silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Ida royani
Nim : 859808005
Prodi. : PGPAUD
dari video diatas dengan judul Mengatasi anak yang mengobrol pada saat PBM di kelas,memang kita sebagai seorang guru pasti akan menemukan yang namanya situasi proses belajar yang kurang nyaman,dengan melihat kelakuan anak didik kita dikelas,apalagi kita seorang guru PAUD,dihadapkan dengan sifat anak-anak yang memang masih memerlukan perhatian sama kita sebagai guru didalam kelas,dengan menghadapi bermacam- macam karakter anak di kelas,untuk itu kita memang harus mempunyai strategi n metode bagaimana cara kita mengajar didalam kelas:
1.Guru harus menciptakan suasana aman n nyaman pada saat PBM berlangsung
2.Memberikan perhatian yang lebih kepada anak yang suka bikin gaduh didalam kelas.
3.Membuat ice breaking supaya anak lebih semangat
4.Mengajak anak sambil bercerita apa yang sedang kita jelaskan kepadanya untuk mengambil alih kefokusan anak pada penjelasan kita.
5.Memisahkan tempat duduk antara anak yang suka ngobrol.
6.Memberikan rewad pada saat pelejaran selsai untuk memotivasi anak semangat dalam mengikuti pelajaran yang berlangsung.
Dalam aktifitas pembelajaran sehari-hari,kita sebagai guru sering mengalami hal hal seperti pada video diatas.Dimana anak mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung.Pada video pembelajaran diatas dapat terlihat bahwa beberapa anak asyik mengobrol dan tidak memperhatikan guru.Ada baiknya sebelum memulai PBM guru dapat menarik fokus anak dengan cara bernyanyi atau ice breaking.Selain itu hal ini terjadi dikarenakan guru tidak menggunakan alat pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak,alangkah baiknya jika saat menyampaikan cerita kepada anak guru menggunakan alat peraga berupa boneka tangan atau sejenisnya.ajak anak untuk berkomunikasi dengan cara tanya jawab mengenai cerita yang disampaikan hal ini juga sebagai penguatan pengetahuan yang didapat anak,dan pemberian reward bagi anak yang menyimak cerita sampai akhir.
Dalam video diatas tindakan guru sudah tepat dengan cara memisahkan anak yang mengobrol agar tidak mengganggu fokus anak yang lain.
Nama : Pipih Erlin Erliana
NIM : 857469187
Dalam aktifitas pembelajaran sehari-hari,kita sebagai guru sering mengalami hal hal seperti pada video diatas.Dimana anak mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung.Pada video pembelajaran diatas dapat terlihat bahwa beberapa anak asyik mengobrol dan tidak memperhatikan guru.Ada baiknya sebelum memulai PBM guru dapat menarik fokus anak dengan cara bernyanyi atau ice breaking.Selain itu hal ini terjadi dikarenakan guru tidak menggunakan alat pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak,alangkah baiknya jika saat menyampaikan cerita kepada anak guru menggunakan alat peraga berupa boneka tangan atau sejenisnya.ajak anak untuk berkomunikasi dengan cara tanya jawab mengenai cerita yang disampaikan hal ini juga sebagai penguatan pengetahuan yang didapat anak,dan pemberian reward bagi anak yang menyimak cerita sampai akhir. Dalam video diatas tindakan guru sudah tepat dengan cara memisahkan anak yang mengobrol agar tidak mengganggu fokus anak yang lain.
Comments navigation
Older comments
Alhamdulillah video ini sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai seorang guru, bagaimana mengatasi anak yang suka mengobrol sendiri dan tidak memperhatikan guru ketika kegiatan pembelajaran.
Nama : afrianti syahputri
Nim : 856088634
Video di atas berjudul anak mengobrol di kelas saat PBM
Dari video di atas dapat di simpulkan bahwa kita sebagai guru ketika sedang proses belajar mengajar jangan terlalu fokus pada pejaran saja tapi lihatlah situasi dan keadaan kelas gimana . Jangan membiarkan murid untuk seenaknya dan bebas melakukan apa saja ketika lagi proses belajar.
Solusi daei video di atas yaitu
– rubahlah strategi pembelajaran
– tertibkan keadaan kelas
– pisahkan anak yang suka mengobrol
– libatkan anak dalam proses belajar
Nama : Nossi Utari
NIM : 858523403
Judul Video : anak mengobrol di kelas saat pembelajaran
Kejadian seperti ini sering kali terjadi di kelas saya. Dari video ini saya mendapat solusi bagaimana mengatasi masalah tersebut.
1. Hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Pisahkan anak yang mengobrol
3. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
4. Iibatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar
5. Tekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Nama : Nossi Utari
NIM : 858523403
Kasus seperti di atas sering terjadi di kelas saya hampir setiap hari. Dari video ini saya mendapat solusi bagaimana mengatasi masalah tersebut.
1. Hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2. Pisahkan anak yang mengobrol.
3. Posisikan anak yang mengobrol didekat guru.
4. Libatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar
5. Tekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya .
Nama : Lisa Ardianti
NIM : 857804912
Kejadian seperti video diatas juga sering kita alami di kelas kita dimana saat guru menerangkan anak dengan asiknya mengobrol dan bercerita dengan temannya. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, langkah yang harus dilakukan guru diantaranya:
1. Guru harus memahami tingkat durasi fokus anak.
2. Strategi pembelajaran yang menarik dan berdasarkan minat dan bakat anak.
3. Melibatkan anak dalam proses pembelajaran.
4. Sebelum menentukan kegiatan bermain, ajaklah anak untuk menentukan jenis kegiatan sehingga mereka merasa suara dan pilihannya didengar.
5. Dengan melibatkan anak dalam menentukan kegiatan, anak akan bertanggung jawab atas pilihan yang mereka tentukan.
Nama : Nova Afrianika, S.Pd
NIM : 858191325
Menurut Pendapat saya video tersebut sangat baik dan sangan membantu guru untuk mengatasi permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang ngobrol dengan temannya. Adapun upaya yang dilakukan guru pada video tersebut yaitu mengadakan variasi permainan dengan permainan tepuk. Selanjutnya guru memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru. Kemudian memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi sehingga masalah perkembangan moral-disiplin tersebut dapat teratasi dengan baik.
Terimakasih.
Nama : Nova Afrianika
NIM : 858191325
Menurut Pendapat saya video tersebut sangat baik dan sangan membantu guru untuk mengatasi permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang ngobrol dengan temannya. Adapun upaya yang dilakukan guru pada video tersebut yaitu mengadakan variasi permainan dengan permainan tepuk. Selanjutnya guru memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru. Kemudian memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi sehingga masalah perkembangan moral-disiplin tersebut dapat teratasi dengan baik.
Terimakasih.