silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Assalamualaikum
    Nama: Mahmudah
    NIM : 858526179
    pada kegiatan pembelajaran dikelas memang sering terjadi anak ngobrol/bercerita sama temannya, hal ini tentu saja akan menggangu proses pembelajaran kelas menjadi gaduh dan anak-akan yang lain tidak fokus. dari vidio diatas guru merubah strategi pembelajarannya dengan cara menghentikan cerita untuk menenangkan anak yang sedang ngobrol, melibatkan anak dalam proses pembelajaran, anak yang suka ngobrol didekatkan pada guru agar mudah pengawasannya, memberikan penjelasan agar hal tersebut (mengobrol) tidak diulangi lagi dan yang terakhir dengan cara memberikan reward pada anak yang mau mengikuti pembelajaran dengan baik.

  2. Nama : Dwi Januar Safitri
    Nim : 858413604
    Prodi : PGPAUD

    Membangun karakter anak usia dini yang tidak percaya diri, guru membutuhkan perhatian khusus dan butuh kesabaran. Ingatlah bahwa membangun kepercayaan diri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan waktu. Dengan kesabaran dan perhatian yang tepat, guru dapat membantu anak menjadi lebih percaya diri dan mandiri. Adapun hal yang sebaiknya dilakukan guru sbb:

    1. Guru memberikan dukungan emosional dengan menunjukkan cinta dan dukungan tanpa syarat kepada anak Anda. Beri mereka perasaan aman dan diterima.

    2. Guru Puji usaha, bukan hanya hasil.yang mereka kerjakan dengan Fokuslah pada upaya dan usaha anak, bukan hanya hasil akhirnya. Berikan pujian yang spesifik dan positif untuk membantu mereka merasa dihargai.

    3.Guru mendorong eksplorasi dan percobaan guru memberi anak kesempatan untuk mencoba hal-hal baru dan mengatasi tantangan. Beri mereka ruang untuk belajar dari kesalahan dan tumbuh dari pengalaman tersebut.

    4. Guru mengajari keterampilan sosial dengan cara membantu anak Anda belajar cara berkomunikasi dengan orang lain, menyelesaikan konflik, dan bekerja sama dalam kelompok. Keterampilan sosial yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

    5. Model perilaku yang positif yang menunjukkan kepada anak Anda bagaimana mengatasi rasa takut dan ketidakpercayaan diri dengan cara yang positif. Berbagi pengalaman Anda sendiri tentang menghadapi tantangan dan melewati masa sulit.

    6. Guru memberikan kesempatan untuk dengan menyediakan aktivitas yang sesuai dengan kemampuan anak Anda dan berikan kesempatan untuk merasakan keberhasilan. Ini bisa menjadi tugas sederhana atau prestasi dalam bidang yang mereka minati.

    7. Guru memberikan dukungan, dengan menjadi sumber dukungan yang konsisten bagi anak Anda. Jangan ragu untuk mengulangi poin-poin positif tentang mereka dan memberikan dorongan saat mereka merasa tidak yakin.

  3. Nama : Zumrotun
    Nim : 857702225
    Video : Anak ngobrol dikelas saat PBM
    Kejadian seperti mungkin saja pernah dialami semua guru di jenjang sekolah baik dari jenjang PAUD, SD maupun Jenjang Menengah. Saya sendiri sering sekali mengalaminya, dari upaya yang dilakukan oleh Guru juga sering saya lakukan. Saya memberikan reward ketika akhir pembelajaran sehingga mengalami perbaikan yang biasanya ngobrol sekarang mau mendengarkan saya.

  4. Nama: Heni Nurjanah
    NIM: 857532241
    Memang banyak sekali permasalahan yang terjadi ketika PBM di kelas maupun diluar kelas. Sebagai guru kita harus mampu menguasai situasi dan kondisi apapun yang terjadi terutama ketika anak asyik ngobrol dengan teman-temannya padahal guru sedang bercerita atau sedang menyampaikan pembelajaran. Perbedaan respon anak ketika guru bercerita berbeda-beda ada anak yang asyik mendengarkan cerita guru. Ada anak yang asyik ngobrol dengan temannya dan ada anak yang berkeliling bahkan ada yang bengong. perbedaan minat bakat dan karakter anak memang unik. ketika guru bercerita dan ada anak yang tidak mau mendengarkan maka guru harus mengambil langkah yang tepat seperti memisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang mendengarkan. memposisikan anak yang ngobrol dekat dengan guru, melibatkan anak ketika bercerita sehingga mereka merasa senang dan merasa dilibatkan dalam PBM sehingga situasi belajar menjadi menyenangkan.

  5. Nama: Heni Nurjanah
    NIM: 857532241
    Memang banyak sekali permasalahan yang terjadi ketika PBM di kelas maupun diluar kelas. Sebagai guru kita harus mampu menguasai situasi dan kondisi apapun yang terjadi terutama ketika anak asyik ngobrol dengan teman-temannya padahal guru sedang bercerita atau sedang menyampaikan pembelajaran. Perbedaan respon anak ketika guru bercerita berbeda-beda ada anak yang asyik mendengarkan cerita guru. Ada anak yang asyik ngobrol dengan temannya dan ada anak yang berkeliling bahkan ada yang bengong. perbedaan minat bakat dan karakter anak memang unik. ketika guru bercerita dan ada anak yang tidak mau mendengarkan maka guru harus mengambil beberapa langkah yang tepat seperti menghentikan sejenak proses bercerita, memisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang mendengarkan. memposisikan anak yang ngobrol dekat dengan guru, melibatkan anak ketika bercerita sehingga mereka merasa senang dan merasa dilibatkan dalam PBM sehingga situasi belajar menjadi menyenangkan.

  6. Nama: Desi Sulistina
    Nim: 859170822
    Prodi: PGPAUD
    Vidio: Anak ngobrol dikelas saat PBM
    Terlihat dalam proses pembelajaran berlangsung ketika guru sedang bercerita terdapat beberapa anak yang sedang mengobrol dengan anak lainnya, hal ini tentu akan mengganggu konsentrasi maupun aktifitas belajar teman yang lainnya. Adapun hal yang sudah dilakukan guru sudah bagus dengan menghentikan sejenak kegiatan bercerita, memisahkan tempat duduk anak yang suka mengobrol dan memosisikan didekat guru, selain itu guru juga melibatkan langsung siswa dalam proses pembelajaran (ketika bercerita). Namun alangkah baiknya sebelum memulai kegiatan bercerita guru terlebih dahulu bisa mengatur posisi duduk siswa yang nyaman dan memungkinkan untuk fokus melihat guru dalam bercerita, baik dalam posisi membentuk lingkaran, setengah lingkaran, liter L dan sebagainya. Selain itu guru harus dapat mengkondisikan siswa sebelum bercerita bisa dengan bermain tepuk-tepuk, ice breaking maupun bernyanyi, dan yang terpenting guru bisa mengatur volume suara maupun intonasi suara yang bisa didengarkan anak dengan baik.

  7. Nama: Desty Syifa Delima Putri
    Nim : 857509986
    Prodi : PGPAUD
    Vidio : Anak ngobrol dikelas saat PBM
    Anak-anak yang cenderung suka mengobrol di kelas dapat menjadi tantangan bagi guru dalam menjaga fokus dan disiplin dalam pembelajaran. Program video tersebut memberikan solusi atau strategi kepada guru untuk mengatasi masalah “ngobrol” yang sering ditemui pada anak usia dini selama proses belajar mengajar. Beberapa strategi yang dilakukan guru yaitu :
    1. Hentikan kegiatan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas . Bisa dengan permainan tepuk atau bernyanyi yang menarik perhatian anak-anak dan membuat mereka lebih fokus pada kegiatan.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
    3. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru. Dengan demikian, guru dapat memberikan perhatian ekstra kepada anak-anak tersebut dan membantu mereka untuk tetap fokus pada pembelajaran.
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar yang disampaikan guru.
    5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama. Guru dapat memberikan penjelasan kepada anak bahwa perilaku yang dilakukannya itu kurang baik.
    6. Berikan reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya. Reward ini dapat berupa pujian, pengakuan atas perilaku yang baik, atau hadiah-hadiah kecil lainnya yang dapat meningkatkan motivasi anak-anak.
    Semua strategi tersebut dapat membantu guru dalam mengatasi anak yang suka mengobrol saat guru sedang melaksanakan proses belajar mengajar.

  8. Nama : Tuti Anggraini
    NIM : 857523117
    Prodi : PGPAUD

    video ini gambaran mengenai permasalahan proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang saat guru sedang penjelaskan suatu cerita anak malah asik mengobrol, Upaya yang dapat dilakukan guru pada video ini diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
    Menurut saya Sebagai tambahan bisa menggunakan peraga yang lebih unik agar cerita yang di sampaikan lebih menarik. Murid memiliki karakter yang berbeda-beda begitu pun cara mereka dalam menyerap materi. Ada kalanya guru harus pintar dalam menggunakan teknik mengajar. Tujuannya agar tidak mengalami kebosanan dan murid bisa fokus dengan apa yang di sampaikan. Cara yang beda dan unik terkadang lebih disukai dari pada cara yang biasa biasa saja. Dan berikan kesempatan kepada murid utuk ikut berintraksi agar suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan

  9. Nama: Ida royani
    Nim : 859808005
    Prodi. : PGPAUD
    dari video diatas dengan judul Mengatasi anak yang mengobrol pada saat PBM di kelas,memang kita sebagai seorang guru pasti akan menemukan yang namanya situasi proses belajar yang kurang nyaman,dengan melihat kelakuan anak didik kita dikelas,apalagi kita seorang guru PAUD,dihadapkan dengan sifat anak-anak yang memang masih memerlukan perhatian sama kita sebagai guru didalam kelas,dengan menghadapi bermacam- macam karakter anak di kelas,untuk itu kita memang harus mempunyai strategi n metode bagaimana cara kita mengajar didalam kelas:
    1.Guru harus menciptakan suasana aman n nyaman pada saat PBM berlangsung
    2.Memberikan perhatian yang lebih kepada anak yang suka bikin gaduh didalam kelas.
    3.Membuat ice breaking supaya anak lebih semangat
    4.Mengajak anak sambil bercerita apa yang sedang kita jelaskan kepadanya untuk mengambil alih kefokusan anak pada penjelasan kita.
    5.Memisahkan tempat duduk antara anak yang suka ngobrol.
    6.Memberikan rewad pada saat pelejaran selsai untuk memotivasi anak semangat dalam mengikuti pelajaran yang berlangsung.

  10. Nama: Ida royani
    Nim : 859808005
    Prodi. : PGPAUD
    dari video diatas dengan judul Mengatasi anak yang mengobrol pada saat PBM di kelas,memang kita sebagai seorang guru pasti akan menemukan yang namanya situasi proses belajar yang kurang nyaman,dengan melihat kelakuan anak didik kita dikelas,apalagi kita seorang guru PAUD,dihadapkan dengan sifat anak-anak yang memang masih memerlukan perhatian sama kita sebagai guru didalam kelas,dengan menghadapi bermacam- macam karakter anak di kelas,untuk itu kita memang harus mempunyai strategi n metode bagaimana cara kita mengajar didalam kelas:
    1.Guru harus menciptakan suasana aman n nyaman pada saat PBM berlangsung
    2.Memberikan perhatian yang lebih kepada anak yang suka bikin gaduh didalam kelas.
    3.Membuat ice breaking supaya anak lebih semangat
    4.Mengajak anak sambil bercerita apa yang sedang kita jelaskan kepadanya untuk mengambil alih kefokusan anak pada penjelasan kita.
    5.Memisahkan tempat duduk antara anak yang suka ngobrol.
    6.Memberikan rewad pada saat pelejaran selsai untuk memotivasi anak semangat dalam mengikuti pelajaran yang berlangsung.

Leave a Reply