silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Menurut saya vidio ini sangat bermanfaat bagi para pendidik, khususnya saya guru PAUD. Dengan rangkaian strategi vidio di atas bisa menjadi refrensi untuk saya dalam mengatasi anak yang suka ngobrol/dicara sendiri dalam proses pembelajaran di kelas

  2. Menurut saya sebagai guru bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat pbm. pisahkan anak yang mengobrol dari yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol didekat guru, libatkan anak dalam bercerita, atau bisa juga dengan mengalihkan pikiran anak dengan mengadakan permainan yang menarik perhatian mereka dahulu sebelum melakukan kegiatan. Misalnya tebak-tebakan, Menyanyi, Tepuk tangan,

  3. Nama : dwi kurnia sejati
    nim : 857685863

    Menurut saya sebagai guru bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat pbm. pisahkan anak yang mengobrol dari yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol didekat guru, libatkan anak dalam bercerita, atau bisa juga dengan mengalihkan pikiran anak dengan mengadakan permainan yang menarik perhatian mereka dahulu sebelum melakukan kegiatan. Misalnya tebak-tebakan, Menyanyi, Tepuk tangan, dan lain-lain

  4. Video tersebut sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan lebih dalam bagi guru dalam menghadapi dan menangani anak didiknya,dengan adanya video tersebut guru dapat menerapkan trik-trik agar anak dapat kondusif dan membantuk kedisplinan anak dalam kegiatan proses pembelajaran

  5. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Siti Sofiatin
    NIM : 858963559
    Izin menanggapi video diatas🙏
    Untuk saya sebagai seorang guru PAUD kejadian seperti anak yang asik mengobrol dengan temannya ketika kegiatan pembelajaran didalam kelas terjadi setiap hari. Entah apa penyebabnya, antara mereka bosan dengan cara saya mengajar atau mereka tidak suka dengan saya. Tetapi pikiran semacam itu seharusnya harus dijauhi oleh setiap guru, karena menurut saya penyebab anak suka mengobrol dengan temannya didalam kelas adalah kurangnya perhatian dari guru dan guru tidak memberi kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan pendapatnya, sehingga anak memilih mengobrol dengan temannya.
    Dengan menonton video diatas, saya dapat termotivasi bagaimana cara mengatasi anak yang sering mengobrol dikelas ketika pembelajaran dimulai, dan bagaimana cara menyikapi anak yang sering mengobrol sendiri dengan temannya sehingga anak tidak mendengarkan apa yang sedang guru jelaskan.
    Sedikit masukan dari saya tentang bagaimana cara agar anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai yaitu sebelum kegiatan dimulai, guru dapat mengajak anak untuk membuat kesepakatan bersama tentang hal-hal yang mungkin terjadi diluar kehendak kita, seperti anak yang sering mengobrol sendiri dengan temannya dikelas, anak yang tiba-tiba menangis karena kesal atau kehilangan pensil/penghapus, makan-makan dikelas, keluar masuk kelas tanpa izin kepada guru dll. Dengan membuat kesepakatan dengan anak, anak akan terlibat langsung dengan kegiatan pembelajaran dan anak juga akan mudah mengingat apa yang telah disepakatinya bersama.
    Mungkin hanya itu, selebihnya untuk penyampaian pada video diatas sangat baik dan jelas untuk saya dan sangat bermanfaat bagi saya, dan saya berharap saya dapat mengatasi setiap permasalahan yang ada di lembaga PAUD kami.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  6. Nama : Zuyyinah
    Nim : 855880655

    Saya memilih menonton video seri pembelajaran dengan judul ” Anak Ribut di Kelas Saat PBM ” Karena saya sering mengalami hal yang sama saat pembelajaran. Alhamdulillah saat ini di percayai untuk memegang kelas yang siswannya sangat aktif dan energik. Saya sangat setuju dengan video tersebut, jika ada anak yang ribut atau berlari-lari saat pembelajaran lebih baik guru diam sejenak untuk mengajak anak tepuk diam jika yang ribut lebih dari 2 anak, tetapi jika hanya 2 anak lebih baik di dekati dan di ajak fokus ke pelajaran lagi.
    Dengan video-viseo pembelajaran seperti ini kita bisa lebih kreatif mencari solusi agar anak mau tenang dan mau fokus ke pelajaran lagi.

    Trimakasih

  7. Nama : Latifatun Nisa
    NIM : 857705933

    Dalam video tersebut, disebutkan dengan jelas langkah-langkah dan bagaimana cara memberikan pembelajaran bagi anak secara efektif dan edukatif. Dengan strategi yang baik, anak dapat memberikan perhatian sepenuhnya pada guru.

  8. Nama : Latifatun Nisa
    NIM : 857705933

    Dalam video tersebut dijelaskan bahwa anak-anak akan mengikuti pembelajaran dengan sangat baik apabila guru dapat menemukan metode yang tepat untuk mengajar. Sehingga perhatian anak sepenuhnya terarahkan dan terpaku pada guru.

    Dengan pembelajaran yang efektif dan inovatif, serta tentunya berorientasi pada anak, guru dapat melakukan beberapa langkah-langkah yang sudah dijelaskan dalam video untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  9. Nama: FITRI YULIANTI
    NIM : 855885346
    Judul video: anak ngobrol di kelas saat PBM
    Berdasarkan dari video diatas menurut saya strategi pembelajaran yang ditampilkan sudah sangat bagus
    Pada saat proses belajar mengajar berlangsung anak-anak mengobrol

    Untuk mengatasi permasalahan di video tersebut guru harus mengubah strategi pembelajaran guru dalam kelas

    1. Guru menenangkan suasana kelas agar belajar lebih tenang
    2. Bahkan anak yang mengobrol dari anak-anak yang sedang belajar.
    3. Posisikan anak yang mengobrol dekat guru
    4 tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    5. Berikan penghargaan kepada anak jika anak bisa memperbaiki kesalahannya.

  10. Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru dapat mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk, untuk mengatasi anak yang suka mengobrol. Guru juga dapat memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekatnya untuk memberikan perhatian dan bimbingan lebih spesifik. Selain itu, guru dapat memberikan reward pada akhir pembelajaran untuk menginspirasi anak untuk berusaha lebih baik lagi. Dengan demikian, program video ini menawarkan beberapa strategi yang dapat digunakan guru untuk mengatasi anak yang suka mengobrol dan meningkatkan kemampuan moral-disiplin mereka.

Leave a Reply