menggunakan suara – suara yang menggambarkan karakter pada cerita tersebut.
guru dapat memberikan semangat pada anak dengan kegiatan bertepuk ataupun bernyanyi agar anak lebih antusias
kelebihan:sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak saat sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk sudah baik.
guru juga sudah melibatkan anak dalam cerita
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yuliana
Nim :859171634
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Tanggapan saya tenteng Vidio
pembelajaran “anak yang mengobrol dikelas saat pbm”
Kelemahan :
Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar sehingga jangkauan pandangan guru jadi lebih luas
Anak – anak yang duduk pada bagian belakang sibuk sendiri dan ngobrol kurang diperhatikan guru
guru dapat memberikan semangat pada anak dengan kegiatan bertepuk ataupun bernyanyi agar anak lebih antusias
kelebihan:sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak saat sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk sudah baik.
guru juga sudah melibatkan anak dalam cerita
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yuliana
Nim :859171634
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Tanggapan saya tenteng Vidio
pembelajaran “anak yang mengobrol dikelas saat pbm”
Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar sehingga jangkauan pandangan guru jadi lebih luas
Anak – anak yang duduk pada bagian belakang sibuk sendiri dan ngobrol kurang diperhatikan guru
guru dapat memberikan semangat pada anak dengan kegiatan bertepuk ataupun bernyanyi agar anak lebih antusias
kelebihan:sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak saat sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk sudah baik.
guru juga sudah melibatkan anak dalam cerita
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tanggapan saya setelah melihat video tersebut secara keseluruhan guru sudah baik dalam memberikan kegiatan pembelajaran, guru bercerita dengan intonasi yang jelas dan ekspresif. Cara guru dalam mengatasi anak yang ngobrol di kelas juga sudah bagus yaitu dengan cara mengubah strategi pembelajaran dengan menghentikan sejenak pembelajaran lalu guru memisahkan anak yang sedang asyik ngobrol lalu memposisikan anak di depan guru kemudian memperlihatkan gambar yang dibacakan serta memberikan aturan main dan memberikan reward.
Menurut pendapat saya selain beberapa cara tersebut ada cara lain dalam mengatasi anak yang ngobrol di kelas yaitu :
1. Posisi duduk anak lebih baik di buat bentuk melingkar supaya anak bisa lihat satu arah ke guru
2. Gunakan bermacam-macam alat peraga agar cerita tersebut lebih menarik
3. Aturan kelas lebih baik dibuat terlebih dahulu sebelum bercerita
4. Sebelum bercerita guru lebih baik memberikan ice breaking terlebih dahulu agar anak tambah bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut
Nama : Haninda Tyas Pertiwi
NIM : 857673719
Prodi : S 1PG PAUD
Tanggapan saya setelah melihat video tersebut secara keseluruhan guru sudah baik dalam memberikan kegiatan pembelajaran, guru bercerita dengan intonasi yang jelas dan ekspresif. Cara guru dalam mengatasi anak yang ngobrol di kelas juga sudah bagus yaitu dengan cara mengubah strategi pembelajaran dengan menghentikan sejenak pembelajaran lalu guru memisahkan anak yang sedang asyik ngobrol lalu memposisikan anak di depan guru kemudian memperlihatkan gambar yang dibacakan serta memberikan aturan main dan memberikan reward.
Menurut pendapat saya selain beberapa cara tersebut ada cara lain dalam mengatasi anak yang ngobrol di kelas yaitu :
1. Posisi duduk anak lebih baik di buat bentuk melingkar supaya anak bisa lihat satu arah ke guru
2. Gunakan bermacam-macam alat peraga agar cerita tersebut lebih menarik
3. Aturan kelas lebih baik dibuat terlebih dahulu sebelum bercerita
4. Sebelum bercerita guru lebih baik memberikan ice breaking terlebih dahulu agar anak tambah bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut
Nama:Netti Rahmayani
Nim:858750884
Apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik, berhenti bercerita sejenak dan menghampiri anak ngobrol di saat proses pembelajaran. Guru bisa mengatur tempat duduk anak dengan cara melingkar,sehingga anak dapat fokus mendengarkan apa yang disampaiakn guru. Selain itu guru bisa memilih alat peraga yang lain, seperti poster, bonekah tangan atau mungkin alat peraga yang lain agar anak tertarik dengan apa yang disampaikan oleh guru.
Nama: Asyiah Wafa
NIM: 858745528
Prodi: PGPAUD-BI
Judul Video: Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM
Oleh: Megawati Simanjuntak SP., M.Si.
Tanggapan saya tentang video “Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM”
-Kelemahannya:
1. Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar, sehingga jangkauan pandangan anak terhadap guru kurang luas.
2. Media bercerita yang digunakan guru terlalu kecil sehingga sulit dilihat oleh anak, harusnya guru dapat menambah media bercerita yang lain seperti boneka tangan, gambar yang lebih besar.
3. Beberapa anak yang duduk di belakang kurang diperhatikan, sehingga sibuk sendiri dan mengobrol.
4. Ekpresi dalam bercerita kurang dramatis dan intonasi suara kurang keras.
-Kelebihannya:
1. Guru berinisiatif dengan berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk sudah baik.
2. Guru juga sudah melibatkan anak dalam bercerita.
Nama : Kolis Setyani
Nim : 857725856
Prodi : PGPAUD AKPMM
ijin mengomentari video tersebut dalam kegiatan pembelajaran di video tersebut guru bercerita kepada peserta didik dalam hal kegiatan tersebut untuk posisi duduk di buat melingkar agar peserta didik dapat melihat jelas ketika guru bercerita untuk media bercerita hendak nya harus yang menarik anak misalnya buku cerita yang bergambar yang besar gambarnya menggunakan boneka tangan yang lucu agar anak penasaran dengan cerita nya intonasi kata kata yang mudah di pahami anak
Dalam video pembelajaran tersebut terihat anak-anak kurang antusias terhadap cerita yang dibacakan oleh guru, anak-anak asyik mengobrol sendiri dengan temannya. Jumlah anak terlalu banyak jika dipegang oleh 1 guru sehingga guru kurang bisa mengkondisikan kelas.