silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Apriyanti
Nim : 857629708
Menurut saya strategis yang di terapkan guru sudah bagus akan tetapi tidak semuanya efektif saat praktek di kelas.. Misalnya memisahkan anak yang ngobrol.. Karena kadang memang yang duduk di samping adalah teman dekat maka nya kadang tidak mau jika di pisah.. Yang pernah saya lakukan dekati mereka dan tanya kan apa yang mereka ceritakan hingga asik sekali. Beri mereka kesempatan bercerita setelah selesai mnta ijin pada anak untuk melanjutkan belajar dengan kesepakatan berganti mereka yang mendengarkan guru bercerita
Judul video: Anak ngobrol dikelas saat KBM
Nama: Saraswati Simon
Nim: 859953339
Tayangan video tersebut memberikan gambaran yang cukup jelas tentang permasalahan yang sering dihadapi oleh guru PAUD dalam mengelola anak-anak yang suka ngobrol di kelas. Pendekatan yang diajukan, seperti memberikan variasi permainan dan memberikan reward, merupakan strategi yang umum digunakan dalam mengatasi masalah tersebut. Namun, penting bagi guru untuk mempertimbangkan pendekatan yang bersifat individual dan sensitif terhadap kebutuhan serta karakteristik anak-anak dalam kelasnya.
nama : noviyatul islamiyah
nim : 858190133
Video 1 (Komentar, Masukan, dan Saran tentang Video Pembelajaran “ Anak ngobrol di kelas saat PBM”)
Komentar:
• Video ini dikemas dengan menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Penggunaan animasi dan cerita yang relatable membuat anak-anak lebih fokus dan tertarik dengan materi pembelajaran.
• Situasi yang digambarkan dalam video yaitu anak yang mengobrol saat guru mengajar merupakan permasalahan yang sering terjadi di kelas. Hal ini membuat video ini relevan dan bermanfaat bagi para guru.
• Solusi yang ditawarkan dalam video ini cukup komprehensif dan mudah diterapkan oleh para guru.
Masukan:
• Durasi video bisa dipersingkat agar lebih efektif dan tidak membosankan bagi anak-anak.
• Contoh-contoh konkret dalam penerapan solusi bisa ditambahkan agar lebih mudah dipahami oleh para guru.
Saran:
• Video ini bisa dikembangkan menjadi seri dengan tema-tema pembelajaran yang lain.
• Video ini bisa dilengkapi dengan lembar kerja atau aktivitas lain untuk memperkuat pemahaman anak-anak terhadap materi pembelajaran.
• Video ini bisa dibagikan kepada orang tua agar mereka juga dapat membantu anak-anak dalam belajar di rumah.
Secara keseluruhan, video pembelajaran ini merupakan media pembelajaran yang kreatif dan bermanfaat bagi anak-anak dan guru. Dengan beberapa masukan dan saran di atas, video ini dapat menjadi lebih efektif dan optimal dalam membantu proses belajar mengajar
Nama: Jasmine Kinanti Putri
Nim: 858288512
kita sebagai guru pasti pernah menemui anak didik kita suka mengobrol bersama temannya pada saat kegiatan belajar berlangsung. Permasalahan ini terkait moral dan kedisiplinan yang masuk dalam pengembangan sosial emosional anak.
dari video ini sebagai guru PAUD saya mendapatkan ilmu baru berkenaan dengan Upaya mengatasi anak yang suka ngobrol di kelas, yaitu:
1. menghentikan kegiatan bercerita atau proses pembelajaran untuk sesaat dan menenangkan suasana kelas agar lebih baik lagi.
2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
3. Menempatkan atau memindahkan posisi anak yang suka mengobrol untuk berada si depan guru/sekitar guru.
4. Melibatkan anak yang suka mengobrol dalam kegiatan bercerita.
5. Menekankan kepada anak agar tidak mengulang kejadian yang sama.
6. Memberikan reward kepada anak ketika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Judul : Anak ngobrol di kelas saat Kegiatan Belajar Mengajar
Nama : Nurul Sa’adah
Nim : 858819574
Dari vidio tersebut kita bisa mengetahui bahwa perkembangan Sosial Emosional dan Karakteristik anak berbeda satu dengan yang lainnya.
Dari vidio yang berdurasi tidak terlalu lama tersebut bisa mewakili permasalahan yang sering sekali di hadapi oleh guru PAUD di tempat lembaga saat Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Cara atau solusi yang di tawarkan bisa di pahami.
Masukan:
Kemampuan guru dalam menangani ekspresi-ekspresi yang muncul dalam diri anak akan sangat berharga bagi perkembangan emosi dan sosial anak menuju pada perkembangan sosial emosional anak menuju pada perkembangan ekspresi yang positif.
Saran :
Sebaiknya pendidik bersifat obyektif, bertindak sesuai kadar dan tingkatan ekspresi yang di tampilkan anak, sehingga tidak menimbulkan masalah perilaku sosial emosional yang kompleks pada anak-anak.
Nama : Marselly Giantyas Pratidhiena
NIM : 856103941
Permasalahan anak mengobrol dikelas merupakan permasalahan moral disiplin yang sering ditemui para guru dikelas. Dan solusi yang dipaparkan dalam video tersebut, menenangkan kondisi kelas, memisahkan anak yang mengobrol, menempatkan anak didekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan bercerita, menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama, dan memberi reward kepada anak yang dapat memperbaiki perilakunya.
Dan masukan dari saya guru dapat mengubah strategi bercerita dengan menggunakan boneka tangan atau jari agar dapat lebih menarik perhatian anak.
Nama : Nalia Hayati
Nim : 856752273
Video tersebut Menayangkan anak ngobrol di kelas saat PBM. Kejadian tersebut sering terjadi di lapangan, yaitu anak sering mengobrol pada saat guru menjelaskan pelajaran. dan upaya yang dilakukan oleh guru tersebut adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya bermain permainan tepuk memisahkan Anak yang suka mengobrol ke dekat guru, libatkan anak dalam cerita yang disampaikan guru, tekankan kepada anak agar kejadian tersebut jangan sampai terjadi lagi, dan berikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Nama : yosefina kresensia pajong
Nim ; 859302963
Menurut saya anak yang mengobrol saat guru mengajar merupakan permasalahan yang sering terjadi dikelas. Hal ini membuat video ini relevan dan mudah diterapkan oleh para guru. Video ini merupakan media pembelajaran yang kreatif dan sangat bermanfaat bagi anak-anak dan guru. Dari video ini sebagai guru paud saya mendapatkan ilmu baru, upaya mengatasi anak yang suka ngobrol dikelas, memisahkan anak yang ngobrol dengan anak anak yang sedang mengikuti pelajaran, melibatkan anak yang suka mengobrol dalam kegiatan bercerita.
Saran; video ini bisa dikembangkan menjadi seri dengan tema tema pembelajaran yang lain, bisa dibagikan kepada orang tua agar mereka juga dapat membantu anak anak dalam belajar dirumah.
Nama : Ovi Ristiyanti
NIM : 857702067
Video tersebut membahas tentang permaslahan yang sering kali kita temui dalam proses pembelajaran yakni anak asik mengobrol, sehingga video ini sangat relevan untuk para guru PAUD seperti saya. Permasalahan moral dan kedisiplinan anak ini tentunya berdampak negatif baik pada anak tersebut, maupun mengganggu fokus teman-temannya serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Dari video tersebut kita mendapatkan ilmu baru mengenai upaya yang dapat kita lakukan untuk menangani anak yang mengobrol di kelas saat kegiatan bercerita, yakni dengan strategi sebagai berikut :
1) Menghentikan kegiatan bercerita untuk sejenak dan menenangkan suasana kelas agar lebih baik lagi.
2) Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
3) Menempatkan posisi anak yang suka mengobrol untuk berada di dekat guru.
4) Melibatkan anak yang suka mengobrol dalam kegiatan bercerita.
5) Menekankan kepada anak agar tidak mengulang kejadian yang sama.
6) Memberikan reward kepada anak ketika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Sekian dari saya, Terimakasih.
Nama : Eka Puspitasari
Nim : 857860111
Menurut pendapat saya tayangan vidio tersebut tentang anak mengobrol saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas adalah masalah yang sering kita jumpai di lingkungan pendidikan PAUD. Dalam vidio tersebut ada beberapa cara penanganan anak mengobrol saat pembelajaran diantaranya :
1. Hentikan kegiatan untuk menenangkan suasana kelas.
2. Pisahkan anak yang mengobrol.
3. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru.
4. libatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar.
5. Menekankan anak untuk tidak mengulangi lagi.
6. Berikan reward untuk anak yang mau diperbaiki.
Beberapa cara tersebut dapat menambah wawasan kita menangani anak didik dan cara tersebut dapat kita terapkan dalam proses belajar mengajar.