silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama: Tika Rohma kasih
    Nim: 857519805
    UPBJJ: Bandung
    Dari video pembelajaran diatas mengenai pembelajaran Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM sangat membantu guru guru dalam mengahadapi anak ngobrol di kelas saat pbm, dari video atas kita bisa mengambil point point penting itu untuk merubah suasana kelas kedepannya. namun dari video diatas bisa di tambahkan lagi pembelajaran seperti memberikan selingan bernaynyi dan tanya jawab sehingga suasana kelas semakin interaktif dan menyenangkan.

  2. Berdasarkan Video di atas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengarahkan anak didiknya yaitu :
    1. Ajak anak untuk berdiskusi : Mulailah diskusi dengan pujian. Beritahu bahwa Anda bangga ia bisa beradaptasi dan punya banyak teman di sekolah. Jangan sampai ia jadi tidak semangat sekolah karena mengira tidak boleh ngobrol dengan teman.
    2. Jelaskan sudut pandang guru : Anak belum mampu memposisikan diri dalam perspektif orang lain. Jadi ini waktunya Anda menjelaskan bahwa gurunya terganggu dengan kebiasaan si kecil. Namun tetaplah gunakan kalimat yang positif.
    Misalnya dengan mengatakan “Gurumu tahu kamu pintar dan bisa dapat nilai yang bagus, lho. Tapi dia khawatir kamu enggak terlalu memperhatikan karena ngobrol dengan teman. Menurutmu, benar enggak?”.
    3. Tetapkan peraturan : Jika anak sudah paham dan mau menerima nasihat Anda, akan lebih mudah untuk mendengarkan instruksi dasar agar ia tidak asyik ngobrol sendiri di kelas. Inilah waktu yang tepat untuk Anda menetapkan peraturan, Misalnya aturan pertama, bahwa ia seharusnya tidak ngobrol bersamaan dengan guru. Sebab hal itu membuatnya susah mendengarkan perkataan guru. Kedua, anak seharusnya melihat guru saat guru berbicara kepadanya, ke teman kelompoknya, atau ke seluruh anak di kelas. Jangan melihat teman atau bermain dengan alat tulisnya. Ketiga, ia boleh ngobrol dengan teman jika tugas yang diberikan guru sudah selesai. Belajar dulu baru ngobrol. Keempat, jika ia sudah selesai mengerjakan tugas, hanya bicarakan topik seputar tugas itu. Jangan ngobrol topik lainnya.

  3. Dari video tersebut, saya banyak belajar tentang bagaimana cara untuk dapat mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat pkegiatan pembelajaran.

  4. Nama: Purwanti
    NIM: 857599651
    Dari video tersebut saya banyak belajar tentang bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat pembelajara. Situasi tersebut sering kali saya alami, ketika saya dikelas sedang bercerita/ membacakan buku cerita, terkadang ada anak yang mengobrol.
    saya akan terapkan teknik yang ada di video tersebut. terimakasih sekali video ini sangat membantu saya untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas.

  5. Nama : Lilysuriati
    NIM : 855837836

    Tanggapan video :

    Cara bercerita guru cukup bagus, ada intonasi narasi yang menurut saya cukup menarik. Hanya saja media yang digunakan yang buku cerita yang ukurannya kurang besar, sehingga untuk anak yang duduknya agak jauh tidak akan melihat dengan jelas gambarnya, jika fasilitas di sekolah memungkinkan bagusnya menggunakan infokus atau proyektor, sehingga anak anak bisa melihat dengan jelas gambarnya, dan jika bisa guru sudah menguasai isi cerita tanpa harus melihat buku lagi. kalau ada boneka tangan akan lebih menarik lagi dan untuk membuat anak anak fokus, guru bisa memberikan pertanyaan seputar cerita, dan nanti diakhir juga bisa meminta anak anak untuk memainkan peran yang di cerita

  6. Tayangan vidio tersebut memberikan gambaran bagaimana cara menangani anak yang sedang mengobrol ketika guru melaksanakan kegiatan/pembelajaran di dalam kelas. Hal demikian kerap terjadi di berbagai sekolah. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, maka sebelum kegiatan dimulai guru dapat memberikan pijakan awal kepada anak atau aturan sebelum kegiatan dimulai, sehinga hal serupa tidak akan terjadi. Namun bila hal serupa masih terjadi, maka guru harus mengubah strategi pembelajaran dengan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya, seperti yang telah dipaparkan pada tayangan vidio tersebut. tayangan pada vidio tersebut dapat membantu guru untuk mengatasi anak yang sedang ngobrol di dalam kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

  7. Dari video di atas dapat kita pelajari bahwa dalam kegiatan pembelajaran, penguasaan kelas dan antisipasi keadaan yang tak terduga harus dipersiapkan dengan baik. Ketika ada anak yang mengobrol saat guru membacakan cerita, guru harus memastikan posisi duduk anak agar mudah dikontrol. Ketika mereka sudah duduk dengan baik, pilihan cerita yang menarik dan familiar juga sangat menentukan kelancaran kegiatan. Setelah diterapkan hal di atas dan masih ada yang berbicara sendiri, maka guru wajib menghampiri dan menegur dengan pertanyaan sederhana hingga si anak kembali terfokus pada pembelajaran. Bagi anak yang mematuhi aturan, guru baiknya memberikan reward berupa hal kecil yang disukai anak.

  8. Nama : Christin Christian
    NIM : 857435882
    Judul video : Anak Ngobrol di kelas saat PBM
    Dalam awal pembelajaran guru sudah cukup baik dengan memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan pembelajaran dengan cara bercerita. Guru menyampaikan cerita dengan menggunakan alat peraga yaitu buku cerita bergambar sehingga dapat membantu anak dalam membayangkan cerita tersebut.
    Strategi guru tersebut sudah sangat baik dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kelas terutama pada anak yang mengobrol, yaitu dengan cara guru menghentikan sejenak kegiatan ceritanya atau proses pembelajaran untuk menenangkan situasi dan suasana dalam kelas, guru memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar dengan cara memindahkan posisi duduknya yang berdekatan dengan guru agar terlihat dan mudah diawasi guru. Setelah itu guru tersebut melanjutkan kegiatan cerita dan mau melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran. Guru tersebut membuat kesepakatan atau perjanjian dengan anak yang ngobrol agar tidak mengulangi kejadian yang sama. Guru tersebut memberikan penghargaan kepada anak yang sudah dapat merubah perilakunya dengan baik, berupa tepuk tangan untuk dapat memotivasi anak agar tidak mengobrol saat mendengarkan atau menyimak guru bercerita.

  9. Nama : Merlinatul Khotimah
    Nim : 858906645

    Dari video ini saya belajar banyak tentang cara menghadapi anak yang bicara di kelas saat belajar. Saya sering mengalami kejadian seperti ini ketika saya bercerita/membacakan buku cerita di kelas, kadang anak menoleh.
    Saya menggunakan teknik yang ada di video. Terima kasih banyak, video ini membantu saya memecahkan masalah di kelas.

  10. Nama : Nova Afrianika
    NIM : 858191325

    Menurut pendapat saya video tersebut sangat bermanfaat dan sangatlah baik dalam membantu guru dalam mengatasi permasalahan perkembangan moral disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang ngobrol dengan temannya adapun upaya yang dilakukan guru pada video tersebut yaitu mengadakan variasi permainan dengan bermain tepuk-tepuk. Selanjutnya guru memisahkan Anak yang suka mengobrol duduk ke dekat guru. Kemudian langkah selanjutnya guru memberikan reward pada akhir pembelajaran anak akan berusaha lebih baik lagi. Dengan beberapa strategi tersebut maka masalah perkembangan moral disiplin dapat teratasi dengan baik.

    Terimakasih

Leave a Reply