silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nim 857997785
Nama Mai Gemini
Upbjj jogjakarta
“Anak ribut dikelas saat pbm”
1.reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada saat anak ribut dikelas di jam kegiatan anak merasa kurang tertarik dan bosan pada kegiatan yang diberikan oleh guru sehingga anak mencari perhatian dan membuat keributan dikelas. Anak kurang merasa kurang diperhatikan oleh guru dan ada anak yang mempunyai sifat yang terlalu aktif berlarian didalam kelas belum terkondisikan .
2.kelemahanvguru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru kurang memahami kebutuhan anak dalam memilih kegiatan yang kreatif sehingga anak tertarik,kurang nya pendekatan terhadap anak yang suka berlarian didalam kelas,
3.kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru melakukan pendekatan kepada anak yang berlarian didalam kelas menanyakan maunya bagaimana juga memberi motivasi agar tidak ribut lagi didalam kelas, menghentikan sementara kegiatan dan mengalihkan perhatian anak yang berlarian tadi dengan menggunakan tepuk diam, memberikan kegiatan yang kreatif sehingga anak tertarik untuk melakukan dan melanjutkan kegiatan.
4.hal unik yang ditemukan dalam video tersebut guru harus penuh perhatian dan extra sabar dalam menghadapi anak yang aktif. Mereka harus dimotivasi untuk tidak ribut lagi.
5.upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelanaran berikutnya adalah guru menambah waktu kegiatan pembukaan sehingga anak lebih fokus dalam kegiatan inti , lebih kreatif dan inovatif dalam memilih kegiatan, extra sabar dan penuh perhatian kepada setiap anak didiknya.
Demikian pendapat saya terimakasih.
Nama : Muayyidatun Ni’mah
NIM : 857754871
Buat aturan kelas yang jelas tentang perilaku yang diharapkan, termasuk tentang berbicara di saat yang tepat. Jelaskan ekspektasi tersebut kepada anak-anak secara singkat dan sederhana maka anak akan mengikutinya
NIM :857846593
Nama : Retha Pasanggi Alfi
UPBJJ : 44 / Surakarta
Semester : 4
dalam proses belajar mengajar yang saya lakukan selama ini , memang tantangan paling terasa adalah menertibkan anak saat proses KBM berlangsung . sering kali anak terlalu asyik mengobrol dengan teman saat guru didepan menyampaikan pembelajaran . dari kutipan video diatas banyak ilmu yang dapat saya ambil ketika menghadapi permasalahan yang sama setiap harinya saat proses KMB berlangsung .
tips yang disampaikan cukup mudah untuk dipraktekkan , hanya butuh sedikit kesabaran .
seperti halnya dalam :
1.menghentikan proses pembelajran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2.memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan teman-temannya yang fokus belajar
3. memposisikan anak yang mengobrol berdekatan dengan guru . sehingga fokus anak akan kembali memperhatikan pembelajaran yang disampaikan
4. melibatkan anak dalam cerita yang dibawakan . meminta anak untuk menceritakan gambar yang disediakan pada buku cerita sesuai imajinasi anak . atau mengulangi cdrita yang sudah diceritkan oleh guru . sehingga anak-anak tidak akan punya waktu untuk mengobrol dengan temannya , dan akan fokus masuk kedalam cerita.
Namun tips yang dismpaikan tetap harus dilaksanakan dengan penuh kesabaran , karena terkadang anak-anak memiliki karakter yang berbeda-beda . ada yang patuh dengan intruksi dan ajakan guru dan ada pula yang tidak mau mendegarkan sama sekali .
sehubungan dengan video di atas, strategi yang dilakukan oleh guru sudah bagus, namun ada beberapa hal yang belum dilakukan seperti, kurangnya alat peraga atau media yang digunakan dan posisi duduk yang tidak tertata.
Sehubungan dengan video di atas, guru sudah melaksanakan strategi yang bagus. namun ada beberapa hal yang belum dilaksanakan seperti, kurangnya alat peraga atau media yang disiapkan oleh guru dan posisi duduk anak yang tidak tertata.
Assalamualaikum,Wr.Wb
Nama : Maya sari
Nim : 858307637
Dalam video tersebut guru sudah dapat mengatasi anak yang mengobrol dalam kelas saat pelajaran berlangsung.
Pada umumnya saat kegiatan belajar mengajar berlangsung para guru menginginkan muridnya untuk fokus dan konsisten dalam belajar murid dapat mengikuti pelajaran dengan tertib apalagi ketika guru sedang menjelaskan atau berceritakan.
Cara yang paling tepat untuk mengatasi murid yang mengobrol atau membuat kegaduhan di kelas adalah dengan mengelola pembelajaran di kelas yang menarik dan mudah dipahami oleh murid.
Kita tahu bahwa tidak semua murid memiliki semangat yang sama atau tingkat keaktifan yang tinggi saat belajar.
Tugas guru untuk memberikan semangat dan mengalihkan fokus mereka ke pembelajaran yang sedang berlangsung.
Murid mulai bosan menyimak ketika jam rawan atau jam terakhir kegiatan belajar.
Tidak jarang kejadian murid mengobrol saat KBM membuat guru kesal dan merasa tidak dihargai.
Suka tidak suka, mau tidak mau, guru harus bisa mengatasi murid yang berperilaku menyimpang di kelas seperti mengobrol dan membuat keributan saat KBM berlangsung.
Berikut ini cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi murid yang mengobrol saat belajar bersama di kelas.
1. Penerapan Metode Mengajar yang Variatif
Guru perlu menggunakan metode yang berbeda di kelas disesuaikan dengan tujuan belajar (materi) dan karakteristik murid.
Karena setiap murid adalah unik sehingga mereka tidak bisa begitu saja diajar dengan metode yang sama.
Metode belajar yang variatif Seperti memberikan kuis, mengisi TTS, belajar dengan bantuan handphone, dan lain-lain.
2. Mengendalikan Emosi
Murid mengobrol saat guru mengajar sering kali membuat guru kesal.
Guru harus bisa mengendalikan emosi agar tidak lekas marah apalagi sampai mengeluarkan kata-kata kasar agar murid tetap merasa nyaman untuk melanjutkan pelajaran.
3. Menegur dengan Halus
Guru bisa menegur murid yang mengobrol dengan teguran yang halus tanpa ada ancaman. Contohnya “Jika kamu masih mengobrol, nanti saya suruh kamu jadi guru selama 7 menit”.
4. Beri Peringatan non-Verbal
Guru bisa menghadapi murid yang mengobrol saat pelajaran berlangsung, dengan cara memberikan peringatan non-verbal seperti dengan menaruh jari di depan mulut, membentuk tangan seperti huruf X, maupun mendekati sambil menatap mata murid yang sedang berbicara. Sehingga murid merasa sedang diperhatikan dan diam.
5. Mendengarkan Keluhan Murid
Murid yang sering mengobrol atau membuat keributan, kemungkinan dia sedang mengalami suatu masalah.
Guru bisa sesekali mendengarkan keluhan mereka sehingga kita bisa memahami kondisi murid ddan memberikan solusi.
6. Memberikan Humor
Murid yang mengobrol disebabkan karena rasa bosan.
Ini penyakit yang berbahaya apalagi dalam proses pembelajaran.
Murid yang terjangkit penyakit bosan, otak dan organ lain jadi kurang produktif, bahkan otaknya pun sulit untuk berpikir.
Maka guru perlu mengusir rasa bosan dengan memberikan humor kepada murid saat proses belajar.
7. Mengikuti Pembicaraan
Guru sesekali perlu mengikuti apa yang menjadi bahan pembicaraan murid yang sering mengobrol saat belajar agar kita bisa memahami mereka.
8. Bercerita dengan Murid
Murid yang sering mengobrol saat belajar boleh jadi adalah murid yang kesepian dan butuh teman cerita.
Guru bisa berperan sebagai teman cerita murid tersebut agar mengurangi kebiasaan buruknya mengobrol saat guru mengajar.
9. Memberikan Pujian kepada Murid yang Serius Mengikuti Pelajaran
Memberikan pujian merupakan bentuk penguatan kepada murid terutama yang serius mengikuti pelajaran.
Dengan pujian itu, murid yang lain termotivasi untuk lebih serius mengikuti pelajaran.
10. Membentuk Kelompok Kecil
Seringkali murid merasa bosan dengan guru tertentu. Oleh karena itu, kita bisa mengelompokkan murid-murid kedalam kelompok kecil agar bisa berinteraksi dan berdiskusi.
Assaamu’alaikum wr,wb
izin menanggapi vidio diatas
Dengan adanya vidio edukasi di atas, saya bisa belajar bagaimana cara menangani anak yang suka mengobrol dan bercerita pada saat kegiatan belajar berlangsung. jika kita menemukan situasi tersebut, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menghentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas. memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar. libatkan anak dalam kegiatan bercerita atau belajar yang dilakukan guru. dan memberikan reword kepada anak yang bisa memperbaiki perilakunya.
assalamu’alaikum wr wb
izin memberikan tanggapan
setelah saya menonton vidio ini saya dapat memahami bagaimana cara menangani anak yang suka mengombrol dikelas dan tidak memperhatikan guru yang sedang bercerita didepan kelas atau guru yang sedang menjelaskan materi, guru harus memisahkan anak yang suka mengobrol dengan memindahkan tempat duduknya supaya mereka tidak mengobrol lagi dan fokus dengan guru yang sedang mengajar.
assalamu’alaikum wr wb
Nama : Eva Rosdia
NIM : 856606453
izin memberikan tanggapan
setelah saya menonton vidio ini saya dapat memahami bagaimana cara menangani anak yang suka mengombrol dikelas dan tidak memperhatikan guru yang sedang bercerita didepan kelas atau guru yang sedang menjelaskan materi, guru harus memisahkan anak yang suka mengobrol dengan memindahkan tempat duduknya supaya mereka tidak mengobrol lagi dan fokus dengan guru yang sedang mengajar.
assalamu’alaikum wr wb
DISKUSI 2
JUDUL VIDIO : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Nama : Eva Rosdia
NIM : 856606453
izin memberikan tanggapan
setelah saya menonton vidio ini saya dapat memahami bagaimana cara menangani anak yang suka mengombrol dikelas dan tidak memperhatikan guru yang sedang bercerita didepan kelas atau guru yang sedang menjelaskan materi, guru harus memisahkan anak yang suka mengobrol dengan memindahkan tempat duduknya supaya mereka tidak mengobrol lagi dan fokus dengan guru yang sedang mengajar.